12+ Contoh Kerajinan dari Kulit Telur dan Cara Membuatnya

Kerajinan Dari Kulit Telur

Kerajinan dari Kulit Telur  – Apakah kalian tahu, ternyata kulit telur yang dinilai sudah tidak bermanfaat dan menjadi limbah ini bisa disulap menjadi berbagai macam bentuk barang daur ulang yang cantik dan unik loh.

Dimana kerajinan dari kulit telur ini bisa dijual kembali loh dengan harga yang tidak kalah jika dibandingkan dengan kerajinan yang dibuat dari bahan yang lainnya.

Banyak sekali bentuk kerajinan atau barang daur ulang yang bisa dibuat dengan menggunakan bahan dasar kulit telur ini, baik itu bola lampu, bingkai foto, asbak, berbagai macam jenis miniatur dan benda kerajinan yang lainnya.

Maka dari itu, untuk mengetahui semua jenis kerajinan yang bisa dibuat dari bahan kulit telur ini, yuk langsung simak penjelasan berikut ini!!


Contoh Kerajinan dari Kulit Telur

No Hasil Kerajinan dari Kulit Telur
1 Kerajinan Asbak dari Kulit Telur
2 Kerajinan Bingkai Foto dari Kulit Telur
3 Kerajinan Bola Lampu dari Kulit Telur
4 Kerajinan Boneka dari Kulit Telur
5 Kerajinan Miniatur Hewan dari Kulit Telur
6 Kerajinan Kaligrafi dari Kulit Telur
7 Kerajinan Lukisan dari Kulit Telur
8 Kerajinan Miniatur Kebun dari Kulit Telur
9 Kerajinan Mozaik dari Kulit Telur
10 Kerajinan Music Box dari Kulit Telur
11 Kerajinan Tempat lilin dari Kulit Telur
12 Kerajinan Vas Bunga dari Kulit Telur

Kulit telur merupakan bahan yang sudah tidak ada nilainya bagi sebagian orang, tetapi pada tangan orang-orang yang kreatif, bahan yang tidak ada nilainya ini bisa disulap menjadi berbagai macam bentuk kerajinan yang bisa menarik perhatian masyarakat.

Cara pembuatan kerajinan-kerajinan tersebut juga terbilang cukup mudah, dan tentunya bahannya bisa didapatkan dengan mudah tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Lalu, apa saja sebenarnya bentuk kerajinan yang bisa dihasilkan dari kulit telur ini? Maka dari itu, daripada semakin penasaran, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

1. Kerajinan Asbak dari Kulit Telur

Kerajinan Asbak Dari Kulit Telur

Kerajinan yang dibuat dari bahan kulit telur yang pertama adalah asbak, asbak sendiri merupakan sebuah tempat yang digunakan untuk tempat ampas rokok.

Asbak juga bisa dibuat dengan menggunakan kulit telur loh, baik untuk hiasan atau membuatnya langsung dari kulit telur.

Adapun cara membuat asbak dari kulit telur ini adalah yang pertama haluskan terlebih dahulu kulit telur hingga benar-benar halus, apabila sudah maka saring dan pisahkan dengan kulit yang masih kasar.

Selanjutnya campurkan kulit telur yang sudah halus kedalam tepung tapioka, lem putih dan juga PVAc, jangan lupa tambahkan air dan aduk kemudian bentuk, jika sudah maka keringkan hingga mengeras.

2. Kerajinan Bingkai Foto dari Kulit Telur

Kerajinan Bingkai Foto Dari Kulit Telur

Hiasan bingkai foto tidak selalu menggunakan bahan yang mahal, dimana kalian juga bisa menghiasi bingkai foto dengan menggunakan kulit telur yang sudah dibersihkan.

Adapun cara membuatnya adalah yang pertama bersihkan terlebih dahulu kulit telur yang akan digunakan, selanjutnya hancurkan kulit telur menjadi serpihan-serpihan kecil agak kasar.

Apabila sudah, selanjutnya lapisi bingkai foto yang dibuat dari kayu atau kardus dengan menggunakan lem, oh iya kulit telur juga bisa ditambahkan warna pada saat setelah selesai dihancurkan. Kemudian tempelkan kulit tersebut ke atas bingkai, apabila sudah maka bingkai foto sudah siap untuk digunakan.

Baca Juga: Kerajinan Dari Kaca

3. Kerajinan Bola Lampu dari Kulit Telur

Kerajinan Bola Lampu Dari Kulit Telur

Kerajinan kulit telur selanjutnya adalah bola lampu, ya kulit telur ayam juga bisa disulap menjadi bentuk hiasan bola lampu yang sangat indah loh. Dimana kulit telur yang digunakan adalah kulit yang masih utuh ya, maka dari itu pilih bentuk kulit yang masih bagus dan utuh tetapi tanpa isinya.

Apabila sudah, selanjutnya ukir kulit telur menjadi motif yang diinginkan, tentunya pada tahap ini pengrajin dituntut harus berhati-hati agar motif tidak hancur, kalian bisa menggunakan motif seperti pada gambar.

Apabila sudah maka tambahkan warna untuk kulit telur agar tampak lebih indah dan bola lampu dari kulit telur sudah siap digunakan.

4. Kerajinan Boneka dari Kulit Telur

Kerajinan Boneka Dari Kulit Telur

Kerajinan bentuk boneka dari kulit telur pasti sudah tidak asing lagi bukan bagi kita? Dimana kulit telur yang digunakan juga sama dengan kulit yang digunakan untuk bola lampu, yakni kulit telur yang masih utuh.

Cara membuatnya juga sangatlah mudah, yang pertama pilihlah terlebih dahulu kulit telur yang masih bagus. Selanjutnya, bersihkan kulit telur dari kotoran, kemudian keringkan.

Berilah warna sesuai dengan karakter yang kalian inginkan, jangan lupakan bentuk mata dan juga hidung agar tampak lebih cantik, dan boneka dari kulit telur sudah siap untuk dijadikan hiasan.

5. Kerajinan Miniatur Hewan dari Kulit Telur

Kerajinan Miniatur Hewan Dari Kulit Telur

Apakah kulit telur bisa dijadikan untuk membuat miniatur? Tentunya bisa, ya di tangan para orang-orang kreatif, kulit telur juga bisa disulap menjadi miniatur hewan yang sangat cantik dan unik loh. 

Kerajinan hewan dari kulit telur ini juga tidak kalah cantik jika dibandingkan dengan berbagai macam bentuk dari bahan mahal yang lainnya.

Bukan hanya itu saja kerajinan yang dibuat dari bahan kulit telur ini juga bisa didapatkan dengan harga yang sangat murah dari segi bahan dan mudah ditemukan.

6. Kerajinan Kaligrafi dari Kulit Telur

Kerajinan Kaligrafi Dari Kulit Telur

Kerajinan dari kulit telur selanjutnya adalah kaligrafi, mungkin bentuk kerajinan yang satu ini juga sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Pembuatan kerajinan kaligrafi dengan menggunakan kulit telur ini membutuhkan tingkat ketelitian yang sangat tinggi loh, serta kemampuan yang tidak bisa dimiliki oleh semua orang. 

Cara membuatnya juga sama seperti kaligrafi pada umumnya, yakni dengan menyusun serpihan kulit telur mengikut pola yang sudah di buat, tentunya pada saat menempelkan harus dilapisi dengan menggunakan lem terlebih dahulu.

Karena bentuk sapihan yang kecil dan motif yang cukup susah, maka tidak heran apabila kerajinan ini bisa memakan waktu yang cukup lama serta tingkat kesabaran yang sangat tinggi.

7. Kerajinan Lukisan dari Kulit Telur

Kerajinan Lukisan Dari Kulit Telur

Selain kaligrafi, kulit telur juga bisa digunakan untuk membuat berbagai macam seni lukis. Sama halnya dengan membuat kaligrafi dari kulit telur, dimana pengrajin harus mempunyai tingkat kesabaran, ketelitian dan juga kreatifitas yang sangat tinggi. 

Kerajinan lukisan yang dibuat dari bahan kulit telur ini bisa dijual dengan harga yang sangat mahal loh, tergantung dengan motif atau bentuk lukisan beserta ukuran dari lukisan. Yakni semakin besar ukuran lukisan dan semakin rumit motornya, maka semakin mahal pula harganya.

8. Kerajinan Miniatur Kebun dari Kulit Telur

Kerajinan Miniatur Kebun Dari Kulit Telur

Selain bisa digunakan menjadi miniatur hewan, kulit telur juga bisa disulap menjadi miniatur kebun yang sangat cantik, dimana cara membuat miniatur kebun ini jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan membuat miniatur hewan.

Adapun cara membuat miniatur kebun ini adalah dengan mengeringkan terlebih dahulu kulit telur, gunakan yang mempunyai ukuran setengah saja ya. 

Selanjutnya, kulit telur tersebut jadikan sebagai tempat hiasan yang bisa diisi dengan berbagai macam tanaman. Jangan lupakan untuk meletakkan tanah ke dalam kulit telur, dan letakkan kulit telur ke dalam rak atau tempat yang disusun secara rapi.

Baca Juga: Kerajinan Dari Eceng Gondok

9. Kerajinan Mozaik dari Kulit Telur

Kerajinan Mozaik Dari Kulit Telur

Bahan kulit telur juga bisa digunakan untuk membuat kerajinan mozaik, ya mozaik memang bukan hanya dibuat dari kertas saja loh, melainkan memang juga bisa dibuat dengan menggunakan kulit telur.

Cara membuatnya juga sama dengan mozaik dari kertas, yakni hancurkan kulit telur menjadi serpihan kasar dan kecil selanjutnya tempelkan dengan menggunakan lem pada bidang gambar.

10. Kerajinan Music Box dari Kulit Telur

Kerajinan Music Box Dari Kulit Telur

Kerajinan dari kulit telur yang bisa juga dijual kembali dengan harga yang cukup mahal dan bisa dijadikan sebagai usaha adalah music box, dimana kulit telur yang digunakan adalah kulit telur yang mempunyai ukuran besar.

Untuk mendapatkan bentuk kerajinan yang lebih awet, maka kulit telur yang digunakan juga akan dilapisi dengan menggunakan penguat khusus sehingga juga tidak mudah retak.

11. Kerajinan Tempat lilin dari Kulit Telur

Kerajinan Tempat Lilin Dari Kulit Telur

Kerajinan kulit telur selanjutnya yang mempunyai nilai seni yang cukup tinggi adalah tempat lilin. Dimana cara membuatnya adalah dengan menggunakan bahan belahan cangkang telur yang tentunya tidak beraturan ya, hal ini agar tampilan tempat lilin bisa lebih unik dan mempunyai nilai seni.

12. Kerajinan Vas Bunga dari Kulit Telur

Kerajinan Vas Bunga Dari Kulit Telur

Kerajinan dari kulit telur yang terakhir adalah vas bunga, ya vas bunga juga bisa dibuat dengan menggunakan kulit telur yang juga tidak kalah cantiknya dengan vas bunga yang dibuat dari bahan tanah liat atau bahan mahal lainnya loh. 

Kulit telur yang digunakan adalah kulit yang berupa serpihan-serpihan kecil. Sepihak tersebut bisa digabungkan dengan bahan vas bunga lainnya seperti tanah liat, selanjutnya vas bunga bisa dijemur.

Kalian juga bisa membuat vas bunga kulit telur yang berukuran mini loh, bagaimana apakah kalian sudah tertarik untuk membuat berbagai macam kreasi lainnya?

Baca Juga: Kerajinan Dari Lilin


Manfaat Kerajinan dari Kulit Telur

Manfaat Kerajinan Dari Kulit Telur

Seperti yang kita tahu, bahwa kerajinan dari kulit telur ini tidak kalah cantik jika dibandingkan dengan kerajinan dari bahan yang lainnya, bahkan bisa dibilang bahwa kerajinan ini mempunyai daya tarik tersendiri. Lalu apa saja manfaat kerajinan dari kulit telur ini? Maka dari itu, yuk simak penjelasan manfaat berikut ini!

  1. Tentunya dengan membuat kerajinan dari kulit telur, maka kita juga bisa melatih kemampuan berkreativitas kita. Bahkan membuat kerajinan dari kulit telur ini juga bisa dijadikan sebagai pilihan untuk mengembangkan kemampuan sang buah hati. 
  2. Dengan membuat kerajinan dari kulit telur, maka kita juga bisa melampiaskan kemampuan seni kit dalam hiasan telur tersebut. 
  3. Dengan membuat kerajinan dari bahan kulit telur, maka kita juga bisa mengurangi limbah yang disebabkan kulit telur ini, sehingga limbah tidak menumpuk dan mencemari lingkungan.
  4. Dengan membuat kerajinan dari bahan kulit telur, kita juga bisa menambah penghasilan sendiri, bukan hanya itu saja kita juga bisa membuka lapangan usaha.
  5. Dengan membuat kerajinan dari kulit telur, maka waktu luang juga tidak akan sia-sia.

Penutup Artikel Kerajinan dari Kulit Telur

Demikianlah contoh kerajinan dari telur beserta manfaat yang diberikan. Dimana sebenarnya masih banyak bentuk kerajinan yang bisa kita buat dengan menggunakan bahan dasar kulit telur ini.

Jadi, tunggu apalagi mari kita manfaatkan kulit telur menjadi bentuk kerajinan yang bisa menjadi ladang penghasilan bagi kita, semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian ya.

Kerajinan dari Kulit Telur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.