15+ Contoh Kerajinan dari Kayu, Cara Membuat yang Mudah

Kerajinan Dari Kayu

Kerajinan Dari Kayu – Apabila kita membahas sebuah kerajinan pasti tidak akan habisnya, dimana kerajinan bisa dibuat dari apapun, baik itu kerajinan dari barang bekas, kerajinan dari botol bekas, kerajinan dari kain flanel, kerajinan dari kayu dan masih banyak lagi yang lainnya.

Masing-masing kerajinan tersebut pun dibuat dengan berbagai macam cara. Tapi, pada kesempatan kali ini, kita hanya akan mengulas tentang pengertian, contoh jenis dan juga manfaat kerajinan dari kayu.

Jadi, apabila kalian belum mengetahuinya, maka penjelasan berikut ini bisa membantu anda, tunggu apalagi, yuk simak penjelasan di bawah ini!

Kerajinan Dari Kayu


Pengertian Kerajinan Dari Kayu

Pengertian Kerajinan Dari Kayu
pixabay.com

Sebelum kita membahas contoh-contoh dari kerajinan kayu, alangkah lebih baiknya kita mengetahui terlebih dahulu bukan apa yang dimaksud dengan kerajinan dari kayu?

Jadi, kerajinan yang berasal dari kayu ini merupakan sebuah kegiatan yang digunakan untuk menghasilkan berbagai macam benda yang menarik dengan bahan dasar kayu.

Tentunya tidak semua orang bisa membuat kerajinan dari bahan kayu ini, melainkan orang-orang yang sudah ahli dalam membuatnya.

Kualitas dari kerajinan tersebut pun juga tergantung kepada kayu yang digunakan, apabila kayu yang digunakan semakin bagus maka semakin baik pula kualitas kerajinan yang dihasilkan. 

Hal yang perlu kalian perhatikan adalah kerajinan dari kayu ini bisa memikat perhatian masyarakat loh, baik masyarakat lokal hingga mancanegara. Hal ini tentunya karena kerajinan memang didukung dengan kreatifitas dan juga nilai yang sangat tinggi.

Baca Juga: Kerajinan Dari Kain Flanel


Contoh Kerajinan Dari Kayu

No Hasil Kerajinan dari Kayu
1 Kerajinan Alat Makan dari Kayu
2 Kerajinan Asbak dari Kayu
3 Kerajinan Casing Handphone dari Kayu
4 Kerajinan Cermin Hias dari Kayu
5 Kerajinan Gantungan Kunci dari Kayu
6 Kerajinan Jam Tangan dari Kayu
7 Kerajinan Kalender dari Kayu
8 Kerajinan Lampu Hias dari Kayu
9 Kerajinan Nampan dari Kayu
10 Kerajinan Radio dari Kayu
11 Kerajinan Standing Hanger dari Kayu
12 Kerajinan Tasbih dari Kayu
13 Kerajinan Tempat Roti dari Kayu
14 Kerajinan Vas Bunga dari Kayu

Pada penjelasan diatas kita sudah mengetahui bukan apa yang dimaksud dengan kerajinan dari kayu, lalu sebenarnya apa saja sih contoh kerajinan yang bisa dihasilkan dari limbah kayu ini? Langsung saja yuk simak contoh berikut ini!

1. Kerajinan Alat Makan dari Kayu

Kerajinan Alat Makan dari Kayu
pixabay.com

Apabila kalian tahu, ternyata limbah kayu bisa dimanfaatkan menjadi alat makan yakni sendok dan jiga garpu loh. Dimana alat makan ini tidak kalah menarik dari alat makan yang berasal dari plastik atau besi, ya bahkan bukan hanya sendok dan garpu saja. 

Melainkan pengrajin kayu sekarang juga membuat piring, mangkok dan juga sedotan yang berbahan dasar sebuah kayu.

Bahkan kerajinan satu ini juga bisa dijadikan sebagai souvenir pada saat nikahan atau pada saat acara, sedangkan harga yang ditawarkan juga relatif lebih murah, jika dibandingkan dengan alat makan pada umumnya.

2. Kerajinan Asbak dari Kayu

Kerajinan Asbak dari Kayu
shopee.co.id

Apakah kalian pernah tahu yang namanya asbak? Ya, asbak merupakan sebuah tempat yang digunakan untuk menampung hasil pembakaran rokok. Dimana ternyata asbak juga bisa dibuat dengan menggunakan kayu. 

Asbak dari kayu ini juga bisa kalian jadikan sebuah peluang usaha loh, hal ini dikarenakan memang pengrajin asbak kayu masih belum banyak sehingga bisa dibilang bahwa saingannya pun tidak terlalu berat. Jadi apakah kalian mau mencoba untuk membuka peluang usaha tersebut?

3. Kerajinan Casing Handphone dari Kayu

Kerajinan Casing Handphone dari Kayu
infopublik.id

Apabila kalian ingin membuat handphone lebih menarik, maka casing handphone dari kayu bisa menjadi salah satu solusinya. Ya, memang ternyata kayu juga bisa disulap menjadi sebuah casing yang bisa juga digunakan untuk melindungi serta mempercantik penampilan.

Sedangkan untuk harga yang ditawarkan dari casing handphone kayu ini juga berbeda-beda, dimana tergantung dengan tingkat keunikan casing tersebut. Biasanya satu casing bisa dijual dengan kisaran harga mulai dari 100.000, apakah anda tertarik untuk membelinya?

4. Kerajinan Cermin Hias dari Kayu

Kerajinan Cermin Hias dari Kayu
jayafurni.com

Apakah kalian tahu, ternyata cermin hias dari kayu merupakan salah satu bentuk kerajinan yang sering dicari oleh pecinta kayu. Dimana cermin ini juga mempunyai berbagai macam bentuk yang unik, sehingga sangat cocok digunakan untuk menghiasi ruang tamu. 

Bukan hanya itu saja, cermin dari kayu ini juga mempunyai nilai estetika yang cukup tinggi. Bahkan harga yang ditawarkan juga sangat mahal loh, dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tapi pasti terbayarkan dengan bentuknya yang memang sangat unik.

5. Kerajinan Gantungan Kunci dari Kayu

Kerajinan Gantungan Kunci dari Kayu
kreasihebat.id

Aksesoris gantungan kunci yang dibuat dari kayu merupakan sebuah kerajinan yang juga cocok dijadikan sebagai souvenir pada saat kalian mengadakan sebuah acara. Dimana selain bentuknya dan juga cara membuatnya yang mudah, ternyata aksesoris gantungan dari kayu ini juga bisa kalian beli dengan harga yang cukup murah, sehingga sangat menghemat pengeluaran bukan?

6. Kerajinan Jam Tangan dari Kayu

Kerajinan Gantungan Kunci dari Kayu
tribunnews.com

Jam tangan dari kayu tidak kalah eksisnya dari jam tangan yang dibuat dari bahan yang lainnya. Dimana pada saat ini banyak sekali pecinta dari jam tangan kayu ini, apalagi jam tangan yang bertemakan vintage sangat digandrungi.

Adapun untuk harga juga bisa dibilang cukup mahal jika dibandingkan dengan kerajinan yang lainnya.

Hal ini juga bukan tanpa alasan, melainkan memang jam tangan yang dibuat dari kayu ini tidak menggunakan sembarang kayu, melainkan menggunakan kayu yang berkualitas dan proses pembuatannya juga cukup lama.

Baca Juga: Kerajinan Dari Plastik

7. Kerajinan Kalender dari Kayu

Kerajinan Kalender dari Kayu
woodstock.co.id

Kalian dari kertas pasti sudah biasa saya, lalu bagaimana dengan kalender yang dibuat dari kayu? Ya, kalender dari kayu merupakan salah satu bentuk kerajinan yang bisa dijadikan pilihan, dimana kalender ini selain unik juga tidak perlu memakan banyak tempat. 

Adapun bentuk dari kalender ini adalah bentuk kubus yang bisa dengan mudah diganti angkanya, sehingga sangat cocok diletakkan di meja.

Sebenarnya apabila kalian tipe orang yang tidak ingin melakukan sesuatu secara manual, maka kalender kayu digital bisa dijadikan sebuah pilihan, karena kalender digital memanfaatkan bantuan sebuah baterai atau listrik.

8. Kerajinan Lampu Hias dari Kayu

Kerajinan Lampu Hias dari Kayu
lazada.co.id

Lampu hias merupakan salah satu kerajinan dari kayu yang bisa kalian buat sendiri. Dimana sebenarnya cara membuatnya juga tinggal memotong kayu sesuai dengan pola yang sudah ditentukan.

Kerajinan lampu hias dari kayu juga bisa kalian manfaatkan menjadi peluang usaha loh. Bahkan apabila kalian bisa membuat sebuah bentuk lampu hias dengan sangat kreatif, maka harga yang bisa kalian pasang juga bisa cukup tinggi.

9. Kerajinan Nampan dari Kayu

Kerajinan Nampan dari Kayu
lazada.co.id

Nampan merupakan sebuah tempat yang digunakan untuk membawa minuman atau makanan ke hadapan para tamu. Pada umumnya nampan pasti terbuat dari bahan plastik, tapi apakah kalian tahu bahwa ternyata nampan juga bisa dibuat dengan menggunakan kayu.

Adapun kelebihan dari nampan kayu adalah nampan tersebut lebih awet dan tentunya juga tahan lama jika dibandingkan dengan nampan plastik.

Bukan hanya itu saja, bentuk dari nampan ini juga jauh lebih baik jika dibandingkan dengan nampan pada umumnya, tentunya harga yang ditawarkan juga cukup tinggi ya jika dibandingkan dengan nampan plastik.

10. Kerajinan Radio dari Kayu

Kerajinan Radio dari Kayu
tokopedia.com

Radio merupakan salah satu benda elektronik yang mungkin peminatnya sudah berkurang pada zaman sekarang. Tapi, bagi para pecinta musik jadul, radio dari kayu merupakan kerajinan yang tidak boleh dilewatkan.

Dimana selain unik dan juga bisa dijadikan sebagai musik penghibur, radio dari kayu ternyata juga bisa menambahkan kesan yang estetik dan tentunya juga mempunyai nilai yang sangat tinggi.

Maka dari itulah tidak heran apabila harga yang ditawarkan untuk membeli radio ini cukup mahal, yakni dimulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

11. Kerajinan Standing Hanger dari Kayu

Kerajinan Standing Hanger dari Kayu
shopee.co.id

Standing hanger merupakan sebuah kerajinan yang bisa kalian gunakan sebagai hiasan, dimana kerajinan standing ini juga tidak kalah peminat jika dibandingkan dengan kerajinan dari kayu yang lainnya.

Harga yang ditawarkan untuk satu standing juga beragam, tergantung dengan bentuk dan juga kayu yang digunakan ya, jadi apakah kalian tertarik?

12. Kerajinan Tasbih dari Kayu

Kerajinan Tasbih dari Kayu
liputan6.com

Tasbih adalah sebuah benda yang digunakan untuk berdzikir. Dimana ternyata selain dibuat dari bahan plastik, tasbih juga dibuat dari bahan kayu, bahkan bisa dibilang bahwa masyarakat yang memeluk agama Islam lebih memilih untuk menggunakan tasbih dari kayu karena bisa tahan lama.

13. Kerajinan Tempat Roti dari Kayu

Kerajinan Tempat Roti dari Kayu
indonesian.alibaba.com

Apakah kalian mempunyai sebuah usaha dibidang makanan? Atau kalian ingin membuat dapur tampak lebih unik? Jika iya, maka tempat roti dari kayu bisa anda jadikan pilihan. 

Tempat kayu dari roti ini bisa digunakan untuk meletakkan bahan apapun, jadi bukan hanya roti saja ya. Sedangkan untuk harga yang ditawarkan dimulai dari 200.000 jadi apakah kalian tertarik untuk membelinya?

14. Kerajinan Vas Bunga dari Kayu

Kerajinan Vas Bunga dari Kayu
shopee.co.id

Apabila kalian sering menemukan vas bunga yang dibuat dari bahan keramik atau kaca, maka vas bunga dari kayu patut kalian coba. Dimana kerajinan vas bunga kayu ini sangat diminati bagi para pecinta kayu. 

Adapun harga yang ditawarkan juga beragam, karena semua itu tergantung dari jenis kayu yang digunakan sebagai kerajinan serta kerumitan pada saat proses pengerjaan vas bunga tersebut.


Jenis Kayu Digunakan Untuk Kerajinan

Pada penjelasan diatas kita sudah mengetahui bukan apa yang dimaksud dengan kerajinan dari kayu dan juga contoh-contohnya. Tapi, apakah kalian sudah tahu apa saja jenis kayu yang bisa digunakan untuk membuat semua kerajinan tersebut?

Jika belum, maka penjelasan berikut ini bisa membantu kalian mengenali jenis kayu apa saja yang bisa dijadikan sebagai kerajinan. Jadi tunggu apalagi, yuk simak penjelasan berikut ini!

1. Kayu Akasia

Kerajinan Vas Bunga dari Kayu
courtina.id

Kayu akasia merupakan salah satu kayu yang bisa kalian jadikan pilihan sebagai kerajinan, dimana kayu ini mempunyai beberapa kelebihan diantaranya sebagai berikut!

  1. Kayu akasia mempunyai bentuk yang mirip dengan kayu jati.
  2. Kayu akasia mempunyai warna yang kecoklatan sehingga bisa menambah nilai estetika dalam sebuah kerajinan.
  3. Kayu akasia mudah untuk diproses, hal ini dikarenakan memang kayu ini mempunyai serat yang unik.

2. Kayu Jati

Kayu Jati
builder.id

Kayu jati, merupakan jenis kayu yang paling banyak diminati untuk membuat sebuah kerajinan, hal ini dikarenakan kayu tersebut mempunyai beberapa kelebihan diantaranya adalah sebagai berikut!

  1. Kayu jati lebih awet jika dibandingkan dengan kayu jenis yang lainnya.
  2. Kayu jati mempunyai bentuk yang tidak mudah retak.
  3. Kayu jati bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat mebel.
  4. Kayu jati mempunyai warna coklat muda.
  5. Kayu jati mempunyai tekstur yang cukup kasar.
  6. Kayu jati mempunyai serat yang lurus.

Baca Juga: Kerajinan Dari Tanah Liat

3. Kayu Mahoni

Kayu Mahoni
dekoruma.com

Kayu mahoni merupakan jenis kayu yang ketiga, dimana kayu ini mempunyai beberapa kelebihan diantaranya adalah sebagai berikut!

  1. Kayu mahoni merupakan jenis kayu yang paling sering digunakan sebagai bahan untuk membuat berbagai macam mebel dan juga alat musik.
  2. Kayu mahoni sering digunakan untuk membuat sebuah kerajinan tangan 
  3. Kayu mahoni merupakan salah satu jenis kayu yang mempunyai tingkat keawetan yang cukup.

4. Kayu Pinus

Kayu Pinus
courtina.id

Kayu Pinus juga menjadi salah satu jenis kayu yang bisa dijadikan sebagai pilihan untuk membuat sebuah kerajinan. Dimana kayu ini mempunyai beberapa kelebihan diantaranya adalah sebagai berikut!

  1. Kayu Pinus merupakan jenis kayu yang relatif lebih mudah.
  2. Kayu Pinus bisa dijadikan pilihan untuk membuat berbagai macam perabotan yang minimalis. 
  3. Kayu Pinus mempunyai berat yang cukup ringan.

5. Kayu Sonokeling

Kayu Sonokeling
dekoruma.com

Kayu sonokeling merupakan jenis kayu yang mempunyai beberapa kelebihan diantaranya sebagai berikut!

  1. Kayu sonokeling merupakan jenis kayu yang mirip dengan kayu jati.
  2. Kayu sonokeling merupakan salah satu jenis kayu yang mudah diproses.
  3. Kayu sonokeling mempunyai warna dan juga serta yang baik.
  4. Kayu sonokeling biasanya juga bisa digunakan untuk membuat kertas.

6. Kayu Trembesi

Kayu Trembesi
rumah.com

Jenis kayu yang terakhir adalah kayu trembesi. Dimana jenis kayu ini mempunyai beberapa kelebihan diantaranya adalah sebagai berikut!

  1. Kayu trembesi merupakan salah satu jenis kayu yang mempunyai warna putih pada bagian pinggir dan warna coklat pada bagian tengahnya.
  2. Kayu trembesi sering digunakan sebagai bahan membuat berbagai macam furniture yang unik.
  3. Kayu trembesi pada umumnya sering digunakan sebagai bahan pembuatan meja.

Manfaat Kerajinan Dari Kayu

Manfaat Kerajinan Dari Kayu
ekonomi.bisnis.com

Pada penjelasan diatas kita sudah mengetahui berbagai macam contoh kerajinan dari kayu, pengertian dan juga jenis kayu yang digunakan. Tentunya tidak akan lengkap bukan jika kita tidak mengetahui manfaat yang dihasilkan dari kerajinan kayu ini.

Jadi tunggu apalagi, yuk simak manfaat yang bisa dihasilkan kerajinan dari kayu ini.

  1. Kerajinan yang dibuat dari kayu merupakan kerajinan yang ramah dengan lingkungan.
  2. Kerajinan yang dibuat dari kayu bisa digunakan untuk membuat berbagai macam kebutuhan rumah tangga. 
  3. Kerajinan yang dibuat dari kayu bisa digunakan untuk membuat berbagai macam mainan anak-anak yang tidak membahayakan. 
  4. Kerajinan dari kayu menjadi sebuah kerajinan yang mudah dibentuk.
  5. Kerajinan dari kayu juga dijadikan sebagai ladang bisnis, sehingga bisa membantu untuk mengurangi pengangguran yang ada.

Penutup Artikel Kerajinan dari Kayu

Demikianlah penjelasan mengenai berbagai macam contoh kerajinan dari kayu, dari mulai pengertian, jenis dan juga manfaatnya.

Memang kerajinan dari kayu masih banyak peminatnya hingga saat ini, sehingga bagi para kalian yang ingin membuat ladang usaha kayu bisa dijadikan sebagai pilihan.

Semoga artikel ini bisa kalian pahami dengan baik dan tentunya juga semoga bisa bermanfaat. Jadi tunggu apalagi yuk berkreasi sekarang.

Kerajinan dari Kayu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.