4+ Contoh Kerajinan dari Eceng Gondok, Cara Membuat Mudah

Kerajinan Dari Eceng Gondok

Kerajinan dari Eceng Gondok – Membuat kerajinan dari eceng gondok merupakan hasil kerajinan yang dibuat dari bahan proses daur ulang tanaman eceng gondok, dimana tanaman eceng gondok tersebut merupakan salah satu hama yang ada pada perairan.

Seperti barang bekas yang bisa didaur ulang, tanaman eceng gondok juga bisa didaur ulang menjadi berbagai bentuk benda yang sangat unik, tentunya kerajinan dari eceng gondok juga tidak kalah dengan kerajinan dari bahan yang lainnya.

Karena bentuknya yang indah, maka tidak heran apabila harga yang ditawarkan untuk kerajinan eceng gondok ini juga mahal, bahkan bisa sampai jutaan rupiah.

Adapun bentuk kerajinannya juga berbeda-beda, dari mulai sepatu, tas, sandal kursi dan masih ada lagi yang lainnya, maka dari itu yuk simak penjelasan mengenai contoh kerajinan, cara pembuatan, kelemahan serta manfaatnya berikut ini!


Contoh Kerajinan dari Eceng Gondok

No Hasil Kerajinan dari Eceng Gondok
1 Kerajinan Sandal dari Eceng Gondok
2 Kerajinan Taplak dari Eceng Gondok
3 Kerajinan Tas dari Eceng Gondok
4 Kerajinan Topi dari Eceng Gondok

Eceng gondok merupakan salah satu bentuk hama yang ada pada perairan, tetapi meskipun eceng gondok ini termasuk kedalam hama, ternyata tumbuhan ini juga bisa dibuat menjadi berbagai macam kerajinan yang mempunyai nilai seni serta nilai jual yang cukup tinggi loh.

Berikut ini merupakan contoh kerajinan dari eceng gondok yang paling banyak ditemui, yuk simak penjelasan di bawah ini!

1. Kerajinan Sandal dari Eceng Gondok

Kerajinan Sandal Dari Eceng Gondok

Kerajinan dari eceng gondok yang pertama adalah sandal atau sepatu. Ya, siapa sangka ternyata tumbuhan yang dianggap hama oleh sebagian orang ini bisa disulap menjadi sandal. 

Selain bisa digunakan untuk kehidupan sehari-hari sandal yang terbuat dari eceng gondok ini bisa kalian jual kembali loh, apalagi sandal ini juga tidak kalah dengan sandal yang dibuat dari bahan yang lainnya.

Pada umumnya sandal ini juga bisa digunakan sebagai sandal rumahan atau sandal yang digunakan untuk mengganti sandal hotel biasanya. 

Cara pembuatan sandal ini dilakukan dengan menggunakan teknik menganyam seperti pada bambu, atau rotan, dengan bahan eceng gondok yang tentunya sudah benar-benar kering ya agar bisa dengan mudah waktu proses penganyaman.

Baca Juga: Kerajinan Dari Serat Alam

2. Kerajinan Taplak dari Eceng Gondok

Kerajinan Taplak Dari Eceng Gondok

Bahan dasar eceng gondok selain bisa digunakan untuk membuat sandal, eceng gondok juga bisa dibuat menjadi taplak meja yang sangat alami loh.

Ya, bagi kalian yang ingin membuat konsep rumah bernuansa alami, maka taplak meja yang bisa dijadikan pilihan adalah eceng gondok.

Cara pembuatannya juga sama dengan pembuatan sandal, yakni dengan menganyam eceng gondok yang benar-benar sudah kering. Kerajinan taplak dari eceng gondok sangat ramah lingkungan loh.

Bukan hanya itu saja kalian juga bisa mendapatkan bahan eceng gondok ini dengan sangat mudah, meskipun proses pengerjaannya agak rumit.

3. Kerajinan Tas dari Eceng Gondok

Kerajinan Tas Dari Eceng Gondok

Apakah kalian tahu, tas juga bisa dibuat dari bahan eceng gondok loh, dimana tas ini juga tidak kalah cantik jika dibandingkan dengan tas yang dibuat dari bahan yang lainnya.

Bahkan tas dari eceng gondok ini bisa juga dijual dengan harga yang cukup mahal loh, wah bagaimana apakah anda tertarik untuk membuka usaha ini?

Cara pembuatan tas dari eceng gondok adalah dengan menjemur terlebih dahulu agar bahan bisa benar-benar kering, selanjutnya apabila sudah.

Selanjutnya eceng gondok bisa dianyam menjadi bentuk tas yang diinginkan. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat tas ini juga sangat ramah lingkungan dan tentunya sangat mudah ditemukan.

4. Kerajinan Topi dari Eceng Gondok

Kerajinan Topi Dari Eceng Gondok

Contoh kerajinan yang terbuat dari bahan dasar eceng gondok yang terakhir adalah topi. Penampilan yang sangat modis dan modern tidak selalu menggunakan bahan yang mahal loh.

Melainkan bahan yang murah bahkan yang menurut orang tidak ada artinya dan disulap menjadi kerajinan yang sangat cantik juga bisa dijadikan pilihan. 

Salah satunya adalah topi eceng gondok, dimana pada saat ini topi yang dibuat dari bahan dasar eceng gondok sudah mempunyai beragam bentuk yang menarik. Bahkan tidak kalah jika dibandingkan topi pada umumnya.

Topi yang dibuat dari bahan eceng gondok bagi sebagian orang mungkin akan mengatakan jadul, tetapi tetap popularitas dari topi ini juga masih banyak diminati oleh masyarakat baik dari dalam negeri atau luar negeri.

Baca Juga: Kerajinan Dari Lilin


Cara Membuat Kerajinan dari Eceng Gondok

Cara Membuat Kerajinan Dari Eceng Gondok

Pada penjelasan diatas, kita sudah mengetahui bukan apa saja contoh kerajinan yang bisa dibuat dari bahan eceng gondok ini, dimana sebenarnya masih banyak lagi contoh kerajinan yang bisa dibuat seperti furnitur rumah.

Tentunya apabila kita membahas contoh alangkah lebih baiknya kita juga mengetahui bukan cara pembuatan kerajinan dari eceng gondok tersebut.

Lalu bagaimana cara membuat kerajinannya? Maka dari itu, untuk menjawab rasa penasaran kalian, maka kami berikan penjelasan mengenai cara pengolahan eceng gondok sehingga bisa menjadi bentuk kerajinan berikut ini!

Pengumpulan bahan

Tentunya tahap pertama yang harus dilewati adalah mengumpulkan bahan dasarnya terlebih dahulu, yakni pengumpulan eceng gondok. Kalian bisa mencari saja eceng gondok ini pada aliran sungai atau bisa juga dengan mencari pengepul tanaman eceng gondok.

Membersihkan bahan dasar eceng gondok

Apabila kalian sudah menemukan eceng gondok yang akan digunakan, maka selanjutnya adalah cuci bersih terlebih dahulu bahan dasar tersebut. Adapun tujuannya adalah agar bau yang ada pada eceng gondok beserta kotorannya menghilang.

Selanjutnya pisahkan bahan dasar eceng gondok dengan tangkainya

Tahap ini juga merupakan bentuk penyortiran, yakni memilih mana saja bahan eceng gondok yang kayak pakai. Kemudian untuk memisahkan eceng gondok dengan yangkaiz maka kalian bisa hanya dengan menggunakan pisau atau gunting.

Yakni dengan cara memotongnya, karena apabila kalian memisahkan dengan menggunakan tangan maka eceng gondok akan sulit dipisahkan.

Proses pengeringan di bawah sinar matahari

Apabila kalian sudah menyortir dan memotong eceng gondok pada tangkainya, maka kalian bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya yakni pengeringan, dimana oeisss ini bisa dilakukan secara langsung di bawah sinar matahari. 

Sangat disarankan untuk menjemur dibawah matahari secara langsung ya, bukan melalui oven atau alat pengering yang lainnya, hal ini dimaksudkan agar kualitas dari bahan tetap terjaga. 

Membuat pola kerajinan yang akan digunakan

Apabila eceng gondok sudah benar-benar kering, maka kalian bisa melanjutkan ke tahap pembuatan pola. Pada tahap ini kalian bisa membentuk berbagai macam pola, baik tas atau sandal, pembuat pola ini bertujuan agar nantinya pada saat proses pengerjaan bisa lebih mudah.

Proses penganyaman bahan eceng gondok

Apabila pola sudah jadi, maka kita bisa langsung menganyam bahan eceng gondok tewas mengikuti pola yang sudah dibuat. 

Penambahan aksesoris

Apabila bentuk kerajinan sudah jadi, maka kita bisa melanjutkan ke tahap finishing atau tahap akhir. Dimana pada tahap ini, kalian bisa menghias kerajinan tersebut dengan menambahkan berbagai macam aksesoris atau warna tambahan, hal ini agar kerajinan semakin cantik.


Kelebihan Kerajinan dari Eceng Gondok

Kerajinan Dari Serat Eceng Gondok

Kerajinan yang terbuat dari bahan dasar eceng gondok termasuk kedalam jenis kerajinan yang bisa mendatangkan keuntungan, bukan hanya itu saja loh.

Melainkan ada beberapa kelebihan lainnya yang bisa kita dapatkan dari kerajinan yang dibuat dari bahan eceng gondok ini, penasaran apa saja? Yuk simak kelebihan tersebut dibawah ini!

  1. Kerajinan dari eceng gondok merupakan kerajinan yang bisa memberikan kesan alami loh dirumah kita, dimana kerajinan ini bisa membantu rumah tampak lebih asri dan tentunya sangat nyaman.
  2. Kerajinan yang dibuat dari bahan dasar eceng gondok ini mempunyai sifat yang elastis atau lentur, sehingga kalian tidak perlu khawatir apabila ingin mengkombinasikan kerajinan dari eceng gondok dengan benda yang dibuat dari bahan yang lainnya.
  3. Kerajinan dari eceng gondok merupakan kerajinan yang sebagiannya besar dibuat dengan menggunakan teknik anyam, sehingga tidak heran apabila hasil yang didapatkan juga sangat tapi dan sangat indah.
  4. Furniture yang dibuat dari bahan dasar eceng gondok ini bisa bertahan lama loh, bahkan bisa mencapai hingga 8 tahun, maka dari itu tidak heran apabila furniture yang dibuat dari bahan eceng gondok ini banyak diminati, tapi tetap harus membutuhkan perawatan khusus ya.

Baca Juga: Kerajinan Dari Bahan Alam


Kekurangan Kerajinan dari Eceng Gondok

Kekurangan Kerajinan Dari Eceng Gondok

Dibalik kelebihan, pasti terdapat kekurangan bukan? Hal tersebut juga berlaku pada kerajinan dari eceng gondok, dimana ada beberapa kekurangan yang ada pada kerajinan ini.

Penasaran apa saja kekurangannya? Maka dari itu yuk, simak penjelasan mengenai kekurangan yang ada pada kerajinan eceng gondok berikut ini! 

  1. Kerajinan dari eceng gondok mempunyai kelemahan dalam segi warna, ya warna dari kerajinan eceng gondok sangat terbatas, pada umumnya warna yang ada pada kerajinan ini adalah putih, hitam dan juga coklat. Karena apabila menggunakan warna yang mencolok maka kerajinan tidak akan terlihat alami dan keindahannya akan memudar. 
  2. Seperti yang kita tahu, bahwa eceng gondok termasuk kedalam hama air, sehingga sangat disarankan apabila kalian mempunyai kerajinan yang dibuat dari bahan dasar eceng gondok ini dihindarkan pada air. Apabila terkena air, maka segeralah dijemur atau dilap hingga kering.
  3. Kekurangan yang terakhir adalah kerajinan dari eceng gondok mempunyai nilai jual yang sangat tinggi. Hal tersebut dikarenakan proses pembuatan kerajinannya yang cukup lama, bukan hanya itu saja banyaknya permintaan tetapi bahan yang agak minim juga bisa menjadi pemicunya

Manfaat Eceng Gondok

Manfaat Eceng Gondok

Bahan eceng gondok selain bisa dimanfaatkan menjadi berbagai macam bentuk kerajinan yang indah, bahan ini juga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan yang lainnya loh.

Bahkan bisa juga dimanfaatkan menjadi obat. Lalu apa saja manfaat yang ada pada tumbuhan eceng gondok ini? Maka dari itu yuk simak penjelasan berikut ini!

  1. Tumbuhan eceng gondok merupakan bahan yang bisa digunakan untuk membantu seseorang yang mempunyai masalah pada saat membuang air kecil.
  2. Tumbuhan eceng gondok bisa digunakan sebagai obat untuk meredakan panas yang ada pada di tenggorokan.
  3. Tumbuhan eceng gondok bisa digunakan untuk obat gatal akibat serangan hewan bulu.
  4. Tumbuhan eceng gondok bisa digunakan untuk menjernihkan air yang keruh.
  5. Tumbuhan eceng gondok bisa digunakan untuk membuat berbagai macam bentuk kerajinan.
  6. Tumbuhan eceng gondok bisa digunakan sebagai pakan hewan ternak.
  7. Tumbuhan eceng gondok bisa digunakan menjadi bahan bakar biogas dan juga pupuk organik.

Penutup Artikel Kerajinan dari Eceng Gondok

Demikianlah contoh kerajinan dari eceng gondok beserta cara membuat kerajinan, kelebihan dan kekurangan serta manfaat yang diberikan boleh eceng gondok sendiri.

Dimana sebenarnya masih banyak bentuk kerajinan lainnya yang bisa kita buat dengan menggunakan bahan dasar eceng gondok ini.

Jadi, tunggu apalagi mari kita manfaatkan eceng gondok menjadi bentuk kerajinan yang bisa menjadi ladang penghasilan bagi kita, semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian ya.

Kerajinan dari Eceng Gondok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.