10+ Contoh Kerajinan dari Kulit Salak dan Cara Membuat Sederhana

Kerajinan dari Kulit Salak – Pada dasarnya ada beberapa kulit buah yang bisa digunakan untuk membuat berbagai macam bentuk kerajinan yang sangat unik, menarik dan tentunya bisa digunakan juga sebagai ladang usaha.

Salah satunya adalah kerajinan dari kulit salak, ya ternyata kulit salak ini bisa kita rubah menjadi berbagai macam kerajinan. Mungkin kebanyakan dari mereka akan memandang remeh kulit buah salak ini, tapi siapa sangka ternyata kulit salak juga menjadi salah satu bahan berharga apabila dimanfaatkan dengan benar.

Maka dari itu, untuk mengetahui apa saja contoh kerajinan dari kulit salak beserta manfaat yang terkandung dalam kulit salak ini, kalian harus simak penjelasan di bawah ini!

Kerajinan Dari Kulit Salak


Contoh Kerajinan dari Kulit Salak

Salak merupakan salah satu jenis buah yang bisa kita temukan dengan mudah di berbagai daerah yang ada di Indonesia, apalagi di daerah Jawa dan juga Sumatera. Buah salak sendiri mempunyai ranting dan juga daun yang dilengkapi dengan duri, dimana buah ini akan tumbuh di pangkal pohon secara berkelompok.

Sebagian orang biasanya hanya akan memanfaatkan buahnya saja atau ada juga anak-anak yang memanfaatkan biji salak untuk permainan tradisional, tetapi kebanyakan dari mereka akan membuang kulit salak ini, karena dinilai sudah tidak ada manfaatnya.

Tapi, siapa sangka ternyata kulit salak bisa digunakan menjadi berbagai macam jenis kerajinan dan juga bisa digunakan untuk sarana belajar anak-anak loh.

Ya, kulit salak bisa kalian olah baik untuk hiasan tas atau sepatu, bisa juga digunakan sebagai gantungan kunci dan masih banyak lagi yang lainnya. Lalu apa saja sih contoh kerajinan yang bisa dibuat dari kulit salak ini? Maka dari itu, langsung saja yuk simak penjelasan di bawah ini!

  • Kerajinan Bross dari Kulit Salak

Gambar Kerajinan Bross dari Kulit Salak
https://twitter.com/

Kerajinan yang pertama adalah bross yang terbuat dari kulit salak. Sebagian dari kalian mungkin ada yang tidak percaya, bahwa ternyata kulit salak bisa dijadikan sebagai bross yang sangat cantik dengan bentuk yang beragam.

Cara membuat bross dari kulit salak ibu juga sangatlah mudah loh, dimana pertama-tama kalian siapkan terlebih dahulu kulit salak yang masih bagus, selanjutnya buatlah pola bross berbentuk bunga atau bentuk lainnya diatas kain flanel.

Apabila sudah, maka potonglah kain flanel tersebut, kemudian buat juga kulit salak menjadi kelopak bunga, kemudian kalian bisa menempelkan kulit salak di atas kain flanel dengan menggunakan lem dan tinggal menambahkan jarum di bagian belakang kain flanel, bross sudah siap digunakan.

Baca Juga: Kerajinan Dari Pita

  • Kerajinan Gantungan Kunci dari Kulit Salak

Gambar Kerajinan Gantungan Kunci dari Kulit Salak
https://www.bukalapak.com/

Kerajinan dari kulit selanjutnya adalah gantungan kunci dengan berbagai macam bentuk yang unik dan menarik. Ya, selain bross kalian juga bisa memanfaatkan kulit salak yang tidak digunakan menjadi gantungan kunci yang tentunya mempunyai daya tarik tersendiri.

Bahkan kemungkinan, gantungan kunci yang kalian buat juga tidak bisa ditemukan dengan mudah di beberapa toko, hal ini dikarenakan banyak pengrajin yang tidak membuat gantungan kunci dari bahan kulit salak.

Kulit salak bisa kalian buat menjadi gantungan kunci dengan bentuk sandal atau bentuk karakter yang lainnya sesuai dengan keinginan, dimana setelah kalian bentuk tinggal kalian tambahkan sebuah gantungan pada umumnya, bagaimana sangat mudah bukan?

  • Kerajinan Kolase dari Kulit Salak

Gambar Kerajinan Kolase dari Kulit Salak
https://contohkolase.blogspot.com/

Kolase merupakan salah satu media pembelajaran yang pada umumnya diterapkan di taman kanak-kanak, dimana mungkin kolase yang sering kita temukan adalah kolase yang terbuat dari kertas origami, kertas koran atau biji-bijian.

Tetapi, apakah kalian tahu, ternyata kolase juga bisa dengan menggunakan kulit salak loh. Sama halnya dengan kolase pada umumnya, dimana kalian hanya tinggal memotong kulit salak menjadi bentuk kecil-kecil, atau bisa kalian gunting menjadi bentuk persegi atau segitiga.

Selanjutnya kalian bisa mengoleskan perekat pada kertas yang sudah terdapat sebuah pola seperti vas bunga dan kemudian tempelkan kulit salak tersebut.

  • Kerajinan Kotak Hadiah dari Kulit Salak

Gambar Kerajinan Kotak Hadiah dari Kulit Salak
https://docplayer.info/

Memberikan sebuah hadiah kepada orang yang spesial hendaknya dibuat dengan menarik bukan? Dimana kalian bisa menjatuhkan pilihan pada kotak hadiah dari kulit salak.

Selain kalian bisa membuat sendiri dengan sepenuh hati, kalian juga tidak perlu mengeluarkan banyak uang hanya untuk membeli kotak hadiah yang unik loh, karena kalian bisa menggunakan kotak hadiah bekas.

Cara membuat kotak hadiah berlapis kulit salak ini tentunya juga sangatlah mudah, yakni pertama-tama rapikan terlebih dahulu kulit salak dengan cara memotong bagian-bagian yang tidak perlu, selanjutnya tempelkan kulit salak tersebut di atas permukaan kulit kado yang sudah ditambahkan sebuah perekat.

Pada saat menempel ini kalian juga bisa membuat beberapa pola, dimana pola tersebut bisa dibedakan berdasarkan kulit salak yang digunakan.

  • Kerajinan Kotak Tisu dari Kulit Salak

Gambar Kerajinan Kotak Tisu dari Kulit Salak
https://mip.umy.ac.id/

Selain kotak hadiah, kalian juga bisa membuat sebuah kotak tisu yang unik dan terbuat dari kulit salak. Kotak tisu ini bisa kalian buat dengan cara yang cukup mudah dan tentunya dengan bahan yang ramah lingkungan serta mudah ditemukan loh.

Bahkan dengan membuat kerajinan kotak tisu dari kulit salak ini, kalian bisa mengurangi limbah yang disebabkan oleh kulit salak dan juga bisa menambah penghasilan serta mengurangi pengangguran.

Cara membuat kotak tisu dari kotak tisu ini juga sangatlah mudah loh, dimana pertama-tama pilihlah terlebih dahulu kulit salak yang masih bisa dibentuk, selanjutnya bersihkan kulit salak.

Apabila sudah, maka potonglah kulit salak sesuai dengan keinginan, bisa secara abstrak atau apabila ingin lebih rapi, kalian bisa memotong dengan pola yang beragam.

Selanjutnya, tempelkan sebuah kotak tisu yang terbuat dari kardus atau kotak tisu pada umumnya dengan menggunakan perekat ya, oleskan perekat tersebut ke semua bagian permukaan yang ada pada kotak tisu. Selanjutnya tempelkan kulit salam tersebut secara rapi di atas permukaan kotak tisu yang sudah dikasihkan lem tersebut.

Baca Juga: Kerajinan Dari Cd Bekas

  • Kerajinan Sepatu dari Kulit Salak

Gambar Kerajinan Sepatu dari Kulit Salak
https://www.liputan6.com/

Ingin tampil lebih menarik? Jika iya, kalian bisa menggunakan sepatu dengan hiasan kulit salak loh, tentunya dengan sepatu kulit salak ini maka penampilan anda semakin unik dan berbeda dengan yang lainnya.

Sepatu dengan hiasan kulit salak juga bisa kalian jadikan pilihan untuk membuka usaha loh, apalagi pada saat ini masih minim pengrajin yang memanfaatkan kulit salak ini.

Sehingga peluang yang dihasilkan dari pembuatan sepatu dari kulit salak juga cukup besar. Tentunya dengan membuka sebuah usaha sepatu dari kulit salak.

Kalian juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dan apabila usaha tersebut berkembang dengan baik maka kalian juga bisa membuka lowongan pekerjaan untuk masyarakat sekitar, bagaimana sangat menarik dan menjanjikan bukan?

  • Kerajinan Bunga dari Kulit Salak

Gambar Kerajinan Bunga dari Kulit Salak
https://www.cakesalak.com/

Kerajinan dari kulit salak selanjutnya adalah bunga, bentuk kerajinan bunga dari kulit salak tentunya sangat unik. Cara membuat bunga kulit salak sebenarnya sama dengan cara membuat bunga dari bahan lain pada umumnya, dimana kalian bisa mengumpulkan terlebih dahulu kulit salak yang akan digunakan.

Selanjutnya, bersihkan kulit salak tetapi jangan di cuci ya cukup bersihkan dari bijinya saja, selanjutnya kalian bisa memotong kulit salak tersebut menjadi bentuk segitiga.

Apabila sudah, maka tempelkan kulit salam tersebut pada kain flanel, tentunya kain flanel yang digunakan harus kain yang sudah diberikan perekat ya.

Apabila sudah, potonglah kain flanel sudah diberi kulit salak tadi dan bentuklah kain tersebut menyerupai sebuah bunga. Kemudian jahitlah kain flanel pada bagian dalam dan juga kulit salam yang ada di luar tadi dengan menggunakan jarum.

Gabungan potongan-potongan kain yang sudah dijahit sehingga bisa membentuk sebuah mahkota dan rekatkan kembali dengan menggunakan lem, kemudian kalian hanya tinggal menambahkan hiasan berupa daun dan juga tangkai bunga.

  • Kerajinan Pigura dari Kulit Salak

Gambar Kerajinan Pigura dari Kulit Salak
https://docplayer.info/

Selain kalian bisa membuat bingkai foto dengan menggunakan kain flanel, kalian juga bisa loh memanfaatkan kulit salak ini menjadi bingkai foto yang sangat cantik.

Cara membuat bingkai foto ini juga sangatlah mudah dan juga simple sehingga bisa dengan mudah ditiru, yakni pertama-tama buatlah terlebih dahulu sebuah bingkai foto dengan menggunakan sebuah kardus.

Selanjutnya kalian bisa memotong terlebih dahulu kulit salak menjadi potongan-potongan kecil atau bisa juga dengan memotong kulit salak menjadi beberapa bagian dengan bentuk segitiga atau bentuk yang lainnya.

Apabila sudah, maka berilah lem pada permukaan bingkai foto tersebut, apabila seluruh permukaan bingkai foto sudah diberikan lem maka tempelkan kulit salak di atas permukaan bingkai foto dari kardus, tempelkan secara rapi ya.

  • Kerajinan Tas dari Kulit Salak

Gambar Kerajinan Tas dari Kulit Salak
https://123dok.com/

Selain sepatu kalian juga bisa membuat sebuah tas dengan menggunakan kulit salak. Tas dari kulit salak ini tentunya mempunyai bentuk yang sangat unik dan berbeda dengan tas pada umumnya bukan? Sehingga dengan tas kulit salak ini, penampilan kalian akan semakin terlihat unik dan tentunya bisa menunjang penampilan kalian.

Sama halnya dengan usaha sepatu dari kulit salak, dimana usaha tas dari kulit salak juga masih minim, sehingga kalian bisa membuat sebuah usaha tas ini loh karena pesaing pengrajin yang membuat tas ini masih minim.

Usaha tas dari kulit salak ini juga tentunya sangat menjanjikan, apalagi jika usaha tersebut semakin berkembang maka kalian bisa mengurangi angka pengangguran dan angka limbah yang dihasilkan dari kulit salak.

  • Kerajinan Vas Bunga dari Kulit Salak

Gambar Kerajinan Vas Bunga dari Kulit Salak
https://contohkolase.blogspot.com/

Kerajinan dari kulit salak yang terakhir adalah vas bunga. Ya memang vas bunga juga bisa dihias dengan menggunakan bahan kulit salak, dimana kalian bisa melakukan dengan cara menambahkan lem atau perekat di atas permukaan vas bunga, selanjutnya kalian bisa menempelkan kulit salak tersebut di atas permukaan vas bunga.

Baca Juga: Kerajinan Dari Tali Kur


Manfaat Kulit Buah Salak

Gambar Manfaat Kulit Buah Salak
https://bobo.grid.id/

Selain bisa digunakan menjadi sebuah kerajinan, kulit salak juga masih mempunyai berbagai macam manfaat tentang kesehatan loh, lalu apa saja manfaat kulit salak selain bisa digunakan menjadi kerajinan tersebut? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

  1. Kulit salak bisa digunakan untuk membantu penyembuhan diabetes.
  2. Kulit salak bisa digunakan untuk menyembuhkan sariawan
  3. Kulit salak bisa digunakan untuk mengatasi sakit sembelit.

Penutup

Demikianlah 10+ contoh kerajinan dari kulit salak beserta gambar dan juga manfaatnya. Dimana sebenarnya masih banyak bentuk kerajinan lainnya yang bisa kita buat dengan menggunakan bahan dasar kulit salak ini.

Jadi, tunggu apalagi mari kita manfaatkan kulit salak menjadi bentuk kerajinan yang bisa menjadi ladang penghasilan bagi kita, semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian ya.

Kerajinan Dari Kulit Salak

Tinggalkan komentar