7+ Contoh Kerajinan dari Lilin dan Cara Membuat yang Mudah

Kerajinan dari Lilin –  Membuat kerajinan dari lilin merupakan bentuk kerajinan yang dihasilkan dari berbagai macam jenis lilin. Ya, mungkin sebagian kalian hanya mengetahui, bahwa lilin cuma dijadikan sebagai penerangan pada saat mengalami pemadaman listrik.

Tapi siapa sangka ternyata di tangan orang-orang yang mempunyai kreativitas, mereka menjadikan lilin menjadi berbagai macam bentuk yang sangat cantik. 

Lalu apa saja bentuk kerajinan yang bisa dihasilkan dari bahan lilin ini? Maka dari itu, yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini!


Contoh Kerajinan dari Lilin

Seperti pada penjelasan diatas, bahwa bahan dasar lilin bisa dijadikan menjadi berbagai macam bentuk, baik itu bunga, karakter atau menambahkan berbagai macam campuran warna.

Tapi, bentuk yang dihasilkan bukan hanya itu saja loh, melainkan ada lagi bentuk-bentuk yang lainnya, jadi untuk mengetahui lebih jelas nya yuk simak penjelasan di bawah ini!

  • Kerajinan Lilin Bunga

Kerajinan Lilin Bunga

Kerajinan dari lilin yang pertama adalah bentuk bunga, lilin yang berbentuk bunga ini bisa kalian gunakan sebagai buket untuk hadiah loh. Cara membuat kerajinan bunga dari bahan lilin ini juga cukup mudah.

Yakni yang pertama kalian hanya tinggal mencairkan lilin terlebih dahulu. Selanjutnya tuangkan cairan lilin ke dalam cetakan khusus yang berbentuk bunga, selanjutnya tunggu hingga lilin menjadi kering dan keluarkan dari cetakan.

Lilin dari bunga juga bisa kalian kombinasikan dengan berbagai macam warna, tetapi jangan langsung dicampur ya, melainkan tunggu lilin yang satu membeku terlebih dahulu.

  • Kerajinan Lilin Henna

Gambar Kerajinan Lilin Henna

https://padukata.com/

 

Lilin Henna, apa sih lilin Henna itu? Jadi lilin Henna merupakan lilin yang permukaannya terdapat sebuah bentuk gambar atau motif yang dibuat dari bahan henna, jadi bukan lilin yang digunakan untuk Henna ya.

Henna akan diaplikasikan ke atas pemuka lilin dan kemudian ditambahkan lapisan lem perekat yang transparan pada saat Henna mengering.

Baca Juga: Kerajinan Dari Bahan Alam

  • Kerajinan Lilin Karakter

Kerajinan Lilin Karakter

Kerajinan dari lilin selanjutnya adalah lilin karakter, dimana sesuai dengan namanya bahwa lilin ini akan dibentuk sesuai dengan karakter yang diinginkan. Baik itu karakter kartun, berbagai jenis bunga atau bentuk karakter yang lainnya.

Cara membuatnya juga sama dengan cara membuat kerajinan dari lilin berbentuk bunga, yakni dengan menggunakan lilin cair yang dituangkan kedalam cetakan khusus.

Selanjutnya apabila mengering, lilin bisa dikeluarkan dan ditambahkan berbagai macam hiasan, agar lilin karakter semakin menarik.

  • Kerajinan Lilin Kejutan

Kerajinan Lilin Kejutan

Lilin kejutan merupakan contoh kerajinan lilin yang berguna untuk memberikan kesan atau kejutan baik dengan pasangan atau sahabat atau bahkan keluarga.

Sebenarnya, lilin kejutan ini bisa berbentuk lilin biasa yang disusun sehingga bisa membentuk sebuah tulisan atau penerangan di sepanjang jalan (seperti pada gambar).

Karena susunan lilin tersebutlah yang bisa memberikan kesan romantis kepada pasangan atau keluarga. Lilin kejutan ini juga sangat cocok digunakan bagi kalian untuk melamar sang kekasih loh, bagaimana? Apakah kalian tertarik untuk membuat kejutan dengan menggunakan lilin hias ini?

  • Kerajinan Lilin Rempah

Kerajinan Lilin Rempah

Sesuai dengan namanya, bahwa lilin rempah merupakan kerajinan lilin yang mengeluarkan aroma rempah atau dari minyak, kerajinan lilin yang satu ini sangat cocok digunakan untuk kesehatan loh.

Pada umumnya, jenis lilin yang digunakan untuk kerajinan dari rempah ini adalah lilin gel, kemudian lilin tersebut akan ditambahkan dengan berbagai jenis rempah atau bahan beraroma menyegarkan.

  • Kerajinan Lilin Ukir

Kerajinan Lilin Ukir

Kerajinan selanjutnya adalah lilin ukir, lilin ini mempunyai bentuk yang sangat cantik, dimana kalian bisa membuat kerajinan lilin ukir dengan mengukurnya menggunakan alat ukir khusus, atau bisa menggunakan pisau kecil yang tajam.

Lilin ini tentunya mempunyai ciri khas tersendiri, yakni dari bentuk ukiran yang dihasilkan, sehingga tidak heran apabila banyak peminat dari lilin ukir ini.

  • Kerajinan Lilin Warna Warni

Kerajinan Lilin Warna Warni

Kerajinan dari lilin yang terakhir adalah lilin warna warni, dimana cara membuat lilin ini juga sangat mudah, yakni yang pertama siapkan lilin cair kemudian tuangkan kedalam gelas, masukkan krayon kedalam lilin dan biarkan mengeras.

Apabila kalian ingin mengkombinasikan dengan warna yang lainnya kalian hanya tinggal tunggu lilin yang pertama mengeras, kemudian masukkan lilin kedua beserta krayon warna keatas lilin warna yang pertama.

Baca Juga: Kerajinan Dari Serat Alam


  11+ Contoh Kerajinan Dari Stik Es Krim dan Cara Membuat yang Mudah

Teknik Pembuatan Kerajinan dari Lilin

Gambar Teknik Pembuatan Kerajinan Dari Lilin

Pada penjelasan diatas, kita sudah membahas tentang contoh kerajinan yang bisa dibuat dengan menggunakan bahan lilin. Hal yang perlu kita ketahui selanjutnya adalah teknik pembuatan kerajinan tersebut.

Ya, pembuatan kerajinan dari lilin juga menggunakan beberapa teknik khusus, lalu apa saja teknik-teknik yang bisa digunakan untuk membuat kerajinan dari lilin? Maka dari itu, yuk simak penjelasan di bawah ini!

  • Teknik Melelehkan Lilin

Teknik untuk membuat kerajinan dari lilin yang pertama adalah teknik melelehkan lilin, dimana teknik ini sesuai dengan namanya, kalian bisa melelehkan bahan lilin yang akan dibuat.

Sebelumnya potong terlebih dahulu menjadi lilin yang berukuran kecil dan masukkan kedalam panci atau direbus dengan menggunakan panci yang diisi dengan air mendidih, jangan secara langsung ya, melainkan letakkan mangkuk kecil ke dalam atas panci yang berisi air mendidih.

Teknik mencairkan lilin biasanya digunakan untuk membuat kerajinan lilin yang menggunakan cetakan, sehingga lilin bisa menghasilkan bentuk yang sangat cantik dan detail. Pada umumnya, teknik ini digunakan untuk membuat hiasan bunga, bola, jenis hewan atau karakter yang lainnya.

  • Teknik Pemberian Warna Lilin

Teknik kerajinan lilin yang kedua adalah dengan memberikan warna pada lilin, dimana teknik ini dilakukan dengan menambahkan warna krayon pada lilin yang sudah dipotong menjadi kecil-kecil, selanjutnya panaskan lilin dengan campuran crayon tersebut agar bisa menghasilkan warna yang indah.

  • Teknik Ukir Lilin

Teknik pembuatan kerajinan berbahan dasar lilin yang terakhir adalah teknik ukir, dimana teknik bisa dibilang menjadi teknik yang cukup susah.

Hal ini dikarenakan teknik ini dilakukan dengan cara mengukir lilin dengan menggunakan alat khusus seperti pisau kecil, pada proses pembuatan pengrajin harus benar-benar teliti agar tidak merusak motif lilin yang akan dibuat.


Jenis-Jenis Lilin

Seperti yang kita tahu, bahwa kerajinan dari lilin ini bisa dibuat dengan menggunakan berbagai macam jenis lilin. Tapi apakah kalian sudah tahu apa saja jenis-jenis lilin tersebut? Jika belum, penjelasan berikut ini bisa membantu anda untuk mengetahuinya, jadi yuk simak ulasannya berikut ini!

  • Lilin Aroma

Gambar Lilin Aroma

Jenis lilin yang pertama adalah lilin aroma, dimana pilih ini bisa menghasilkan aroma yang sangat wangi loh, bukan hanya itu saja lilin aroma ini juga bisa dibuat dengan rempah sehingga sangat baik untuk kesehatan.

Pada dasarnya, lilin jenis aroma ini digunakan di beberapa tempat, misalnya pada spa atau yoga dan juga digunakan untuk pengharum ruangan.

  • Lilin Batik

Gambar Lilin Batik

Jenis lilin selanjutnya adalah lilin batik, lilin batik merupakan lilin yang digunakan untuk bahan pada saat proses pembatikan ya, jadi bukan lilin yang diukir menjadi batik. Lilin batik sendiri digunakan untuk menutup permukaan motif yang ada pada batik, sehingga motif tersebut bisa ditutupi dengan sempurna oleh lilin tersebut.

  • Lilin Cair

Gambar Lilin Cair

Apa yang dimaksud dengan lilin cair? Lilin cair merupakan lilin yang dibuat dari bahan parafin cair, dimana jenis lilin ini sangat aman digunakan untuk hiasan dalam layanan makanan. Adapun pada umumnya lilin cair bisa bertahan sekitar 8 hingga 100 jam, hal tersebut tergantung pada tingkat ketebalan tetesan.

  • Lilin Makan Malam

Gambar Lilin Makan Malam

Sesuai dengan namanya, bahwa lilin makan malam merupakan salah satu jenis lilin yang digunakan diatas meja makan malam. Pada umumnya, lilin yang digunakan adalah lilin yang mempunyai bentuk silinder dan meruncing ke atas.

  • Lilin Mengambang

Gambar Lilin Mengambang

Lilin mengambang merupakan jenis lilin yang bisa mengambang di dalam air, dimana pada umumnya lilin ini mempunyai berat yang ringan.

Pada umumnya lilin ini digunakan untuk hiasan restoran atau tempat spa, hal ini dikarenakan lilin bisa memberikan nuansa yang sangat cantik.

Bukan hanya itu saja, apabila kalian ingin mengadakan pesta di malam hari dan tempat yang digunakan dekat dengan kolam, maka kalian juga bisa menghias kolam dengan menggunakan lilin mengambang ini. Lilin tersebut bisa bertahan cukup lama, yakni sekitar 8 hingga 10 jam.

Baca Juga: Kerajinan Dari Daun

  • Lilin Pilar

Gambar Lilin Pilar

Lilin pilar merupakan jenis lilin yang mempunyai bentuk silinder dan juga mempunyai kulit yang cukup tebal. Pada umumnya lilin ini juga bisa digunakan untuk menerangi bagian samping rumah yang gelap, lilin ini hanya bisa bertahan sekitar 3 hingga 4 jam.

  • Lilin Ulang Tahun

Gambar Lilin Ulang Tahun

Lilin ulang tahun merupakan jenis lilin yang sudah tidak asing lagi bukan buat kita semua? Dimana jenis lilin ini digunakan untuk acara ulang tahun. Pada umumnya lilin yang digunakan adalah lilin yang berbentuk angka dan juga huruf.


  13+ Contoh Kerajinan dari Botol Bekas dan Cara Membuat yang Mudah

Manfaat dari Lilin

Manfaat Dari Lilin Untuk Kerajinan

Pada penjelasan diatas, kita sudah mengetahui apa saja contoh kerajinan, teknik membuat kerajinan dari lilin beserta jenisnya.

Lalu apa sih sebenarnya manfaat yang dihasilkan dari bahan lilin itu sendiri, apakah hanya digunakan untuk membuat kerajinan atau bisa digunakan untuk yang lainnya? Maka dari itu yuk simak manfaat lilin berikut ini!

  1. Lilin merupakan salah satu bahan yang bisa digunakan untuk kesehatan, baik itu untuk kosmetik, menyembuhkan gigi yang berlubang atau penyakit yang lainnya, tetapi bukan lilin yang biasanya ya, melainkan terdapat lilin khusus atau bisa dengan lilin lebah. 
  2. Seperti pada penjelasan diatas, bahwa lilin juga bisa digunakan untuk membuat batik, dimana lilin dijadikan sebagai bahan utama pada saat proses membatik.
  3. Lilin bisa dijadikan sebagai pengharum ruangan.
  4. Lilin bisa digunakan untuk menerangi rumah pada saat lampu padam.

Penutup

Demikianlah contoh kerajinan dari lilin serta teknik pembuatan, jenis-jenis dan juga manfaat yang diberikan oleh lilin sendiri. Dimana sebenarnya masih banyak bentuk kerajinan lainnya yang bisa kita buat dengan menggunakan bahan dasar lilin ini.

Jadi, tunggu apalagi mari kita manfaatkan lilin menjadi bentuk kerajinan yang bisa menjadi ladang penghasilan bagi kita, semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian ya.

Kerajinan dari Lilin