10+ Contoh Kerajinan dari Batu dan Cara Membuatnya

Kerajinan Dari Batu

Kerajinan dari Batu – Bahan apapun, apabila berada pada tangan orang-orang yang kreatif bisa disulap menjadi berbagai macam kerajinan yang menarik dan tentunya juga bisa menjadi ladang penghasilan, salah satunya adalah bahan batu.

Ya kerajinan dari batu ini mempunyai bentuk yang sangat cantik dan tidak kalah dengan kerajinan dari bahan yang lainnya. Kerajinan dari baru termasuk kedalam jenis kerajinan benda keras, hal ini dikarenakan batu mempunyai tekstur yang keras dan juga padat.

Banyak sekali, jenis kerajinan yang bisa dibuat dengan menggunakan bahan batu ini baik itu bingkai foto, keset, hiasan kaktus dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tapi, bukan hanya itu saja, melainkan masih terdapat berbagai macam kerajinan yang lainnya. Penasaran apa saja contoh kerajinannya? Maka dari itu, yuk simak penjelasan lengkapnya mengenai contoh kerajinan dari batu berserat teknik pembuatannya berikut ini!


Contoh Kerajinan dari Batu

No Hasil Kerajinan dari Batu
1 Kerajinan Bingkai Foto dari Batu
2 Kerajinan Hiasan Dinding dari Batu
3 Kerajinan Hiasan Kaktus dari Batu
4 Kerajinan Keset Batu Kali dari Batu
5 Kerajinan Papan Tanda dari Batu
6 Kerajinan Photo Holder dari Batu
7 Kerajinan Pot Bunga dari Batu
8 Kerajinan Tatakan Teko dari Batu
9 Kerajinan Tempat Kunci Kamuflase dari Batu
10 Kerajinan Tempat Lilin dari Batu

Batu merupakan salah satu bahan keras yang bisa menghasilkan berbagai macam kerajinan yang menarik, mempunyai nilai seni yang tinggi dan juga nilai jual yang bahkan bisa mengalahkan kerajinan dari bahan yang lainnya loh.

Banyak sekali bentuk kerajinan yang bisa dihasilkan dari bahan yang satu ini, penasaran? Langsung saja yuk simak penjelasan di bawah ini!

1. Kerajinan Bingkai Foto dari Batu

Kerajinan Bingkai Foto Dari Batu

Kerajinan yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi bukan bagi kalian semua? Dimana hiasan bingkai foto ini bisa dibuat dari bahan dasar batu kerikil loh, bukan hanya bingkai foto saja, melainkan juga bisa bingkai cermin dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bingkai dari foto bisa kalian jadikan sebagai ladang usaha dan juga bisa dibuat untuk diri sendiri loh. Cara membuat hiasan bingkai foto ini juga terbilang cukup mudah.

Yakni dengan cara menempelkan terlebih dahulu batu ke atas permukaan bingkai yang ingin dihias, apabila kalian menginginkan warna yang berbeda, kalian bisa terlebih dahulu mewarnainya dengan menggunakan pewarna dan kemudian dikeringkan.

2. Kerajinan Hiasan Dinding dari Batu

Kerajinan Hiasan Dinding Dari Batu

Bahan dasar batu ini juga bisa dijadikan sebagai hiasan dinding yang sangat cantik loh, dimana pembuatan kerajinan batu yang digunakan untuk hiasan dinding juga membutuhkan orang-orang yang mempunyai ide kreatif, sehingga nanti hasil yang didapatkan sangat cantik dan menarik.

Biasanya ide yang digunakan untuk membuat hiasan dinding ini berupa cerita rakyat, atau tertentu, hal tersebut tergantung dari pengrajinnya. Adapun cara membuatnya juga cukup mudah, yakni berikan terlebih dahulu warna pada batu.

Selanjutnya siapkan beberapa bahan tambahan. Seperti pada gambar, tempelkan terlebih dahulu ranting pohon, selanjutnya susun batu ke atas pohon dan tambahkan kaki serta paru, hiasan dinding berupa burung sudah berhasil dibuat.

Baca Juga: Kerajinan Dari Sabut Kelapa

3. Kerajinan Hiasan Kaktus dari Batu

Kerajinan Hiasan Kaktus Dari Batu

Batu merupakan salah satu bahan yang bisa digunakan menjadi hiasan tanaman berbentuk yang murah loh. Ya, selain bahan yang terbuat dari plastik, hiasan pohon atau tanaman kaktus juga bisa dibuat dari bahan dasar batu.

Keunggulan dari batu sebagai hiasan adalah batu tidak harus disiram, karena batu tidak akan layu seperti pada tanaman kaktus yang dibuat dari bahan yang lainnya, bukan hanya itu saja  bahan yang digunakan juga mudah didapat dan murah.

Adapun cara membuatnya juga cukup mudah, yakni hanya dengan mewarnai batu dengan menggunakan warna yang sama dengan pohon kaktus lainnya.

Selanjutnya tambahkan corak agar menyerupai tanaman kaktus. Letakkan kaktus dari batu ini didalam pot bunga dan tanaman sudah siap untuk diletakkan sebagai hiasan rumah.

4. Kerajinan Keset Batu Kali dari Batu

Kerajinan Keset Batu Kali Dari Batu

Apakah kalian tahu, ternyata batu kali juga bisa dibuat menjadi keset yang bisa menjaga kesehatan loh, sehingga tidak heran apabila sekarang banyak yang menjadikan batu sebagai hiasan di samping rumah sebagai sarana terapi.

Selain bisa disusun seperti bentuk jalan, kalian juga bisa menyusun atau membuat batu kali ini sebagai keset dan bisa diletakkan didepan pintu rumah loh. 

Cara pembuatannya juga cukup mudah, yakni hanya tinggal letakkan terlebih dahulu keset yang terbuat dari bahan karet, selanjutnya letakkan batu tersebut di atas keset karet dan rata dengan rapi.

Agar batu tidak bergeser, maka rekatkan batu dengan menggunakan perekat dan keringkan, keset batu yang bisa menjaga kesehatan sudah siap untuk digunakan atau dijual kembali.

Baca Juga: Kerajinan Dari Sabut Kelapa

5. Kerajinan Papan Tanda dari Batu

Kerajinan Papan Tanda Dari Batu

Papan tanda bukan hanya bisa dibuat dengan menggunakan kayu saja, melainkan juga bisa dibuat dengan menggunakan bahan batu alam loh.

Papan tanda sendiri merupakan sebuah benda yang berguna untuk memberikan berbagai macam informasi, baik itu informasi tentang arah, ucapan selamat datang dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Cara membuat papan tanda dari bahan batu ini juga sangat mudah, yakni dengan cara memberikan terlebih dahulu warna atau lukisan pada batu, selanjutnya tempelkan batu tersebut ke atas papan.

Papan dari batu sudah siap untuk digunakan, selain bisa kalian gunakan sendiri, papan dari batu ini juga bisa kalian jadikan pilihan sebagai usaha yang menjanjikan.

6. Kerajinan Photo Holder dari Batu

Kerajinan Photo Holder Dari Batu

Kerajinan dari bahan dasar batu selaku adalah photo holder, dimana kalian bisa membuatnya sendiri dari bahan dasar batu loh, sehingga kalian tidak perlu mengeluarkan uang hanya untuk membelinya.

Selain menghemat biaya pengeluaran, membuat photo holder sendiri dari bahan dasar batu ini juga  bisa memberikan keunikan tersendiri. 

Cara membuatnya juga cukup mudah, yakni hanya dengan melilitkan kawat kecil yang sudah disiapkan pada sekitar batu, selanjutnya sisahkan kawat agar menjulang ke atas, dan buat ujungnya menjadi klip kertas. Photo holder susah siap untuk digunakan, bahkan kalian bisa menjual kembali kerajinan ini dengan harga yang terjangkau.

7. Kerajinan Pot Bunga dari Batu

Kerajinan Pot Bunga Dari Batu

Apabila kalian membuat rumah dengan tema alam, maka pot bunga yang terbuat dari bahan dasar batu bisa dijadikan salah satu koleksinya, ya pot bunga juga bisa dibuat dari bahan dasar batu dengan bentuk yang unik dan memberikan kesan yang alami.

Bahkan selain bisa kalian gunakan sendiri, kerajinan pot bunga dari bahan dasar batu juga bisa dijadikan pilihan untuk membuka sebuah usaha loh. 

Cara membuat pot bunga yang berbahan dasar batu ini juga cukup mudah, yakni dengan mengelompokkan terlebih dahulu dan memilah ukuran batu yang akan digunakan.

Selanjutnya tempelkan batu-batu tersebut secara rapi dan usahakan ukurannya agak lebih tinggi, apabila sudah maka pot bunga sudah siap digunakan.

Baca Juga: Kerajinan Dari Kaleng Bekas

8. Kerajinan Tatakan Teko dari Batu

Kerajinan Tatakan Teko Dari Batu

Selain pot bunga, bahan dasar batu juga bisa dibuat menjadi tatakan teko yang sangat unik dan mempunyai daya tarik tersendiri loh.

Bahkan tatakan teko atau alat makan ini tidak kalah jika dibandingkan dengan tatakan yang dibuat dari bahan dasar kayu atau plastik, harga yang ditawarkan juga jauh lebih tinggi karena tatakan batu termasuk kerajinan yang unik. 

Cara membuat tatakan teko dari bahan dasar batu ini juga cukup mudah, yakni hanya tinggal membuat terlebih dahulu alas dengan bentuk yang diinginkan.

selanjutnya tempelkan berbagai macam batu yang tebal dan usahakan batu-batu tersebut mempunyai tingkat ketebalan yang sama.  Hal ini dikarenakan agar teko bisa tetap seimbang, apabila sudah maka keringkan dan tatakan sudah siap digunakan atau dijual kembali.

9. Kerajinan Tempat Kunci Kamuflase dari Batu

Kerajinan Tempat Kunci Kamuflase Dari Batu

Apakah kalian tahu, ternyata bahan dasar batu juga bisa dibuat menjadi tempat kunci kamuflase loh, sehingga kalian tidak perlu takut kunci akan hilang atau dicuri orang lain.

Selain digunakan sendiri, tempat kunci kamuflase yang terbuat dari bahan dasar batu ini juga cocok dijadikan sebagai souvenir loh, hal ini dikarenakan kerajinan yang satu ini sangat unik dan berbeda.

Adapun cara membuat kerajinan tempat kunci kamuflase dari bahan batu ini adalah dengan potong terlebih dahulu botol dan bersihkan, selanjutnya tempelkan bebatuan ke atas permukaan botol dengan menggunakan lem yang kuat.

Apabila sudah maka keringkan botol. Selanjutnya kalian sudah bisa menggunakan tempat kunci tersebut, agar lebih aman maka letakkan tempat agar berbaur dengan berbagai macam batuan yang ada di halaman depan.

10. Kerajinan Tempat Lilin dari Batu

Kerajinan Tempat Lilin Dari Batu

Kerajinan dari bahan batu yang terakhir adalah tempat lilin. Tempat lilin dari bahan dasar batu mempunyai bentuk yang unik dan tentunya sangat cantik tidak kalah jika dibandingkan dengan tempat lilin pada umumnya, tempat ini berfungsi untuk meletakkan lilin agar bisa mencegah terjadinya kebakaran.

Tempat lilin bisa kalian buat hanya dengan menggunakan batu yang mempunyai bentuk pipih, kemudian direkatkan dengan batu yang lainnya menjadi bentuk yang diinginkan. Karena kerajinan yang satu ini merupakan kerajinan yang unik.

Maka tempat lilin dari bahan batu bisa kalian jual kembali loh, bukan hanya itu tempat lilin berbahan dasar batu ini juga bisa kalian jadikan sebagai hadiah souvenir.

Baca Juga: Kerajinan Dari Logam


Teknik Membuat Kerajinan dari Batu

Teknik Membuat Kerajinan Dari Batu

Pada penjelasan diatas kita sudah belajar mengenai contoh kerajinan yang bisa dibuat dengan menggunakan bahan batu. Dimana sebenarnya, membuat berbagai macam kerajinan seperti contoh di atas juga membutuhkan beberapa teknik khusus, baik itu teknik bubut, teknik cor, teknik etsa, teknik ukir dan ukir tekan.

Lalu apa perbedaan dari masing-masing teknik tersebut? Maka dari itu, untuk mengetahui semuanya yuk, simak penjelasan di bawah ini!

1. Teknik Bubut

Teknik bubut, merupakan teknik untuk membuat kerajinan berbahan dasar batu dengan menggunakan alat bantu khusus, baik itu pahat bubut, pengiris, penyayat dan beberapa alat pemotong lainnya.

Alat-alat tersebutlah yang berguna untuk membentuk berbagai macam benda, misalnya vas bunga, asbak dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Teknik Cor

Teknik cor merupakan teknik yang berguna untuk membuat Gending perunggu, perhiasan, kapak dan masih banyak lagi yang lainnya. Dimana teknik ini dikelompokkan kembali menjadi dua teknik, yakni teknik berulang dan teknik tuang sekali pakai.

3. Teknik Etsa

Teknik etsa masukkan teknik yang dilakukan dengan cara merendam sebuah benda di dalam larutan yang bersifat asam. Dimana perendaman ini juga bukan tanpa alasan, melainkan agar benda bisa terlarut sehingga bisa dengan mudah dibentuk.

4. Teknik Ukir

Teknik ukir merupakan teknik yang dilakukan dengan membuat sebuah pola atau ukiran pada bahan yang akan digunakan, baik itu kayu atau batu. Banyak sekali motif yang bisa didapatkan melalui teknik ini, baik itu zig-zag, tumpal, garis, lingkaran dan masih banyak lagi yang lainnya.

5. Teknik Ukir Tekan

Teknik ukir tekan merupakan teknik yang biasanya diterapkan pada bahan logam tipis yang mempunyai ketebalan 0,2 mm pada kuningan, sedangkan pada tembaga mempunyai ukuran ketebalan 0,44 mm.


Penutup Artikel Kerajinan dari Batu

Demikianlah contoh kerajinan dari batu beserta teknik pembuatannya. Dimana sebenarnya masih banyak bentuk kerajinan yang bisa kita buat dengan menggunakan bahan dasar batu ini.

Jadi, tunggu apalagi mari kita manfaatkan batu menjadi bentuk kerajinan yang bisa menjadi ladang penghasilan bagi kita, semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian ya.

Kerajinan dari Batu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.