11+ Contoh Kerajinan dari Origami dan Cara Membuatnya

Kerajinan Dari Origami

Kerajinan dari Origami – Origami merupakan sebuah jenis kertas lipat yang bisa dibuat menjadi berbagai macam kerajinan yang sangat unik dan bisa digunakan untuk melatih kemampuan berkreativitas untuk anak-anak loh.

Kerajinan dari origami memang paling sering diimplementasikan untuk media belajar anak-anak dari usia TK hingga dewasa. Selain bisa digunakan untuk melatih kreatifitas, membuat kerajinan dari origami juga bisa digunakan untuk menghias dinding agar lebih berwarna dan ceria loh.

Tentunya, kalian bisa membentuknya menjadi aneka jenis bunga, hewan atau kerajinan yang lainnya, untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan berikut ini!

Kerajinan Dari Origami


Contoh Kerajinan dari Origami

No Hasil Kerajinan dari Origami
1 Kerajinan Origami Berbentuk Baju
2 Kerajinan Origami Berbentuk Bunga Mawar
3 Kerajinan Origami Berbentuk Bunga Sakura
4 Kerajinan Origami Berbentuk Burung Bangau
5 Kerajinan Origami Berbentuk Burung Camar
6 Kerajinan Origami Berbentuk Burung Kenari
7 Kerajinan Origami Berbentuk Burung Merpati
8 Kerajinan Origami Berbentuk Daun
9 Kerajinan Origami Berbentuk Kipas
10 Kerajinan Origami Berbentuk Kupu-Kupu
11 Kerajinan Origami Berbentuk Love

Origami merupakan kertas yang mempunyai berbagai macam jenis warna, dimana dengan warna itulah, kertas ini bisa dijadikan menjadi berbagai macam kerajinan yang sangat menarik dan juga lucu, sehingga tidak heran apabila kertas ini bisa dijadikan sebagai pilihan untuk menghias rumah.

Anak-anak bisa membentuk berbagai macam jenis bunga atau hewan dengan mudah menggunakan kertas ini, tentunya untuk harga dari kertas pun cukup terjangkau, sehingga orang tua tidak perlu takut untuk mengeluarkan banyak biaya.

Karena bentuknya berupa kertas, anak-anak juga bisa dengan mudah membentuk kertas ini loh, bahkan banyak sekali tutorial yang mudah ditiru mengenai tata cara membuat kerajinan dari bahan origami ini.

Lalu, apa saja sih bentuk kerajinan yang bisa dibentuk dengan menggunakan kertas origami ini? Maka dari itu, langsung saja yuk simak penjelasan mengenai contoh kerajinan dari origami berikut ini!

1. Kerajinan Origami Berbentuk Baju

Gambar Kerajinan Origami Berbentuk Baju
http://sdnmekarmulya1.blogspot.com/

Kertas origami bisa dibentuk menjadi kerajinan baju yang sangat lucu, cara pembuatannya juga cukup mudah, pertama-tama siapkan terlebih-lebih dahulu kertas origami, selanjutnya lipatlah kertas origami tersebut menjadi dua bagian.

Apabila sudah, maka lipatlah kertas yang ada pada sebelah kanan, pastikan kertas tersebut bisa menyentuh garis tengah yang sudah dibuat tadi.

Ulangi langkah yang serupa pada bagian sebelahnya, kemudian buatlah kembali sebuah garis lipat dengan besar yang sama pada posisi horizontal.

Apabila sudah, maka bukalah pada bagian bawah dengan melipat ujung bawah menjadi ke arah samping dengan batas garis yang sudah dibuat, kemudian lipatlah bagian atas kertas agar bisa menjadi ke arah belakang.

Pada bagian depannya, lipatlah ujung atas hingga ke arah dalam agar bisa membentuk kerah baju, lipatlah kembali bagian bawah ke atas hingga baju sudah bisa dibentuk dengan kertas origami ini.

Baca Juga: Kerajinan Dari Resin

2. Kerajinan Origami Berbentuk Bunga Mawar

Gambar Kerajinan Origami Berbentuk Bunga Mawar
https://masfikr.com/

Kerajinan dari kertas origami selanjutnya adalah bunga mawar. Ya, seperti yang kita tahu bahwa kertas origami memang bisa disulap menjadi berbagai macam bentuk bunga yang sangat cantik.

Dimana proses pembuatan bunga mawar dari kertas origami ini memang cukup rumit, karena kalian harus terlebih dahulu membuat beberapa bentuk lipatan.

Tetapi, kerajinan bunga mawar ini sangat cocok dijadikan sebagai sarana belajar bagi anak kecil ya. Karena memang dengan membuat bunga mawar dari kertas origami, maka si kecil bisa belajar dengan sabar dan belajar membuat beberapa garis dengan teliti pada saat membuat bunga mawar ini.

3. Kerajinan Origami Berbentuk Bunga Sakura

Gambar Kerajinan Origami Berbentuk Bunga Sakura
https://www.liputan6.com/

Kerajinan bunga dari kertas origami selanjutnya adalah bunga sakura, dimana kalian bisa melipat terlebih dahulu kertas lipat menjadi dua bagian dengan bentuk vertikal, selanjutnya lipatlah kertas yang ada pada bagian sudut bawah menjadi segitiga.

Ulangi langkah tersebut pada bagian belakang yang ada pada kertas origami yang dilipat. Selanjutnya bentuklah segitiga kecil dan potong pada sudut sisi yang berlawanan, simpan potongan segitiga tersebut.

Apabila sudah, maka potonglah kertas secara melengkung yang menggunakan 2 bentuk segitiga, kemudian pisahkan 5 kelopak bunga sakura, apabila sudah maka pasangkan kelopak bunga secara bersama-sama.

Tambahkan potongan segitiga kecil lainnya dan ulangi langkah tersebut, untuk lebih jelasnya kalian bisa melihat contoh tutorial membuat bunga sakura di YouTube.

4. Kerajinan Origami Berbentuk Burung Bangau

Gambar Kerajinan Origami Berbentuk Burung Bangau
https://www.popmama.com/

Selain bisa digunakan untuk membuat kerajinan bunga, kertas origami juga bisa digunakan untuk membuat burung bangau yang bisa dijadikan sebagai hiasan jendela atau pintu dirumah loh.

Cara pembuatannya juga cukup mudah, yakni pertama lipatlah kertas origami menjadi bentuk segitiga, kemudian buka kembali lipatan dan lipat kembali secara vertikal dan horizontal.

Apabila sudah, maka lipatlah menjadi bentuk segitiga kembali tetapi pada berlawanan arah, tariklah ujung segitiga yang ada pada tiap-tiap bagian agar menjadi ke dalam dan membentuk sebuah bujur sangkar, tarik kembali tiap sisi agar ke dalam dan tarik tiap sisinya ke bagian yang ada di luar. Lipat ujung yang ada dengan titik perpotongan.

Lipat kembali sisi yang ada ke bagian dalam dan buka lipatan yang ada pada arah berlawanan. Apabila sudah, maka tarik ujung sayap dan tarik kembali satu ujung ke dalam agar bisa membentuk sebuah paruh, apabila kalian masih bingung maka alangkah lebih baiknya melihat tutorial yang ada di YouTube.

Baca Juga: Kerajinan Dari Bubur Kertas

5. Kerajinan Origami Berbentuk Burung Camar

Gambar Kerajinan Origami Berbentuk Burung Camar
https://rumahlia.com/

Kerajinan berbentuk burung dari kertas origami selanjutnya adalah burung camar. Dimana cara pembuatan burung camar ini bisa dilakukan dengan melipat terlebih dahulu kertas sehingga menjadi bentuk segitiga, selanjutnya tariklah sisi yang ada pada bagian atas lipatan dan lipat secara diagonal dan juga simetris.

Apabila sudah, maka tariklah ujung yang ada pada masing-masing sisi yang ada pada kertas menjadi ke atas, kemudian tarik kembali ke dalam pada bagian ekor.

Tarik ujung atas menjadi ke dalam sehingga kertas bisa menyerupai bentuk paruh, kemudian lipat kembali sudut yang tersisa menjadi ke dalam dan burung camar sudah selesai, apabila kalian masih bingung dengan tutorial tersebut, kalian bisa melihat kembali video yang ada pada YouTube.

6. Kerajinan Origami Berbentuk Burung Kenari

Gambar Kerajinan Origami Berbentuk Burung Kenari
https://www.youtube.com/

Burung kenari merupakan salah satu jenis burung yang juga bisa dibuat dari kertas origami, dimana kalian bisa membuat kerajinan ini dengan cara membentuk terlebih dahulu kertas menjadi bentuk segitiga.

Selanjutnya bukalah yang ada pada bagian sisi bawah dan tarik hingga bertemu dengan garis lipatan. Apabila sudah, maka lakukan hal yang serupa pada bagian sisi yang lainnya.

Jika kalian sudah melakukan langkah tersebut pada sisi sebelahnya, maka kertas akan membentuk layang-layang, selanjutnya tariklah bagian atas menjadi ke dalam dan tarik ujung yang ada pada bagian atas sehingga bisa bertemu dengan garis lipatan yang sebelumnya.

Lakukan hal tersebut secara berulang hingga sampai pada ujung. Kemudian lipat kembali garis menyerupai garis lipatan awal dan tariklah ujung atas sehingga bisa membuat paruh.

7. Kerajinan Origami Berbentuk Burung Merpati

Gambar Kerajinan Origami Berbentuk Burung Merpati
https://steemitimages.com/

Jenis burung selanjutnya yang bisa dibuat menjadi sebuah kerajinan dari origami adalah burung merpati. Dimana cara membuat burung merpati ini bisa dilakukan dengan cara melipat terlebih dahulu kertas origami menjadi segitiga, selanjutnya tariklah ujung segitiga menjadi ke bawah sehingga bisa melewati garis.

Apabila sudah, maka lipatlah lagi kertas tepat pada garis yang ada pada bagian tengah, buka kembali ujung lipatan dan tekuk sehingga menjadi lipatan yang simetris.

Apabila sudah, maka tariklah setiap sisi yang ada pada ujung dengan garis yang agak miring dan tekankan ujung sisi dengan ukuran yang agak lebar ke bagian dalam.

8. Kerajinan Origami Berbentuk Daun

Gambar Kerajinan Origami Berbentuk Daun
https://bp-guide.id/

Kertas origami selain bisa digunakan untuk membuat bunga dan juga kerajinan burung, kertas origami juga bisa digunakan untuk membuat daun yang sangat cantik loh.

Cara pembuatan daun ini juga membutuhkan tingkat kreatifitas yang cukup tinggi ya, hal ini dikarenakan untuk menggambar pola daun agar lebih terkesan cantik dan nyata.

Adapun, cara pembuatan daun dari kertas origami ini adalah dengan menggambar pola terlebih dahulu pada kertas origami, apabila pola daun sudah terbentu.

Maka guntinglah kertas origami mengikuti pola ssvata hati-hati. Selanjutnya kalian bisa merangkai daun tersebut dengan menggunakan tali sebagai tirai atau bisa langsung ditempelkan pada dinding sebagai hiasan.

Baca Juga: Kerajinan Dari Paralon

9. Kerajinan Origami Berbentuk Kipas

Gambar Kerajinan Origami Berbentuk Kipas
https://www.duniabelajaranak.id/

Kerajinan yang bisa dibuat dengan menggunakan kertas origami selanjutnya adalah kerajinan berbentuk kipas. Kerajinan ini tentunya sangat mudah dibuat sehingga menjadi salah satu kerajinan yang bisa dibuat dengan cukup mudah.

Yakni pertama-tama lipatlah kertas origami ke arah depan dan juga belakang sehingga bisa membentuk sebuah kipas yang memanjang.

Selanjutnya, guntinglah kertas yang ada pada bagian ujung kertas dengan posisi miring sehingga bisa membentuk gelombang, selanjutnya tekuk kembali bagian yang ada pada tengah sehingga bisa menyatu dengan ujung yang ada pada kertas origami.

Kemudian berikan kembali lem yang ada pada bagian tengah dan gabungkan lagi hingga menjadi sebuah bentuk kipas yang utuh.

10. Kerajinan Origami Berbentuk Kupu-Kupu

Gambar Kerajinan Origami Berbentuk Kupu-Kupu
https://www.wikihow.com/

Dinding memang bisa dihias dengan menggunakan berbagai macam hiasan yang sangat unik, salah satunya adalah kupu-kupu yang terbuat dari kertas origami.

Ya cara pembuatan kupu-kupu dari kertas origami ini juga sangat mudah loh, dimana pertama-tama gambarkan terlebih dahulu sebuah pola yang berbentuk mirip seperti orang dengan badan berbentuk segitiga.

Apabila susah, maka lipatlah kertas origami tersebut pada bagian depan dan juga belakang, selanjutnya ikatlah kertas yang ada pada bagian tengah dengan menggunakan pita. Kerajinan kupu-kupu dari kertas origami sudah siap untuk dijadikan sebagai hiasan dirumah.

11. Kerajinan Origami Berbentuk Love

Gambar Kerajinan Origami Berbentuk Love
https://www.tsunagujapan.com/

Apakah kalian sedang lagi jatuh cinta? Apabila iya, maka kerajinan yang satu ini cocok buat kalian, yakni kerajinan berbentuk love atau hati dengan menggunakan kertas origami.

Cara membuat love dari kertas origami ini juga cukup mudah, yakni siapkan terlebih dahulu kertas origami tentunya yang berwarna merah ya, apabila sudah maka bentuklah sebuah pola hati pada 3 kertas origami, kalian bisa membuat pola ini dengan menggunakan pensil saja.

Selanjutnya, kalian bisa menggunting pola tersebut dan kemudian lekuk kan hati dari kertas origami tersebut, jangan lupa untuk memberikan sedikit selotip ya pada lekukan tersebut. Hati dari kertas origami sudah siap, bagaimana sangat mudah bukan?


Penutup Artikel Kerajinan dari Origami

Demikianlah 11+ contoh kerajinan dari origami lengkap dengan gambarnya. Dimana sebenarnya masih banyak bentuk kerajinan lainnya yang bisa kita buat dengan menggunakan bahan dasar kertas origami ini.

Jadi, tunggu apalagi mari kita manfaatkan kertas origami menjadi bentuk kerajinan yang bisa menjadi ladang penghasilan bagi kita, semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian ya.

Kerajinan dari Origami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.