12+ Contoh Kerajinan dari Bambu, Cara Membuat yang Mudah

Kerajinan Dari Bambu – Bambu merupakan salah satu benda yang sering dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam jenis kerajinan.

Bahkan kerajinan dari bambu ini bisa dihargai dengan nilai yang fantastis loh, sehingga tidak heran bahwa menjadi seorang pengrajin bambu banyak diminati oleh masyarakat.

Hal tersebut tentunya bukan tanpa alasan, melainkan dikarenakan bambu adalah benda yang sangat mudah ditemukan.

Bukan hanya itu saja, membuat kerajinan dari bambu pun juga hanya membutuhkan beberapa bahan dan juga alat yang sederhana, sehingga sangat cocok dijadikan bisnis buat masyarakat menengah kebawah. 

Harga kerajinan dari bambu pun beragam, mulai dari yang termurah hingga bisa mencapai jutaan rupiah, tentunya harga tersebut sudah sesuai dengan tingkat kerumitan pembuatan kerajinannya ya.

Lalu apakah kalian tertarik untuk membuat kerajinan dari bambu ini dan masih bingung apa yang harus dibuat? Maka, jangan khawatir karena berikut ini kami berikan contoh-contoh kerajinan yang bisa anda jadikan referensi. Langsung saja yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Kerajinan Dari Bambu


Contoh Kerajinan Dari Bambu

No Hasil Kerajinan dari Bambu
1 Kerajinan Air Mancur dari Bambu
2 Kerajinan Anyaman dari Bambu
3 Kerajinan Bingkai Foto dari Bambu
4 Kerajinan Gelas dari Bambu
5 Kerajinan Hiasan Dinding dari Bambu
6 Kerajinan Kapal dari Bambu
7 Kerajinan Kotak Pensil dari Bambu
8 Kerajinan Kotak Tisu dari Bambu
9 Kerajinan Kursi dari Bambu
10 Kerajinan Lampu Hias dari Bambu
11 Kerajinan Seruling dari Bambu
12 Kerajinan Vas Bunga dari Bambu

Seperti pada penjelasan diatas, bahwa kerajinan dari bambu ini terdiri dari berbagai macam, baik itu kursi, vas bunga, tempat tisu dan masih banyak lagi. Lalu apa saja contoh kerajinan yang bisa dibuat dari bambu tersebut? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

1. Kerajinan Air Mancur dari Bambu

Gambar Kerajinan Air Mancur Dari Bambu Https Media.karousell.com
media.karousell.com

Kalian pasti sudah tidak asing bukan dengan kerajinan yang satu ini? Ya, kerajinan air mancur dari bambu dimana cara membuatnya pun cukup mudah, biasanya air mancur dari bambu ini identik dengan masyarakat Jepang kan? Lalu apa sih kelebihan atau manfaat dari air terjun bambu tersebut?

Ternyata nih, air mancur bambu bukan hanya digunakan sebagai hiasan saja loh, melainkan dengan air mancur dari bambu ini maka rumah kita bisa terlihat lebih sejuk dan juga alami.

Bukan hanya itu saja, apabila kalian mendengarkan tetesan air dari bambu tersebut, kalian juga bisa menjadi lebih tenang dan melupakan beban sejenak, jadi apakah kalian tertarik ingin membuatnya?

2. Kerajinan Anyaman dari Bambu

Gambar Kerajinan Anyaman Dari Bambu
liputan6.com

Apabila kita mendengar kata bambu, pasti dipikiran kita langsung tertuju pada berbagai macam anyaman bukan? Ya, apabila kita disuruh untuk menyebutkan berbagai benda yang berasal dari anyaman bambu pasti sangat banyak, salah satunya tikar, atau dinding anyam.

Biasanya bambu yang digunakan untuk membuat sebuah anyaman adalah bambu yang cukup kuat tapi tidak terlalu tua ya, hal ini dikarenakan apabila bambu yang digunakan terlalu tua, maka bambu akan lebih susah untuk dibentuk.

Selanjutnya bambu akan disesuaikan dengan buku-bukunya dan dikeringkan, apabila sudah kering maka bambu sudah siap untuk dianyam, mudah bukan?

Baca Juga: Kerajinan Dari Barang Bekas

3. Kerajinan Bingkai Foto dari Bambu

Gambar Kerajinan Bingkai Foto Dari Bambu
lemadhesive.com

Bingkai foto yang terbuat dari plastik pasti sudah biasa, lalu apa jadinya jika bingkai foto terbuat dari bambu? Pasti sangat unik kan. Tapi, apakah bisa bambu dibuat menjadi sebuah bingkai foto?

Eits jangan salah, karena ternyata bambu juga bisa disukai menjadi sebuah kerajinan yang bahkan jika dijual juga bernilai cukup tinggi loh.

Cara membuat bingkai foto dari bambu pun terbilang cukup mudah dan sederhana, yakni dengan memotong bambu yang sudah disiapkan menjadi kecil-kecil atau sesuai dengan ukuran foto.

Selanjutnya kita bisa menempelkan masing-masing bambu mengikuti pola dengan menggunakan lem, dan yang terakhir tinggal kita kasih warna supaya bingkai lebih menarik.

  20+ Contoh Kerajinan dari Ban Bekas, Cara Membuat yang Mudah

4. Kerajinan Gelas dari Bambu

Kerajinan Gelas Dari Bambu
orami.co.id

Kerajinan dari bambu selanjutnya adalah peralatan rumah tangga yakni gelas, ya gelas juga bisa dibuat dengan menggunakan bahan dasar bambu loh, lalu bagaimana caranya?

Jadi cara membuatnya juga cukup mudah, yakni bambu tua yang sudah disiapkan akan dipotong dan kemudian dijemur hingga kering, inilah alasan kenapa bambu yang digunakan adalah bambu tua.

Selanjutnya, apabila bambu telah mengering secara sempurna, maka potong kembali bambu dan sesuaikan dengan ukuran gelas yang diinginkan, apabila sudah maka kalian hanya tinggal menghaluskan bambu dengan menggunakan amplas, dan cat bambu agar lebih menarik, bagaimana? Sangat sederhana dan menarik bukan?

5. Kerajinan Hiasan Dinding dari Bambu

Gambar Kerajinan Hiasan Dinding Dari Bambu
shopee.co.id

Apabila kalian pergi ke sebuah toko, pasti kalian juga menjumpai sebuah hiasan yang tergantung bukan? Tentunya apabila kalian membeli pasti cukup mahal, jadi lebih baik membuat sendiri kan.

Cara membuat hiasan dinding dari bambu ini pun terbilang cukup mudah, yakni dengan cara memotong bambu yang sudah disiapkan sesuai dengan keinginan, kemudian manfaatkan tali untuk mengikat bambu tersebut.

Jika sudah selesai, maka kalian bisa memperindah tampilan dengan cara dilukis menggunakan sebuah cat lalu keringkan dan siap digunakan.

6. Kerajinan Kapal dari Bambu

Kerajinan Kapal Dari Bambu
merdeka.com

Apakah kalian tahu, kerajinan dari bambu dengan bentuk sebuah kapal bisa dijadikan ladang penghasilan loh, bahkan tidak jarang para pengrajin bisa meraup keuntungan yang berjuta-juta dari membuat miniatur kapal hiasan bambu tersebut.

Cara membuatnya pun beragam, apabila miniatur kapal yang ingin dibuat semakin detail maka semakin susah cara membuatnya. Tetapi, apabila kapal yang ingin dibuat sederhana maka semakin mudah cara membuatnya.

Hal yang harus diingat adalah, apabila kalian ingin membuat sebuah usaha miniatur kapal dari bambu ini, maka harga yang ditawarkan juga sebaiknya disesuaikan dengan tingkat kesulitan pada saat membuatnya ya, jadi kalian juga tidak akan rugi baik dari segi materil atau waktu.

7. Kerajinan Kotak Pensil dari Bambu

Gambar Kerajinan Kotak Pensil Dari Bambu
pinterest.com

Apakah kalian tahu, kotak pensil bukan hanya dibuat dari plastik atau kaleng saja loh, melainkan kotak pensil juga bisa dibuat dengan menggunakan sebuah bambu. Cara membuatnya pun sebenarnya sama dengan cara membuat kerajinan bambu yang lainnya.

Yakni dengan cara memotong bambu yang kemudian dihaluskan, apabila sudah maka bentuk bambu sesuai dengan pola yang sudah direncanakan, kasihkan sebuah lem dan juga tali yang kemudian juga dikeringkan. Agar tampilan lebih menarik, maka kalian juga bisa menambahkan sebuah cat warna dan kotak pensil siap digunakan.

Baca Juga: Kerajinan Dari Kayu

8. Kerajinan Kotak Tisu dari Bambu

Gambar Kerajinan Kotak Tisu Dari Bambu
bukalapak.com

Kotak tisu yang terbuat dari bahan bambu juga tidak kalah menarik dengan kotak tisu yang dijual dipasaran loh, bahkan nih harga yang ditawarkan juga bisa jauh lebih mahal dibandingkan dengan kotak tisu yang dibuat dari plastik. Jadi, kotak tisu dari bahan bambu bisa dijadikan pilihan dirumah agar rumah lebih indah dan elegan.

Kotak tisu dari bambu pun mempunyai berbagai macam bentuk, ada yang terdiri dari susunan bambu atau dibuat dalam bentuk sebuah anyaman bambu.

Jadi, tingkat kesulitan untuk membuatnya pun juga beragam, apalagi kotak tisu yang dibuat dari sebuah anyaman, maka diperlukan tingkat ketelitian yang cukup tinggi.

9. Kerajinan Kursi dari Bambu

Gambar Kerajinan Kursi Dari Bambu
99.co

Kerajinan kursi dari bambu merupakan salah satu benda yang cukup mahal, hal ini dikarenakan proses pembuatan kursi dari bambu terbilang cukup rumit dan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Sebelum menjadikan bambu menjadi sebuah kursi, sehingga bambu harus melewati proses pengeringan terlebih dahulu, biasanya bisa mencapai 4 hingga 7 hari. 

Apabila sudah melewati proses pengeringan, maka bambu akan melewati proses pengawetan dan selanjutnya bambu bisa dibuat menjadi sebuah kursi yang diinginkan.

Rumit tetapi, jangan remehkan soal kualitas bahkan harganya yang bisa mengalahkan kursi-kursi yang dibuat dari bahan lainnya.

  35+ Contoh Kerajinan dari Daun Kelapa, Cara Mudah Membuat

10. Kerajinan Lampu Hias dari Bambu

Gambar Kerajinan Lampu Hias Dari Bambu
hipwee.com

Kerajinan dari bambu selanjutnya yang tidak boleh tertinggal adalah kerajinan lampu hias. Kerajinan lampu hias dari bambu bisa kalian jadikan ladang penghasil loh, banyak sekali pengrajin yang berhasil menjual lampu hias dari bambu dengan harga yang cukup tinggi, apakah kalian tidak tertarik?

Cara membuatnya pun juga sama dengan membuat kerajinan dari bambu yang lainnya, yakni dengan mengeringkan terlebih dahulu bambu yang akan digunakan agar semakin kuat.

Selanjutnya bambu bisa dibentuk sesuai dengan pola yang ditentukan dan haluskan bambu yang sudah jadi kemudian cat dan keringkan kembali.

11. Kerajinan Seruling dari Bambu

Gambar Kerajinan Seruling Dari Bambu
newartikelfahmi.blogspot.com

Alat musik seruling merupakan salah satu alat musik tradisional yang juga dibuat dari bahan bambu. Dimana cara membuatnya pun terbilang cukup mudah, yakni dengan memotong bambu dengan menggunakan gergaji

Apabila sudah, maka tentukan terlebih dahulu titik-titik yang nantinya digunakan untuk sebuah lubang bambu, jika sudah tutup kedua lubang pada ujung bambu dengan menggunakan busa dan direkatkan dengan menggunakan sebuah lem. Apabila sudah maka seruling bisa dihaluskan kembali, dan seruling siap dimainkan.

12. Kerajinan Vas Bunga dari Bambu

Gambar Kerajinan Vas Bunga Dari Bambu
99.co

Vas bunga merupakan salah satu kerajinan dari bambu yang juga bisa dijadikan sebuah pilihan untuk berkreasi. Dimana cara membuatnya pun bisa disesuaikan dengan pola yang sudah ditentukan.

Baca Juga: Kerajinan Dari Kain Flanel


Kelebihan Kerajinan Dari Bambu

Gambar Kelebihan Kerajinan Dari Bambu
failfaire.org

Pada penjelasan diatas kita sudah menjelaskan contoh-contoh kerajinan dari bambu bukan? Lalu sebenarnya apa sih kelebihan yang bisa diambil dari kerajinan bambu ini? Langsung saja yuk, simak penjelasan berikut ini!

  1. Apakah kalian tahu, kerajinan dari bambu ini hanya mengeluarkan biaya yang relatif murah loh, karena memang bahan yang digunakan juga sangat mudah untuk ditemukan.
  2. Kerajinan dari bahan bambu sangat mudah untuk disambungkan pada setiap bagian-bagiannya, bahkan kita juga hanya bisa memanfaatkan sebuah lem saja loh untuk merekatkannya.
  3. Kerajinan dari bambu relatif lebih mudah dalam pengerjaannya loh jika dibandingkan dengan kerajinan yang lainnya.
  4. Relatif kerajinan dari bambu juga kuat loh, bahkan ada yang sampai tahan terhadap bencana alam salah satunya gempa, wah sangat menarik kan?

Kekurangan Kerajinan Dari Bambu

Gambar Kekurangan Kerajinan Dari Bambu
forestdigest.com

Apabila diatas kita sudah membahas kelebihan, maka selanjutnya kita akan membahas kekurangan kerajinan dari bambu, penasaran? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

  1. Apakah kalian tahu, kerajinan dari bambu sangat rentan akan lapuk dan juga sangat rentan dimakan oleh serangga atau rayap.
  2. Kerajinan dari bambu juga sangat rentan terbakar, sehingga jauhkan dari api ya teman-teman.
  3. Dan yang terakhir kerajinan dari bambu sangat rentan terhadap perubahan cuaca, apalagi pada saat pergantian musim hujan dan musim kemarau, jadi usahakan menyimpan di dalam tempat yang aman ya!

Penutup Artikel Kerajinan dari Bambu

Demikianlah contoh kerajinan dari bambu beserta dengan kelebihan dan juga kekurangan, dimana sebenarnya masih banyak kerajinan-kerajinan yang bisa kita buat dengan menggunakan bambu loh.

Jadi, tunggu apalagi mari kita manfaat bambu menjadi barang yang bisa menjadi ladang penghasilan bagi kita, semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian ya.

Kerajinan Dari Bambu

Tinggalkan komentar