Kerajinan Dari Botol Bekas

3 min read

Kerajinan Dari Botol Bekas – Salah satu sampah yang paling banyak dan membahayakan adalah limbah botol plastik. Karena memang penggunaan botol plastik dilakukan hampir setiap harinya oleh setiap orang. Sehingga sekarang banyak orang yang memulai untuk mengurangi limbah tersebut, salah satunya dengan membuat kerajinan dari botol bekas agar bisa digunakan kembali.

Menggunakan botol bekas sebagai bahan kerajinan sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru dilakukan. Karena pada kenyataannya sudah banyak orang yang melakukan hal itu sedari dulu. Hal ini juga didukung oleh bahan yang digunakan sangat mudah untuk ditemukan dan harga dari bahan-bahan yang digunakan juga sangat murah.

Dalam membuat kerajinan dari botol bekas ini sebenarnya bukanlah sesuatu hal yang sulit. Hanya saja bagi seorang pemula ketekunan dan juga kreatifitas sangatlah diperlukan. Jangan sampai seseorang hanya membuat kerajinan karena ikut-ikutan saja tanpa ada niat membuatnya, karena itu akan membuat proses terhenti begitu saja di tengah jalan.

Dengan melakukan pemanfaatan pada sebuah limbah botol bekas, dapat membuat nilai dari botol bekas sendiri menjadi naik. Sehingga hal ini bisa dijadikan sebagai ide untuk melakukan sebuah usaha. Seperti beberapa ide yang ada di dalam pembahasan ini terkait dengan beberapa ide kerajinan dari botol bekas yang bisa dibuat oleh siapa saja, dan bisa dibuat sebagai ladang usaha.


Kerajinan Dari Botol Bekas Untuk Hiasan Rumah

Botol bekas itu memiliki banyak manfaat jadi akan sangat sayang jika langsung dibuang begitu saja, tanpa diolah terlebih dahulu. Cara mengolah limbah botol plastik ini juga bisa dengan mudah untuk dilakukan oleh siapa saja, seperti beberapa ide yang ada di bawah ini. Beberapa rekomendasi olahan kerajinan tersebut diantaranya adalah.


1. Sebagai Hiasan Lucu

1. Sebagai Hiasan Lucu

Pertama adalah membuat botol bekas sebagai hiasan lucu yang bisa dijadikan sebagai pajangan di dalam rumah. Ada beberapa ide bentuk-bentuk hiasan lucu yang bisa diterapkan seperti hewan, tumbuhan, dan lain sebagainya. Jadi ketika memiliki botol bekas jangan langsung dibuang begitu saja, itu sangat disayangkan.

Baca Juga: Kerajinan Dari Sabun


2. Wadah Untuk Menyimpan Alat Tulis

2. Wadah Untuk Menyimpan Alat Tulis

Sudah banyak orang yang membuat kerajinan botol bekas untuk menjadi wadah tempat pensil ataupun alat-alat tulis lainnya. Sebuah wadah yang lucu dan imut tentu akan menambah mood seseorang ketika belajar. Ada banyak model yang bisa dibuat dalam kerajinan ini, jadi tidak perlu khawatir akan kehabisan ide tinggal pilih saja sesuai keinginan.


3. Tempat Menyimpan Charger

3. Tempat Menyimpan Charger

Ini adalah kerajinan yang masih jarang digunakan oleh banyak orang, padahal barang yang satu ini sangat bermanfaat. Bahannya juga sangat sederhana hanya sebuah botol plastik bekas, usahakan yang bekas shampo. Lalu ada spidol dan juga gunting, yang berguna untuk memberikan bentuk kepada botol plastik bekas tersebut.


4. Pot-Pot Dengan Berbagai Model

4. Pot-Pot Dengan Berbagai Model

Membuat pot dengan menggunakan botol bekas adalah sebuah upaya perduli akan lingkungan yang berlipat ganda. Dimana dengan menggunakan botol bekas itu artinya dapat mengurangi limbah dari botol bekas tersebut. Lalu pot itu bisa digunakan untuk menanam tanaman yang berfungsi untuk menjaga keasrian lingkungan, jadi benar-benar sangat bermanfaat.


5. Tempat Penyimpanan Aksesoris

5. Tempat Penyimpanan Aksesoris

Apabila memiliki banyak aksesoris tentu diperlukan tempat penyimpanan yang bisa menampung semua aksesoris tersebut. Akan lebih menyenangkan jika tempat itu merupakan hasil buatan sendiri karena tentu harganya sangat murah. Jadi tidak ada salahnya untuk menyulap sebuah botol bekas menjadi sebuah tempat aksesoris seperti ini.


6. Jam Unik Dari Kumpulan Tutup Botol

6. Jam Unik Dari Kumpulan Tutup Botol

Untuk ide terakhir hiasan di dalam rumah dengan memanfaatkan limbah botol plastik adalah dengan membuat sebuah jam. Bahan yang dimanfaatkan dalam pembuatan kreasi ini adalah tutup botol nya. Ada banyak ide yang bisa diterapkan, salah satunya seperti gambar di atas yang sangat mudah untuk dibuat dan bahannya juga murah.


Kerajinan Dari Botol Bekas Untuk Keperluan Pribadi

Kata siapa jika sebuah kerajinan dari botol bekas hanya bisa dijadikan sebagai hiasan saja? Karena nyatanya sekarang sudah banyak masyarakat yang membuat kerajinan dari bahan botol bekas sebagai keperluan pribadi. Beberapa diantaranya seperti tas dan aksesoris lucu seperti yang ada di pembahasan di bawah ini.


1. Sebuah Dompet Dari Botol Bekas

1. Sebuah Dompet Dari Botol Bekas

Pasti belum banyak yang mengetahui bahwa botol bekas dapat disulap menjadi sebuah dompet lucu, lengkap dengan resleting sebagai bahan pengaman nya. Tenang saja cara membuatnya masih mudah, tidak memerlukan mesin jahit hanya bermodalkan lem yang kuat saja untuk menyatukannya. Jadi benda ini masih bisa dibuat oleh siapapun.


2. Anting-Anting Lucu Dari Tutup Botol

2. Anting-Anting Lucu Dari Tutup Botol

Pernah melihat selebriti memakai anting dengan bentuk yang unik? Sekarang semua orang bisa membuatnya sendiri dengan hanya bermodalkan tutup botol saja. Tinggal membeli beberapa pengait khusus untuk anting, serta beberapa tutup botol bekas dan lem maka anting-anting lucu ini sudah jadi dan siap untuk digunakan.

Baca Juga: Kerajinan Dari Koran


3. Gelang Cantik Dari Botol Bekas

3. Gelang Cantik Dari Botol Bekas

Untuk gelang yang satu ini sangatlah anti mainstream dan pasti akan membuat penampilan menjadi lebih unik. Ada dua cara yang bisa digunakan untuk membuat gelang ini, pertama dengan menggunting botol menyerupai gelang lalu melapisinya dengan kain atau kertas. Kedua dengan menggunting bulat-bulat lalu potong tengahnya baru nanti direkatkan lagi sesuai ukuran lingkar tangan.


4. Tas yang Terbuat Dari Botol Bekas

4. Tas yang Terbuat Dari Botol Bekas

Untuk yang satu ini sedikit berbeda dari dompet karena akan ada penambahan tali, sehingga botol juga bisa berfungsi sebagai tas. Keuntungan menggunakan tas dari botol plastik tentunya tidak khawatir akan ke bahasan saat hujan turun. Karena sifat botol plastik yang tahan terhadap air. Selain itu barang untuk membuatnya juga murah.


5. Kalung Cantik yang Memanfaatkan Tutup Botol

5. Kalung Cantik yang Memanfaatkan Tutup Botol

Apabila tadi sudah membuat anting yang unik, dan juga gelang maka rasa nya kurang lengkap jika tidak membuat kalung. Jadi kumpulkan beberapa tutup botol bekas, terserah ingin yang plastik atau tutup botol kaca. Lalu mulai membuat rangkaian kalungnya sesuai dengan keinginan dan selera masing-masing, tambahkan beberapa hiasan agar semakin manis.


6. Gantungan-Gantungan Lucu

6. Gantungan-Gantungan Lucu

Terakhir adalah gantungan lucu, karena tadi sudah ada tas dari botol nya maka tutupnya bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat gantungan. Untuk membuat gantungan ini bisa disesuaikan dengan keinginan dan selera masing-masing. Alat dan bahannya juga masih mudah seperti beberapa ide kerajinan lainnya.

Itulah tadi beberapa ide kerajinan dari botol bekas baik itu yang plastik maupun kaca yang bisa dibuat oleh semua orang. Ternyata membuat sebuah kerajinan bukanlah hal yang sulit, memang dibutuhkan ketekunan tapi semuanya akan lancar seiring berjalannya waktu. Jadi teruslah mencoba dan jangan pernah takut untuk berkarya.

Beberapa barang daur ulang yang memiliki keunikan masing-masing tentu akan sangat laris jika dijual di pasaran. Karenanya beberapa ide kerajinan dari botol bekas yang dibahas di atas tidak hanya bisa digunakan untuk pribadi tapi juga untuk keperluan komersil. Tentu keuntungannya sangat besar, dan lumayan jadi segeralah mencoba.

Kerajinan Dari Botol Bekas

Tinggalkan Balasan