15+ Contoh Kerajinan dari Sabun dan Cara Membuat Sederhana

Kerajinan dari Sabun – Apakah kalian tahu, kerajinan dari sabun merupakan salah satu kerajinan yang mempunyai nilai seni yang tinggi loh.

Pada saat ini banyak sekali masyarakat yang memanfaatkan bahan sabun ini menjadi berbagai macam kerajinan yang mempunyai nilai jual.

Banyak sekali bentuk kerajinan dari sabun yang bisa kita buat, baik itu bentuk kerajinan bunga sabun, mobil sabun dan karakter yang lainnya.

Lalu, apa sebenarnya kerajinan, teknik membuatnya beserta contoh dan manfaat kerajinan dari sabun ini? Maka dari itu, yuk simak penjelasan berikut ini!


Pengertian Kerajinan dari Sabun 

Kerajinan Dari Sabun

Kerajinan dari sabun ini merupakan salah satu bentuk kerajinan yang pada saat ini banyak diminati oleh masyarakat, dimana bahan dasar dari kerajinan ini adalah sabun.

Kerajinan ini juga menjadi salah satu jenis kerajinan yang bahannya bisa didapatkan dengan mudah dan tentunya murah. Kerajinan dari sabun bisa dibentuk menjadi berbagai macam karakter yang unik dan lucu.

Sehingga sangat cocok apabila dijadikan sebagai hadiah souvenir atau hadiah yang lainnya. Bukan hanya itu saja, kalian juga bisa menjual kembali kerajinan ini loh, apalagi wangi dari sabun nya yang juga bisa menarik perhatian konsumen.


Teknik Membuat Kerajinan dari Sabun 

Membuat kerajinan dari sabun ini juga tidak bisa secara sembarangan loh. Hal ini dikarenakan untuk membentuk sebuah karakter yang unik.

Maka dibutuhkan tingkat kreativitas dari pengrajin dan beberapa teknik yang digunakan, lalu apa saja teknik untuk membuat kerajinan dari bahan sabun tersebut? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Baca Juga: Kerajinan Dari Kerang

  • Teknik Parut

Kerajinan Dari Sabun Teknik Parut

Teknik parut merupakan teknik yang bisa digunakan untuk membuat kerajinan dari bahan sabun ini, dimana teknik ini juga cukup mudah, berikut ini merupakan salah satu contoh teknik parut yang bisa diimplementasikan untuk membuat bunga.

 

  1. Pertama-tama patutlah terlebih dahulu sabun menjadi serpihan yang kecil, apabila kalian menggunakan warna yang berbeda, maka jangan dicampur ya melainkan harus dipisahkan sesuai dengan warna. 
  2. Selanjutnya pada parutan sabun tadi, campurkan tepung tapioka atau apabila kalian tidak mempunyai maka bisa diganti menjadi tepung maizena dengan menggunakan takaran perbandingan 2:3.
  3. Kemudian campur adonan parutan sabun dan tepung tapioka tersebut dengan menggunakan tangan ya, hal ini agar adonan bisa dengan mudah dibentuk dan tercampur dengan rata, apabila adonan masih terasa keras maka tambahkan air sedikit. 
  4. Selanjutnya apabila semua bahan sudah tercampur, maka kalian bisa membentuk adonan tersebut sesuai dengan keinginan. Misalnya bentuk bunga atau daun.
  5. Untuk menopang kelopak, kalian bisa menggunakan lidi atau sumpit.
  6. Selanjutnya lapisi batang lidi dengan menggunakan sisa campuran bahan, kemudian rangkai bunga. Bunga dari sabun ini juga bisa dijadikan buket untuk hadiah wisuda loh.

 

  • Teknik Cetak

Kerajinan Dari Sabun Teknik Cetak

Teknik cetak termasuk kedalam jenis teknik yang bisa digunakan untuk membuat berbagai macam kerajinan sabun dengan mudah loh.

Dimana cara ini jauh lebih mudah dan tidak memakan waktu yang lama jika dibandingkan dengan menggunakan teknik yang lainnya.

Sesuai dengan namanya, dimana teknik cetak akan menggunakan sebuah cetakan yang kemudian diisi dengan menggunakan bahan sabun yang sudah dicairkan. Berikut ini merupakan salah satu contoh yang bisa dilakukan dengan menggunakan teknik cetak.

  1. Pertama-tama siapkan terlebih dahulu bahan sabun yang kemudian dicincang sampai halus.
  2. Selanjutnya tambahkan sedikit air dan lelehkan dengan menggunakan bantuan microwave atau bisa dilakukan dengan menggunakan mangkuk yang diisi dengan menggunakan air panas atau bisa juga dengan melelehkan didalam panci dengan menggunakan api yang kecil.
  3. Selanjutnya, angkat adonan apabila sudah benar-benar meleleh, apabila kalian masih kurang puas dengan warnanya, maka kalian bisa menambahkan kembali pewarna ke dalam larutan.
  4. Siapkan cetakan, lalu tuang cairan sabun ke dalam cetakan ini. Jangan khawatir untuk mendapatkan cetakan sabun ini, karena sekarang cetakan sabun sudah banyak dijual di berbagai online shop.

 

  • Teknik Ukir

Kerajinan Dari Sabun Teknik Ukir

Teknik ukir merupakan salah satu teknik yang juga bisa diimplementasikan untuk membuat kerajinan dari sabun, dimana teknik ini menggunakan alat bantuan berupa pisau ulir khusus yang bisa dibentuk berdasarkan pola yang sudah dirancang.

Teknik ini membutuhkan tingkat ketelitian yang cukup tinggi dan juga memakan waktu yang cukup lama jika dibandingkan dengan menggunakan teknik yang lainnya.

Tetapi, hasil yang dihasilkan jauh lebih bagus dan juga indah jika dibandingkan dengan menggunakan teknik yang lainnya. Karena memang hasilnya nanti akan sesuai dengan tingkat kreativitas dari para pengrajin.

Seperti pada penjelasan diatas, bahwa teknik ini membutuhkan beberapa alat khusus seperti pisau ukir khusus, gunting, cutter dan benda tajam lainnya yang bisa digunakan.

Hal yang paling penting adalah untuk membuat teknik ukir, maka disarankan untuk menggunakan sabun yang mempunyai warna soft, karena warna tersebut tidak meninggalkan bekas yang bisa dilihat secara langsung. 

Berikut ini merupakan salah satu contoh yang bisa digunakan untuk implementasi teknik ukir kerajinan dari bahan sabun.

  1. Pertama-tama siapkan terlebih dahulu bentuk pola atau karakter yang ingin dibuat.
  2. Selanjutnya gunakan pisau ukir yang tajam dan tempelkan ke dalam sabun.
  3. Goreskan pisau ukir tersebut hingga menjadi bentuk pola yang sudah kalian rencanakan sebelumnya.
  4. Apabila semua pola sudah terbentuk, maka kalian bisa merapikan kembali hasilnya.

Contoh Kerajinan dari Sabun 

Pada penjelasan diatas kita sudah membahas tentang teknik yang bisa digunakan untuk membuat berbagai macam kerajinan. Maka dari itu, selanjutnya kita akan membahas tentang contoh yang bisa kita jadikan referensi untuk membuat kerajinan, yuk simak contoh dibawah ini!

  • Kerajinan Beruang dari Sabun

Kerajinan Beruang Dari Sabun

Kerajinan yang dibuat dengan menggunakan bahan sabun yang pertama adalah beruang. Dimana kerajinan yang satu ini tentunya sangat menarik untuk dikoleksi bukan? Ya, sabun memang bisa disulap menjadi bentuk beruang yang cantik dan lucu.

Dimana teknik yang bisa digunakan untuk membuat karakter beruang ini, bisa berupa teknik ukir atau menggunakan teknik cetak. Karakter beruang yang dibuat dari bahan sabun ini bisa kalian jadikan menjadi salah satu list barang yang bisa dijadikan sebagai hadiah.

  • Kerajinan Buah Nanas dari Sabun

Kerajinan Buah Nanas Dari Sabun

Kerajinan nanas yang dibuat dari bahan sabun ini tidak kalah loh jika dibandingkan dengan kerajinan nanas yang dibuat dengan menggunakan bahan yang lainnya.

Sabun batangan memang bisa dijadikan menjadi bahan yang bisa digunakan untuk membuat berbagai macam kerajinan yang bahkan bisa dijual kembali, sehingga sangat cocok apabila kalian ingin membuka usaha tetapi hanya mempunyai modal yang minim.

  • Kerajinan Bunga dari Sabun 

Kerajinan Bunga Dari Sabun

Apabila kalian bisa membuat bunga dari kain, maka kalian juga bisa membuat kerajinan bunga dari bahan dasar sabun loh. Bahkan dengan bunga yang dibuat dari sabun, maka kalian tidak perlu menambahkan wangi tambahan karena sudah terdapat wangi asli yang dihasilkan dari bahan dasar sabun. 

Bunga yang berasal dari bahan dasar sabun ini juga bisa diolah menjadi buket bunga untuk hadiah loh, baik itu hadiah wisuda, pernikahan atau ulang tahun.

Selain kalian bisa membuatnya sendiri, buket dari bahan dasar sabun ini juga bisa kalian jual kembali dengan harga yang juga tidak kalah jika dibandingkan dengan kerajinan yang lainya, bagaimana apakah anda tertarik?

  • Kerajinan Burung Hantu dari Sabun

Kerajinan Burung Hantu Dari Sabun

Kerajinan yang bisa dibuat dengan menggunakan bahan dasar sabun yang lainnya adalah burung hantu. Ya, siapa sangka ternyata sabun juga bisa diubah menjadi bentuk kerajinan hewan burung hantu yang unik dan cantik loh. 

Bagi kalian yang tidak bisa membentuk polanya, maka jangan khawatir karena saat ini sudah banyak yang menjual cetakan sabun dengan berkarakter hewan burung hantu ini.

Cara membuatnya menggunakan teknik cetak, yakni dengan melelahkan sabun terlebih dahulu yang kemudian dicetak dengan menggunakan cetakan khusus.

Baca Juga: Kerajinan Dari Kulit Jagung

  • Kerajinan Gajah dari Sabun

Kerajinan Gajah Dari Sabun

Selain sabun bisa diubah menjadi bentuk hewan burung hantu, maka dari itu sabun juga bisa dibuat dengan menggunakan karakter hewan gajah yang lucu dan unik loh.

Bukan hanya dengan menggunakan teknik cetakan saja, kalian juga bisa membuat kerajinan berupa hewan gajah dari sabun ini dengan menggunakan teknik ukir, tapi tentunya membutuhkan waktu yang cukup lama jika dibandingkan dengan menggunakan teknik cetak.

  • Kerajinan Ikan dari Sabun

Kerajinan Ikan Dari Sabun

Kerajinan dari sabun selanjutnya adalah ikan, bentuk ikan ini juga tidak kalah indah jika dibandingkan dengan bentuk hewan yang lainnya. Dimana cara membuatnya juga mudah, yakni hanya dengan membentuk sabun dengan menggunakan teknik ukir.

Meskipun kerajinan ini sederhana, tetapi bentuk yang dihasilkan juga tidak jauh kalah berbeda dengan kerajinan yang lainnya. Kalian juga bisa membuat sendiri sehingga bisa mengasah kemampuan kreativitas agar lebih meningkat.

  • Kerajinan Kelinci dari Sabun

Kerajinan Kelinci Dari Sabun

Kerajinan dari sabun dengan karakter hewan selanjutnya adalah kelinci. Cara membuatnya juga sama dengan cara membuat kerajinan dari ikan, dimana kalian bisa menggunakan teknik ukir.

Sebelumnya buat terlebih dahulu pola berupa hewan kelinci pada kertas, selanjutnya tempelkan kertas tersebut di atas sabun dan potong sabun mengikuti bentuk pola. Selanjutnya kalian bisa menambah beberapa bagian dan juga bisa merapikan kembali bentuk pola yang sudah jadi.

Baca Juga: Kerajinan Dari Batu

  • Kerajinan Kupu-Kupu dari Sabun

Kerajinan Kupu Kupu Dari Sabun

Kerajinan dari bahan sabun dengan karakter hewan yang terakhir adalah kupu-kupu. Dimana kalian bisa mendapatkan bentuk kerajinan ini dengan menggunakan teknik cetak.

Kalian juga bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan teknik ukir, kerajinan kupu-kupu yang dibuat dari bahan dasar sabun ini juga tidak kalah cantik jika dibandingkan dengan kerajinan yang dibuat dari bahan dasar sabun yang lainnya.

Manfaat Kerajinan dari Sabun 

Manfaat Kerajinan Dari Sabun

Pada penjelasan diatas kita sudah mengetahui apa saja contoh kerajinan, teknik dan pengertian kerajinan dari sabun, lalu apa manfaat yang diperoleh dari kerajinan sabun ini? Maka dari itu, untuk mengetahui manfaat tersebut, yuk simak penjelasan di bawah ini!

  1. Dengan membuat kerajinan dari sabun, maka kita bisa membantu pengetahuan anak agar semakin berkembang.
  2. Membuat kerajinan dari sabun bisa digunakan untuk membantu pengembangan kemampuan motorik dari anak. 
  3. Dengan membuat kerajinan dari sabun maka rumah juga akan lebih menarik dan nyaman.
  4. Dengan membuat kerajinan dari bahan dasar sabun, maka waktu luang yang tidak terpakai bisa lebih bermanfaat.
  5. Dengan membuat kerajinan dari bahan dasar sabun, maka anak bisa membentuk berbagai macam karakter, sehingga anak semakin kreatif.

Penutup

Demikianlah pengertian kerajinan dari sabun, teknik membuatnya, contoh dan juga manfaat yang dihasilkan. Dimana sebenarnya masih banyak karakter kerajinan yang bisa kita buat dengan menggunakan bahan dasar sabun ini.

Jadi, tunggu apalagi mari kita manfaatkan bahan sabun menjadi bentuk kerajinan yang bisa menjadi ladang penghasilan bagi kita, semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian ya.

Kerajinan dari Sabun

Tinggalkan komentar