14+ Contoh Kerajinan dari Sedotan dan Cara Membuat yang Mudah

Kerajinan Dari Sedotan – Siapa sih yang tak pernah menjumpai sedotan? Begitu melimpah bukan? Bahkan keberadaan limbah sedotan dapat mengganggu keseimbangan alam.

Dengan demikian perlu dilakukan pembuatan kerajinan dari sedotan sebagai upaya pemanfaatan kembali limbah sedotan yang tidak terpakai.

Nah, kali ini kita akan membahas bersama mengenai kerajinan dari sedotan. Terdapat berbagai macam contoh kerajinan yang dapat dibuat dari bahan limbah sedotan.

Apa saja kerajinan tersebut? Dan bagaimana manfaat dalam proses pembuatannya? Yuk kita simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Kerajinan Dari Sedotan


Pengertian Kerajinan dari Sedotan

Pengertian Kerajinan dari Sedotan
rekreartive.com

Kerajinan memang salah satu hasil seni rupa yang cukup unik. Pasalnya kerajinan dibuat dengan memanfaatkan berbagai jenis bahan baik alam maupun bahan non alam, seperti sedotan, plastik, dan lain sebagainya.

Nah, kali ini kita akan membahas bersama mengenai apa itu kerajinan dari sedotan. Kerajinan dari sedotan dapat diartikan sebagai hasil karya berupa kerajinan tangan yang menggunakan bahan dasar sedotan minuman.

Kerajinan dapat dikreasikan sesuai kebutuhan dan kreatifitas kita, serta dalam proses pembuatannya dapat memberikan nilai manfaat yang banyak bagi kita.


Manfaat Kerajinan dari Sedotan

Manfaat Kerajinan dari Sedotan
pinhome.id

Kerajinan dari sedotan memang cukup unik dan terbilang sederhana dalam proses pembuatannya. Sedotan yang berwarna-warni dapat digunakan sebagai bahan kerajinan tangan yang juga beraneka ragam bentuk dan warnanya, mulai dari tas, taplak meja, dan lain sebagainya.

Tidak hanya menghasilkan beragam jenis karya, ternyata dalam proses pembuatannya juga mengandung berbagai manfaat bagi kita. Kegiatan membuat kerajinan memanglah menyenangkan dan kaya akan manfaat. Apa saja manfaat dalam membuat kerajinan dari sedotan? Mari kita simak penjelasan berikut ini.

1. Meningkatkan Daya Pikir Kreatif

Manfaat pertama dalam proses pembuatan kerajinan dari sedotan adalah meningkatkan daya pikir menjadi lebih kreatif dan menghilangkan rasa bosan. Sehingga dapat dijadikan alternatif kegiatan menarik untuk mengembangkan kreatifitas kita.

Dengan membuat kerajinan dari sedotan yang unik dan beraneka ragam bentuknya, secara tidak langsung akan membuat kita semakin merasa ingin membuatnya dengan lebih baik lagi dan lebih indah lagi.

2. Memanfaatkan Waktu Senggang

Daripada dihantui dengan rasa kantuk, bosan, dan kebingungan, waktu senggang bisa kita isi dengan melakukan kegiatan menarik seperti membuat kerajinan tangan. Membuat kerajinan dari sedotan juga menyenangkan, lebih-lebih dapat mengusir rasa bosan di kala waktu senggang.

Di kala senggang, kita bisa mengkreasikan sedotan dengan bahan-bahan lainnya untuk menghasilkan produk karya yang menarik dan menyenangkan.

3. Memiliki Nilai Ekonomis

Karena bahan dasarnya yang murah meriah dan mudah dijumpai, kerajinan tangan hasil karya kita dapat mengurangi biaya dan kebiasaan konsumtif dalam penggunaan barang-barang baru.

Hal ini dikarenakan kita bisa membuatnya sendiri, mencari bahan dasarnya sendiri, serta dapat mengkreasikannya sendiri sehingga menjadi produk yang layak pakai. Bahkan, jika memang hasil kerajinan kita baik ke depannya akan dapat dijual dan menambah pundi-pundi.

Baca Juga: Kerajinan Dari Pelepah Pisang


Contoh Kerajinan dari Sedotan

Sedotan bekas dapat digunakan sebagai bahan kerajinan yang unik dan tentunya bermanfaat. Adapun kerajinan sedotan dapat dibuat menjadi kerajinan tangan berupa penutup lampu, vas bunga, tempat pensil, kalung, taplak meja, tirai, gantungan kunci, bingkai foto, boneka, sampai berupa tas.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai kerajinan dari sedotan dapat disimak sebagai berikut:

  17+ Contoh Kerajinan dari Benang Woll dan Cara Membuat yang Mudah

Kerajinan Penutup Lampu dari Sedotan

Kerajinan Penutup Lampu Dari Sedotan
cloudfront.net

Lampu merupakan salah satu piranti elektronik yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan manusia. Di dalam rumah, keberadaan lampu sangat berperan penting dalam memberikan penerangan bagi ruangan agar tampak lebih terang.

Keberadaan lampu di rumah juga bisa dikreasikan dengan hiasan berupa kerajinan dari sedotan. Kerajinan dari sedotan tersebut akan membuat lampu tampak lebih unik dan indah. Bahkan, keberadaan penutup lampu dapat mengurangi cahaya lampu sehingga dapat membuat pandangan kita lebih nyaman.

Kerajinan Bunga dari Sedotan

Kerajinan Bunga dari Sedotan
pinhome.com

Bunga-bunga hias memang tidak pernah padam eksistensinya sebagai aksesoris hiasan rumah. Di luar sana banyak disediakan ornament hiasan bunga yang indah, tapi juga mahal.

Nah, ternyata kita bisa membuat alternatifnya loh dengan membuat buang hias sendiri menggunakan bahan dasar limbah sedotan. Dengan bahan dasar sedotan kitab isa mengkreasikan beraneka ragam bunga-bungaan yang lucu dan unik.

Kerajinan Vas Bunga dari Sedotan

Kerajinan Bunga dari Sedotan
I.ytimg.com

Kerajinan dari sedotan selanjutnya berupa vas bunga. Kerajinan ini tidak hanya indah dipandang mata, melainkan juga cukup fungsional dalam pengaplikasiannya. Kerajinan vas bunga juga dapat menghemat biaya sebagai aksesoris rumah.

Dalam penggunaannya, vas bunga bisa divariasikan dengan tali atau benang berwarna-warni sehingga menambah keindahan dari tampilan vas bunga kita.

Kerajinan Ulang Tahun dari Sedotan

Kerajinan Bunga dari Sedotan
pinhome.id

Pada acara ulang tahun, tentunya dibutuhkan hiasan dan ornamen pendukung untuk memeriahkan suasana bahagia yang digelar tersebut. Nah, biasanya pada acara ini dibutuhkan hiasan yang beraneka ragam dan merogoh kantong yang lumayan.

Eits, kali ini tidak, karena kitab isa mengkreasikan sedotan bekas sebagai bahan aksesoris hiasan untuk acara ulang tahun tersebut loh. Selain murah meriah, juga tidak kalah menarik dengan hiasan instan lainnya.

Kerajinan Tempat Pensil dari Sedotan

Kerajinan Tempat Pensil dari Sedotan
pinhome.id

Selanjutnya adalah kerajinan dari sedotan berupa tempat pensil. Kerajinan tempat pensil juga senada dengan kerajinan vas bunga dari sedotan yang memiliki fungsional yang baik. Kerajinan tempat pensil dapat dibuat sembari mengisi waktu senggang dan tentunya hasilnya dapat mempercantik tampilan tempat pensil kita.

Prakarya dari sedotan ini dapat kita kreasikan dengan membuat anyaman di dalam wadah kaleng atau barang bekas lainnya. Selain itu, kita juga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kita.

Baca Juga: Kerajinan Dari Kain Perca

Kerajinan Kalung dari Sedotan

Kerajinan Kalung dari Sedotan
i1.wp.com

Kerajinan dari sedotan selanjutnya berupa kalung. Kerajinan ini bukan hanya unik, melainkan juga dapat mempercantik penampilan kita. Lebih-lebih dengan membuat kerajinan kalung dari sedotan mampu menambah daya kreativitas kita.

Kalung dari sedotan memang sederhana, tapi jika dibuat dengan kemampuan dan ketelatenan yang tinggi, pasti akan menghasilkan karya yang bagus dan berkualitas pula.

Kerajinan Taplak Meja dari Sedotan

Kerajinan Taplak Meja dari Sedotan
I.ytimg.com

Kerajinan dari sedotan berikutnya adalah taplak meja. Karya ini tidak hanya lucu dan cantik, tapi juga sangat berperan baik untuk menutupi tampilan meja dan menghindarkan dari debu dan kotoran.

Keberadaan taplak meja dari sedotan juga semakin menambah daya kreatifitas siapapun yang membuatnya, bahkan membutuhkan kesabaran yang tinggi karena proses pembuatannya menyita banyak waktu.

Kerajinan Tirai dari Sedotan

Kerajinan Tirai dari Sedotan
www.pinhome.id

  17+ Contoh Kerajinan dari Besi dan Cara Membuat yang Mudah

Tirai memang menjadi salah satu piranti rumah tangga yang sangat dibutuhkan. Keberadaan tirai sangat berperan penting untuk membatasi ruangan, menutupi pintu, atau jendela. Tirai banyak dijumpai terbuat dari kain, tapi siapa sangka tirai juga bisa dibuat dengan bahan dasar limbah seperti salah satunya sedotan.

Nah, tirai juga bisa kita buat dengan menggunakan bahan limbah sedotan, yakni dengan membuat kerajinan tangan menggunakan bahan dasar sedotan. Bahkan cara membuatnya juga terbilang sederhana dan menyenangkan. Tentunya kita bisa membuatnya sesuai dengan kreatifitas kita masing-masing dengan menambahkan bahan dasar lainnya tentunya.

Kerajinan Gantungan Kunci dari Sedotan

Kerajinan Gantungan Kunci dari Sedotan
www.pinhome.id

Sedotan yang beraneka ragam dan warna-warni ternyata juga berpotensi untuk digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat hasil karya kerajinan.

Salah satu hasil kerajinan yang dibuat dari sedotan adalah berupa gantungan kunci. Kerajinan gantungan kunci ini cukup unik dan lucu-lucu. Gantungan kunci juga banyak digemari oleh anak-anak, bahkan sampai usia tidak lagi muda.

Kerajinan Bingkai Foto dari Sedotan

Kerajinan Bingkai Foto dari Sedotan
www.pinhome.id

Siapa sangka jika sedotan juga dapat digunakan sebagai bahan dasar dalam menghias bingkai foto. Kerajinan bingkai foto ini dapat mempercantik tampilan foto kita serta memperindah kesan dinding dan hiasan rumah kita.

Dengan membuat bingkai foto dari sedotan dapat menambah daya kreatifitas kita, pastinya juga dapat menghemat biaya kita dalam menghias rumah.

Kerajinan Boneka dari Sedotan

Kerajinan Boneka dari Sedotan
www.dictio.id

Siapa sih yang tidak tahu dengan mainan boneka ini? Mainan yang hampir mayoritas dimainkan oleh para anak perempuan belia ini memang sangat unik dan lucu.

Siapa sangka bahwa boneka sendiri dapat dibuat sendiri loh. Nah dalam membuat boneka juga dapat menggunakan bahan dasar dari limbah plastik seperti sedotan. Boneka dari bahan dasar sedotan dapat dibuat bersama-sama maupun sendirian sembari bersantai.

Baca Juga: Kerajinan Dari Plastisin

Kerajinan Aksesoris dari Sedotan

Kerajinan Aksesoris dari Sedotan
www.pinhome.id

Sedotan yang mungil ini ternyata bentuknya mendukung untuk digunakan sebagai bahan kreasi prakarya, seperti salah satu contohnya adalah kerajinan aksesoris berbentuk pins ini dapat dibuat menggunakan bahan sedotan. Pins ini dapat menambah kesan imut dan lucu pada penampilan kita.

Selain pins, kita juga bisa membuat aksesoris lainnya untuk mempercantik penampilan kita seperti gelang, dan aksesoris lainnya.

Kerajinan Wadah Aksesoris dari Sedotan

Kerajinan Aksesoris dari Sedotan
www.pinhome.id

Selain menjadi wadah tempat pensil, ternyata sedotan juga dapat dikreasikan menjadi sebuah wadah anyaman dari sedotan. Wadah ini tentunya sangat bermanfaat untuk tempat aksesoris, benda-benda kecil, serta barang penting lainnya.

Wadah aksesoris ini bisa dikreasikan dengan bahan-bahan lainnya untuk memperindah tampilannya, misalnya ditambahkan manik-manik atau bahan lainnya.

Kerajinan Tas dari Sedotan

Kerajinan Tas dari Sedotan
t-3.tstatic.net

Tas memang salah satu komponen yang paling dibutuhkan saat bepergian ke luar rumah. Tas kulit memang banyak digemari, namun memang harganya yang relatif tinggi karena menyesuaikan dengan kebutuhan dan kualitasnya.

Dalam memanfaatkan limbah sedotan, ternyata bisa juga digunakan sebagai bahan dasar pembuatan tas yang unik dan estetik. Tas dari sedotan juga tidak kalah menarik dengan tas-tas kulit pada umumnya. Dan cara pembuatannya juga sederhana dan tentunya menyenangkan.


Penutup

Demikian penjelasan mengenai kerajinan dari sedotan yang berhasil penulis sajikan buat kamu. Semoga semakin menambah wawasan kita dan kreatifitas kita dalam memanfaatkan barang-barang bekas agar bermanfaat bagi kehidupan kita.

Bagaimana? Kamu tertarik membuat kerajinan menggunakan bahan dasar limbah sedotan? Yuk kreasikan bersama teman atau saudaramu.

Kerajinan dari Sedotan