9+ Contoh Kerajinan dari Pita dan Cara Membuat Sederhana

Kerajinan dari Pita – Pita merupakan salah satu bahan yang bisa dibuat menjadi berbagai macam kerajinan yang sangat cantik, kerajinan dari pita ini pada umumnya berbentuk sebuah bunga yang sangat cantik.

Bunga ini tentunya selain bisa digunakan sebagai hiasan juga bisa dirubah menjadi buket yang bisa dijadikan sebagai hadiah. Banyak sekali bentuk bunga yang bisa dibuat dari pita ini, tentunya bahan pita yang digunakan juga bermacam-macam, bukan hanya bunga saja.

Kerajinan dari pita juga ada yang berbentuk sebuah gantungan kunci atau hiasan untuk parcel, penasaran kan apa saja contoh kerajinan dari pita ini? Jadi, langsung saja yuk simak penjelasan di bawah ini!

Kerajinan Dari Pita


Contoh Kerajinan dari Pita

Seperti yang kita tahu, bahwa pita memang salah satu bahan yang sering di rubah menjadi berbagai macam jenis bunga dan juga hiasan. Bunga dari pita ini tentunya mempunyai bentuk yang sangat cantik dan tidak kalah dengan bunga asli pada umumnya.

Lalu, jenis bunga atau kerajinan apa saja yang bisa dibuat dari bahan dasar pita ini? Maka dari itu, simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui contoh-contoh kerajinan dari pita tersebut.

  • Kerajinan Bunga Mawar dari Pita

Gambar Kerajinan Bunga Mawar dari Pita Satin
https://id.pinterest.com/

Bunga mawar mempunyai bentuk yang indah, tapi apakah kalian tahu bahwa bunga mawar juga bisa dibuat dari bahan pita satin loh. Ya, bunga mawar yang terbuat dari pita satin ini tentunya tidak kalah cantik jika dibandingkan dengan bentuk bunga mawar yang aslinya.

Cara membuat bunga mawar dari pita satin ini juga cukup simple dan mudah untuk kalian tiru. Bunga mawar dari pita satin juga sangat cocok dijadikan sebagai hiasan meja atau diletakkan di pintu loh.

  • Kerajinan Dasi Kupu-Kupu dari Pita

Gambar Kerajinan Dasi Kupu-Kupu dari Pita
https://www.tokopedia.com/

Selain kalian bisa membuat berbagai macam bunga, kalian juga bisa membuat hiasan untuk box kado loh. Hiasan box kado ini bisa berbentuk sebuah dasi kupu-kupu dari pita, sehingga kalian tidak perlu khawatir lagi untuk mencari berbagai macam hiasan kado, karena kalian bisa membuat sendiri dirumah.

Cara membuat dasi kupu-kupu yang dari pita ini cukup mudah, yakni pertama-tama potonglah pita dengan ukuran sesuai yang diinginkan, selanjutnya lipat pita menjadi 3 bagian (seperti gambar) kemudian letakkan potongan pita yang lebih kecil di bagian tengah. Dasi kupu-kupu dari pita sudah siap digunakan.

Baca Juga: Kerajinan Dari Cd Bekas

  • Kerajinan Bros dari Pita Satin

Gambar Kerajinan Bros dari Pita Satin
https://toriolo.com/

Kerajinan dari pita selanjutnya adalah bross, kerajinan yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi buat kita semua bukan? Dimana memang bross dari pita menjadi salah satu kerajinan yang sangat mudah kita temukan di berbagai tokoh setiap daerah.

Bross dari pita ini juga mempunyai bentuk yang sangat cantik apalagi jika dikombinasikan dengan berbagai macam manik-manik. Membuat bross dari pita juga cukup simple, apalagi pita menjadi salah satu bahan yang mudah dibentuk.

Maka dari itu tidak heran apabila banyak sekali bentuk bross yang dibuat dari bahan pita ini, bross dari pita selain bisa digunakan sendiri juga bisa dijual kembali.

  • Kerajinan Hiasan Parcel dari Pita Jepang

Gambar Kerajinan Hiasan Parcel dari Pita Jepang
https://shopee.co.id/

Parcel merupakan paket yang biasanya kita kirimkan pada kerabat dekat, parcel juga bisa digunakan sebagai hantaran untuk pernikahan atau acara lamaran. Tentunya bentuk parcel ini tidak selalu polos loh, melainkan parcel kebanyakan terdapat berbagai macam hiasan yang menarik, dimana hiasan tersebut rata-rata terbuat dari bahan pita.

Salah satu contoh hiasan parcel ini adalah bunga yang dibuat dengan pita Jepang. Ya, bunga ini tentunya mempunyai bentuk yang sangat indah, dimana kalian bukan hanya menggunakan satu jenis pita saja, melainkan kalian bisa mengkombinasikan dengan dua atau bahkan lebih jenis pita.

  • Kerajinan Gantungan Kunci dari Pita

Gambar Kerajinan Gantungan Kunci dari Pita
https://www.dekoruma.com/

Kerajinan dari pita selanjutnya adalah gantungan kunci dari pita, ya memang pita bisa dibuat menjadi berbagai macam bentuk kerajinan. Salah satu kerajinan yang bisa dibuat dengan mudah dari pita ini adalah gantungan kunci.

Kalian bisa membuat berbagai macam jenis gantungan, diantara anyaman berbentuk ikan dari pita, anyaman berbentuk ketupat dari pita dan masih banyak lagi yang lainnya. Kalian juga bisa membuat gantungan kunci dari pita dengan mudah, yakni hanya dengan menggabungkan berbagai macam jenis atau warna pita dan diikat pada gantungan kunci.

  • Kerajinan Buket Bunga dari Pita

Gambar Kerajinan Buket Bunga dari Pita
https://www.cendananews.com/

Buket terdiri dari berbagai macam jenis, dari mulai bunga, makanan ringan, uang, kerudung, boneka dan masih banyak lagi yang lainnya. Tapi, apakah kalian tahu ternyata buket bunga ini tidak selalu bunga asli loh, melainkan kalian juga bisa membuat buket bunga dari bahan pita.

Buket dari pita ini tentunya bisa dijadikan pilihan, selain karena pita ini ringan, pita juga terdiri dari berbagai macam warna yang menarik dan mempunyai sifat yang mudah dibentuk. Maka dari itulah bunga dari pita ini mempunyai berbagai macam jenis bentuk yang menarik.

  • Kerajinan Hiasan Meja dari Pita

Gambar Kerajinan Hiasan Meja dari Pita
https://larontuak.blogspot.com/

Meja tampak polos tentunya sangat membosankan, maka dari itulah kalian membutuhkan beberapa hiasan untuk mengisi kekosongan yang ada pada meja ruang tamu. Selain makanan ringan yang mungkin selalu ada, meja tamu juga alangkah lebih baiknya terdapat hiasan berupa vas bunga.

Jenis bunga yang ada pada ruang tamu ini tidak selalu bunga asli saja atau mungkin bunga dari kain flanel. Dimana kalian bisa loh membuat bunga ini dari bahan pita, dengan bunga tersebut maka meja yang ada di ruang tamu akan tampak semakin indah dan tidak membosankan.

  • Kerajinan Bunga Sakura dari Pita Jepang

Gambar Kerajinan Bunga Sakura dari Pita Jepang
https://www.kibrispdr.org/

Bunga dari pita selanjutnya adalah bunga sakura, ya kalian tidak perlu jauh-jauh mencari jenis bunga ini di luaran saja loh, melainkan kalian bisa membuat bunga sakura dari pita Jepang. Tentunya meskipun terbuat dari pita, bunga sakura ini juga tidak kalah cantik jika dibandingkan bunga pada umumnya.

Cara membuat bunga sakura ini juga cukup mudah, yakni kalian bisa memotong terlebih dahulu pita dengan panjang sesuai dengan keinginan. Kemudian potong semua bagian pita (seperti pada gambar, jangan sampai putus ya), apabila sudah maka kalian bisa melilitkan pita tersebut kepada kawat, selanjutnya apabila semua sudah terlilit, maka kalian bisa menambah pita warna hijau untuk kawatnya.

Baca Juga: Kerajinan Dari Tali Kur

  • Kerajinan Bunga Anggrek dari Pita Satin

Gambar Kerajinan Bunga Anggrek dari Pita Satin
https://www.youtube.com/

Jenis bunga terakhir yang bisa dibuat dari bahan pita ini adalah bunga anggrek. Berbeda dengan bunga sakura yang dibuat dengan cara melilitkan pita pada kawat, dimana bunga anggrek bisa kalian buat dengan memotong pita sesuai dengan pola bunga pada umumnya. Selanjutnya pola-pola tersebut disusun menjadi sebuah kelopak bunga yang kemudian dipasangkan pada kawat yang sudah disiapkan.


Jenis-Jenis Pita

Untuk membuat kerajinan dari pita tersebut, kalian bisa menggunakan beberapa jenis pita tertentu loh. Dimana memang pita ini bukan hanya terdiri dari satu jenis saja, melainkan terdiri dari berbagai macam jenis yang mempunyai karakteristik tersendiri.

Lalu apa sih jenis-jenis bahan pita yang bisa dijadikan sebagai kerajinan? Untuk menjawab rasa penasaran kalian, maka dari itu langsung saja yuk simak penjelasan di bawah ini!

  • Pita Beludru atau Velvet

Gambar Pita Beludru atau Velvet
https://shopee.co.id/

Jenis pita yang pertama adalah pita beludru atau velvet, dimana pita jenis ini mempunyai bulu halus yang mempunyai ukuran pendek. Pita jenis ini pada umumnya mempunyai bentuk dengan warna yang polos tanpa adanya motif tetapi menggambarkan akan kemewahan atau kefeminiman.

  • Pita Grosgrain

Gambar Pita Grosgrain
https://www.tokopedia.com/

Jenis pita selanjutnya adalah pita grosgrain, dimana jenis pita ini pada umumnya digunakan sebagai hiasan untuk hampers atau untuk kerajinan tangan. Pita jenis ini cenderung licin dan juga mempunyai garis, dimana kalian bisa menemukan berbagai macam warna dan juga ukuran pada pita grosgrain ini.

  • Pita Iridescent

Gambar Pita Iridescent
https://indonesian.alibaba.com/

Pita iridescent merupakan salah satu jenis pita yang mempunyai bentuk cenderung mirip dengan pita plastik. Tapi, tentunya dua jenis ini berbeda ya, dimana pita iridescent mempunyai bentuk yang cenderung mengkilap dan juga berkilau.

  • Pita Jacquard

Gambar Pita Jacquard
https://bahansouvenirmurah.com/

Apakah kalian sudah tahu apa yang dimaksud dengan pita jacquard? Pita jacquard merugikan salah satu jenis pita yang terdiri dari bahan tenun, dimana pita ini mempunyai corak yang cenderung menonjol. Pita jacquard sendiri mempunyai karakter berupa pola berulang, pada umumnya pita ini sering digunakan untuk membuat pinggiran pada taplak atau hiasan pada baju.

  • Pita Katun

Gambar Pita Katun
https://id.aliexpress.com/

Pita katun merupakan jenis pita yang juga sering digunakan sebagai bahan kerajinan tangan. Pita katun sendiri mempunyai bentuk yang cenderung tidak mengkilap berbeda halnya dengan pita jenis satin, pita katun ini juga terdiri dari berbagai macam jenis loh, baik warna, corak atau ukuran.

  • Pita Kawat

Gambar Pita Kawat
https://shopee.co.id/

Seperti dengan namanya, dimana pita kawat merupakan pita yang mempunyai tekstur lebih kaku, hal ini dikarenakan pita kawat memang terbuat dari kawat yang kaku. Pada umumnya, kalian pasti sering menemukan jenis pita kawat ini pada kemasan makanan atau souvenir ya? Hal ini dikarenakan memang pita kawat cenderung digunakan untuk mengikat bungkus makanan atau souvenir tersebut.

  • Pita Kertas

Gambar Pita Kertas
https://shopee.co.id/

Pita kertas merupakan salah satu jenis pita yang bahannya terbuat dari kertas. Sehingga pita ini juga mempunyai sifat yang sama dengan kertas yakni mudah putus, pada umumnya jenis pita kertas ini juga digunakan untuk membuat berbagai macam jenis kerajinan tangan loh, baik hanya untuk hiasan pelengkap atau untuk membuat sebuah bunga.

Baca Juga: Kerajinan Dari Bulu Ayam

  • Pita Organza

Gambar Pita Organza https://indonesian.alibaba.com/

Pita organza merupakan jenis pita yang dibuat dari bahan tekstil yang mempunyai tekstur kaku. Dimana pita yang satu ini terdiri dari dua jenis, yakni pita organza polos atau yang mempunyai emas pada pinggir pitanya.

  • Pita Plastik

Gambar Pita Plastik
https://biggo.id/

Pita plastik merupakan jenis pita yang dibuat dari bahan plastik propylen, sehingga pita plastik ini juga tahan akan air. Pada umumnya pita plastik atau yang sering dinamakan sebagai pita Jepang atau pita kado ini sering digunakan sebagai bahan kerajinan tangan, dekorasi dan juga sebagai hiasan kado.

  • Pita Satin

Gambar Pita Satin
https://montemanik.com/

Jenis pita yang terakhir adalah pita satin, dimana pita ini merupakan salah satu jenis pita yang sering digunakan. Sesuai dengan namanya dimana pita satin mempunyai tekstur yang cenderung mengkilap dan halus, hal ini dikarenakan pita tersebut di buah dari bahan satin.


Penutup

Demikianlah 9+ contoh kerajinan dari pita beserta gambar dan juga jenis-jenis pita. Dimana sebenarnya masih banyak bentuk kerajinan lainnya yang bisa kita buat dengan menggunakan bahan dasar pita ini.

Jadi, tunggu apalagi mari kita manfaatkan pita menjadi bentuk kerajinan yang bisa menjadi ladang penghasilan bagi kita, semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian ya.

Kerajinan Dari Pita

Tinggalkan komentar