17+ Contoh Kerajinan dari Benang Woll dan Cara Membuatnya

Kerajinan Dari Benang Wol

Kerajinan dari Benang Woll – Menghias rumah tidak selalu menggunakan barang yang mewah dan membelinya loh, melainkan kita bisa menghias rumah dengan berbagai macam bentuk kerajinan yang unik.

Salah satunya adalah dengan membuat kerajinan dari benang woll. Benang woll sendiri merupakan serat yang ada pada rambut hewan famili caprinae.

Dimana benang inilah yang bisa digunakan kembali menjadi berbagai macam hiasan dinding yang sangat menarik. Lalu apa saja contoh kerajinan dari benang woll ini? Yuk, simak 17+ contoh kerajinan dari benang woll berikut ini!


Contoh Kerajinan dari Benang Woll

No Hasil Kerajinan dari Benang Woll 
1 Kerajinan Abjad Artistik dari Woll
2 Kerajinan Bingkai Foto Gantung dari Woll
3 Kerajinan Bunga Crochet dari Woll
4 Kerajinan Bunga Dandelion dari Woll
5 Kerajinan Bunga Mawar dari Woll
6 Kerajinan Bunga Pom-Pom dari Woll
7 Kerajinan Bunga Tumpuk dari Woll
8 Kerajinan Dekorasi Dinding Sederhana dari Woll
9 Kerajinan Gantungan Kunci Sederhana dari Woll
10 Kerajinan Hiasan Tempat Buah dari Woll
11 Kerajinan Jam Dinding Rajut dari Woll
12 Kerajinan Kesenian Paku dari Woll
13 Kerajinan Keset dari Woll
14 Kerajinan Rumbai-Rumbai dari Woll
15 Kerajinan Tassel Gantung dari Woll
16 Kerajinan Hiasan Tempat Lilin dari Wol
17 Kerajinan Hiasan Tempat Pensil dari Woll

Benang woll merupakan salah satu bahan yang bisa digunakan untuk membuat berbagai macam hiasan dinding rumah, benang woll sangat cocok digunakan sebagai hiasan. d

Dikarenakan benang ini mempunyai beberapa keunggulan baik itu bisa menyerap cairan, mudah dibersihkan dan tidak mudah kotor loh. 

Kerajinan yang dihasilkan juga terdiri dari berbagai macam, dari berbagai jenis bunga, dekorasi dinding, kesenian paku dan masih banyak lagi yang lainnya.

Apakah kalian penasaran dengan bentuk-bentuk kerajinan dari benang woll tersebut? Jika iya, maka penjelasan berikut ini bisa membantu anda untuk mengatasi rasa penasarannya loh, yuk langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

1. Kerajinan Abjad Artistik dari Woll

Kerajinan Abjad Artistik Dari Woll

Kerajinan dari benang woll yang pertama adalah abjad artistik, ya hiasan yang satu ini sangat cocok dijadikan sebagai hiasan rumah atau kamar loh.

Apalagi cara pembuatannya yang cukup mudah, sehingga kalian tidak perlu membelinya diluar sana dilaksanakan sudah bisa membuatnya sendiri.

Adapun cara membuatnya adalah yang pertama siapkan terlebih dahulu karton yang sudah dibentuk dan digunting sesuai dengan huruf atau bisa juga kata, selanjutnya berikan lem pada kertas karton tersebut dan lilitkan benang woll dengan rapi.

Penggunaan benang ini sesuai dengan selera ya, apakah hanya menggunakan satu warna saja atau menggunakan warna yang lainnya.

2. Kerajinan Bingkai Foto Gantung dari Woll

Kerajinan Bingkai Foto Gantung Dari Woll

Benang woll juga bisa dijadikan sebagai hiasan bingkai foto yang cantik loh, cara pembuatannya juga sama dengan pembuatan abjad artistik, yakni dengan cara melilitkan benang woll dengan menggunakan lem pada kertas karton.

Perbedaannya, apabila pada abjad tersebut kertas karton berbentuk huruf, maka pada bingkai foto ini kertas karton atau kardus berbentuk persegi atau bisa bentuk karakter yang lainnya.

Baca Juga: Kerajinan Dari Gips

3. Kerajinan Bunga Crochet dari Woll

Kerajinan Bunga Crochet Dari Woll

Kerajinan benang woll selanjutnya adalah bunga crochet, dimana bunga ini dibuat dengan cara merajut benang sampai bisa membentuk sebuah bunga yang sangat cantik. Pada umumnya, bunga crochet ini bisa digunakan untuk bross, jepit rambut atau bisa juga dengan membuat buket bunga.

4. Kerajinan Bunga Dandelion dari Woll

Kerajinan Bunga Dandelion Dari Woll

Kerajinan berbentuk bunga selanjutnya adalah bunga dandelion. Cara membuat bunga dandelion ini juga cukup mudah, yakni yang pertama merekatkan selotip sehingga bisa menutupi tangkai yang dibuat dari bahan kawat.

Selanjutnya lilitkan benang woll dengan warna kuning atau putih pada garpu dan pindahkan ke tangkai kemudian potong bagian tengah benang sehingga bisa menjadi dua bagian.

Apabila sudah selesai, maka lilitkan benang woll dengan warna hijau pada kawat sehingga bisa menghasilkan bunga. Untuk mendapatkan hasil yang sama persis, maka ulangi kegiatan tersebut beberapa kali.

5. Kerajinan Bunga Mawar dari Woll

Kerajinan Bunga Mawar Dari Woll

Bunga mawar juga termasuk kedalam jenis kerajinan yang bisa dibuat dengan menggunakan benang woll, dimana cat membuatnya adalah dengan mengikat benang woll pada ujung kawat spiral, apabila sudah diikat dengan kuat, maka lilitkan benang sehingga semua bagian yang ada pada kawat tertutupi benang woll.

Apabila sudah, maka lekukan kawat sehingga bisa membentuk kelopak bunga, ulangi proses tersebut hingga mendapat beberapa kelopak bunga.

Apabila sudah, maka bentuklah kembali dengan menggunakan benang woll hijau sebagai daun, dan yang terakhir merangkai semua kelopak bunga dengan menggunakan kawat kecil.

6. Kerajinan Bunga Pom-Pom dari Woll

Kerajinan Bunga Pom Pom Dari Woll

Apakah kalian pernah mendengar bunga pom-pom? Ternyata kerajinan bunga pom-pom ini bisa dibuat dari benang woll loh. Cara membuatnya juga sangat mudah

Yakni dengan cara gulung benang woll dengan menggunakan jari tengah sebanyak 150 kali, selanjutnya keluarkan gulungan dan masukan benang lainnya di tengah gulungan benang woll, kemudian ikat erat.

Apabila sudah, gulungan benang yang ada di samping dipotong dan kemudian gulungan bisa membentuk bola berbulu. Selanjutnya, siapkan tangkai dan susunlah beberapa bunga pom-pom kedalam vas bunga, bunga pom-pom sudah siap dijadikan sebagai hiasan ruang tamu, bagaimana mudah bukan?

7.  Kerajinan Bunga Tumpuk dari Woll

Kerajinan Bunga Tumpuk Dari Woll

Kerajinan dari benang woll yang terakhir adalah bunga tumpuk, bunga ini sebenarnya juga sama dengan buka crochet, yakni dibuat dengan cara merajut benang woll.

Merajut benang ini juga menggunakan alat tertentu ya, hal ini dikarenakan bunga tumpuk dibuat dengan beberapa bagian tertentu, penggunaan bunga ini juga sama yakni dibuat untuk dijadikan sebagai bross.

Baca Juga: Kerajinan Dari Daun Pandan

8. Kerajinan Dekorasi Dinding Sederhana dari Woll

Kerajinan Dekorasi Dinding Sederhana Dari Woll

Apakah kalian tahu, benang woll juga bisa dibuat menjadi kerajinan yang berguna untuk menghias dinding loh, meskipun bentuknya yang sederhana, tapi dengan hiasan dinding ini maka rumah bisa semakin cantik.

Cara membuat hiasan dinding juga sangat sederhana, sehingga sangat mudah kita terapkan sendiri. Adapun cara membuatnya adalah dengan menganyam benang woll pada kayu berbentuk bulat atau holahop, sisakan sedikit bagian yang masih polos.

Apabila sudah, pada bagian bawah pasti terdapat rumbai dari benang yang mempunyai panjang tidak sama, sehingga rapikan rumbai tersebut agar panjang yang dimilikinya sama. Yang terakhir pasang gantungan dinding ini.

9. Kerajinan Gantungan Kunci Sederhana dari Woll

Kerajinan Gantungan Kunci Sederhana Dari Woll

Benang woll memang bisa disulap menjadi berbagai macam bentuk kerajinan yang sangat indah, salah satunya adalah gantungan kunci. Ya, gantungan kunci memang kita bisa membuatnya dari benang woll loh, seperti gantungan kunci dari berbentuk bunga pom-pom.

Perbedaannya bunga pom-pom yang dijadikan sebagai hiasan rumah dan sebagai gantungan kunci adalah dari segi ukuran, dimana gantungan kunci akan menggunakan bunga dengan ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan bunga yang dijadikan sebagai hiasan ruang tamu.

10. Kerajinan Hiasan Tempat Buah dari Woll

Kerajinan Hiasan Tempat Buah Dari Woll

Bosan dengan tempat buah yang itu-itu saja? Jangan khawatir, karena kalian bisa menghiasi tempat buah dengan menggunakan benang woll loh.

Cara membuatnya juga cukup mudah, yakni tinggal merajut tempat buah dengan menggunakan benang woll sehingga semua bagian yang ada pada tempat buah tertutup.

Apabila sudah, agar tampilan tempat buah semakin menarik, kalian juga bisa menempelkan berbagai macam hiasan, seperti pernak-pernik.

Tempat buah sudah siap digunakan, bagaimana sangat mudah bukan? Tapi tentunya hasil yang dihasilkan juga tergantung pembuatnya ya, jadi perhatikan tingkat kerapian pada saat merajutnya.

11. Kerajinan Jam Dinding Rajut dari Woll

Kerajinan Jam Dinding Rajut Dari Woll

Selain bisa digunakan menjadi hiasan dinding, benang woll juga bisa dibuat menjadi hiasan jam dinding loh. Jam yang dihasilkan pun cukup cantik, dan tentunya tidak kalah jika dibandingkan dengan jam dinding pada umumnya.

Cara membuatnya juga cukup mudah, yang pertama rajutlah benang woll dengan menggunakan berbagai macam warna, rajut hingga membentuk sebuah kain ya. Selanjutnya rekatkan kain rajut kepada jam dinding dan jam dinding sudah siap digunakan, bagaimana cantik bukan?

12. Kerajinan Kesenian Paku dari Woll

Kerajinan Kesenian Paku Dari Woll

Membuat kerajinan dari benang woll tidak selalu berbentuk sebuah rajutan, melainkan kalian juga bisa dengan membentuk garis-garis pada paku atau yang sering disebut dengan kesenian pak.

Cara membuatnya juga cukup mudah, yang pertama buat pola pada dinding dengan menggunakan paku. agar hasil pola tidak berantakan, maka buatlah terlebih dahulu pola yang samar pada dinding dengan menggunakan pensil, kemudian pasanglah paku dengan mengikuti pola tersebut.

Apabila sudah, sebelum kalian memasangkan benang woll, hapuslah terlebih dahulu garis pensil yang samar tadi dan rangkailah benang woll dengan cara melilitkan benang woll pada paku dengan putaran paling minimal 3, lakukan hingga akhir ya.

13. Kerajinan Keset dari Woll

Kerajinan Keset Dari Woll

Kerajinan dari benang woll juga bisa digunakan untuk membuat keset, karena benang woll tersebut empuk, maka keset yang dihasilkan juga sangat empuk dan tentunya sangat menarik dengan berbagai macam motif.

Keset dari benang woll ini bisa kalian buat dengan mudah, seperti misalnya membuat keset berbentuk bunga pom-pom.

Maka yang pertama buatlah bunga pom-pom terlebih dahulu dengan jumlah sesuai kebutuhan, apabila sudah maka ikatkan bunga pom-pom tersebut pada alat keset yang sudah dibuat tadi.

Jangan lupa untuk diberikan jarak yang tepat ya dan keset dari bunga pom-pom sudah siap untuk digunakan, bagaimana sangat mudah bukan?

14. Kerajinan Rumbai-Rumbai dari Woll

Kerajinan Rumbai Rumbai Dari Woll

Hiasan dinding selanjutnya yang bisa dibuat dengan menggunakan benang woll adalah rumbai-rumbai. Cara membuat kerajinan yang satu ini cukup mudah, yakni yang pertama siapkan terlebih dahulu kayu atau bambu.

Apabila sudah, maka ikatkan benang woll pada kayu tersebut, agar lebih menarik kalian bisa menggunakan berbagai macam warna.

Rumbai yang dihasilkan tentunya mempunyai panjang yang berbeda, tetapi disinilah keunikannya jadi kalian bisa merapikan bukan dipotong dengan sama panjang, melainkan dibentuk menjadi beberapa panjang yang berbeda (seperti pada gambar).

Baca Juga: Kerajinan Dari Besi

15. Kerajinan Tassel Gantung dari Woll

Kerajinan Tassel Gantung Dari Woll

Tassel merupakan bentuk kerajinan untuk menghiasi dinding dengan menggunakan benang woll. Dimana kerajinan ini juga cukup mudah, yakni yang pertama gulung lah terlebih dahulu benang woll dengan ukuran sekitar 2,5 inch dan buat simpul pada kedua ujung.

Apabila sudah, lilitkan benang dengan jarak sekitar 1,5 cm dari atas dan ikat (hal ini dilakukan tepat setelah menyelesaikan satu bentuk tassel).

Gunting ujung yang tidak terlilit, dan ulangi kembali langkah-langkah tersebut sehingga bisa membuat tassel dengan jumlah yang cukup.

16. Kerajinan Hiasan Tempat Lilin dari Wol

Kerajinan Hiasan Tempat Lilin Dari Wol

Bosan dengan tempat lilin yang itu-itu saja? Maka kalian bisa membuat tempat lilin sendiri yang unik dan estetik loh, cara membuatnya juga sangat mudah.

Pertama-tama siapkan beberapa ranting kayu terlebih dahulu kemudian susunlah menjadi bentuk (seperti pada gambar). Apabila sudah, maka lilitkan atau lapisi dengan menggunakan benang wol,l dan tempat lilin susah siap untuk digunakan.

17. Kerajinan Hiasan Tempat Pensil dari Woll

Kerajinan Hiasan Tempat Pensil Dari Woll

Kerajinan dari benang woll yang terakhir adalah tempat pensil, dimana cara pembuatannya juga sangat mudah. Pertama-tama potonglah terlebih dahulu bekas botol air mineral (sesuai ukuran dengan tempat pensil).

Apabila sudah maka lilitkan benang woll pada botol tersebut agar semua bagian tertutup dengan sempurna dengan menggunakan lem

Apabila botol sudah benar-benar tertutup dengan benang woll, maka kalian bisa menambahkan berbagai macam hiasan dalam tempat pensil.

Baik itu hiasan dengan menggunakan aneka pernak-pernik atau bisa juga dengan menggunakan kain flanel yang dibentuk menjadi mata atau hidung.


Manfaat Kerajinan dari Bahan Woll

Manfaat Kerajinan Dari Bahan Woll Https Laundry.drop.id

Tentunya membuat sebuah kerajinan dari benang woll juga bisa menghasilkan beberapa manfaat tertentu loh, lalu apa saja manfaat yang bisa dihasilkan dengan membuat kerajinan dari benang woll tersebut? Maka dari itu, yuk simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Dengan membuat kerajinan dari benang woll, maka rumah akan terlihat semakin cantik dan juga semakin indah, apalagi dengan berbagai macam hiasan dinding yang sangat berwarna.
  2. Dengan menbuat kerajinan dengan benang woll, maka kita bisa melatih kemampuan berkreativitas agar terus berkembang.
  3. Dengan menbuat sebuah kerajinan dari benang woll, maka kita juga bisa mengisi waktu luang dengan hal-hal yang berguna.
  4. Dengan menggunakan kerajinan dari benang woll, kita juga bisa mempunyai penghasilan tambahan.

Penutup Artikel Kerajinan dari Benang Woll 

Demikianlah 17+ contoh kerajinan dari benang woll beserta manfaat yang diberikan boleh benang woll sendiri. Dimana sebenarnya masih banyak bentuk kerajinan lainnya yang bisa kita buat dengan menggunakan bahan dasar benang woll ini.

Jadi, tunggu apalagi mari kita manfaatkan benang woll menjadi bentuk kerajinan yang bisa menjadi ladang penghasilan bagi kita, semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian ya.

Kerajinan dari Benang Woll 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.