13+ Contoh Kerajinan dari Kain Perca dan Cara Membuatnya

Kerajinan Dari Kain Perca

Kerajinan Dari Kain PercaKain perca merupakan sebuah kain hasil sisa dari kain yang besar, dimana bentuk kain perca juga beragam, dari kain perca kecil hingga besar. Sedangkan kerajinan dari kain perca merupakan sebuah hasil kreasi yang dihasilkan dari sisa kain perca tersebut.

Ya, kain perca bisa dimanfaatkan menjadi berbagai macam kerajinan yang unik dan menarik loh, bahkan bisa juga mempunyai nilai jual yang tinggi. Banyak sekali contoh kerajinan dari kain perca ini, dimulai dari bantal, aksesoris, dompet, tas hingga yang lainnya. 

Cara membuatnya pun cukup mudah dan bahan yang digunakan juga sederhana. Sehingga tidak mengherankan, apabila usaha kerajinan dari kain perca bisa meraup untung yang lebih besar.

Lalu apa saja sebenarnya contoh-contoh kerajinan yang bisa kita hasilkan dari kain perca itu? Langsung saja daripada semakin penasaran, yuk simak penjelasan di bawah ini!

Kerajinan Dari Kain Perca


Contoh Kerajinan dari Kain Perca

No Hasil Kerajinan dari Kain Perca
1 Kerajinan Aksesoris dari Kain Perca
2 Kerajinan Bantal dari Kain Perca
3 Kerajinan Bed Cover dari Kain Perca
4 Kerajinan Boneka dari Kain Perca
5 Kerajinan Celemek dari Kain Perca
6 Kerajinan Gantungan Kunci dari Kain Perca
7 Kerajinan Gorden dari Kain Perca
8 Kerajinan Kaligrafi dari Kain Perca
9 Kerajinan Kalung dari Kain Perca
10 Kerajinan Keset dari Kain Perca
11 Kerajinan Taplak Meja dari Kain Perca
12 Kerajinan Tas dari Kain Perca
13 Kerajinan Tutup Galon dari Kain Perca

Seperti pada penjelasan sebelumnya, bahwa kain perca merupakan sisa hasil potongan dari kain besar yang bisa dimanfaatkan kembali menjadi sebuah kerajinan yang mempunyai nilai jual.

Dimana ada beberapa alat yang perlu dipersiapkan untuk membuat sebuah kerajinan tersebut loh, alat tersebut diantaranya sebagai berikut!

  1. Mesin jahit merupakan sebuah alat yang bisa kalian gunakan untuk menjahit kain perca yang sudah kalian bentuk polanya.
  2. Mesin jahit hightstspich merupakan mesin jahit yang berkecepatan tinggi dengan bentuk jahitan yang lurus.
  3. Mesin jahit obras merupakan mesin jahit yang berguna untuk menjahit bagian pinggir dari kain.
  4. Mesin jahit manual merupakan mesin jahit yang mempunyai kecepatan biasa dan bisa membuat jahitan menjadi lurus.
  5. Mesin zig-zag merupakan sebuah mesin yang bisa digunakan untuk membuat berbagai macam hiasan, dimana sebenarnya mesin ini termasuk kedalam jenis mesin jahit multifungsi. 
  6. Jarum pentul merupakan alat yang digunakan untuk merapikan bahan kain perca yang akan dikreasikan.
  7. Jarum tangan merupakan alat yang digunakan untuk menjahit kain perca secara manual.
  8. Jarum mesin merupakan jarum yang diletakkan di mesin jahit.
  9. Karbon merupakan alat yang bisa membantu untuk membuat pola pada kertas.
  10. Redal merupakan alat yang dimanfaatkan untuk membuat sebuah tanda jahitan.
  11. Tusuk jari merupakan alat keamanan yang digunakan agar jari tidak terluka pada saat menjahit.
  12. Meteran merupakan alat ukur yang digunakan pada saat menjahit.
  13. Gunting alat yang digunakan untuk memotong kain.

Ya, itulah beberapa alat yang perlu kita ketahui terlebih dahulu sebelum membuat sebuah kerajinan, dimana kalian bisa menggunakan sebuah mesin jahit apabila kerajinan yang kalian inginkan lebih rapi, dan bisa menggunakan jarum tangan apabila kerajinan yang kalian buat tampak lebih sederhana.

Selanjutnya, berikut ini merupakan contoh-contoh kerajinan dari kain perca yang bisa kalian jadikan referensi, langsung saja simak penjelasannya dibawah ini!

Baca Juga: Kerajinan Dari Plastisin

1. Kerajinan Aksesoris dari Kain Perca

Kerajinan Aksesoris Dari Kain Perca
https://www.lazada.co.id/

Apabila kalian mempunyai potongan kain perca yang agak kecil maka jangan dibuang ya, karena ternyata kain perca juga bisa disulap menjadi berbagai macam aksesoris yang cantik loh.

Bahkan kerajinan aksesoris dari kain perca ini bisa kalian jual kembali, pada saat ini juga masih ada yang memanfaatkan aksesoris kain perca tersebut, karena memang aksesoris ini tidak kalah dari aksesoris pada umumnya.

Adapun aksesoris dari kain perca ini juga beragam, dari mulai bross, bandana, gelang, kuncir rambut dan masih banyak lagi yang lainnya.

Cara membuat nya pun cukup mudah, yakni rapikan sisa kain perca tersebut sesuai dengan pola, kemudian jahit kain perca dan tambahkan karet atau peniti (apabila kalian ingin membuat Bros) dan lem peniti tersebut ke bagian kain perca, Bros siap digunakan.

2. Kerajinan Bantal dari Kain Perca

Kerajinan Bantal Dari Kain Perca
https://genemil.com/

Kerajinan yang bisa kalian buat dari kain perca selanjutnya adalah bantal. Kerajinan bantal dari kain perca ini tentunya bisa membantu ruangan anda lebih berwarna dan tidak terkesan monoton bukan, dimana kerajinan ini juga termasuk salah satu kerajinan yang cukup mudah untuk dibuat.

Dimana kalian hanya tinggal menggabungkan berbagai macam kain perca tersebut sehingga bisa membentuk bantal dengan ukuran sesuai selera kalian, kemudian jahit sisi pinggir kain, tetapi pada bagian jangan dijahit terlebih dahulu, melainkan tanggal kapuk untuk membuat isian bantal kemudian tutup bagian atas dengan menjahitnya kembali.

3. Kerajinan Bed Cover dari Kain Perca

Kerajinan Bed Cover Dari Kain Perca
https://m.apdut.com/

Apakah kalian mempunyai banyak kain perca yang tidak terpakai dan berjumlah banyak? Apabila iya, maka kalian bisa memanfaatkannya menjadi sebuah kerajinan dan bisa dijual kembali loh, kerajinan bed cover dari kain perca bisa menjadi salah satu referensinya. Hal ini tentunya didukung dengan bahan yang murah dan mudah didapat, sehingga keuntungan juga bisa jauh lebih besar.

Apalagi, pada saat ini banyak sekali orang yang ingin membuat rumah mereka tampak unik tapi nyaman, termasuk pada kamar. Jadi bedcover kain perca yang terdiri dari motif unik bisa membantu rumah menjadi lebih estetik dan unik.

Maka dari itulah tidak heran apabila bed cover yang dibuat dengan kain perca yang tentunya mempunyai motif unik bisa dijual dengan harga jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis bed cover yang lainnya.

4. Kerajinan Boneka dari Kain Perca

Kerajinan Boneka Dari Kain Perca
https://pusathijabterbaru.com

Boneka dari kain perca merupakan kerajinan yang dibuat dengan menggunakan kain sisa dan sudah paling banyak dilakukan, dimana pembuatan boneka ini memang cukup menyita waktu. Adapun cara membuatnya adalah dengan memotong kain perca sesuai dengan pola karakter yang ingin dibuat.

Selanjutnya, jahit bagian pinggir boneka tersebut dengan menyisakan bagian atas, karena pada bagian atas digunakan untuk memasukkan kapuk atau isian dalam boneka.

Apabila sudah, maka kalian bisa menjahit bagian atas tersebut, sebenarnya alangkah lebih baiknya apabila kalian masih belajar maka jangan membuat langsung boneka dalam ukuran besar, melainkan dari ukuran kecil terlebih dahulu.

5. Kerajinan Celemek dari Kain Perca

Kerajinan Celemek dari Kain Perca
https://www.fimela.com

Baju masak atau celemek merupakan sebuah baju yang bisa juga dibuat dengan menggunakan kain perca loh, dimana caranya adalah dengan menyambungkan masing-masing kain perca sehingga bisa membentuk sebuah celemek.

Tentunya celemek ini berguna untuk kebersihan dari baju yang kita pakai, sehingga meskipun kita sedang memasak kotoran atau sisa makanan bisa tertempel dalam celemek.

Cara membuat celemek atau baju ini adalah dengan menyambung berbagai macam potongan kain perca sehingga bisa membentuk sebuah kain yang cukup besar, kemudian buat pola dari celemek dan potong pola tersebut. Agar lebih rapi maka kalian bisa menjahit bagian pinggir baju dan juga menambahkan ikatan belakang, celemek siap digunakan.

Baca Juga: Kerajinan Dari Rotan

6. Kerajinan Gantungan Kunci dari Kain Perca

Kerajinan Gantungan Kunci dari Kain Perca
https://www.liputan6.com/

Apabila kalian mempunyai kunci tentunya pasti kalian membutuhkan sebuah gantungan kunci bukan? Dimana dengan gantungan kunci tersebut, maka kunci tidak akan mudah hilang dan juga tertukar, maka dari itulah kalian juga bisa memanfaatkan kain perca menjadi sebuah gantungan yang unik dan juga lucu loh.

Sehingga kalian tidak perlu membeli gantungan kunci lagi, selain membuatnya yang mudah maka dengan tidak membeli gantungan kunci dan membuatnya sendiri maka kita bisa menghemat pengeluaran.

Adapun cara membuatnya juga cukup mudah, yakni tinggal bentuk pola dari kain perca, kemudian jahit sisi pinggir dan tambahkan sebuah gantungan.

7. Kerajinan Gorden dari Kain Perca

Kerajinan Gorden dari Kain Perca
idea.grid.id

Apabila kalian ingin mempunyai gorden yang berbeda dengan yang lainnya, maka kalian bisa membuatnya sendiri loh dengan menggunakan kain perca.

Ya kain perca bisa kalian manfaat menjadi gorden yang tentunya rumah akan semakin unik dan tidak dimiliki oleh orang lain. Bukan hanya itu saja, bahkan membuat gorden dari kain perca juga bisa kalian jadikan sebagai peluang usaha.

Sehingga kalian juga bisa membantu merekrut para ibu-ibu untuk menghasilkan uang tambahan,tetapi, memang untuk membuat gorden ini juga tidaklah mudah, melainkan membutuhkan beberapa waktu.

Tapi semua itu akan terbayarkan dengan motif dari gorden yang bahkan apabila dijual bisa meraup keuntungan yang tinggi. Jadi, apakah kalian tertarik untuk membuka usaha tersebut?

8. Kerajinan Kaligrafi dari Kain Perca

Kerajinan Kaligrafi dari Kain Perca
cantukakrf.blogspot.com

Apakah kalian tahu, ternyata kain perca juga bisa disulap menjadi sebuah kaligrafi yang sangat indah. Tetapi memang untuk membuat kaligrafi kain perca ini juga tidaklah mudah, melainkan hanya orang yang mempunyai keahlian khusus saja lah yang bisa membuatnya.

Tapi, semua itu juga terbayarkan dengan hasil yang bisa didapatkan, dimana kerajinan kaligrafi dari kain perca ini juga bisa kalian jadikan sebagai peluang usaha yang tentunya bisa mendatangkan banyak keuntungan.

9. Kerajinan Kalung dari Kain Perca

Kerajinan Kalung dari Kain Perca
www.wayakomala.web.id

Salah satu kerajinan dari kain perca yang patut kalian coba adalah kalung dari kain perca, dimana kalung ini bisa membantu anda untuk melengkapi gaya pakaian anda agar lebih unik loh. Dimana kalung ini mempunyai motif yang unik dan tentunya akan berbeda dengan kalung pada umumnya

10. Kerajinan Keset dari Kain Perca

Kerajinan Keset Dari Kain Perca
www.kesekolah.com

Keset merupakan salah satu kerajinan dari kain perca yang sudah banyak dilakukan terutama pada kaum ibu rumah tangga.

Ya, banyak diantara mereka yang memanfaatkan kain perca menjadi sebuah keset untuk dijual kembali, sehingga bisa dikatakan bahwa usaha keset dari kain perca bisa dijadikan sebagai usaha sampingan yang tidak memerlukan banyak modal.

11. Kerajinan Taplak Meja dari Kain Perca

Kerajinan Taplak Meja Dari Kain Perca
ejotski.blogspot.com

Kerajinan dari kain perca selanjutnya adalah taplak meja, ya kain perca bisa kalian gunakan untuk membuat sebuah taplak meja yang unik loh, dimana cara membuatnya adalah dengan menyambungkan kain perca tersebut sesuai dengan ukuran yang kalian inginkan.

Selanjutnya jahit kain tersebut, dimana agar tampak lebih cantik kalian bisa menambahkan berbagai macam aksesoris atau bordir pada taplak tersebut.

Baca Juga: Kerajinan Dari Tempurung Kelapa

12. Kerajinan Tas dari Kain Perca

Kerajinan Tas dari Kain Perca
http://caracraft.blogspot.com/

Kerajinan tas dari kain perca juga bisa menjadi ladang penghasilan yang tinggi loh, apalagi tas menjadi salah satu aksesoris atau benda yang sangat sering digunakan dalam berbagai macam kebutuhan.

Dengan tas kain perca yang mempunyai tampilan unik dan motif yang menarik, maka penampilan juga bisa lebih keren, jadi apakah kalian ingin mencoba membuat tas tersebut?

13. Kerajinan Tutup Galon dari Kain Perca

Kerajinan Tutup Galon dari Kain Perca
https://www.homeshabby.com/

Untuk membuat galon agar tampak lebih bersih tentunya dibutuhkan sebuah tutup atau sarung galon bukan? Apabila kalian masih belum mempunyai tutup galon tersebut.

Jangan khawatir karena kalian bisa membuatnya sendiri loh dengan menggunakan kain perca. Selain menghemat pengeluaran, maka galon yang anda punya juga tampak lebih menarik dengan motif dari kain perca tersebut.


Manfaat Kerajinan dari Kain Perca

Manfaat Kerajinan Dari Kain Perca
https://mudahdicari.com

Pada penjelasan diatas kita sudah mengetahui bukan apa saja contoh-contoh kerajinan yang berasal dari kain perca, lalu apa sebenarnya manfaat dari kain perca tersebut? Maka dari itu yuk simak manfaat kerajinan kain perca sebagai berikut:

  1. Dengan membuat sebuah kerajinan dari kain perca, maka kita bisa melatih dan mengasah pengetahuan tentang berbagai macam teknik menjahit. 
  2. Dengan membuat sebuah kerajinan kain perca, maka kita bisa mengembangkan ide-ide mengenai pola yang lebih menarik.
  3. Dengan membuat kerajinan kain perca, maka kita bisa lebih menghemat pengeluaran yang ada.
  4. Dengan membuat sebuah kerajinan dari kain perca maka kita juga bisa mengurangi limbah yang dihasilkan dari kain perca tersebut.

Penutup Artikel Kerajinan dari Kain Perca

Demikianlah contoh kerajinan dari kain perca beserta manfaatnya, dimana sebenarnya masih banyak kerajinan-kerajinan yang bisa kita buat dengan menggunakan kain perca ini.

Jadi, tunggu apalagi mari kita manfaatkan kain perca menjadi barang yang bisa menjadi ladang penghasilan bagi kita, semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian ya.

Kerajinan Dari Kain Perca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.