14+ Contoh Kerajinan dari Sabut Kelapa dan Cara Membuatnya

Kerajinan Dari Sabut Kelapa

Kerajinan dari Sabut Kelapa – Kerajinan dari sabut kelapa merupakan bentuk benda yang dihasilkan dari sabut kelapa, dimana sabut kelapa sendiri merupakan bagian kasar yang berguna untuk melindungi buah kelapa.

Ya, buah kelapa memang terkenal dengan semua bagiannya yang bisa diolah kembali, salah satunya sabut kelapa ini. Tentunya sebelum kerajinan dari sabut kelapa ini dibuat, maka bahan utama yakni sabut kelapa harus dibersihkan terlebih dahulu.

Banyak sekali kerajinan yang bisa dihasilkan dari bahan yang satu ini. Penasaran apa saja contoh kerajinan hasil pengolahan sabut dari buah kelapa ini?

Maka dari itu, yuk simak berbagai macam kerajinan yang bisa kalian jadikan referensi untuk membuat sebagai hiasan atau dijadikan sebagai usaha berikut ini!


Contoh Kerajinan dari Sabut Kelapa

No Hasil Kerajinan dari Sabut Kelapa
1 Kerajinan Bantal dari Sabut Kelapa
2 Kerajinan Briket dari Sabut Kelapa
3 Kerajinan Cocomesh dari Sabut Kelapa
4 Kerajinan Cocopeat dari Sabut Kelapa
5 Kerajinan Cocopot dari Sabut Kelapa
6 Kerajinan Cocosheet dari Sabut Kelapa
7 Kerajinan Coir Net dari Sabut Kelapa
8 Kerajinan Jok Mobil dari Sabut Kelapa
9 Kerajinan Kasur dari Sabut Kelapa
10 Kerajinan Keset dari Sabut Kelapa
11 Kerajinan Matras dari Sabut Kelapa
12 Kerajinan Peredam Getar Suara dari Sabut Kelapa
13 Kerajinan Sapu dari Sabut Kelapa
14 Kerajinan Tali Tambang dari Sabut Kelapa

Bahan dasar sabut kelapa ini bisa diolah kembali menjadi berbagai macam kerajinan yang bisa dijual kembali loh, banyak sekali bentuk yang bisa dibuat, baik itu bantal, briket, kasur, jok mobil dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Usaha membuat kerajinan dari bahan dasar sabut kelapa ini juga mempunyai nilai jual yang tinggi, lalu apa saja contoh kerajinan dari sabut kelapa ini? Maka dari itu, yuk simak penjelasan di bawah ini!

1. Kerajinan Bantal dari Sabut Kelapa

Kerajinan Sarung Bantal Dari Serat Goni
Gambar Kerajinan Bantal dari Sabut Kelapa
https://sabutkelapaberkaret.files.wordpress.com

Kerajinan yang menggunakan bahan dasar sabut kelapa yang pertama adalah bantal. Ya, siapa sangka ternyata bantal juga bisa dibuat dari bahan sabut kelapa loh, jadi bukan hanya bantal dari kapas, kapuk atau dakron saja, untuk proses pembuatan bantal dari sabut kelapa ini juga cukup susah jika dibandingkan dengan menggunakan bahan yang lainnya.

Adapun cara membuat bantal ini adalah siapkan terlebih dahulu sabut kelapa yang sudah benar-benar hilang warna kecoklatannya, untuk menghilangkan warna tersebut kalian bisa menggunakan larutan pengelantang.

Selanjutnya lakukan proses penghalusan dengan menggunakan minyak nabati dan proses pengeringan, apabila sudah maka, sabut kelapa sudah bisa dimasukkan ke dalam cetakan bantal.

Baca Juga: Kerajinan Dari Kaleng Bekas

2. Kerajinan Briket dari Sabut Kelapa

Kerajinan Briket Dari Sabut Kelapa
Gambar Kerajinan Briket dari Sabut Kelapa
https://veranoest.net/

Selain terbuat dari bahan batu bara, briket juga bisa dibuat dengan menggunakan sabut kelapa, tentunya briket yang dibuat dari bahan sabut kelapa ini jauh lebih ramah lingkungan dan tentunya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan briket yang dibuat dari bahan batubara.

Cara pembuatan briket ini juga membutuhkan beberapa waktu, yakni bakar terlebih dahulu sabut kelapa dan diamkan selama satu malam.

Selanjutnya, apabila sudah kering, maka keluarkan dan tumbuk hingga halus, apabila sudah maka lakukan kembali penyaringan kembali. Hasil yang sudah ditumbuk maka campurkan menggunakan lem kanji, dan tuangkan kedalam percetakan, kemudian jemur secara langsung di bawah matahari hingga benar-benar kering.

3. Kerajinan Cocomesh dari Sabut Kelapa

Kerajinan Cocomesh Dari Sabut
Gambar Kerajinan Cocomesh dari Sabut Kelapa
https://iresepi.net/

Cocomesh merupakan kerajinan yang digunakan untuk penguatan tanah lahan miring, mencegah erosi dan masih banyak lagi yang lainnya. Dimana cocomesh ini mempunyai bentuk yang mirip seperti jaring dengan cara pembuatannya berupa anyaman dari tali yang terbuat secara asli dari bahan sabut kelapa. 

Cocomesh juga berguna untuk mencegah top soil yang akan lari, kemudian kelebihan yang bisa didapatkan dari cocomesh ini adalah kerajinan ini bisa tahan lama dan dibuat dengan menggunakan bahan organik.

Seperti pada penjelasan diatas, bahwa bentuk kerajinan ini berupa jaring dengan ukuran jarak tali 2×2 cm, 3×3 cm dan bisa juga disesuaikan dengan kebutuhan dari penggunanya.

4. Kerajinan Cocopeat dari Sabut Kelapa

Kerajinan Cocopeat Dari Sabut Kelapa
Gambar Kerajinan Cocopeat dari Sabut Kelapa
https://tukangreview.com/

Cocopeat merupakan salah satu kerajinan yang juga dibuat dari bahan dasar sabut kelapa, mungkin sebagian ada yang masih asing dengan kerajinan ini. Dimana cocopeat adalah produk yang digunakan untuk filter atau pengikat serat sabut. 

Pada umumnya, kerajinan cocopeat ini sering diimplementasikan untuk media pembibitan tanaman, campuran kompos dan masih banyak lagi yang lainnya. Bahkan ada juga yang memanfaatkan cocopeat ini untuk bahan isi baterai atau arang.

5. Kerajinan Cocopot dari Sabut Kelapa

Kerajinan Cocopot Dari Sabut Kelapa
Gambar Kerajinan Cocopot dari Sabut Kelapa
https://indonesian.alibaba.com/

Kerajinan dari sabut kelapa selanjutnya adalah cocopot, seperti namanya bahwa kerajinan cocopot ini mempunyai bentuk seperti pot. Karena memang kerajinan yang satu ini bisa digunakan untuk menggantikan polybag. 

Karena dibuat dengan menggunakan bahan sabut kelapa, maka cocopot ini tentunya juga tanah lingkungan jika dibandingkan dengan polybag pada umumnya. Sehingga kita bisa menghindari berbagai macam dampak negatif yang bisa saja diberikan boleh polybag yang tidak ramah lingkungan.

6. Kerajinan Cocosheet dari Sabut Kelapa

Kerajinan Cocosheet Dari Sabut Kelapa
Gambar Kerajinan Cocosheet dari Sabut Kelapa
https://produkkelapa.files.wordpress.com/

Apabila cocopot tersebut berupa polybag yang ramah lingkungan, maka berbeda dengan cocosheet, dimana kerajinan cocosheet mempunyai bentuk berupa lembaran sabut kelapa yang digunakan untuk media rambat tanaman. Cara membuatnya yakni sabut kelapa akan dijahit atau dikeritingkan. 

Pada umumnya, cocosheet mempunyai bentuk lembaran yang mempunyai lapisan dari bahan latex, seperti pada penjelasan diatas, bahwa fungsinya digunakan untuk media rambat tanam terutama untuk pohon anggrek dan pohon sejenisnya.

Baca Juga: Kerajinan Dari Logam

7. Kerajinan Coir Net dari Sabut Kelapa

Kerajinan Coir Net Dari Sabut Kelapa
Gambar Kerajinan Coir Net dari Sabut Kelapa
https://produkkelapa.wordpress.com

Coir net merupakan kerajinan yang dibuat dari bahan dasar serabut kelapa, dimana coir net ini digunakan untuk pengerasan jalan. Pada dasarnya, coir net mempunyai bentuk yang jauh lebih besar dan juga kokoh. 

Hal ini tentunya dikarenakan bahan yang digunakan untuk membuat kerajinan satu ini adalah tali yang besar, bahkan bisa mencapai 3 play. Kemudian tapi tersebut dipilin hingga menjadi bentuk ikatan yang tebal, yakni 2,5 hingga 2 cm.

8. Kerajinan Jok Mobil dari Sabut Kelapa

Kerajinan Jok Mobil Dari Sabut Kelapa
Gambar Kerajinan Jok Mobil dari Sabut Kelapa
https://medium.com

Apakah kalian tahu, ternyata bahan sabut kelapa ini juga bisa dibuat menjadi jok mobil loh, memang masih asing bentuk kerajinan yang satu ini. Adapun kelebihan dari jok mobil dengan menggunakan bahan sabut kelapa adalah tentunya ramah lingkungan.

Jok yang dibuat dengan menggunakan bahan sabut kelapa juga lebih lentur dan tidak mudah bau jika dibandingkan dengan jok mobil pada umumnya.

Cara membuatnya juga cukup susah, yakni dengan membersihkan terlebih dahulu sabut kelapa yang sudah benar-benar menghasilkan serat halus. Apabila sudah, maka masukkan bahan tersebut ke dalam cetakan jok mobil dan tekan hingga benar-benar padat, kemudian apabila sudah benar-benar padat maka dilapisi dengan menggunakan kulit.

9. Kerajinan Kasur dari Sabut Kelapa

Kerajinan Kasur Dari Sabut Kelapa
Gambar Kerajinan Kasur dari Sabut Kelapa
https://www.viva.co.id/

Apakah kalian tahu, ternyata selain bantal, kasur juga bisa dibuat dengan menggunakan bahan dasar sabut kelapa loh. Kasur ini dibuat dari bahan sabut kelapa dengan campuran berupa lateks, dimana kalian tidak perlu meragukan kualitas dari kasur ini, karena kasur sabut kelapa juga tidak kalah jika dibandingkan dengan kasur pada umumnya. 

Kasur dari sabut kelapa ini juga mempunyai bentuk yang lentur dan juga empuk. Bukan hanya itu saja, kelebihan lainnya yang ada pada kasur ini adalah kasur bisa anti air maksudnya disini adalah apabila kasur terkena air maka kasur lebih cepat kering jika dibandingkan dengan kasur pada umumnya.

10. Kerajinan Keset  dari Sabut Kelapa

Kerajinan Keset Dari Sabut Kelapa
Gambar Kerajinan Keset dari Sabut Kelapa
https://penduduk.com/

Keset yang dibuat dari bahan dasar sabut kelapa ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita bukan? Dimana memang kerajinan yang satu ini bisa kita temukan dengan mudah di pasar.

Banyak sekali bentuk keset yang dibuat dari bahan dasar sabut kelapa ini. Kelebihan keset yang dibuat dari bahan sabut kelapa adalah keset cenderung lebih cepat kering jika dibandingkan dengan keset pada umumnya.

Adapun cara membuat keset dari bahan sabut kelapa adalah dengan menyiapkan terlebih dahulu bahan berupa sabut kelapa yang tebal, kemudian campurkan semua sabut kelapa yang tebal dan kuat tersebut menjadi satu.

Apabila sudah maka masukkan kedalam cetakan dan lakukan proses pressing agar padat dan diamkan selama 1 hingga 2 hari sebelum dikeluarkan dari cetakan.

11. Kerajinan Matras dari Sabut Kelapa

Kerajinan Matras Dari Sabut Kelapa
Gambar Kerajinan Matras dari Sabut Kelapa
https://sabutkelapaberkaret.files.wordpress.com

Selain bantal dan juga kasur, matras juga bisa dibuat dari bahan dasar sabut kelapa, dimana matras ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan terutama bagi orang yang mempunyai sakit pinggang.

Matras yang dibuat dari bahan dasar sabut kelapa ini mempunyai tekstur yang lentur tapi bukan berarti mudah ditekan ya, pada umumnya matras ini sering digunakan untuk mengisi campuran yang ada pada spring bed.

12. Kerajinan Peredam Getar Suara dari Sabut Kelapa

Kerajinan Peredam Getar Suara Dari Sabut Kelapa
Gambar Kerajinan Peredam Getar Suara dari Sabut Kelapa
https://www.omahkreatif.com

Apakah kalian tahu, ternyata sabut kelapa juga bisa dibuat menjadi peredam getaran dari suara loh. Sehingga tidak heran apabila bahan sabut kelapa ini sering diimplementasikan pada dinding untuk meredam getaran suara tersebut.

13. Kerajinan Sapu dari Sabut Kelapa

Kerajinan Sapu Dari Sabut Kelapa
Gambar Kerajinan Sapu dari Sabut Kelapa
https://www.grahamesin.com

Selain keset, peralatan rumah tangga yang dibuat dari bahan sabut kelapa dan paling sering kita temukan adalah sapu, dimana sapu dari bahan sabut kelapa tentunya sudah tidak asing apalagi bagi ibu rumah tangga. Hal ini dikarenakan sapu ini menjadi salah satu sapu yang paling diminati oleh kaum ibu-ibu. 

Hal ini tentunya bukan tanpa alasan, melainkan sapu yang dibuat dari bahan dasar sabut kelapa sangat tahan lama dan tentunya bisa dengan mudah membersihkan berbagai macam kotoran, dan yang paling penting nih sapu tersebut cukup murah jika dibandingkan dengan sapu pada umumnya.

Baca Juga: Kerajinan Dari Kulit Telur

14. Kerajinan Tali Tambang dari Sabut Kelapa

Kerajinan Tali Tambang Dari Sabut Kelapa
Gambar Kerajinan Tali Tambang dari Sabut Kelapa
https://shopee.co.id/

Kerajinan dari bahan sabut kelapa yang terakhir adalah tali tambang. Dimana biasanya tali ini juga digunakan menjadi berbagai macam kerajinan, bukan hanya itu saja tali tambang yang dibuat dari bahan sabut kelapa juga bisa digunakan untuk tali kapal, tali cocomesh dan masih banyak lagi yang lainnya.


Manfaat Bahan Sabut Kelapa

Bahan Sabut Kelapa
Gambar Bahan Sabut Kelapa
https://www.suarantb.com/

Sabut kelapa juga bukan hanya bisa digunakan untuk membuat beberapa kerajinan yang disebutkan diatas saja loh, melainkan bahan sabut kelapa juga bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan lainnya.

Lalu apa saja manfaat yang ada pada sabut kelapa untuk kehidupan sehari-hari itu? Maka, yuk simak penjelasan di bawah ini!

  1. Bahan dasar sabut kelapa bisa digunakan untuk memasak menggantikan bahan kayu.
  2. Bahan dasar sabut kelapa merupakan bahan yang bisa digunakan untuk membuat berbagai macam kerajinan yang unik dan mempunyai nilai jual.
  3. Bahan dasar sabut kelapa bisa digunakan untuk pupuk organik.
  4. Bahan dasar sabut kelapa bisa digunakan untuk menyaring air dari kotoran.

Penutup Artikel Kerajinan dari Sabut Kelapa

Demikianlah contoh kerajinan dari sabut kelapa beserta manfaat yang diberikan oleh bahannya. Dimana sebenarnya masih banyak bentuk kerajinan yang bisa kita buat dengan menggunakan bahan dasar sabut kelapa ini.

Jadi, tunggu apalagi mari kita manfaatkan sabut kelapa menjadi bentuk kerajinan yang bisa menjadi ladang penghasilan bagi kita dan bisa digunakan untuk mengisi waktu luang, semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian ya.

Kerajinan dari Sabut Kelapa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.