11+ Contoh Kerajinan dari Kaca dan Cara Membuat Sederhana

Kerajinan dari Kaca – Kaca bisa dijadikan kerajinan tangan, merupakan benda yang dihasilkan dari proses daur ulang dengan menggunakan bahan kaca, baik itu botol, serpihan kaca atau bahan kaca yang lainnya. 

Adapun kerajinan yang dihasilkan juga mempunyai berbagai macam jenis, naik itu souvenir, pot bunga, liontin, lukisan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kerajinan dari kaca selain bisa kalian jadikan hiasan sendiri dirumah, kalian juga bisa menjualnya loh, bahkan kerajinan dari bahan kaca ini bisa dijual dengan harga yang sangat tinggi, tetapi tetap tergantung bentuk kerajinannya ya.

Maka dari itu, yuk simak contoh kerajinan dari kaca berikut ini sebagai bahan referensi anda apabila ingin membuka usaha tersebut.


Contoh Kerajinan dari Kaca

Kerajinan dari kaca mempunyai daya tarik tersendiri bagi pecinta seni, apalagi kerajinan yang terbuat dari bahan kaca juga bisa dijadikan sebagai hiasan rumah agar tampak lebih menarik.

Banyak sekali contoh kerajinan yang bisa dibuat dari bahan kaca ini, penasaran? Maka dari itu, simak contoh kerajinan dari kaca di bawah ini ya!

  • Kerajinan Frame Foto dari Kaca

Kerajinan Frame Foto Dari Kaca

Kerajinan dari kaca yang pertama adalah frame foto, ya siapa sangka ternyata serpihan kaca juga bisa digunakan untuk membuat bingkai foto yang cantik dan unik loh.

Cara membuatnya juga cukup mudah, yakni gunakan pecahan benda yang berbahan kaca, baik itu botol atau piring.  Selanjutnya tempelkan pecahan kaca tersebut kedalam bingkai foto dengan menggunakan lem yang benar-benar kuat.

Pada proses ini usahakan kalian memakai sarung tangan atau tempelkan secara hati-hati agar tidak melukai tangan kalian, dan frame foto dari pecahan kaca sudah siap untuk dijadikan sebagai hiasan.

  • Kerajinan Jam Dinding dari Kaca

Kerajinan Jam Dinding Dari Kaca

Pecahan kaca selain bisa digunakan untuk hiasan frame foto juga bisa digunakan untuk mempercantik jam dinding di rumah loh. Cara pembuatannya juga sama dengan cara membuat frame foto, yakni dengan menempelkan sepihak kaca kedalam jam dengan menggunakan perekat.

  • Kerajinan Lampu Gantung dari Toples Kaca

Kerajinan Lampu Gantung Dari Toples Kaca

Apakah kalian tahu, ternyata botol kaca bekas ini bisa kalian gunakan sebagai lampu gantung yang unik loh. Cara pembuatannya juga cukup mudah, yakni meletakkan lampu di dalam botol kaca, selanjutnya ikat botol kaca dengan menggunakan tali yang benar-benar kuat. 

Karena lampu gantung dari botol kaca ini cukup berbahaya, maka apabila kalian berada di bawahnya usahakan selalu berhati-hati ya, hal ini mencegah apabila sewaktu-waktu botol kaca tersebut jatuh agar tidak melukai orang di bawahnya. Sehingga sangat disarankan agar tetap memperhatikan keamanan dari kerajinan yang satu ini.

Baca Juga: Kerajinan Dari Eceng Gondok

  • Kerajinan Liontin Kalung dari Kaca

Kerajinan Liontin Kalung Dari Kaca

Mungkin liontin yang dibuat dari jenis batuan seperti batu akik sudah biasa, lalu bagaimana dengan liontin yang dibuat dari bahan kaca ini?

Ya siapa sangka, ternyata kaca bekas juga bisa dirubah menjadi liontin yang tidak kalah cantiknya dengan liontin yang dibuat dari bahan batu ini. Kerajinan liontin dari kaca juga bisa dijadikan pilihan buat perhiasan kalian loh, bagaimana cantik bukan?

  • Kerajinan Lukisan dari Kaca

Kerajinan Lukisan Dari Kaca

Kerajinan lukisan kaca merupakan salah satu bentuk kerajinan yang bisa dijadikan pilihan untuk hiasan ruang tamu loh. Sebenernya lukisan dari kaca ini juga sama dengan lukisan dengan menggunakan bahan yang lainnya, yakni memoles kaca dengan menggunakan berbagai campuran warna sehingga bisa membentuk motif tertentu. 

Bukan hanya itu saja, kalian juga bisa membuat lukisan kaca ini dengan menggunakan serpihan kaca yang sudah di rendam atau diberikan warna, selanjutnya susun serpihan kaca menjadi motif-motif yang indah. Lukisan dari kaca ini juga banyak diminati oleh masyarakat, dimana semakin unik motif yang ada maka semakin mahal pula lukisan bisa dijual.

  • Kerajinan Mozaik dari Kaca

Kerajinan Mozaik Dari Kaca

Kerajinan dari kaca selanjutnya selain lukisan adalah mozaik, ya mozaik merupakan kerajinan yang dihasilkan dari potongan-potongan kaca yang mempunyai ukuran dan warna beragam dan bisa membentuk sebuah motif yang sangat indah. Kerajinan mozaik kaca ini juga bisa dijadikan pilihan untuk dipasangkan pada dinding rumah loh. 

Banyak sekali peminat mozaik kaca ini, dimana bahkan mereka rela mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk mendapatkan mozaik kaca ini. Ya, karena pembuatannya juga membutuhkan waktu yang lama dan juga tingkat kreativitas yang tinggi, mozaik bisa dijual dari harga ratusan ribu hingga jutaan, hal tersebut tergantung pada ukuran dan juga motif yang ada.

  • Kerajinan Frame Cermin dari Kaca

Kerajinan Frame Cermin Dari Kaca

Selain bisa dijadikan sebagai frame foto dan juga jam dinding, serpihan kaca juga bisa digunakan untuk membuat frame cermin loh. Cara pembuatannya juga sama, yakni dengan menggunakan serpihan kaca.

Selanjutnya letakkan serpihan tersebut kedalam pinggiran cermin dengan menggunakan lem yang kuat ya, hal ini bertujuan agar kaca tidak mudah lepas. Lakukan semua proses tersebut dengan hati-hati karena kaca juga merupakan benda yang tajam dan bisa melukai tangan, frame cermin dari kaca sudah siap digunakan sebagai hiasan rumah.

  • Kerajinan Pot Tanaman dari Toples Kaca

Kerajinan Pot Tanaman Dari Toples Kaca

Selain kalian bisa membuat pot tanaman dari bahan plastik atau kaleng, kalian juga bisa menggunakan toples kaca loh. Cara membuatnya juga cukup mudah, yakni hanya tinggal bersihkan terlebih dahulu toples kaca, selanjutnya letakkan air dan juga tanaman di dalam toples, agar pot bisa berdiri, kalian juga bisa membuat tempat pot tersebut dengan menggunakan kayu seperti gambar diatas.

  • Kerajinan Tempat Lilin dari Kaca

Kerajinan Tempat Lilin Dari Kaca

Kerajinan dari kaca selanjutnya adalah tempat lilin. Ya, kaca juga bisa dibuat menjadi tempat lilin yang cantik loh, tempat lilin dari kaca ini juga banyak diminati oleh masyarakat, karena ukurannya yang mini dan bentuknya yang cantik.

  • Kerajinan Tempat Pensil dari Toples Kaca

Kerajinan Tempat Pensil Dari Toples Kaca

Apakah kalian mempunyai toples kaca yang sudah tidak terpakai dan bingung ini dibuat menjadi apa? Maka jawaban yang tepat adalah tempat pensil. Ya, selain toples kaca bisa kalian gunakan kembali untuk tempat menaruh kue kering, toples ini juga bisa digunakan untuk tempat pensil loh. 

Cara pembuatannya juga cukup mudah, yakni dengan membersihkan terlebih dahulu toples kaca, selanjutnya kalian bisa menghias toples dengan cat warna atau dengan kain flanel.

Baca Juga: Kerajinan Dari Lilin

  • Kerajinan Vas Bunga dari Toples Kaca

Kerajinan Vas Bunga Dari Toples Kaca

Kerajinan dari toples kaca terakhir adalah vas bunga. Ya selain toples kaca bisa dibuat menjadi tempat pensil, toples juga bisa digunakan untuk membuat vas bunga yang sangat indah.

Cara membuatnya juga cukup mudah dan sama dengan cara membuat tempat pensil, yakni dengan membersihkan terlebih dahulu toples kaca, selanjutnya berikan air dan masukan bunga ke dalam toples kaca tersebut.


Teknik Pembuatan Kerajinan dari Kaca

Teknik Pembuatan Kerajinan Dari Kaca

Tentunya untuk membuat berbagai macam kerajinan di atas, pengrajin juga menggunakan teknik-teknik khusus dalam pengerjaannya, lalu apa saja teknik yang ada dalam proses pembuatan kerajinan dari kaca itu? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

  • Teknik Cold Working

Teknik cold working merupakan teknik yang dilakukan dengan menggunakan bahan kaca yang mempunyai suhu dingin, atau proses pengerjaannya dalam kondisi suhu yang dingin yakni dengan temperatur dibawah rekristalisasi.

  • Teknik Flame Working

Teknik flame working merupakan teknik yang dilakukan dengan cara melelehkan bahan kaca dengan suhu panas yang sangat tinggi. Pelelehan tersebut tentunya bertujuan untuk membentuk sebuah kerajinan tertentu.

  • Teknik Fusing

Teknik fusing merupakan teknik yang dilakukan dengan cara merekatkan serpihan kaca dengan menggunakan media tambahan seperti pelapis, hal ini bertujuan agar kerajinan yang dihasilkan bisa lebih kuat dan tahan lama.

  • Teknik Hot Sculpting

Teknik hot sculpting termasuk kedalam jenis teknik 3D, dimana teknik ini berguna untuk membuat seni patung. Pada umumnya teknik ini juga digunakan dengan kombinasi teknik lainnya, baik itu pencetakan, pengelasan, penembakan dan juga pembuangan.

  • Teknik Klin Casting

Teknik klin casting merupakan teknik pengecoran, dimana pada umumnya, teknik ini bisa membutuhkan waktu yang cukup lama pada saat proses pembuatan kerajinannya, hal ini tentunya sesuai dengan hasil yang diberikan.

  • Teknik Meniup

Teknik meniup merupakan teknik yang terdiri dari dua macam jenis, yakni teknik meniup lamp working, yaitu dengan menggunakan obor las dengan bahan bakar oksigen. Teknik kedua adalah off hand, yakni teknik yang menggunakan pipa logam dengan cara memanipulasi kaca air.

  • Teknik Slumping

Teknik dalam proses pembuatan kerajinan kaca yang terakhir adalah teknik slumping, dimana teknik ini merupakan teknik yang digunakan untuk membuat berbagai macam bejana.

Baca Juga: Kerajinan Dari Bahan Alam


Manfaat Kerajinan dari Kaca

Manfaat Kerajinan Dari Kaca

Pada penjelasan diatas, kita sudah membahas berbagai macam contoh kerajinan yang bisa dibuat dari bahan kaca, baik itu botol kaca, piring kaca atau serpihan bahan kaca yang lainnya.

Bukan hanya itu saja, kita juga sudah membahas tentang berbagai macam teknik yang bisa kita gunakan untuk membuat kerajinan dari kaca tersebut. 

Lalu bagaimana dengan manfaat yang dihasilkan oleh kerajinan dari bahan kaca ini? Maka dari itu, yuk simak manfaat kerajinan dari kaca dalam penjelasan berikut ini!

  1. Kerajinan dari kaca merupakan salah satu bentuk kerajinan yang bisa dijadikan sebagai ladang usaha, dengan membuat kerajinan dari kaca kita juga bisa mengajak masyarakat sekitar untuk bergabung dan menghasilkan berbagai macam kerajinan yang mempunyai nilai jual cukup tinggi.
  2. Kerajinan dari kaca juga bisa dijadikan sebagai hiasan rumah, sehingga rumah bisa tampak lebih menarik dengan berbagai macam kerajinan tersebut, misal pot bunga yang terbuat dari kaca atau jam dinding dari kaca.
  3. Apakah kalian tahu, apabila kita membuat kerajinan dari kaca ini, maka secara tidak langsung kita juga bisa mengasah kemampuan kreativitas kita loh.
  4. Manfaat yang dihasilkan dari kerajinan kaca yang terakhir adalah, kerajinan ini juga bisa dijadikan untuk media tanam. Sehingga kalian tidak perlu khawatir apabila menemukan banyak limbah kaca dirumah, karena kaca bisa disulap menjadi susunan pot bunga yang sangat cantik.

Penutup

Demikianlah contoh kerajinan dari kaca serta teknik pembuatan dan manfaatnya. Dimana sebenarnya masih banyak bentuk kerajinan yang bisa kita buat dengan menggunakan bahan dasar kaca ini.

Jadi, tunggu apalagi mari kita manfaatkan kaca menjadi bentuk kerajinan yang bisa menjadi ladang penghasilan bagi kita, semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian ya.

Kerajinan dari Kaca

Tinggalkan komentar