17+ Contoh Kerajinan dari Kerang dan Cara Membuatnya

Kerajinan Dari Kerang

Kerajinan dari Kerang – Hal paling kreatif membuat kerajinan dari kerang merupakan salah satu hasil kerajinan yang tentunya tidak kalah jika dibandingkan dengan kerajinan yang dibuat dari bahan lainnya.

Dimana kerajinan dari kerang ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi para pembelinya. Kerang sendiri merupakan jenis hewan yang terdapat di daerah pesisir atau perairan.

Cangkang dari kerang inilah yang bisa dijadikan menjadi berbagai macam kerajinan yang mempunyai nilai jual tinggi. Banyak sekali kerajinan yang bisa dihasilkan, baik itu bingkai foto, kotak tisu, bingkai cermin dan masih banyak lagi yang lainnya.

Maka dari itu, mari kita simak penjelasan mengenai contoh-contoh kerajinan dari kerang serta bagaimana cara atau proses pengelolaan cangkangnya, yuk simak penjelasan berikut ini!


Contoh Kerajinan dari Kerang

No Hasil Kerajinan dari Kerang
1 Kerajinan Bingkai Cermin dari Kerang
2 Kerajinan Bingkai Foto dari Kerang
3 Kerajinan Bros dari Kerang
4 Kerajinan Bunga dari Kerang
5 Kerajinan dari Kerang Dara
6 Kerajinan dari Kerang Hijau
7 Kerajinan dari Kerang Simping
8 Kerajinan Gelang dari Kerang
9 Kerajinan Hiasan Dinding dari Kerang
10 Kerajinan Hiasan Tudung Saji dari Kerang
11 Kerajinan Kalung dari Kerang
12 Kerajinan Kotak Tisu dari Kerang
13 Kerajinan Lampion dari Kerang
14 Kerajinan Replika Hewan dari Kerang
15 Kerajinan Tempat Lilin dari Kerang
16 Kerajinan Tirai dari Kerang
17 Kerajinan Vas Bunga dari Kerang

Pada penjelasan diatas kita sudah mengetahui bukan beberapa contoh kerajinan yang bisa dibuat dari bahan kerang, tetapi bukan hanya itu saja loh kerajinan yang bisa kita buat. Melainkan ada beberapa kerajinan lainnya, maka dari itu yuk simak penjelasan di bawah ini!

1. Kerajinan Bingkai Cermin dari Kerang

Kerajinan Bingkai Cermin Dari Kerang

Contoh kerajinan dari kerang yang pertama adalah bingkai cermin, dimana bentuk kerajinan ini banyak disukai loh oleh masyarakat.

Hal ini dikarenakan bentuknya yang unik dan tentunya kerang yang ada pada bingkai tertata dengan rapi, sehingga mempunyai daya tarik tersendiri.

Adapun cara membuat bingkai dari cermin ini juga cukup mudah, yakni hanya tinggal menyusun cangkang kerang yang sudah dibersihkan. Kemudian cangkang di tempelkan ke dalam bingkai dengan menggunakan lem, bagaimana mudah bukan?

Baca Juga: Kerajinan Dari Kulit Jagung

2. Kerajinan Bingkai Foto dari Kerang

Kerajinan Bingkai Foto Dari Kerang

Bahan cangkang kerang bukan hanya bisa digunakan untuk membuat bingkai cermin saja loh, melainkan kerang juga bisa digunakan untuk membuat bingkai foto yang sangat cantik.

Tentunya mempunyai nilai seni yang cukup tinggi. Pada dasarnya cara pembuatan bingkai dari foto ini juga sama dengan pembuatan bingkai pada cermin.

Yakni dengan membersihkan terlebih dahulu cangkang dari berbagai macam kotoran, kemudian tempelkan cangkang kerang keatas bingkai foto.

Cangkang kerang ini juga bisa kalian susun secara acak atau dikelompokkan sesuai dengan ukiran, atau jenisnya, dan bingkai foto sudah siap untuk digunakan atau dijual kembali.

3. Kerajinan Bros dari Kerang

Kerajinan Bros Dari Kerang

Kerajinan yang terbuat dari cangkang selanjutnya adalah bross, mungkin kerajinan ini sudah tidak asing lagi bukan bagi kita? Dimana kalian bisa menemukan kerajinan bross dari kerang ini pada berbagai tempat pusat perbelanjaan oleh-oleh dari tempat wisata.

Bross yang ditawarkan juga sangat menarik dengan berbagai macam bentuk dan juga ukuran. Sehingga tidak heran, bahwa kerajinan bross dari kerang juga menjadi salah satu kerajinan yang paling diminati oleh para pengunjung wisata.

4. Kerajinan Bunga dari Kerang

Kerajinan Bunga Dari Kerang

Mungkin bunga yang dibuat dari kain, kertas atau plastik sudah sering kalian temukan. Tapi, apakah kalian tahu ternyata cangkang kerang juga bisa disulap menjadi kerajinan bentuk bunga yang tidak kalah indah loh jika dibandingkan dengan kerajinan bunga yang dibuat dari bahan yang lainnya.

Adapun cara membuatnya juga cukup mudah, yakni dengan membersihkan terlebih dahulu cangkang kerang yang akan digunakan, selanjutnya susun beberapa cangkang dengan menggunakan lem.

Sehingga bisa membentuk sebuah kelopak bunga. Tambahkan warna untuk mempercantik kerajinan dan bunga dari kerang siap untuk dipajang di ruang tamu.

5. Kerajinan dari Kerang Dara

Kerajinan Dari Kerang Dara

Kerang dara merupakan salah satu jenis kerang yang mempunyai ukuran lebih kecil yakni sekitar 3 hingga 5 cm dengan warna putih kecoklatan. Selain daging yang bisa dimakan, ternyata cangkang kerang dara ini juga bisa digunakan menjadi berbagai macam kerajinan yang cantik loh. 

Bahkan kerajinan dari cangkang kerang dara juga mempunyai nilai jual yang tinggi, biasanya cangkang ini dibuat menjadi berbagai macam jenis bross, bunga dan masih banyak lagi yang lainnya.

6. Kerajinan dari Kerang Hijau

Kerajinan Dari Kerang Hijau

Sesuai dengan namanya, bahwa kerang hijau merupakan jenis kerang yang mempunyai cangkang warna hijau, tetapi daging yang dihasilkan mempunyai warna oranye yang cukup terang. 

Apabila daging dari kerang ini bisa dimasak, maka berbeda halnya dengan cangkang kerang hijaunya yang bisa digunakan menjadi berbagai macam kerajinan yang unik dan juga menarik loh, biasanya cangkang ini bisa digunakan menjadi kelopak bunga.

7. Kerajinan dari Kerang Simping

Kerajinan Dari Kerang Simping

Apakah kalian tahu, ternyata cangkang dari kerang simping ini juga bisa digunakan untuk membuat berbagai macam kerajinan yang indah bahkan diminati oleh wisatawan mancanegara loh.

Seperti pada contoh gambar diatas, bahwa cangkang dari kerang simping bisa disulap menjadi tirai yang sangat indah dan tidak kalah jika dibandingkan dengan kerajinan yang dibuat dari bahan lainnya.

8. Kerajinan Gelang dari Kerang

Kerajinan Gelang Dari Kerang

Cangkang kerang juga bisa digunakan untuk membuat berbagai macam aksesoris seperti gelang. Ya, gelang yang dihiasi dengan cangkang kerang ini tidak kalah loh jika dibandingkan dengan gelang yang terbuat dari emas dan juga letak lainnya. 

Bahkan dengan kerajinan gelang yang dibuat dari cangkang kerang ini bisa membantu untuk menunjang penampilan agar lebih menarik.

Harga yang ditawarkan pun juga beragam loh, dari yang termurah hingga yang mahal, sehingga bisa kalian jadikan pilihan juga apabila ingin membuka sebuah usaha.

Baca Juga: Kerajinan Dari Batu

9. Kerajinan Hiasan Dinding dari Kerang

Kerajinan Hiasan Dinding Dari Kerang

Cangkang kerang juga bisa dijadikan menjadi berbagai macam hiasan dinding yang bisa membuat rumah tampak lebih indah dan unik.

Biasanya kerajinan yang dibuat dari bahan cangkang kerang ini bisa diletakkan pada ruang tamu, ruang makan, kamar dan ruangan yang lainnya. 

Bentuk kerajinan kerang hiasan dinding ini juga bermacam-macam ada yang berupa susunan cangkang yang berbentuk abstrak, hewan atau tumbuhan. Dimana kalian bisa memilihnya untuk dipajang diruang tamu, sehingga tampilan ruang tamu bisa lebih cantik nan indah.

10. Kerajinan Hiasan Tudung Saji dari Kerang

KErajinan Hiasan Tudung Saji Dari Kerang

Apakah kalian tahu, ternyata cangkang kerang juga bisa digunakan menjadi hiasan tudung saji juga loh. Dimana dengan tambahan hiasan cangkang kerang ini, maka tampilan tudung saji akan semakin menarik dan tentunya semakin cantik.

Bukan hanya itu saja, apabila kalian membuka sebuah usaha pembuatan tudung saji, maka kalian bisa menambahkan hiasan cangkang kerang ini juga.

Dimana dengan tambahan cangkang ini tentunya nilai jual dari tudung saji bisa semakin tinggi jika dibandingkan dengan aslinya, bagaimana apakah kalian tertarik?

11. Kerajinan Kalung dari Kerang

Kerajinan Kalung Dari Kerang

Pada penjelasan diatas kita sudah membahas bahwa cangkang kerang bisa dijadikan aksesoris gelang, bukan hanya aksesoris gelang saja, bahwa ternyata cangkang kerang juga bisa dijadikan sebagai hiasan berupa kalung loh.

Sama dengan gelang, dimana kerajinan kalung yang terdapat hiasan cangkang kerang ini juga tidak kalah jika dibandingkan dengan kalung pada umumnya.

Bahkan kalung akan tampak semakin cantik dan juga bisa menunjang penampilan. Membuka usaha pembuatan kalung yang terbuat dari kerang juga bisa dijadikan pilihan, karena kalung ini juga mempunyai nilai jual yang cukup tinggi.

12. Kerajinan Kotak Tisu dari Kerang

Kerajinan Kotak Tisu Dari Kerang

Kerajinan dari cangkang kerang selanjutnya adalah tempat tisu, dimana bahan cangkang kerang juga bisa disulap menjadi berbagai hiasan yang diletakkan pada tempat tisu.

Jika pada awalnya kotak tisu terkesan monoton dan tidak menarik, maka dengan tambahan hiasan kerang ini maka tampilan yang dihasilkan bisa lebih menarik dan tentunya akan semakin unik.

13. Kerajinan Lampion dari Kerang

Kerajinan Lampion Dari Kerang

Apakah kalian pernah mengetahui bahwa cangkang kerang bisa diubah menjadi bentuk kerajinan lampion yang mempunyai nilai jual sangat tinggi loh.

Hal ini tentunya dikarenakan lampion mempunyai bentuk yang unik dan sangat cantik apalagi pada saat lampion tersebut menyala.

14. Kerajinan Replika Hewan dari Kerang

Kerajinan Replika Hewan Dari Kerang

Selain bisa kalian ubah menjadi berbagai macam tambahan hiasan bingkai foto, bingkai kotak tisu, cangkang kerang ini juga bisa kalian rubah menjadi berbagai macam bentuk replika hewan yang sangat cantik. 

Mungkin kerajinan yang satu ini juga sudah tidak asing bagi kalian semua, hal ini dikarenakan memang kerajinan yang satu ini bisa kita temui dengan mudah pada berbagai macam tempat pusat oleh-oleh wisata.

Sedangkan apabila kalian ingin membuatnya sendiri, tentunya siapkan terlebih dahulu cangkang yang sudah dibersihkan ya. Selanjutnya susun cangkang kerang tersebut menjadi bentuk karakter hewan yang kalian inginkan.

Jangan lupa untuk direkatkan dengan menggunakan lem, selanjutnya kalian bisa menambahkan berbagai macam hiasan seperti mata dan juga hidung atau mulut.

15. Kerajinan Tempat Lilin dari Kerang

Kerajinan Tempat Lilin Dari Kerang

Kerajinan dari kerang selanjutnya adalah tempat lilin. Dimana kerajinan tempat lilin ini bisa kalian jadikan pilihan sebagai penghias ruangan loh, karena bentuknya yang unik dan tentunya sangat cantik.

16. Kerajinan Tirai dari Kerang

Kerajinan Tirai Dari Kerang

Kerajinan dari kerang selanjutnya adalah tirai, ya tirai juga bisa dibuat dengan menggunakan susunan cangkang kerang dengan bantuan seutas tali loh.

Tirai yang dibuat dari bahan cangkang kerang ini juga tidak kalah cantik dan indah jika dibandingkan dengan tirai yang dibuat dari bahan yang lainnya.

17. Kerajinan Vas Bunga dari Kerang

Kerajinan Vas Bunga Dari Kerang

Kerajinan dari kerang yang terakhir adalah vas bunga. Selain kelopak bunga yang bisa kalian buat dengan menggunakan bahan dasar cangkang kerang, maka vas bunga juga bisa kalian buat dengan menggunakan cangkang ini.

Dimana vas bunga yang dibuat dari bahan dasar cangkang ini juga tidak kalah jika dibandingkan dengan vas bunga yang dibuat dari bahan dasar lainnya.

Selain bisa kalian gunakan sendiri menjadi hiasan untuk rumah, vas bunga yang dibuat dari bahan dasar cangkang ini juga bisa kalian jual kembali loh.

Bahkan nilai jual vas bunga dari cangkang kerang ini juga tidak kalah jika dibandingkan dengan nilai jual vas bunga dari bahan dasar lainnya.

Baca Juga: Kerajinan Dari Sabut Kelapa


Cara Pengolahan Cangkang Kerang

Pengolahan Cangkang Kerang

Pada penjelasan diatas kita sudah mengetahui apa saja bentuk kerajinan yang bisa dibuat dengan menggunakan cangkang kerang ini.

Tetapi, sebelum dibuat menjadi berbagai macam kerajinan yang unik, cangkang kerang harus melalui beberapa proses terlebih dahulu loh. Proses pengolahan cangkang kerang ini meliputi:

  1. Pilihlah terlebih dahulu cangkang, sesuai dengan jenis, ukuran dan juga bentuknya.
  2. Selanjutnya bersihkan cangkang kerang dengan cara mencucinya hingga cangkang benar-benar bersih, membersihkan cangkang ini kalian bisa menggunakan larutan natrium soda.
  3. Selanjutnya apabila cangkang sudah benar-benar bersih dan bau yang ada sebelumnya sudah hilang, maka keringkan kerang dengan menggunakan mesin pengering. Alangkah lebih baiknya untuk tidak mengeringkan langsung pada paparan sinar matahari ya, karena bisa menyebabkan kualitas yang ada pada kerang menurun.
  4. Selanjutnya rapikan cangkang kerang yang akan digunakan sebagai kerajinan, baik itu di potong, dihaluskan atau sebagainya.
  5. Cangkang sudah siap digunakan menjadi berbagai macam bentuk kerajinan yang cantik.

Penutup Artikel Kerajinan dari Kerang

Demikianlah contoh kerajinan dari Kerang serta cara pengolahan cangkangnya. Dimana sebenarnya masih banyak bentuk kerajinan yang bisa kita buat dengan menggunakan bahan dasar cangkang kerang ini.

Jadi, tunggu apalagi mari kita manfaatkan cangkang kerang menjadi bentuk kerajinan yang bisa menjadi ladang penghasilan bagi kita, semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian ya.

Kerajinan dari Kerang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.