19+ Contoh Kerajinan dari Serat Hewan dan Cara Membuat Sederhana

Kerajinan dari Serat Hewan – Kalian pasti tidaklah asing dengan serat hewan bukan? Serat alam yang banyak dimanfaatkan oleh manusia, contohnya adalah kerajinan dari serat hewan.

Serat hewan banyak dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan, seperti serat kulit buaya, serat kulit sapi, dan masih banyak lagi.

Nah, kali ini kita akan membahas bersama-sama mengenai kerajinan dari serat hewan lengkap dengan gambarnya. Apa saja kerajinan dari serat hewan tersebut? Yuk kita scroll ke bawah dan simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Kerajinan Dari Serat Hewan


Apa itu Serat Hewan?

Kerajinan dari Serat Hewan

Gambar Serat Hewan
www.pixabay.com

Serat hewan sendiri merupakan serat alam yang berasal dari hewan, baik itu hewan darat, laut, hingga udara. Serat-serat ini biasanya identik dengan kulit atau bulu dari hewan tersebut.

Banyak orang berburu dan membunuh hewan secara ilegal demi mendapatkan serat hewan tersebut, sehingga pemerintah membuat peraturan undang-undang perburuan hewan yang dilindungi. 

Sehingga, jika para pemburu liar masih saja melakukan pembunuhan hewan, maka mereka dapat dikenai hukuman penjara hingga denda. Jadi, hati-hati dalam memanfaatkan serat hewan ya, pastikan bahwa hewan tersebut legal untuk dijadikan bahan kerajinan.


Kerajinan Tangan dari Serat Hewan

Kerajinan Dari Serat Hewan

Gambar Kerajinan dari Serat Hewan
awsimages.detik.net.id

Kalian pernah menjumpai tas mahal di atas? Ya, tas di atas adalah tas hasil kerajinan dari serat hewan buaya sebagai produk brand Hermes. Tas ini cukup fenomenal pasalnya dibuat dari kulit buaya yang dibuat tidak banyak sehingga harganya cukup fantastis.

Tas Hermes di atas merupakan salah satu dari sekian banyak kerajinan yang berasal dari serat hewan. Karena ada banyak kerajinan di bawah ini yang terbuat dari bahan dasar serat hewan.

Tidak hanya indah, tapi juga unik dan fungsional sekali. Sehingga, tidak jarang banyak orang yang sangat antusias mengenakan pakaian atau aksesoris dari kerajinan hewan, meskipun memang merogoh kocek lebih dalam.


Contoh Kerajinan dari Serat Hewan

Ada beragam kerajinan yang dihasilkan dari serat hewan, baik itu untuk hiasan rumah maupun sebagai pakaian yang dikenakan. 

Beberapa contoh kerajinan dari serat hewan adalah baju dari serat hewan kelinci, dompet dari kulit sapi, tas dari kulit buaya, dan masih banyak lagi. Apa saja contoh kerajinan dari hewan? Mari kita simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Kerajinan Selimut dari Serat Bulu Alpacca

Kerajinan Dari Serat Bulu Alpacca

Gambar Kerajinan dari Serat Bulu Alpacca
cf.shopee.co.id

Kerajinan dari serat hewan datang dari serat bulu Alpacca. Hewan ini merupakan hewan yang hampir mirip dengan unta, hanya saja alpacca hidup di daerah Peru dan Bolivia di Amerika Selatan.

Alpacca sendiri memiliki bulu-bulu halus yang dapat diolah menjadi bahan kerajinan selimut, maupun baju hangat. Hal ini dikarenakan bulu alpacca dapat menangkal udara dingin dan menghangatkan kulit.

Baca Juga: Kerajinan Dari Serat Tumbuhan

Kerajinan Kuas dari Rambut Kuda

Kerajinan Dari Serat Rambut Kuda

Gambar Kerajinan dari Serat Rambut Kuda

cf.shopee.co.id

Para wanita pasti tidak asing dengan dunia perkuasan bukan? Kuas untuk blass on maupun kuas wajah ternyata banyak yang dibuat dari bahan serat bulu hewan. Sebab kuas dari bulu atau rambut hewan lebih lembut dan tidak mudah membuat iritasi kulit. 

Salah satu bahan rambut kuas adalah rambut kuda, bulu babi, maupun unta. Ada juga kuas yang terbuat dari serat sintetis, namun serat ini cenderung lebih kasar dan murah dibandingkan kuas dari serat hewan.

Kerajinan Hiasan Bunga dari Serat Kepompong Sutera

Kerajinan Hiasan Bunga Dari Serat Kepompong Sutera

Gambar Kerajinan Hiasan Bunga dari Serat Kepompong Sutera

www.sindunesia.com

Tidak hanya bagian dalamnya, bagian luar kepompong ulat sutera juga kerap dijadikan bahan kerajinan yang tidak kalah uniknya. Biasanya masyarakat atau petani sutra akan menyimpan kepompong sutra dan diolah kembali menjadi kerajinan.

Salah satu bentuk kerajinan dari serat hewan yang satu ini adalah bunga hias. Karena teksturnya yang lentur dan mudah dibentuk, sehingga kulit kepompong ini mudah diaplikasikan sebagai bunga yang mekar dan cantik.

Kerajinan Kain Wol dari Serat Bulu Domba

Gambar Kerajinan Dari Serat Bulu Domba

Gambar Kerajinan dari Serat Bulu Domba

www.fitinline.com

Domba memang terkenal sebagai hewan dengan bulu yang tebal. Ternyata, dengan ketebalan bulu domba ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan pakaian. Seperti baju tebal, jaket, dan lain sebagainya.

Baju dari bulu domba ini memang banyak dimanfaatkan sebagai bahan hangat di daerah yang memiliki suhu dan iklim yang ekstrem.

Kerajinan Topi dari Serat Kulit Sapi

Kerajinan Dari Serat Kulit Sapi2

Gambar Kerajinan dari Serat Kulit Sapi

www.mimpibaru.com

Pernah mengamati kulit sapi? Pernahkah kamu membayangkan kulit sapi itu disulap menjadi barang tepat guna? Nah, siapa sangka topi kulit pada gambar di atas ternyata hasil kerajinan dari serat hewan, yakni kulit sapi. 

Meski dibuat dari bahan kulit sapi, tapi topi ini masih fashionable dan estetik, loh. Kamu tertarik dengan topi kulit ini?

Kerajinan Hiasan Dinding dari Serat Kulit Kambing

Kerajinan Hiasan Dinding Dari Serat Kulit Kambing

Gambar Kerajinan Hiasan Dinding dari Serat Kulit Kambing

www.sindunesia.com

Kerajinan yang kerap memenuhi pasar-pasar dengan ciri khasnya adalah kerajinan dari serat kulit kambing. Kerajinan ini bisa dibiarkan sesuai bentuk aslinya, hanya saja diberi tambahan lukisan di bagian tengahnya.

Seperti gambar di atas, kerajinan dari serat hewan ini menampilkan lukisan tokoh-tokoh pewayangan Jawa yang begitu unik dan indah jika dipasang di rumah Anda. Tidak hanya itu, bisanya lukisan juga dibuat berbentuk tulisan kaligrafi atau tulisan aksara Jawa.

Kerajinan Dompet Kulit dari Serat Kulit Sapi

Kerajinan Dari Serat Kulit Sapi

Gambar Kerajinan dari Serat Kulit Sapi

www.id.theasianparent.com

Selain kerajinan topi kulit di atas, masih ada hasil prakarya lainnya yang berbentuk dompet kulit. Ada banyak varian dompet kulit yang dapat kamu jumpai dari hasil kerajinan dari serat hewan lainnya. Dompet ini cukup unik dan masih eye catching, loh.

Baca Juga: Kerajinan Dari Manik Manik

Kerajinan Pakaian Rajut dari Serat Kulit Unta

Kerajinan Dari Serat Kulit Unta

Gambar Kerajinan dari Serat Kulit Unta

www.tribunjualbeli.com

Siapa sangka jika kulit hewan padang pasir ini dapat dijadikan sebagai pakaian rajut? Kulitnya yang tebal dan berserat sangat cocok dijadikan sebagai serat-serat pakaian. Dengan teknik khusus kulit onta ini cukup menjadi andalan untuk menjadi bahan pakaian dengan tekstur kain kasar dan berserat.

Kerajinan Gantungan Kunci dari Serat Bulu Rubah

Kerajinan Gantungan Kunci Dari Serat Bulu Rubah

Gambar Kerajinan Gantungan Kunci dari Serat Bulu Rubah

www.sindunesia.com

Berikutnya adalah kerajinan dari serat hewan yang terbuat dari bulu rubah. Kerajinan ini terbilang prakarya dengan harga yang eksotis. Hal ini dikarenakan populasi dari hewan ini hanya ada di beberapa negara saja.

Di samping itu, hewan buas ini cukup liar sehingga tidak cukup mudah untuk dipelihara dan diternakkan. Namun karena bulunya yang terkena halus, hangat, dan ringan, sehingga keberadaan bulu rubah sangat diburu banyak orang.

Bulu rubah ini kerap dibentuk menjadi bando, jaket, maupun gantungan kunci.

Kerajinan Pakaian Coat dari Bulu Serigala

Kerajinan Pakaian Coat Dari Serat Bulu Serigala

Gambar Kerajinan Baju Coat dari Serat Bulu Serigala

www.ae01.alicdn.com

Kerajinan berikutnya datang dari serat bulu Serigala. Meskipun sama-sama binatang buas, namun baju coat dari bulu serigala masih terbilang dapat dijangkau. Meskipun juga tidak murah.

Terlebih lagi, tidak semua jenis serigala yang bulunya dapat dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan. Hanya serigala dari negara subtropis sajalah yang dapat dijadikan bahan kerajinan dari serat hewan.

Kerajinan Pakaian dari Serat Bulu Kelinci

Gambar Kerajinan Dari Serat Bulu Kelinci

Gambar Kerajinan dari Serat Bulu Kelinci

ae01.alicdn.com

Serat bulu kelinci juga merupakan sumber daya alam yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan tangan. Bulu kelinci ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan pakaian dengan jenis kain yang tebal dan menghangatkan.

Kerajinan Sandal dari Serat Hewan Rakun

Kerajinan Sandal Dari Serat Hewan Rakun

Gambar Kerajinan Sandal dari Serat Hewan Rakun

sindunesia.com

Kalian pernah melihat sandal berbulu di atas? Begitu banyak bukan di pasar-pasar tradisional maupun modern. Siapa sangka jika sandal lucu ini terbuat dari bulu hewan rakun.

Bulunya yang panjang-panjang memang cocok dijadikan sebagai pelindung kaki, sehingga kaki lebih nyaman dan terlindungi dari terik matahari dengan keberadaan bulu hewan rakun tersebut.

Kerajinan Selimut dari Serat Hewan Anjing Hutan

Kerajinan Selimut Dari Serat Hewan Anjing Hutan

Gambar Kerajinan Selimut dari Serat Hewan Anjing Hutan

sindunesia.com

Selimut memang menjadi atribut penting dalam rumah, terlebih lagi pada daerah-daerah bersuhu ekstrem. Keberadaan selimut menjadi fundamental di malam hari.

Dengan demikian, perlu adanya selimut dengan kualitas terbaik dan tebal. Seperti contohnya adalah dengan selimut yang terbuat dari bulu anjing hutan. Bulu-bulu indah tersebut diolah dengan baik sehingga dapat menghasilkan selimut yang berkualitas dan menghangatkan.

Baca Juga: Kerajinan Dari Biji Bijian

Kerajinan Pakaian dari Serat Bulu Cerpelai

Kerajinan Pakaian Dari Serat Bulu Cerpelai

Gambar Kerajinan Pakaian dari Serat Bulu Cerpelai

sindunesia.com

Kerajinan dari serat hewan berikutnya adalah baju atau selimut dari serat bulu cerpelai. Kerajinan ini cukup banyak diminati karena terkenal dengan bulunya yang tebal dan dapat menghangatkan badan di daerah suhu ekstrem.

Kerajinan Tas dari Serat Kulit Buaya

Kerajinan Tas Dari Serat Kulit Buaya

Gambar Kerajinan Tas dari Serat Kulit Buaya

www.shoppee.co.id

Kerajinan berikutnya adalah kerajinan tas dari serat kulit buaya. Kerajinan ini cukup populer sebab keberadaan kulit buaya cukup banyak dijadikan bahan kerajinan yang unik dan indah.

Selain kerajinan berupa tas kulit, terdapat pula kerajinan berupa sepatu kulit, dompet kulit, ikat pinggang kulit, bahkan jaket kulit, dan masih banyak lagi.

Kerajinan Pakaian Hangat dari Serat Bulu Beruang

Kerajinan Pakaian Dari Serat Bulu Beruang

Gambar Kerajinan Pakaian Hangat dari Serat Bulu Beruang

hanalutfianigmail.files.wordpress.com

Kalian pernah melihat sepatu bulu semacam gambar di atas? Ya, benar sepatu bulu di atas merupakan salah satu jenis kerajinan dari serat hewan.

Sepatu bulu ini biasa dikenakan pada saat musim salju karena bahannya yang tebal dan mampu menghangatkan kaki di kala cuaca salju melanda.

Kerajinan Dompet dari Serat Kulit Ular

Kerajinan Dompet Dari Serat Kulit Ular

Gambar Kerajinan dompet dari Serat Kulit Ular

www.shoppee.co.id

Terlihat dari penampakannya sudah jelas, bahwa dompet di atas terbuat dari serat kulit ular. Sebab, motifnya yang unik dan abstrak khas kulit ular. Begitu cantik bukan?

Dompet ini tidak banyak dijual di pasaran, sekalinya dijual maka harganya akan melambung fantastis. Hal ini dikarenakan bahan dasar dari kerajinan ini juga cukup langka dan tidak banyak dijumpai.

Kerajinan Topi dari Serat Bulu Tupai

Kerajinan Topi Dari Serat Bulu Tupai

Gambar Kerajinan Topi dari Serat Bulu Tupai

cdn-2.tstatic.net

Kerajinan dari serat hewan berikutnya adalah kerajinan dari serat bulu tupai. Kerajinan ini cukup unik dan tidak banyak yang tahu jika topi khas tentara Inggris ini terbuat dari serat bulu tupai.

Selain bentuknya yang memanjang dan unik, topi ini juga dianggap sebagai topi kebanggaan para tentara Inggris untuk melindungi negara mereka.

Kerajinan Pakaian Hangat dari Serat Bulu Kambing Kashmir

Kerajinan Pakaian Dari Serat Bulu Kambing Kashmir

Gambar Kerajinan Pakaian dari Serat Bulu Kambing Kashmir

1.bp.blogspot.com

Kerajinan dari serat hewan berikutnya adalah kerajinan dari serat bulu kambing Kashmir. Sesuai namanya, pakaian ini juga banyak dijumpai dan dikenakan oleh masyarakat Kashmir.

Pakaian dari kambing Kashmir ini identik dengan bahan yang tebal dan berbulu, sehingga mampu melindungi tubuh si pemakai agar dapat menghangatkan tubuh di kala suhu ekstrem di malam hari.


Penutup

Demikian penjelasan dan referensi kerajinan dari serat hewan yang berhasil penulis sajikan buat kamu. Semoga dengan ini dapat menginspirasi kamu dalam menghasilkan kerajinan tangan dan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitar kita.

Kerajinan Dari Serat Hewan

Tinggalkan komentar