16+ Contoh Kerajinan dari CD Bekas dan Cara Membuat yang Mudah

Kerajinan dari CD Bekas – Membuat kerajinan dari CD bekas merupakan salah satu cara untuk mengurangi penumpukan CD yang sudah tidak terpakai lagi, ya siapa sangka ternyata CD bekas ini bisa disulap menjadi sebuah kerajinan yang unik dan tentunya menarik.

Mungkin bagi beberapa orang, CD bekas hanyalah sampah yang tidak ada manfaatnya, tetapi bagi orang yang pandai memanfaatkan barang bekas, mereka bisa mengolahnya menjadi kerajinan yang bahkan bisa mempunyai nilai jual cukup tinggi.

Banyak sekali bentuk kerajinan yang bisa dihasilkan dari CD bekas ini, tentunya masing-masing kerajinan tersebut mempunyai karakter tersendiri.

Lalu, apa saja sih contoh kerajinan yang bisa dihasilkan dari CD bekas ini? Maka dari itu, langsung saja yuk simak penjelasan mengenai kerajinan dari CD bekas beserta gambar dan manfaatnya berikut ini!

Kerajinan Dari CD Bekas


Contoh Kerajinan dari CD Bekas

Seperti pada penjelasan diatas, bahwa CD bekas memang masih bisa diolah menjadi berbagai macam kerajinan yang sangat menarik, baik itu aksesoris, bingkai foto, dompet dan masih banyak lagi yang lainnya. Jadi, untuk mengetahui lebih lengkapnya mengenai kerajinan dari CD bekas ini, kalian perlu menyimak penjelasan di bawah ini!

  • Kerajinan Aksesoris dari CD Bekas

Gambar Kerajinan Aksesoris Dari CD Bekas
Gambar Kerajinan Aksesoris dari CD Bekas
https://www.tipsiana.com/

Kerajinan dari CD bekas yang pertama adalah berbagai macam aksesoris. Ya, CD bekas bisa digunakan sebagai hiasan tambahan loh, baik itu untuk kalung, gelang, bross hingga anting-anting.

Tentunya perhiasan atau aksesoris yang berhiaskan CD bekas ini tidak kalah cantik nya jika dibandingkan dengan perhiasan pada umumnya. Bahkan, aksesoris ini akan menambahkan kesan unik pada konsep pakaian yang anda kenakan, jadi apakah kalian tertarik untuk membeli dan memakainya?

Baca Juga: Kerajinan Dari Tali Kur

  • Kerajinan Bingkai Cermin dari CD Bekas

Gambar Kerajinan Bingkai Cermin dari CD Bekas
https://www.idntimes.com/

Cermin yang tampak polos tentunya sangat membosankan bukan? Sehingga kalian perlu menghiasi bingkai cermin tersebut agar terlihat menarik. Lalu, apa bahan yang cocok digunakan untuk menghias bingkai cermin tersebut? Maka jawabannya adalah CD bekas, ya CD bekas sangat cocok loh digunakan untuk menghias bingkai cermin agar tampak menarik dan tidak membosankan.

Alasan kenapa CD bekas adalah kalian bisa menemukan CD bekas ini dengan mudah dan tentunya dengan harga yang murah, tetapi hasil yang diberikan tentunya tidak kalah jika dibandingkan dengan bingkai cermin mahal lainnya. Cara membuatnya juga sangatlah mudah.

Kalian hanya tinggal memecah CD bekas menjadi bagian-bagian yang cukup kecil, kemudian kalian bisa menempelkan serpihan CD bekas pada permukaan bingkai cermin dengan bantuan lem yang kuat.

  • Kerajinan Bingkai Foto dari CD Bekas

Gambar Kerajinan Bingkai Foto dari CD Bekas
https://www.bukalapak.com/

Sama halnya dengan bingkai cermin, dimana apabila bingkai foto tampak polos pasti juga sangat membosankan. Sehingga kalian bisa menghiasi bingkai foto ini dengan menggunakan CD bekas juga loh, sebenarnya cara membuat bingkai foto dengan CD bekas tersebut sama dengan membuat bingkai kaca dari cermin, bedanya hanya dari segi ukuran yakni bingkai foto memimpin ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan bingkai kaca.

  • Kerajinan Dinding Dapur Mozaik dari CD Bekas

Gambar Kerajinan Dinding Dapur Mozaik dari CD Bekas
https://www.dekoruma.com/

Selain bisa kalian gunakan untuk menghias cermin dan juga foto,, CD bekas juga bisa digunakan untuk menghias dinding dapur agar semakin menarik dan tentunya unik. Kalian bisa menerapkan tema apapun dengan menggunakan CD bekas ini, salah satunya adalah dinding dapur bertema mozaik dari CD bekas.

Cara pembuatannya juga cukup gampang dan tidak ribet, dimana kalian bisa memecahkan terlebih dahulu kepingan CD bekas menjadi beberapa bagian, agar kalian tidak terlalu capek untuk menyusun maka kalian bisa memecahkannya menjadi bagian-bagian yang cukup besar. Kemudian tambahkan lem perekat di atas dinding dan tempelkan kelingan CD tersebut dengan susunan sesuai keinginan.

  • Kerajinan Dompet dari CD Bekas

Gambar Kerajinan Dompet dari CD Bekas
https://www.pinhome.id/

Selain aksesoris, penampilan juga bisa ditunjang dengan penggunaan dompet atau tas. Sebenarnya, tas dan juga dompet yang digunakan tidak harus selalu berharga yang mahal ya, melainkan kalian bisa membuat sendiri loh dompet yang unik dan cantik salah satunya dengan menggunakan dompet dengan hiasan bingkai CD bekas.

  9+ Contoh Kerajinan dari Pita dan Cara Membuat yang Mudah

Ya, kerajinan dompet dari CD bekas ini bisa anda jadikan salah satu pilihan, selain kalian bisa membuatnya sendiri kalian juga bisa mendapatkan bahan CD bekas ini dengan harga yang murah. Cara membuat dompet ini juga cukup mudah, yakni kalian hanya tinggal menghancurkan terlebih dahulu kepingan CD bekas dan kemudian menempelkannya pada dompet di tempat atau bagian-bagian yang kalian inginkan.

  • Kerajinan Pot Bunga dari CD Bekas

Gambar Kerajinan Pot Bunga dari CD Bekas
https://www.youtube.com/

Kerajinan dari CD bekas selanjutnya adalah pot bunga. Dimana kalian bisa membuat pot bunga ini dengan sangat mudah dan tentunya dengan bahan yang ramah lingkungan loh, yakni kalian bisa menggunakan kardus bekas dan juga CD bekas.

Cara membuat pot bunga dari CD bekas ini juga sangatlah mudah, yakni pertama kalian bisa menyiapkan terlebih dahulu kardus dan dibentuk menjadi sebuah pot bunga. Selanjutnya, potonglah CD bekas menjadi bagian persegi atau sesuai dengan keinginan, tempelkan CD bekas tersebut di atas kardus yang sudah terbentuk menjadi pot dengan bantuan lem.

  • Kerajinan Gitar dari CD Bekas

Gambar Kerajinan Gitar dari CD Bekas
https://kwikku.us/

Apakah kalian tahu, CD bekas juga bisa digunakan untuk menghias alat musik gitar loh, sehingga gitar akan tampak semakin unik dan tentunya menarik. Gitar yang dibuat dengan hiasan CD bekas ini tentunya bisa menambahkan kesan keren pada penampilan kalian, karena CD bekas bisa juga kalian bentuk menjadi beberapa motif dalam gitar.

Cara pembuatan gitar dari CD bekas ini juga sama dengan cara membuat kerajinan dari CD bekas lainnya, yakni kalian bisa memotong CD bekas dengan ukuran yang sesuai keinginan, selanjutnya kalian bisa menempatkan dan menyusun terlebih dahulu potongan di atas permukaan gitar. Apabila sudah, kalian bisa menambahkan warna pada potongan kepingan agar gitar CD bekas terlihat semakin menarik.

  • Kerajinan Hiasan Dinding dari CD Bekas

Gambar Kerajinan Hiasan Dinding dari CD Bekas
https://interiorpalembang.com/

CD bekas juga bisa kalian gunakan menjadi hiasan dinding yang unik dan tidak perlu memotong CD ini menjadi beberapa bagian. Hiasan dinding dari CD bekas ini bisa kalian terapkan dengan satu keping CD bekas utuh, tetapi bukan hanya tampak polos saja ya.

Melainkan kalian bisa mengecat terlebih dahulu kepingan CD bekas ini dengan menggunakan cat warna, selanjutnya apabila sudah kering maka kalian bisa mengukir atau membuat motif di atas cat yang ada pada CD bekas tersebut. Apabila sudah, maka kalian bisa menempelkannya di dinding ruang tamu atau yang lainnya, bagaimana sangat mudah bukan?

Baca Juga: Kerajinan Dari Bulu Ayam

  • Kerajinan Jam Dinding dari CD Bekas

Gambar Kerajinan Jam Dinding dari CD Bekas
https://www.kaskus.co.id/

Satu kepingan CD bekas juga bisa kalian rubah menjadi jam dinding yang sangat cantik dan menarik. Ya, pembuatan jam dinding juga bisa kalian buat hanya dengan CD bekas dan juga mesin jam, cara membuatnya juga cukup mudah, yakni pertama-tama siapkan terlebih dahulu kayu atau rotan dengan bentuk lingkaran dan cat dengan menggunakan warna hitam.

Selanjutnya tempelkan CD bekas yang berjumlah 12 dengan posisi seperti angka pada jam. Apabila sudah, maka tempelkan mesin jam pada satu keping CD bekas lainnya dan letakkan di tengah (posisi sesuai dengan gambar) jam dari CD bekas sudah jadi, bagaimana sangat mudah dan anti ribet bukan?

  • Kerajinan Lampu Hias dari CD Bekas

Gambar Kerajinan Lampu Hias dari CD Bekas
https://kerajinankoleksi.blogspot.com/

Selain hiasan dinding dan juga jam dinding, kalian juga bisa menerapkan kepingan CD bekas ini pada lampu gantung atau lampu tidur loh. Tetapi perbedaan antara adalah apabila kalian bisa membuat hiasan dinding dan jam dinding dengan menggunakan kepingan CD bekas secara mudah, maka berbeda dengan lampu ini.

Lampu hias atau lampu gantung dari CD bekas bisa dibuat dengan cara yang terbilang cukup susah, tetapi hasil yang diberikan tentunya tidak mengecewakan. Kalian bisa memasang lampu ini di taman, ruang tamu atau di kamar loh, bagaimana apakah kalian tertarik untuk membuatnya?

  • Kerajinan Meja dari CD Bekas

Gambar Kerajinan Meja Dari CD Bekas
Gambar Kerajinan Meja dari CD Bekas
https://jambi.tribunnews.com/

CD bekas juga bisa kalian Implementasikan pada furniture rumah, yakni meja. Ya, meja dari CD bekas ini juga sangatlah cantik dan juga tentunya sangat unik, cara membuatnya juga sebenarnya sama dengan membuat meja kaca dari hiasan keramik.

  18+ Contoh Kerajinan dari Tutup Botol dan Cara Membuat yang Mudah

Yakni kalian bisa memotong CD bekas tersebut menjadi kecil-kecil, apabila sudah maka kalian bisa menerapkan serpihan atau potongan CD bekas tersebut pada meja kaca. Tentunya, meja kaca ini bisa menarik perhatian tamu dan bisa menambah kesan cantik pada ruangannya.

  • Kerajinan Piring dari CD Bekas

Gambar Kerajinan Piring dari CD Bekas
https://ragamkerajinantangan.blogspot.com/

Selain bisa kalian terapkan pada meja, kalian juga bisa menerapkan kepingan CD bekas yang sudah dihancurkan ini pada piring. Piring dari CD bekas ini tentunya sangat unik dan mungkin masih sedikit yang mempunyainya, kalian bisa membuat piring ini dengan cara yang cukup mudah loh.

Yakni pertama-tama potonglah terlebih dahulu kepingan CD bekas menjadi beberapa bagian yang agak kecil, selanjutnya susunlah kepingan CD tersebut di atas permukaan piring. Jangan lupa untuk menambahkan lem ya, agar kepingan CD tidak berantakan kembali.

  • Kerajinan Tas dari CD Bekas

Gambar Kerajinan Tas dari CD Bekas
http://manusiamandiri.blogspot.com/

Apakah kalian tahu, selain dompet yang dihiasi dengan serpihan CD bekas, kalian juga bisa membuat tas yang lucu dengan menggunakan satu kepingan CD bekas secara utuh loh. Cara membuat tas tersebut sangatlah mudah, yakni pertama siapkan terlebih dahulu 2 kepingan CD bekas.

Apabila sudah, maka gabungan kedua CD bekas tersebut dengan menggunakan resleting, jangan lupa menambahkan kain pada bagian dalam tas ya. Selanjutnya tinggal kalian kasih tali, dan tas dari CD bekas sudah siap digunakan.

  • Kerajinan Tatakan Gelas dari CD Bekas

Gambar Kerajinan Tatakan Gelas dari CD Bekas
http://www.kesekolah.com/

Tatakan gelas selain terbuat dari kayu, kalian juga bisa membuat tatakan gelas yang unik dengan menggunakan satu kepingan CD bekas utuh loh. Cara membuatnya bahkan sangatlah mudah, kalian hanya tinggal melapisi kepingan CD tersebut dengan menggunakan kertas motif atau bisa juga dengan menggunakan kain, sangat mudah bukan?

Baca Juga: Kerajinan Dari Kawat

  • Kerajinan Tempat Tisu dari CD Bekas

Gambar Kerajinan Tempat Tisu dari CD Bekas
https://blogpictures.99.co/

Apabila kalian ingin mempunyai tempat tisu yang unik kalian bisa memanfaatkan CD bekas loh, ya CD bekas bisa disulap menjadi kerajinan tempat tisu yang sangat cantik dan tentunya menarik. Kalian hanya tinggal menyiapkan terlebih dahulu kepingan CD bekas dan tempat tisu.

Selanjutnya, potonglah CD bekas menjadi persegi dengan ukuran yang cukup kecil, apabila sudah maka oleskan lem pada permukaan tempat tisu yang sudah disiapkan. Kemudian tempelkan CD bekas tersebut di tempat tisu, pastikan benar-benar menempel ya, tempat tisu sudah siap digunakan.

  • Kerajinan Vas Bunga Mozaik dari CD Bekas

Gambar Kerajinan Vas Bunga Mozaik dari CD Bekas
https://www.youtube.com/

Kerajinan dari CD bekas yang terakhir adalah vas bunga, ya selain pot bunga vas bunga juga bisa digunakan untuk membuat vas bunga yang sangat cantik dan tentunya unik loh. Vas bunga dari CD bekas ini sangat cocok untuk diletakkan di meja ruang tamu.


Manfaat CD Bekas

Gambar Manfaat CD Bekas
Gambar Manfaat CD Bekas
https://www.rumahbunda.com/

Apakah kalian tahu manfaat yang bisa dihasilkan dari pembuatan kerajinan dari CD bekas ini? Apabila belum, maka penjelasan berikut ini bisa membantu anda untuk mengetahui manfaat CD bekas sebagai kerajinan tersebut, maka dari itu yuk simak penjelasan di bawah ini!

  1. Membuat kerajinan berbahan dasar CD bekas bisa membantu untuk meningkatkan kemampuan berkreasi.
  2. Membuat kerajinan berbahan dasar CD bekas tentunya sangat aman dan tidak membahayakan.
  3. Membuat kerajinan dari CD bekas akan menghemat pengeluaran.
  4. Membuat kerajinan dari CD bekas juga bisa mengurangi limbah sampah CD bekas yang menumpuk.

Penutup

Demikianlah 16+ contoh kerajinan dari CD bekas beserta gambar dan dilengkapi dengan manfaatnya. Dimana sebenarnya masih banyak bentuk kerajinan lainnya yang bisa kita buat dengan menggunakan bahan dasar CD bekas ini.

Jadi, tunggu apa lagi mari kita memanfaatkan CD bekas menjadi bentuk kerajinan yang bisa menjadi ladang penghasilan bagi kita, semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian ya.

Kerajinan dari CD Bekas