11+ Contoh Kerajinan dari Bulu Ayam dan Cara Membuatnya

Kerajinan Dari Bulu Ayam

Kerajinan dari Bulu Ayam – Kerajinan dari bulu ayam merupakan salah satu bentuk kerajinan yang dibuat dengan menggunakan buku ayam, ya mungkin ada beberapa orang yang sudah tidak asing lagi bukan dengan kerajinan yang satu ini.

Baik itu pensil atau pena bulu ayam. Mungkin bagi kalian bulu ayam sudah tidak ada manfaatnya lagi, sehingga bulu ayam hanya akan berakhir di tempat sampah.

Tetapi, di tangan beberapa pengrajin, bulu ayam bisa dijadikan menjadi sebuah kerajinan yang mempunyai nilai jual. Tentunya bulu ayam yang digunakan masih utuh ya, maksudnya disini adalah tidak semua bulu ayam bisa digunakan, melainkan hanya bulu ayam yang sesuai standar sajalah yang digunakan.

Lalu apa sih contoh kerajinan yang bisa dihasilkan dari bulu ayam ini? Maka dari itu, untuk mengetahui lebih lengkapnya, yuk simak penjelasan di bawah ini!

Kerajinan Dari Bulu Ayam


Contoh Kerajinan dari Bulu Ayam

No Hasil Kerajinan dari Bulu Ayam
1 Kerajinan Anting- Anting dari Bulu Ayam
2 Kerajinan Bros dari Bulu Ayam
3 Kerajinan Gantungan Kunci dari Bulu Ayam
4 Kerajinan Kemoceng dari Bulu Ayam
5 Kerajinan Kipas dari Bulu Ayam
6 Kerajinan Kolase dari Bulu Ayam
7 Kerajinan Mahkota dari Bulu Ayam
8 Kerajinan Pensil dari Bulu Ayam
9 Kerajinan Pulpen Bulu Ayam
10 Kerajinan Shuttlecock dari Bulu Ayam
11 Kerajinan Topi dari Bulu Ayam

Seperti yang kita tahu, bahwa bulu ayam memang masih bisa kita sulap menjadi kerajinan yang sangat cantik dan tentunya banyak diminati oleh masyarakat.

Baik itu pensil, pena, hiasan topi, bross, anting-anting dan masih banyak lagi. Maka dari itu, untuk mengetahui contoh kerajinan dari bulu ayam lebih lengkapnya simak penjelasan di bawah ini!

1. Kerajinan Anting- Anting dari Bulu Ayam

Gambar Kerajinan Anting- Anting dari Bulu Ayam
https://id.aliexpress.com/

Kerajinan dari bulu ayam yang pertama adalah anting-anting, ya bulu ayam memang bisa disulap menjadi perhiasan anting-anting yang sangat indah dan tentunya unik loh.

Cara membuat anting-anting ini juga cukup mudah, yakni pertama-tama siapkan terlebih dahulu bulu ayam yang sudah dikasih warna agar terlihat lebih menarik.

Selanjutnya, jepitkan bulu ayam tersebut dengan menggunakan ring dan kalian bisa melengkungkan dengan menggunakan tang, apabila sudah maka masukkan hiasan manik-manik atau bisa juga dengan rantai.

Kalian bisa melakukan hal yang sama pada anting sebelahnya, bagaimana sangat mudah bukan? Dimana anting-anting sudah siap digunakan.

2. Kerajinan Bros dari Bulu Ayam

Gambar Kerajinan Bros dari Bulu Ayam
https://www.findyka.com/

Apakah kalian tahu, bulu ayam juga bisa disulap menjadi bros yang sangat cantik loh, dimana bross ini bisa digunakan untuk hiasan kerudung.

Cara membuat bros ini juga sangatlah mudah, yakni kalian bisa menyiapkan terlebih dahulu bulu ayam yang sudah diberikan warna pink.

Selanjutnya, kalian bisa memasangkan bulu ayam dengan ring yang sudah ada pada bross, jangan lupa untuk merekatkan bulu ayam dengan ring menggunakan tang.

Bross bulu ayam sudah siap untuk digunakan, baik untuk acara pesta pernikahan, pesta ulang tahun dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga: Kerajinan Dari Kawat

3. Kerajinan Gantungan Kunci dari Bulu Ayam

Gambar Kerajinan Gantungan Kunci dari Bulu Ayam
https://indonesian.alibaba.com/

Selain kalian bisa membuat bross dengan menggunakan bulu ayam, kalian juga bisa membuat gantungan kunci yang sangat cantik loh dengan menggunakan bulu ayam ini.

Selain bisa kalian gunakan sendiri gantungan kunci bulu ayam ini, kalian juga bisa menjual gantungan kunci bulu ayam dengan harga yang cukup murah saja, tetapi jangan terlalu murah juga ya.

Pertama-tama kalian bisa menyiapkan terlebih dahulu gantungan kunci dan pernak-pernik lainnya, selanjutnya kalian hanya tinggal memasukkan bulu ayam yang sudah dihias dengan menggunakan berbagai macam warna ke dalam cincin gantungan tersebut.

Jangan lupa di rekatkan kembali dengan menggunakan tang ya, gantungan kunci dari bulu ayam sudah siap digunakan.

4. Kerajinan Kemoceng dari Bulu Ayam

Gambar Kerajinan Kemoceng Dari Bulu Ayam
Gambar Kerajinan Kemoceng dari Bulu Ayam
https://www.bhinneka.com/

Kerajinan yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi bagi kalian kan? Ya, kemoceng dari bulu ayam sudah bisa kita temui dengan mudah di berbagai macam toko. Sesuai dengan namanya, kemoceng bulu ayam dibuat dengan bahan hampir keseluruhan menggunakan bulu ayam.

Kalian bisa membuat kemoceng ini dengan cukup mudah loh, yakni kalian bisa terlebih dahulu menyiapkan penyangga yakni tongkat dengan panjang sekitar 30 cm, selanjutnya kalian bisa mewarnai bulu ayam sesuai dengan keinginan.

Apabila sudah, maka kalian bisa merangkai bulu ayam terlebih dahulu dengan menggunakan benang dan kemudian bisa dililitkan ke dalam tongkat yang sudah disediakan.

5. Kerajinan Kipas dari Bulu Ayam

Gambar Kerajinan Kipas dari Bulu Ayam
https://shopee.co.id/

Selain kemoceng kalian juga bisa membuat kipas yang sangat cantik dan halus dengan menggunakan bulu ayam. Kipas dari bulu ayam ini bisa kalian gunakan untuk sehari-hari atau bisa juga digunakan untuk souvenir pesta pernikahan loh, selain itu kalian juga bisa membuat sendiri kipas ini, apalagi cara membuatnya yang sangat mudah.

Pertama-tama siapkan terlebih dahulu bambu dengan jumlah 10 hingga 13 buah, apabila sudah maka kalian bisa merapikan dengan cara menipiskannya, selanjutnya lubangi salah satu ujung bambu tersebut dengan menggunakan bor. Ikatlah semua bambu dengan menggunakan kawat (sampai menyerupai kipas pada umumnya).

Apabila sudah, maka kalian bisa mengoleskan semua permukaan bambu tersebut dengan menggunakan lem, pasangkan keras yang mempunyai ukuran cukup tipis.

Selanjutnya kalian bisa merekatkan bulu ayam yang sudah disediakan di atas kertas, susunlah secara rapi, selanjutnya kalian bisa mewarnai bulu ayam tersebut agar semakin cantik.

6. Kerajinan Kolase dari Bulu Ayam

Gambar Kerajinan Kolase dari Bulu Ayam
https://www.youtube.com/

Selain kalian bisa menggunakan kertas atau biji-bijian untuk membuat kolase, kalian juga bisa membuat kolase dengan menggunakan bulu ayam loh. Kerajinan yang satu ini tentunya sangat cocok digunakan untuk anak-anak yang masih di usia taman kanak-kanak.

Cara membuat kolase dengan bulu ayam ini juga terbilang cukup mudah, yakni kalian bisa menggunting terlebih dahulu bulu ayam dengan ukuran sesuai keinginan, kalian juga bisa mewarnai bulu ayam tersebut ya agar lebih cantik.

Selanjutnya oleskan lem pada gambar yang sudah disiapkan dan kalian bisa memulai menempelkan potongan bulu ayam tersebut di atas kertas gambar.

Baca Juga: Kerajinan Dari Serat Hewan

7. Kerajinan Mahkota dari Bulu Ayam

Gambar Kerajinan Mahkota dari Bulu Ayam
https://www.lazada.co.id/

Kerajinan dari bulu ayam selanjutnya adalah mahkota. Mungkin mahkota ini sudah sering kita temui bukan? Tetapi apakah kalian tahu.

Mahkota yang dihias dengan menggunakan bulu ayam sangatlah menawan loh, ya bulu ayam juga bisa digunakan untuk menghias mahkota agar semakin cantik pada saat digunakan.

Cara membuat mahkota ini sebenarnya sama dengan membuat kerajinan dari bulu ayam yang lainnya, yakni kalian hanya membutuhkan bulu ayam, mahkota dan juga lem.

Pertama-tama siapkan mahkota terlebih dahulu, selanjutnya pasangkan bulu ayam yang sudah dikasih warna ke atas mahkota, jangan lupa untuk ditambahkan lem ya agar bulu ayam bisa merekat dengan sempurna.

8. Kerajinan Pensil dari Bulu Ayam

Gambar Kerajinan Pensil dari Bulu Ayam
https://www.tokopedia.com/

Ingin membuat tampilan pensil agar semakin menarik? Apabila iya, maka kalian bisa menggunakan hiasan bulu ayam ini loh. Memang seperti yang kita tahu, bawah bulu ayam bisa digunakan untuk menghias berbagai macam benda agar semakin tampak menarik.

Kalian bisa menghias pensil ini dengan cara menyusun bulu ayam terlebih dahulu di atas pensil, susunlah dengan rapi dan kemudian bisa kalian rekatkan dengan menggunakan isolasi bening.

Apabila sudah, maka kalian bisa mewarnai bulu ayam tersebut dengan menggunakan warna sesuai keinginan dan selanjutnya ikatlah bagian bawah dengan menggunakan pita, pensil dengan hiasan bulu ayam sudah siap digunakan.

9. Kerajinan Pulpen Bulu Ayam

Gambar Kerajinan Pulpen Bulu Ayam
https://indonesian.alibaba.com/

Selain bisa digunakan untuk membuat hiasan pensil, kalian juga bisa membuat pulpen bulu ayam yang sangat cantik loh. Kalian bisa membuat pulpen bulu ayam ini dengan sangat mudah.

Yakni pertama-tama kalian bisa menyiapkan terlebih dahulu dua buah buku ayam dan kemudian bisa kalian rekatkan kedua bulu ayam tersebut menggunakan lem.

Selanjutnya, kalian bisa mengambil isi pulpen dan merekatkan isi pulpen tersebut pada bulu ayam yang sudah disiapkan dengan menggunakan selotip.

Apabila sudah, maka kalian bisa memberikan lem pada sepanjang isi pulpen dan memberikan selotip pada pegangan yang ada pada pulpen.

10. Kerajinan Shuttlecock dari Bulu Ayam

Gambar Kerajinan Shuttlecock dari Bulu Ayam
https://www.indozone.id/

Shuttlecock mungkin sudah tidak asing lagi bagi olahraga bulutangkis, apakah kalian tahu ternyata pembuatan shuttlecock ini tidak bisa secara sembarangan loh.

Kalian harus mengetahui terlebih dahulu ketentuan-ketentuan sebelum membuatnya. Yakni pertama-tama kalian harus terlebih dahulu memotong bulu ayam sehingga ujung bulu ayam lancip.

Kemudian, kalian bisa mencuci bulu ayam dengan menggunakan sabun kemudian keringkan, selanjutnya kalian harus memilah terlebih dahulu bulu ayam apakah sudah cocok digunakan atau tidak, apabila sudah maka kemudian panaskan kembali dengan menggunakan api kecil.

Meluruskan bulu ayam dengan menggunakan bantuan sendok, kemudian potonglah bagian dasar yang ada pada bulu ayam dan pasangkan bulu ayam ke dalam gabus.

Jangan lupakan untuk membengkokkan bulu ayam dan juga merekatkan dengan menggunakan isolasi berwarna gelap pada bagian bawah.

Kalian bisa melakukan kembali tahap pengecekan, apakah shuttlecock memang sudah layak atau masih terdapat beberapa kesalahan, seperti bengkok atau cacat, apabila sudah maka shuttlecock sudah siap digunakan.

11. Kerajinan Topi dari Bulu Ayam

Gambar Kerajinan Topi Dari Bulu Ayam
Gambar Kerajinan Topi dari Bulu Ayam
https://www.tokopedia.com/

Selain kalian bisa membuat mahkota dari bulu ayam, kalian juga bisa membuat topi dari bulu ayam loh. Tentunya topi yang dibuat dari bulu ayam ini sangatlah cantik dan juga unik, topi bulu ayam ini juga bisa kalian jual kembali loh.

Baca Juga: Kerajinan Dari Serat Tumbuhan


Manfaat Membuat Kerajinan dari Bulu Ayam

Gambar Manfaat Membuat Kerajinan dari Bulu Ayam
https://www.pinhome.id/

Tentunya membuat kerajinan bulu ayam ini juga memberikan berbagai macam manfaat loh, sehingga kalian tidak perlu khawatir akan waktu yang terbuang sia-sia. Lalu apa saja manfaat dari kerajinan bulu ayam ini? Maka dari itu, yuk simak penjelasan di bawah ini!

  1. Dengan membuat kerajinan dari bulu ayam, maka kalian bisa melatih kemampuan kreativitas, bukan hanya itu saja membuat kerajinan dari bulu ayam juga sangat bermanfaat bagi media belajar anak-anak.
  2. Dengan membuat kerajinan dari bulu ayam, kalian juga bisa membuka usaha loh, sehingga kalian bisa membangun masyarakat sekitar mendapatkan pekerjaan sampingan.
  3. Dengan membuat kerajinan dari bulu ayam, kalian bisa memanfaatkan benda-benda yang sudah tidak dibutuhkan menjadi benda yang berharga.

Penutup Artikel Kerajinan dari Bulu Ayam

Demikianlah 11+ contoh kerajinan dari bulu ayam beserta dengan gambar dan juga manfaatnya. Dimana sebenarnya masih banyak bentuk kerajinan lainnya yang bisa kita buat dengan menggunakan bahan dasar bulu ayam ini.

Jadi, tunggu apalagi mari kita manfaatkan bulu ayam menjadi bentuk kerajinan yang bisa menjadi ladang penghasilan bagi kita, semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian ya.

Kerajinan dari Bulu Ayam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.