17+ Contoh Kerajinan dari Kawat dan Cara Membuatnya

Kerajinan Dari Kawat

Kerajinan dari Kawat – Kawat merupakan salah satu benda yang dibuat dari bahan logam panjang yang mempunyai berbagai macam jenis ukuran dan juga diameter, kawat ini pada umumnya digunakan untuk bahan kabel atau tali ikat.

Tapi, apakah kalian tahu ternyata kawat ini bisa dirubah menjadi kerajinan yang sangat cantik loh, kerajinan dari kawat ini juga terdiri dari berbagai macam jenis.

Mungkin memang dari sebagian masih ada yang tidak percaya bahwa kawat bisa disulap menjadi berbagai macam miniatur dan kerajinan yang menarik. Maka dari itu, agar kalian lebih mengetahui mengenai kerajinan dari kawat ini, kalian bisa menyimak penjelasan di bawah ini!

Kerajinan Dari Kawat


Contoh Kerajinan dari Kawat

No Hasil Kerajinan dari Kawat
1 Kerajinan Bross dari Kawat
2 Kerajinan Bunga Mawar dari Kawat
3 Kerajinan Cincin Bentuk Hati dari Kawat
4 Kerajinan Klip Buku dari Kawat
5 Kerajinan Gelang Nama dari Kawat
6 Kerajinan Giwang dari Kawat
7 Kerajinan Handle Resleting dari Kawat
8 Kerajinan Kancing Baju dari Kawat
9 Kerajinan Kepala Ikat Pinggang dari Kawat
10 Kerajinan Kunci Darurat dari Kawat
11 Kerajinan Liontin dari Kawat
12 Kerajinan Miniatur Kendaraan dari Kawat
13 Kerajinan Miniatur Bonsai dari Kawat
14 Kerajinan Vas Bunga dari Kawat
15 Kerajinan Sangkar Burung dari Kawat
16 Kerajinan Sepeda dari Kawat

Pada dasarnya, kawat merupakan salah satu benda yang pada awalnya digunakan untuk keperluan konstruksi dan juga listrik, tetapi karena zaman yang terus berkembang maka kawat bisa dijadikan menjadi berbagai macam kerajinan yang menarik, bukan hanya itu saja.

Kawat juga bisa digunakan untuk keperluan alat dapur. Tapi, pada kali ini kita hanya akan membahas kerajinan yang bisa dihasilkan dari bahan kawat saja ya.

Dimana kalian bisa membuat miniatur kendaraan, bunga, pohon dan masih banyak lagi yang lainnya. Jadi, daripada kalian terus penasaran mengenai contoh kerajinan kawat ini, langsung saja yuk simak penjelasan berikut ini!

1. Kerajinan Bross dari Kawat

Gambar Kerajinan Bross dari Kawat
https://kuka.co.id/

Kerajinan dari kawat yang pertama adalah bross, bross sendiri merupakan salah satu hiasan yang sering digunakan untuk pernak-pernik wanita berhijab.

Bukan hanya itu saja bross juga bisa diimplementasikan sebagai hiasan untuk baju pada saat menghadiri pesta atau acara resmi yang lainnya loh. Bross ini juga bisa dibuat dengan menggunakan kawat, dimana kawat yang digunakan juga bisa dari jenis tembaga.

Tentunya, pengrajin yang memilih membuat bross dari kawat juga bukan tanpa alasan, melainkan kawat bisa dirubah menjadi berbagai macam bentuk yang sangat indah.

Apalagi, kawat juga mempunyai berbagai macam jenis ukuran ketebalan, sehingga sangat cocok diimplementasikan menjadi berbagai macam kerajinan bross yang menarik dan juga unik.

Baca Juga: Kerajinan Dari Serat Hewan

2. Kerajinan Bunga Mawar dari Kawat

Gambar Kerajinan Bunga Mawar dari Kawat
https://www.youtube.com/

Apakah kalian tau, membuat berbagai macam miniatur juga bisa menggunakan kawat loh, seperti contoh berikut ini, yakni bunga mawar yang terbuat dari kawat jenis sterling silver atau perak tulen.

Kerajinan bunga mawar ini bisa kalian buat dengan membentuk atau melilitkan kawat perak tulen menjadi bentuk yang menyerupai mawar.

Miniatur mawar dari kawat tentunya sangat cocok digunakan sebagai hiasan di rumah bukan? Dimana kalian bisa juga membuat miniatur ini dengan cukup mudah.

Selain bisa digunakan sebagai hiasan sendiri dirumah, kalian juga bisa loh membuat usaha kerajinan bunga mawar dari kawat ini, sehingga secara tidak langsung apabila usaha terus berkembang maka kalian bisa membantu perekonomian warga dengan cara merekrut menjadi pegawai.

3. Kerajinan Cincin Bentuk Hati dari Kawat

Gambar Kerajinan Cincin Bentuk Hati dari Kawat
https://indonesian.alibaba.com/

Selain kalian bisa membuat berbagai macam miniatur, kawat juga bisa digunakan untuk membuat cincin yang sangat cantik loh.

Cincin dari kawat ini bisa kalian buat dengan menggunakan kawat jenis gold filled atau kawat kuningan, dimana kalian bisa mem bentuknya mirip seperti cincin pada umumnya.

4. Kerajinan Klip Buku dari Kawat

Gambar Kerajinan Klip Buku dari Kawat
https://indonesian.alibaba.com/

Kerajinan dari kawat selanjutnya adalah klip buku, ya mungkin beberapa orang sudah tidak asing lagi dengan kerajinan yang satu ini. Dimana kalian bisa loh membuat klip buku ini dengan menggunakan kawat.

Kalian bisa membuat klip buku ini menjadi berbagai macam bentuk loh, seperti burung flamingo, klip dari buku ini juga tidak kalah cantik jika dibandingkan dengan klip pada umumnya.

5. Kerajinan Gelang Nama dari Kawat

Gambar Kerajinan Gelang Nama dari Kawat
https://shopee.co.id/

Selain kalian bisa membuat cincin dari kawat, kalian juga bisa membuat perhiasan gelang dengan menggunakan kawat. Ya, kalian bisa membuat gelang nama ini, yakni pertama-tama siapkan terlebih dahulu kawat jenis gold filled atau kuningan, bentuklah menjadi nama kalian.

Apabila sudah, maka siapkan tali yang bisa digunakan untuk gelang. Dimana kalian bisa memotong tali tersebut sesuai dengan ukuran, selanjutnya kalian bisa mengikat tali tersebut dengan kawat nama yang sudah dibuat.

6. Kerajinan Giwang dari Kawat

Gambar Kerajinan Giwang dari Kawat
https://indonesian.alibaba.com/

Perhiasan yang terbuat dari bahan kawat selanjutnya adalah giwang atau anting-anting ya, selain gelang dan cincin kalian juga bisa membuat giwang yang sangat cantik dengan menggunakan kawat.

Giwang ini juga bisa kalian buat dengan menggunakan jenis kawat yang sama dengan cincin atau gelang, giwang dari kawat ini tentunya tidak kalah cantik jika dibandingkan dengan giwang dari emas pada umumnya.

7. Kerajinan Handle Resleting dari Kawat

Gambar Kerajinan Handle Resleting dari Kawat
https://shopee.co.id/

Kerajinan dari kawat selanjutnya adalah handle resleting, dimana kalian memang bisa memanfaatkannya dari bahan kawat loh. Sehingga, apabila handle resleting baju atau celana rusak.

Kalian bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan kawat loh, jadi kalian tidak perlu membeli handle resleting ini di toko, melainkan bisa dengan membuatnya sendiri dirumah dari bahan kawat.

Baca Juga: Kerajinan Dari Serat Tumbuhan

8. Kerajinan Kancing Baju dari Kawat

Gambar Kerajinan Kancing Baju dari Kawat
https://shopee.co.id/

Selain kalian bisa membuat handle resleting, kalian juga bisa memanfaatkan kawat ini menjadi kancing baju yang sangat cantik dan unik.

Ya, mungkin kalian sering menemukan kancing baju yang dibuat dari bahan plastik, tetapi ternyata kawat ini juga bisa dibuat menjadi kancing baju yang sangat cantik.

Tentunya kancing baju yang dibuat dari bahan kawat ini tidak kalah cantik jika dibandingkan dengan kancing baju dari plastik. Kancing baju dari kawat ini bisa kalian implementasikan ke dalam berbagai macam baju dan bentuk kancing baju yang unik.

9. Kerajinan Kepala Ikat Pinggang dari Kawat

 

Gambar Kerajinan Kepala Ikat Pinggang dari Kawat
https://www.bintangtop.com/

Kawat juga bisa digunakan menjadi ikat pinggang yang sangat cantik dan juga unik. Ikat pinggang bisa kalian buat dari kawat jenis tembaga, dimana kalian bisa membentuk kawat tersebut menyerupai kepala ikat pinggang pada umumnya, hal ini tentunya sangat bermanfaat bukan.

Apalagi pada saat kepala ikat pinggang rusak, maka kalian tidak perlu membeli ikat pinggang yang baru melainkan bisa membuat sendiri kepala ikat pinggang dengan menggunakan kawat.

10. Kerajinan Kunci Darurat dari Kawat

Gambar Kerajinan Kunci Darurat dari Kawat
https://famous.brilio.net/

Kunci rumah hilang? Atau kunci gembok rusak? Jika iya, maka kalian sekarang sudah tidak perlu khawatir lagi loh, karena kalian bisa membuat kunci darurat sendiri dirumah dengan menggunakan kawat.

Tentunya caranya juga cukup mudah, yakni kalian hanya tinggal melengkungkan kawat menjadi dua dan kemudian gunakan seperti kunci pada umumnya.

11. Kerajinan Liontin dari Kawat

Gambar Kerajinan Liontin dari Kawat
https://indonesian.alibaba.com/

Selain bisa digunakan menjadi gelang atau cincin, kawat juga bisa dibuat untuk hiasan liontin. Ya, ternyata liontin bukan selalu seluruhnya terbuat dari bahan yang mahal loh, melainkan kalian bisa memanfaatkan kawat ini untuk hiasan liontin tersebut.

Cara membuat liontin kawat ini juga sangatlah mudah, yakni pertama-tama siapkan terlebih dahulu batu akik atau batu yang lainnya, kemudian lilitkan batu tersebut dengan menggunakan kawat. Bagaimana sangat mudah bukan? Kalian bisa mengimplementasikan sendiri loh di rumah.

12. Kerajinan Miniatur Kendaraan dari Kawat

Gambar Kerajinan Miniatur Kendaraan dari Kawat
https://www.otosia.com/

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa kawat juga bisa digunakan menjadi berbagai macam miniatur yang sangat cantik loh, salah satunya adalah vespa. Miniatur vespa dari kawat ini tentunya sangat unik dan mempunyai daya tarik tersendiri loh.

Kalian bisa menggunakan miniatur ini sebagai hiasan di rumah atau bahkan bisa digunakan sebagai usaha. Usaha miniatur vespa dari kawat juga termasuk kedalam usaha yang cukup menjanjikan, selain kalian bisa membuat miniatur vespa, kalian juga bisa membuat miniatur mobil.

13. Kerajinan Miniatur Bonsai dari Kawat

Gambar Kerajinan Miniatur Bonsai dari Kawat
http://www.artforia.com/

Selain kalian bisa membuat miniatur bunga mawar, kalian juga bisa membuat miniatur bonsai yang sangat cantik dan juga unik.

Cara membuatnya juga cukuplah mudah, yakni hanya tinggal membentuk kawat tipis menjadi gumpalan seperti daun bonsai pada umumnya, selanjutnya sambungkan dengan pohon bambu yang sudah disiapkan sebelumnya.

Miniatur bonsai dari kawat ini juga bisa dijadikan pilihan sebagai usaha loh, ya kalian bisa menjual kembali miniatur ini dengan harga yang tentunya harus sesuai dengan tingkat kerumitan ya. Bagaimana apakah kalian tertarik untuk membuka usaha miniatur bonsai dari kawat ini?

14. Kerajinan Vas Bunga dari Kawat

Gambar Kerajinan Vas Bunga dari Kawat
https://id.aliexpress.com/

Selain kalian bisa membuat berbagai macam miniatur bunga, kalian juga bisa membuat vas bunga yang unik dengan menggunakan kawat loh.

Vas bunga dari kawat ini tentunya mempunyai bentuk yang unik dan bisa dijadikan pilihan untuk menghias meja ruang tamu anda.

15. Kerajinan Sangkar Burung dari Kawat

Gambar Kerajinan Sangkar Burung dari Kawat
https://indonesian.alibaba.com/

Selain kerajinan, kalian juga bisa membuat sangkar burung dengan menggunakan kawat. Dimana tentunya, sangkar burung kawat ini sudah sering kita temukan di kehidupan sehari-hari bukan? Banyak juga masyarakat yang sudah membuka usaha tentang sangkar burung dari kawat tersebut.

Baca Juga: Kerajinan Dari Manik Manik

16. Kerajinan Sepeda dari Kawat

Gambar Kerajinan Sepeda dari Kawat
https://www.youtube.com/

Kerajinan dari kawat yang terakhir adalah miniatur sepeda, ya sama halnya dengan miniatur vespa, dimana kalian juga bisa membuat miniatur sepeda ini dengan menggunakan kawat.

Tetapi, cara membuat miniatur sepeda ini tentunya berbeda dengan pembuatan miniatur vespa ya, dimana miniatur sepeda mempunyai bentuk yang cukup simple sehingga proses pembuatan tidak terlalu susah.


Jenis-Jenis Kawat

Apakah kalian tahu, ternyata kawat yang bisa digunakan untuk membuat kerajinan ini dibersihkan menjadi beberapa jenis loh berdasarkan bahannya.

Lalu apa saja jenis-jenis kawat untuk kerajinan tersebut? Maka dari itu, untuk mengetahui lebih lengkapnya langsung saja yuk, simak penjelasan di bawah ini!

1. Brass atau Kawat Kuningan

Gambar Brass atau Kawat Kuningan
https://indonesian.alibaba.com/

Apakah kalian tahu, ternyata kawat yang bisa digunakan untuk membuat kerajinan ini dibersihkan menjadi beberapa jenis loh berdasarkan bahannya.

Lalu apa saja jenis-jenis kawat untuk kerajinan tersebut? Maka dari itu, untuk mengetahui lebih lengkapnya langsung saja yuk, simak penjelasan di bawah ini!

2. Cooper atau Kawat Tembaga

Gambar Cooper Atau Kawat Tembaga <br/>
Gambar Cooper atau Kawat Tembaga https://shopee.co.id/

Jenis kawat selanjutnya adalah cooper atau kawat tembaga, dimana mungkin jenis kawat yang satu ini sudah tidak asing lagi bukan bagi kita semua?

Kawat tembaga merupakan kawat yang terdiri dari berbagai macam jenis warna, baik itu coklat, rose gold atau coklat kuat dimana harga dari kawat tembaga juga lebih terjangkau.

3. Gold Filled atau Kawat Emas

Gambar Gold Filled atau Kawat Emas
https://shopee.co.id/

Jenis kawat selanjutnya adalah gold filled atau kawat emas, dimana kawat jenis ini mempunyai lapisan emas sebesar 14 kt.

Maka dari itulah, harga dari kawat jenis ini juga cukup mahal jika dibandingkan dengan jenis kawat pada umumnya, hal ini juga dikarenakan nikel yang ada pada kawat relatif lebih sedikit.

4. Kawat Aluminium

Gambar Kawat Aluminium
https://www.tokopedia.com/

Kawat aluminium adalah jenis kawat yang juga sama dengan kawat tembaga, yakni mudah ditemukan, bukan hanya itu saja kawat aluminium juga mempunyai ukuran ketebalan yang relatif sama.

Perbedaan yang ada antara kawat tembaga dengan kawat aluminium adalah, kawat aluminium mempunyai tekstur yang lebih lentur dan juga lunak.

5. Sterling Silver atau Kawat Perak Tulen

Gambar Sterling Silver atau Kawat Perak Tulen
https://www.bukalapak.com/

Jenis kawat kerajinan yang terakhir adalah kawat perak tulen, dimana kawat ini terdiri dari 925% silver dan juga 7,5% logam.

Pada dasarnya kawat perak ini bisa digunakan untuk membuat perhiasan loh, tetapi tentunya perhiasan tersebut harus dirawat dengan cara yang benar ya agar perhiasan bisa tahan dengan waktu yang cukup lama.


Penutup Artikel Kerajinan dari Kawat

Demikianlah 17+ contoh kerajinan dari kawat beserta dengan gambar dan juga jenis-jenis kawat yang bisa digunakan. Dimana sebenarnya masih banyak bentuk kerajinan lainnya yang bisa kita buat dengan menggunakan bahan dasar kawat ini.

Jadi, tunggu apalagi mari kita manfaatkan kawat menjadi bentuk kerajinan yang bisa menjadi ladang penghasilan bagi kita, semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian ya.

Kerajinan Dari Kawat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.