15+ Contoh Kerajinan dari Kain Flanel dan Cara Membuat Sederhana

Kerajinan Dari Kain Flanel – Kain flanel merupakan jenis kain yang berasal dari bahan serat woll tanpa melalui proses penenunan, melainkan melalui proses penguapan serta pemanasan.

Kain flanel juga mempunyai tingkat ketebalan yang berbeda. Apakah kalian tahu ternyata ada kerajinan yang dibuat dari kain ini loh, ya kerajinan dari kain flanel sangat mudah dibuat. 

Banyak sekali berbagai macam jenis contoh kerajinan yang bisa dihasilkan, dari mulai dompet, tas, tempat pensil, tempat kacamata dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk lebih jelasnya mengenai contoh kerajinan dari kain flanel ini, yuk simak penjelasan dibawah ini!

Kerajinan Dari Kain Flanel


Macam-Macam Kerajinan dari Kain Flanel

Seperti pada penjelasan diatas, bahwa kain flanel merupakan kain yang dibuat dari bahan Will tetapi melalui proses pemanasan serta penguapan, maka dari itulah kain bisa dihasilkan dengan berbagai macam tekstur dan juga jenis.

Apakah kalian tahu, ternyata sebenarnya kain flanel diperkirakan sudah ada sejak tahun 6500 SM tepatnya di negara Turki, wah cukup lama ya ternyata. 

Kain flanel ini bisa dimakan sebagai berbagai macam kerajinan loh, rata-rata yang membuat kerajinan dari kain flanel adalah para kaum perempuan.

Tetapi jangan salah, justru dengan begitu mereka juga bisa menjual kembali kerajinan tersebut sehingga bisa mendapatkan uang untuk menambah penghasilan  mereka. 

Lalu apa saja macam-macam atau contoh kerajinan dari kain flanel ini? Dari pada semakin penasaran yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Baca Juga: Kerajinan Dari Plastik

1. Amplop dari Kain Flanel

Amplop dari Kain Flanel
kerajinantangantop.blogspot.com

Kerajinan dari kain flanel yang pertama adalah amplop atau dompet, ya kain flanel memang bisa kita ubah menjadi sebuah amplop yang lucu loh, bahkan bukan hanya digunakan untuk menyimpan uang saja, melainkan kalian juga bisa memanfaatkan amplop kain flanel ini untuk mengirimkan surat. 

Cara membuat amplop ini juga cukup mudah, yakni tinggal potong kain flanel mengikuti pola yang diinginkan, setelah itu jahit kain flanel dengan rapi dan kain siap digunakan. Bahkan kalian juga bisa menambahkan berbagai macam hiasan yang juga dibuat dari kain flanel, bagaimana cantik bukan?

2. Bingkai Foto dari Kain Flanel

Bingkai Foto dari Kain Flanel
waroengindo.files.wordpress.com

Apakah kalian mempunyai sisa kardus kosong dan juga kain flanel? Jika iya, maka kalian bisa menyulap kedua bahan tersebut menjadi sebuah bingkai foto yang indah. Dimana cara membuatnya yakni potong kardus menjadi bentuk bingkai foto dengan ukuran sesuai selera.

Potong juga kain flanel, dimana potongan tersebut digunakan untuk melapisi kardus tersebut. Lem kain flanel dengan kardus agar bisa tertempel dengan sempurna, bingkai foto yang unik dan penuh warna siap untuk digunakan.

3. Boneka Jari dari Kain Flanel

Boneka Jari dari Kain Flanel
flanelshop.com

Menceritakan sebuah dongeng bisa kita lakukan dengan cara yang unik loh, yakni dengan menggunakan boneka jari dari kain flanel. Ya, dengan boneka tersebut maka cerita yang dibawakan akan semakin mudah dan tentunya bisa membantu untuk menghibur anak-anak bukan. 

Boneka dari kain flanel ini juga mudah dibuat yakni dengan memotong kain flanel sesuai dengan bentuk karakter yang diinginkan, jangan lupa dipasangkan dengan jari kalian ya.

Kemudian jahit pinggiran kain flanel kecuali pada bagian bawah karena bagian tersebut digunakan untuk memasukkan jari, dan cerita siap diperankan dengan boneka jari.

4. Bros dari Kain Flanel

Bros dari Kain Flanel
liputan6.com

Bross merupakan salah satu kerajinan dari kain flanel yang paling sering dibuat, dimana banyak sekali bentuk Bros yang bisa kita buat, dari mulai Bros bunga, bross kupu-kupu, bross kue tart dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selanjutnya untuk cara membuatnya sebenarnya juga tidak berbeda dengan cara membuat kain flanel yang lainnya. Bedanya hanya pada kerajinan bross dari kain flanel pada bagian belakang kita tambahkan sebuah peniti, dan bross siap digunakan.

Bross ini juga tidak kalah cantik bukan dengan bross yang lainnya, bahkan bross bisa kalian buat sendiri tanpa mengeluarkan banyak uang untuk membelinya loh.

5. Bunga dari Kain Flanel

Bunga dari Kain Flanel
kibrispdr.org

Kerajinan yang dibuat dari kain flanel paling banyak disukai selanjutnya adalah bunga hias, dimana banyak sekali pengrajin yang menjual bunga dari kain flanel ini.

Bunga tersebut pun bisa bermacam-macam yakni, bunga matahari, mawar dan masih banyak lagi yang lainnya, bahkan bunga kain flanel juga bisa disulap menjadi buket yang indah loh.

6. Gantungan Kunci dari Kain Flanel

Gantungan Kunci dari Kain Flanel
orami.co.id

Kalian ingin membuat sebuah gantungan yang indah, lucu dan unik? Jika iya, maka membuat gantungan kunci dari kain flanel bisa dijadikan sebagai pilihan.

Banyak sekali bentuk yang bisa dipilih untuk membuat gantungan tersebut, diantaranya adalah gantungan dengan nama, gantungan bentuk donat imitasi, gantungan bunga dan masih banyak lagi. 

Cara membuatnya pun juga mudah, yakni bentuk terlebih dahulu gantungan sesuai dengan bentuk yang diinginkan, jika sudah jahit kain tersebut dan tambahkan gantungan pada sisinya, gantungan siap digunakan.

Hal yang perlu kalian ketahui, gantungan ini juga bisa kalian jual kembali dengan harga yang murah, sehingga peminat bisa lebih tertarik dengan gantungan yang murah dan lucu.

7. Hiasan Toples dari Kain Flanel

Hiasan Toples dari Kain Flanel
kaskus.co.id

Pada saat lebaran, pasti kita akan disuguhkan dengan berbagai macam kue yang tersedia di dalam toples bukan? Tapi, pasti toples yang ditampilkan akan terkesan monoton, sehingga tidak akan bisa menarik para tamu untuk menikmati hidangan yang sudah kita buat.

Eits, tapi jangan khawatir, karena kalian bisa menyulap kain flanel menjadi hiasan toples dengan berbagai macam bentuk loh, sehingga bisa menarik perhatian terutama anak-anak untuk mencoba kue yang sudah dibuat.

Cara membuatnya pun potong ukuran kain flanel sesuai dengan toples, lilitkan kain ke sisi toples dan tambahkan berbagai macam hiasan karakter lainnya.

Baca Juga: Kerajinan Dari Tanah Liat

8. Kuncir Rambut dari Kain Flanel

Hiasan Toples dari Kain Flanel
fimela.com

Kuncir rambut yang dibuat dari kain flanel merupakan salah satu kerajinan yang bisa dicoba oleh kaum hawa, dimana kuncir kain flanel ni juga tidak kalah dengan kuncir rambut yang lainnya. Bahkan dengan kuncir rambut dari kain flanel, maka kesan imut bisa bertambah, jadi yuk coba berkreasi lagi.

9. Sampul Buku dari Kain Flanel

Sampul Buku dari Kain Flanel
moondoggiesmusic.com

Apakah kalian tahu, bahwa cara untuk meningkatkan minat baca bisa dilakukan dengan membuat sampul buku yang unik dan lucu loh.

Hal ini dikarenakan memang motif yang lucu bisa membuat kita lebih tertarik untuk membaca buku jika dibandingkan dengan sampul yang terkesan polos dan membosankan. 

Cara membuatnya pun cukup mudah, yakni potong kain flanel mengikuti sampul buku. Apabila sudah maka hiasi sampul buku tersebut dengan berbagai macam bentuk, dan sampul buku siap digunakan.

10. Sepatu Bayi dari Kain Flanel

Sepatu Bayi dari Kain Flanel
dictio.id

Seperti yang kita tahu bahwa kain flanel mempunyai serat yang cukup lembut, maka dari itulah kain flanel juga bisa dibuat menjadi sepatu bayi yang lucu loh. Adapun cara membuatnya adalah ukur terlebih dahulu kaki bayi dan buah polanya.

Untuk pola dari sepatu ini sendiri terdiri dari 3 bagian, yakni sisi alas kaki, sisi atas depan dan juga sisi atas belakang, apabila sudah maka potong pola tersebut dan jahit dengan menggunakan jarum tangan. Sepatu bayi dari kain flanel sudah siap untuk digunakan.

11. Tas dari Kain Flanel

Tas dari Kain Flanel
pinhome.id

Tas dari kain flanel juga merupakan sebuah kerajinan yang bisa kita buat sendiri loh dirumah. Dimana cara membuatnya adalah bentuk terlebih dahulu pola tas, kemudian potonglah kain mengikuti pola dan jahit. 

Untuk menjahit tas tersebut bisa menggunakan tangan tetapi agar lebih mudah disarankan untuk menggunakan mesin jahit ya. Tas sudah siap digunakan, bukan hanya itu saja, tas ini juga bisa kalian jual kembali sehingga bisa mendapatkan penghasilan tambahan, bagaimana menyenangkan bukan?

12. Tempat Handphone dari Kain Flanel

Tempat Handphone dari Kain Flanel
tokopedia.net

Apakah kalian tahu, ternyata tempat handphone bisa kalian buat sendiri loh dengan menggunakan kain flanel, sehingga kalian tidak perlu mengeluarkan banyak uang hanya untuk membeli tempat handphone itu saja. Cara membuatnya pun cukup mudah yakni potong kain flanel sesuai dengan ukuran handphone kalian.

Apabila sudah, maka jahitlah kain tersebut dan tambahkan berbagai macam hiasan atau pernak-pernik agar tampilannya lebih menarik. Bagaimana mudah bukan?

13. Tempat Kacamata dari Kain Flanel

Tempat Kacamata dari Kain Flanel
ytimg.com

Apabila kalian ingin mempunyai tempat kacamata yang unik dan berbeda, maka tempat kacamata dari kain flanel bisa dijadikan pilihan. Dimana kalian bisa membuatnya sendiri sehingga tempat tersebut bisa berbeda jika dibandingkan dengan milik orang lain.

Selain berbeda, tempat kacamata dari kain flanel juga bisa membuat anda tidak mengeluarkan banyak biaya hanya untuk membeli tempatnya saja, sehingga pengeluaran bisa lebih hemat. Bagaimana apakah anda tertarik untuk membuatnya?

14. Tempat Pensil dari Kain Flanel

Tempat Pensil dari Kain Flanel
liputan6.com

Untuk meningkatkan tingkat kreativitas si kecil, kalian bisa melakukannya dengan cara belajar membuat sebuah tempat pensil dari kain flanel loh. Sehingga si kecil bisa tertarik untuk lebih mengembangkan kreativitas mereka dan yang paling penting adalah bahan yang digunakan untuk membuat tempat pensil ini aman, sehingga tidak melukai si kecil.

15. Tempat Tisu dari Kain Flanel

Tempat Pensil dari Kain Flanel
santaidamai.com

Kerajinan dari kain flanel yang terakhir adalah tempat tisu. Ya, dengan memanfaatkan kain flanel kita bisa membuat sebuah tempat tisu yang lucu dan juga unik, bukan hanya itu saja tempat ini juga akan apabila dipegang oleh si buah hati karena kain flanel adalah kain yang mempunyai tekstur lembut. 

Selain itu, kalian juga bisa membuat tempat tisu kain flanel ini dengan si kecil loh, sehingga si kecil juga bisa berkreatifitas tanpa terluka.

Tempat tisu dari kain flanel juga bisa kalian jual kembali, sehingga pemasukan dalam rumah tangga juga bisa bertambah, jadi tunggu apalagi yuk berkreasi dengan si buah hati.

Baca Juga: Kerajinan Dari Sedotan


Teknik Menjahit Kerajinan dari Kain Flanel

Pada penjelasan diatas kita sudah mengetahui apa saja contoh-contoh yang bisa kita buat dengan menggunakan kain flanel. Dimana kerajinan ini juga membutuhkan teknik menjahit loh, lalu apa saja teknik menjahit kerajinan dari kain flanel tersebut? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

1. Tusuk Feston

Tempat Pensil dari Kain Flanel
blog.elevenia.co.id

Tusuk feston merupakan teknik menjahit yang digunakan untuk menggabungkan dua buah lembar kain, dimana teknik ini bisa dibilang menghasilkan jahitan yang lebih kuat. Biasanya teknik ini digunakan untuk membuat sebuah kerajinan dari kain flanel yang berkualitas premium. 

Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan untuk teknik tusuk feston adalah sebagai berikut!

  1. Pertama tusukan jarum tersebut ke dalam lembaran kain dengan arah tusukan yakni dari bawah ke atas.
  2. Kemudian tariklah benang dan posisikan bagian panjang dari benang berada pada sisi kanan.
  3. Ulangi kembali dengan hal yang serupa, tetapi dari arah kiri ke kanan atau berlawanan dengan arah jarum jam.
  4. Apabila benang yang dibutuhkan sudah habis dan membutuhkan benang tambahan, maka simpulah terlebih dahulu benang diantara kain flanel.
  5. Selanjutnya, apabila sudah mencapai akhir kain yang dijahit, maka tariklah terlebih dahulu  bagian tetapi jangan sampai habis, selanjutnya arahkan jarum kedalam lubang benang yang sudah disisakan.
  6. Apabila sudah, maka tariklah dengan kuat sehingga jahitan bisa lebih kuat dan saling berdekatan.

2. Tusuk Roll

Tusuk Roll
produkukmcirebonpower.blogspot.com

Tusuk roll merupakan teknik menjahit yang digunakan untuk membentuk sebuah lingkaran. Biasanya teknik ini digunakan sebagai penyambung ujung kain agar tidak menumpuk.

Berikut ini merupakan langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk melakukan proses pembuatan tusuk roll!

  1. Pertama tumpuklah terlebih dahulu dua potong kain flanel yang akan dijahit.
  2. Selanjutnya tusukkan jarum tersebut ke arah bawah dengan melalui bagian yang berada dalam kupasan dari kedua kain.
  3. Selanjutnya, tusukkan jarum dari bagian atas secara tegak lurus, pastikan bisa menembusnya dua buah lembar kain ke arah bawah. 
  4. Selanjutnya tusukan jarum kembali dari atas sehingga bisa menembus kain tetapi dengan posisi miring, pastikan jahitan bisa bergeser ke kiri.
  5. Lakukan hal tersebut secara berulang.

3. Tusuk Jelujur

Tusuk Jelujur
senibudayaku.com

Tusuk jelujur merupakan sebuah teknik menjadi yang mempunyai arah horizontal, dimana biasanya teknik ini dilakukan pada kain yang sama panjangnya sudah diatur. Sebenarnya untuk teknik tusuk jelujur dibagi menjadi beberapa bagian diantaranya adalah sebagai berikut!

  1. Tusuk jelujur biasa yang dibuat dengan menggunakan jarak yang sembarangan.
  2. Tusuk jelujur jarak tertentu yakni tusukan yang dilakukan dengan cara menggunakan jarak yang sama.
  3. Tusuk jelujur renggang yakni tusuk yang hanya menggunakan satu spasi.

Sedangkan langkah-langkah untuk melakukan teknik tusuk jelujur adalah sebagai berikut!

  1. Pertama-tama tusukan jarum terlebih dahulu pada benang 
  2. Kemudian masukan kembali jarum pada kain dan tarik kembali hingga benang habis, untuk jaraknya bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan.
  3. Apabila sudah, maka masukkan kembali jarum dari bagian buruk kain atau belakang kain dan berikan jarak yang sama dengan tusuk sebelumnya.
  4. Selanjutnya masukkan kembali dari bagian depan kain, dan lakukan cara tersebut sampai jarak yang sudah ditentukan.

Cara Merawat Kerajinan dari Kain Flanel

Cara Merawat Kerajinan dari Kain Flanel
lazada.co.id

Kain flanel merupakan kain yang lembut sehingga dibutuhkan beberapa cara yang perlu dilakukan untuk merawat kain flanel tersebut, apa saja hal yang harus diperhatikan itu? Yuk simak penjelasan berikut ini! 

  1. Apabila kerajinan yang kalian miliki sudah agak berbulu, maka kalian bisa menggunting bulu tersebut dengan hati-hati, hal ini dimaksudkan agar kain tidak berlubang.
  2. Kalian bisa merawat kerajinan kain flanel dengan cara mencucinya, tetapi sebaiknya kalian mencuci dengan menggunakan tangan ya.
  3. Disarankan untuk selalu membersihkan kerajinan secara berkala, hal ini mencegah adanya debu yang menempel pada kain flanel.
  4. Jangan merendam kain flanel dengan durasi waktu yang lama, karena bisa menyebabkan kain flanel berubah warna. 
  5. Jangan menjemur kain flanel dibawah sinar matahari secara langsung agar warna tidak mudah pudar.

Penutup

Demikianlah contoh kerajinan dari kain flanel, teknik dan juga cara merawatnya, dimana sebenarnya masih banyak kerajinan-kerajinan yang bisa kita buat dengan menggunakan berbagai macam kain flanel.

Jadi, tunggu apalagi mari kita manfaatkan kain flanel menjadi barang yang bisa menjadi ladang penghasilan bagi kita, semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian ya.

Kerajinan Dari Kain Flanel

Tinggalkan komentar