12+ Contoh Kerajinan dari Kaleng Bekas dan Cara Membuatnya

Kerajinan Dari Kaleng Bekas

Kerajinan dari Kaleng Bekas – Mungkin bagi sebagian orang kaleng bekas hanyalah sekedar sampah yang sudah tidak ada gunanya lagi, tapi, hal tersebut tentunya berbeda dengan pandangan orang-orang yang kreatif.

Dimana kaleng bisa disulap menjadi berbagai macam kerajinan. Kerajinan dari kaleng bekas ini juga tidak kalah unik dan cantik bahkan mempunyai nilai jual yang tinggi jika dibandingkan dengan kerajinan yang lainnya. 

Lalu apa saja sih bentuk kerajinan dari kaleng bekas ini? Maka dari, dari pada semakin penasaran, yuk simak contoh kerajinan dari kaleng bekas beserta jenis-jenis kaleng di bawah ini!


Contoh Kerajinan dari Kaleng Bekas

No Hasil Kerajinan dari Kaleng Bekas
1 Kerajinan Celengan dari Kaleng Bekas
2 Kerajinan Gantungan Kunci dari Kaleng Bekas
3 Kerajinan Lampu Tidur dari Kaleng Bekas
4 Kerajinan Pot Bunga dari Kaleng Bekas
5 Kerajinan Rak Storage dari Kaleng Bekas
6 Kerajinan Robot-Robotan dari Kaleng Bekas
7 Kerajinan Tempat Alat Jahit dari Kaleng Bekas
8 Kerajinan Tempat Alat Tulis dari Kaleng Bekas
9 Kerajinan Tempat Bakar dari Kaleng Bekas
10 Kerajinan Tempat Handuk dari Kaleng Bekas
11 Kerajinan Tempat Lilin dari Kaleng Bekas
12
Kerajinan Tempat Sendok dan Garpu dari Kaleng Bekas

Kaleng bekas merupakan salah satu benda uang yang bisa diolah lagi menjadi berbagai macam kerajinan, baik itu pot bunga, celengan, gantungan kunci dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain kerajinan tersebut bisa mengisi waktu luang, kalian juga bisa menjual kembali kerajinan ini loh. Berikut ini merupakan beberapa contoh kerajinan dari kaleng bekas yang bisa kalian contoh, jadi tunggu apalagi yuk simak penjelasan di bawah ini!

1. Kerajinan Celengan dari Kaleng Bekas

Kerajinan Celengan Dari Kaleng Bekas

Celengan merupakan salah satu bentuk kerajinan dari kaleng bekas yang pertama, dimana kerajinan ini bisa dibuat dengan menggunakan kaleng susu yang tentunya sudah dibersihkan terlebih dahulu ya.

Cara membuat celengan kaleng bekas ini juga cukup mudah, yakni pertama siapkan terlebih dahulu kaleng susu bekas yang sudah dibersihkan.

Selanjutnya, berikan lubang dengan ukuran agak lebih besar, tetapi jangan terlalu besar melainkan sesuai dengan ukuran uang saja agar bisa masuk. Apabila sudah, maka kalian bisa menghiasi kaleng tersebut dengan menggunakan cat, kain flanel atau hiasan yang lainnya agar tampilan bisa lebih indah.

Baca Juga: Kerajinan Dari Logam

2. Kerajinan Gantungan Kunci dari Kaleng Bekas

Kerajinan Gantungan Kunci Dari Kaleng Bekas

Apakah kalian mempunyai kaleng bekas yang sudah tidak digunakan? Apabila iya, maka kalian bisa menyulapnya menjadi gantungan kunci yang cantik loh.

Bahkan gantungan kunci dari kaleng ini tidak kalah jika dibandingkan dengan gantungan kunci pada umumnya. Adapun cara membuat gantungan kunci ini juga cukup mudah, yakni pertama kalian bisa langsung memberikan gantungan kunci pada kaleng yang sudah dibersihkan.

Atau apabila kalian menginginkan bentuk yang lain, kalian bisa terlebih dahulu membentuk pola pada kaleng, selanjutnya potong kaleng mengikuti pola dan berikan gantungan kuncinya.

3. Kerajinan Lampu Tidur dari Kaleng Bekas

Kerajinan Lampu Tidur Dari Kaleng Bekas

Apakah kalian tahu, lampu tidur tidak selalu berharga mahal loh, atau kalian tidak juga perlu untuk membelinya, hal ini dikarenakan kalian bisa membuatnya sendiri dengan memanfaatkan kaleng bekas. 

Ya, kaleng bekas yang sudah dibersihkan ini bisa kalian buat menjadi lampu tidur yang cantik, dimana kalian hanya tinggal memberikan lubang (seperti pada gambar) dengan berbagai macam bentuk, dan selanjutnya kasihkan lampu pada kaleng, lampu tidur sudah siap untuk digunakan.

4. Kerajinan Pot Bunga dari Kaleng Bekas

Kerajinan Pot Bunga Dari Kaleng Bekas

Kaleng bekas selain bisa digunakan menjadi lampu tidur, kaleng bekas ini juga bisa kita gunakan menjadi pot tanaman yang sangat cantik dan unik loh.

Sehingga kalian tidak perlu membeli pot yang mahal di luaran sana, hal ini dikarenakan kalian bisa membuatnya dengan cukup mudah, adapun cara membuat pot tanaman ini adalah persiapkan terlebih dahulu pot bunga yang sudah dibersihkan.

Selanjutnya buka tutup atas dari kaleng. Cat kaleng bekas dengan menggunakan cat warna dan hiasi dengan menggambar berbagai macam bentuk pola, seperti pola polka.

Apabila sudah maka kalian bisa tinggal meletakkan tanaman di dalamnya, dan pot bunga dari kaleng siap untuk di letakkan pada halaman rumah.

5. Kerajinan Rak Storage dari Kaleng Bekas

Kerajinan Rak Storage Dari Kaleng Bekas

Kerajinan dari bahan kaleng bekas selanjutnya adalah rak storage, dimana rak ini merupakan rak yang bisa digunakan untuk menyimpan berbagai macam barang, kerajinan ini mempunyai bentuk susunan seperti bentuk menara.

Cara membuat kaleng ini juga cukup mudah, yakni hanya tinggal melubangi bagian tengah yang ada pada kaleng. Apabila sudah, maka masukkan tongkat besi kedalam kaleng bekas tersebu.

Kasih jarak pada masing-masing kaleng dan rekatkan dengan menggunakan perekat. Rak storage dari kaleng bekas sudah siap untuk digunakan.

Baca Juga: Kerajinan Dari Kulit Telur

6. Kerajinan Robot-Robotan dari Kaleng Bekas

Kerajinan Robot Robotan Dari Kaleng Bekas

Apakah kalian tahu, mainan robot-robotan tidak selalu mahal loh, bahkan kalian bisa membuatnya sendiri. Meskipun bentuknya nanti sederhana dan tidak sebagus mainan robot-robotan yang dijual dengan harga mahal diluaran sana, tetapi mainan ini mempunyai daya tarik tersendiri.

Bukan hanya itu saja, dengan membuat mainan ini, maka kalian juga bisa mengisi waktu luang dan juga bisa meningkatkan kemampuan kreatifitas dari sang buah hati loh. Dan yang paling terpenting adalah bahan membuatnya juga tidak terlalu mahal.

7. Kerajinan Tempat Alat Jahit dari Kaleng Bekas

Kerajinan Tempat Alat Jahit Dari Kaleng Bekas

Apakah kalian seorang penjahit? Atau mungkin ibu kalian seorang penjahit? Apabila iya, kalian bisa membuatkan tempat alat jahit yang sangat murah dan juga cantik loh, sehingga peralatan jahit yang anda miliki atau yang dimiliki oleh ibu kalian tidak mudah hilang.

Cara membuatnya juga cukup mudah, yakni hanya bersihkan terlebih dahulu kaleng bekas, baik kaleng minuman atau kaleng roti. Apabila sudah maka keringkan dan hias dengan menggunakan cat warna atau menggunakan kain agar tampilan lebih cantik.

8. Kerajinan Tempat Alat Tulis dari Kaleng Bekas

Kerajinan Tempat Alat Tulis Dari Kaleng Bekas

Kaleng bekas bukan hanya bisa dimanfaatkan menjadi tempat jahit saja loh, melainkan kalian juga bisa membuat tempat alat tulis dengan menggunakan kaleng susu. Cara pembuatannya juga sama, yakni dengan membersihkan terlebih dahulu kaleng bekas susu hingga benar-benar  bersih. 

Selanjutnya, kalian bisa menghias kaleng susu tersebut dengan menggunakan cat warna dan memberikan berbagai macam motif, tempat alat tulis sudah siap diletakkan pada meja belajar.

9. Kerajinan Tempat Bakar dari Kaleng Bekas

Kerajinan Tempat Bakar Dari Kaleng Bekas

Kerajinan yang menggunakan bahan kaleng bekas yang selanjutnya adalah tempat bakar-bakar, ya siapa sangka ternyata kaleng bekas biskuit ini juga bisa diolah menjadi kerajinan untuk tempat pembakaran loh.

Sehingga kalian tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli tempat pembakaran, karena kalian bisa membuatnya sendiri. Cara membuatnya juga cukup mudah, yakni potong sisi yang ada pada kaleng bekas roti terserah sebagian.

Selanjutnya kasihkan kawat (seperti pada gambar diatas) dan kaleng bekas untuk tempat pembakaran sudah siap digunakan. Bagaimana? Mudah bukan.

10. Kerajinan Tempat Handuk dari Kaleng Bekas

Kerajinan Tempat Handuk Dari Kaleng Bekas

Kerajinan dari bahan kaleng bekas selanjutnya adalah tempat handuk, ya kaleng bekas juga bisa digunakan menjadi tempat handuk yang cantik loh. Cara membuatnya juga sama dengan cara membuat tempat alat tulis, bukan hanya itu saja bahan yang digunakan juga cenderung sama, yakni dengan menggunakan kaleng bekas susu.

Pertama-tama bersihkan terlebih dahulu kaleng bekas yang akan digunakan, apabila sudah maka potong permukaan atas kaleng susu, selanjutnya tambahkan cat warna dengan berbagai macam pola hiasan pada permukaan kaleng.

Hal tersebut dimaksudkan agar tempat handuk dari kaleng bekas semakin cantik, selanjutnya masukkan gulungan handuk kedalam kaleng bekas tersebut.

11. Kerajinan Tempat Lilin dari Kaleng Bekas

Kerajinan Tempat Lilin Dari Kaleng Bekas

Seperti yang kita tahu, bahwa lilin merupakan salah satu benda bantu yang digunakan pada saat lampu mengalami pemadaman, dimana apabila lilin menyala dan diletakkan di sembarang tempat, tentunya tidak akan aman bukan?

Hal ini dikarenakan lilin juga bisa menjadi penyebab kebakaran. Maka dari itu, alangkah lebih baiknya kita menyiapkan tempat lilin ini. Kalian tidak perlu membeli tempat lilin loh, karena kalian bisa membuatnya sendiri dengan mudah.

Yakni berisikan terlebih dahulu kaleng bekas tersebut, kemudian potong badan kaleng sedikit saja, apabila sudah maka berikan cat warna pada sisa potongan kaleng yang ada alasnya, tempel atau letakkan tempat lilin tersebut sesuai dengan keinginan anda.

12. Kerajinan Tempat Sendok dan Garpu dari Kaleng Bekas

Kerajinan Tempat Sendok Dan Garpu Dari Kaleng Bekas

Kerajinan dari kaleng bekas yang terakhir adalah tempat alat makan, ya selain digunakan sebagai tempat handuk dan tempat pensil kalian juga bisa memanfaatkan kaleng bekas menjadi tempat alat makan loh, baik itu sendok, garpu, pisau dan juga sumpit.

Cara membuatnya juga sama dengan cara membuat tempat pensil, yakni hanya membersihkan dan memotong tutup atas kaleng bekas susu tersebut.


Jenis-Jenis Kaleng Bekas

Kaleng bekas juga dibagi menjadi 3 berdasarkan bahannya, yakni ada kaleng aluminium, kaleng aluminium foil dan juga kaleng plat timah. Lalu apa perbedaan dari ketiga jenis kaleng tersebut? Yuk simak penjelasan di bawah ini!

Kaleng Aluminium

Gambar Kaleng Aluminium

Kaleng aluminium merupakan kaleng yang keseluruhannya dibuat dari bahan aluminium. Dimana kaleng ini pada umumnya digunakan untuk berbagai macam jenis minuman ringan. 

Kaleng aluminium mempunyai beberapa kelebihan, yakni mudah dibentuk, kedap akan oksigen, mempunyai daya korosi yang cukup rendah, kedap udara dan juga kedap air.

Bukan hanya itu saja, kaleng ini juga tidak mempunyai bau atau rasa, sehingga kaleng ini juga bisa dengan mudah dibentuk menjadi berbagai macam kerajinan yang cantik.

Baca Juga: Kerajinan Dari Kaca

Kaleng Aluminium Foil

Gambar Kaleng Aluminium Foil

Kaleng aluminium foil merupakan jenis kaleng yang berbeda dengan kaleng aluminium, dimana kaleng ini dibuat dari bahan plat timah dengan ketebalan yang cukup tipis. Pada umumnya, kaleng ini digunakan pada susu bubuk atau susu kental manis.

Kelebihan dari kaleng aluminium foil ini adalah kaleng kedap dengan uap air apabila kaleng mempunyai ketebalan minimal 0,037, sedangkan kaleng aluminium foil yang sering digunakan adalah kaleng mempunyai ketebalan 0,1 mm.

Kelebihan lainnya yang ada pada kaleng ini adalah kedap akan air dan juga udara, tidak tembus cahaya dan juga fleksibel.

Kaleng Plat Timah (Tin)

Gambar Kaleng Plat Timah

Jenis kaleng bekas yang terakhir adalah kaleng plat timah, dimana kaleng ini sesuai dengan namanya yakni dibuat dengan menggunakan rumah atau lembaran baja yang dilapisi dengan menggunakan lembaran baja yang mempunyai ketebalan 0,15 mm sampai 0,56 mm.

Dimana lembaran baja yang ada pada kaleng ini berguna untuk mengurangi adanya korosi pada saat kaleng terkena zat asam.


Penutup Artikel Kerajinan dari Kaleng Bekas

Demikianlah contoh kerajinan dari kaleng bekas beserta jenis-jenis kaleng bekas. Dimana sebenarnya masih banyak bentuk kerajinan yang bisa kita buat dengan menggunakan bahan dasar kaleng bekas ini ini.

Jadi, tunggu apa lagi mari kita memanfaatkan kaleng bekas menjadi bentuk olahan kerajinan yang bisa menjadi ladang penghasilan bagi kita dan bisa digunakan untuk mengisi waktu luang, semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian ya.

Kerajinan dari Kaleng Bekas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.