12+ Contoh Kerajinan dari Sisik Ikan dan Cara Membuat Sederhana

Kerajinan dari Sisik Ikan – Ingin membuat kerajinan yang unik? Yuk, kita buat kerajinan dari sisik ikan yang tentunya dapat mengurangi limbah sisik ikan. Tidak hanya unik, tapi juga indah dan tidak kalah dengan kerajinan-kerajinan dari bahan lainnya.

Nah, kali ini kita akan membahas bersama mengenai kerajinan dari sisik ikan. Terdapat berbagai macam contoh kerajinan yang dapat dibuat dari bahan limbah sisik ikan. 

Apa saja kerajinan tersebut? Dan bagaimana manfaat dalam proses pembuatannya? Yuk kita scroll ke bawah dan kita simak penjelasannya sampai tuntas.


Apa itu Kerajinan dari Sisik Ikan?

Kerajinan Dari Sisik Ikan

Siapa sih yang tak pernah menjumpai sisik ikan? Sisik ikan yang teramat banyak bisa menjadi limbah. Bahkan keberadaan limbah sisik ikan dapat mengganggu keseimbangan alam. Dengan demikian perlu dilakukan pembuatan kerajinan dari sisik ikan sebagai upaya mengurangi pencemaran alam.

Kerajinan memang salah satu hasil seni rupa yang cukup unik. Pasalnya kerajinan dibuat dengan memanfaatkan berbagai jenis bahan baik alam maupun bahan non alam, seperti sisik ikan misalnya?

Nah, kali ini kita akan membahas bersama mengenai apa itu kerajinan dari sisik ikan. Kerajinan dari sisik ikan dapat diartikan sebagai hasil karya berupa kerajinan tangan yang menggunakan bahan dasar sisik ikan.

Kerajinan dapat dikreasikan sesuai kebutuhan dan kreatifitas kita, serta dalam proses pembuatannya dapat memberikan nilai manfaat yang banyak bagi kita.

Baca Juga: Kerajinan Dari Daun Kelapa


Manfaat Kerajinan dari Sisik Ikan

Kerajinan dari sisik ikan memang cukup unik dan terbilang tak mudah namun tak sulit juga dalam proses pembuatannya. Sisik ikan dapat digunakan sebagai bahan kerajinan tangan yang juga beraneka ragam bentuk dan warnanya, mulai dari anting-anting, bros, dan lain sebagainya.

Tidak hanya menghasilkan beragam jenis karya, ternyata dalam proses pembuatannya juga mengandung berbagai manfaat bagi kita.

Kegiatan membuat kerajinan memanglah menyenangkan dan kaya akan manfaat. Apa saja manfaat dalam membuat kerajinan dari sedotan? Mari kita simak penjelasan berikut ini.

Meningkatkan Daya Pikir Kreatif

Manfaat pertama dalam proses pembuatan kerajinan dari sisik ikan adalah meningkatkan daya pikir menjadi lebih kreatif dan menghilangkan rasa bosan. Sehingga dapat dijadikan alternatif kegiatan menarik untuk mengembangkan kreatifitas kita.

Dengan membuat kerajinan dari sisik ikan yang unik dan beraneka ragam bentuknya, secara tidak langsung akan membuat kita semakin merasa ingin membuatnya dengan lebih baik lagi dan lebih indah lagi.

Memanfaatkan Waktu Senggang

Daripada dihantui dengan rasa kantuk, bosan, dan kebingungan, waktu senggang bisa kita isi dengan melakukan kegiatan menarik seperti membuat kerajinan tangan. Membuat kerajinan dari sisik ikan juga menyenangkan, lebih-lebih dapat mengusir rasa bosan di kala waktu senggang.

Di kala senggang, kita bisa mengkreasikan sisik ikan dengan bahan-bahan lainnya untuk menghasilkan produk karya yang menarik dan menyenangkan.

Memiliki Nilai Ekonomis

Karena bahan dasarnya yang murah meriah dan mudah dijumpai, kerajinan tangan hasil karya kita dapat mengurangi biaya dan kebiasaan konsumtif dalam penggunaan barang-barang baru.

Hal ini dikarenakan kita bisa membuatnya sendiri, mencari bahan dasarnya sendiri, serta dapat mengkreasikannya sendiri sehingga menjadi produk yang layak pakai. Bahkan, jika memang hasil kerajinan kita baik ke depannya akan dapat dijual dan menambah pundi-pundi.

Ada juga manfaat dari sisik ikan yang jarang sekali orang-orang ketahui, sisik ikan bermanfaat sebagai bahan obat-obatan, perlu diingat, tidak semua sisik ikan bisa digunakan sebagai obat-obatan, hanya sisik ikan tertentu saja yang bisa di gunakan sebagai obat-obatan. 

Tidak hanya sebagai obat-obatan sisik ikan juga berfungsi sebagai bahan pembuatan souvernir dan kerajinan yang unik dan memiliki nilai jual tinggi.


Kerajinan dari Sisik Ikan Berupa Aksesori

Kerajinan dari sisik ikan dapat dijadikan sebagai aksesoris. Setidaknya, terdapat beberapa kerajinan dari bahan sisik ikan berupa anting-anting, bros unik, kalung, jepit rambut, gantungan kunci, serta gelang cantik.

Berikut adalah contoh kerajinan berbahan dasar sisik ikan berupa aksesoris, di antaranya sebagai berikut.

Kerajinan dari Sisik Ikan Berupa Anting-anting

Kerajinan Dari Sisik Ikan Berupa Anting Anting

Contoh kerajinan aksesoris dari sisik ikan yang pertama ini berupa anting-anting. Tidak kalah menarik dari yang lain, anting-anting dari sisik ikan ini bisa dijumpai dengan harga yang terjangkau.

Tentunya memiliki keunikan yang bisa membuat penampilanmu semakin menarik dengan menggunakan anting-anting dari sisik ikan ini.

Kerajinan dari Sisik Ikan Berupa Bros Unik

Kerajinan Dari Sisik Ikan Berupa Bros

Tidak kalah menarik nya kerajinan dari sisik ikan yang satu ini cocok sekali digunakan untuk perempuan-perempuan berhijab, untuk mempercantik dan memperindah penampilan para perempuan berhijab wajib memiliki benda unik berupa bros terlebih lagi yang berbahan dasar dari sisik ikan. 

Bros yang terbuat dari sisik ikan tak kalah unik dan menarik ketimbang bros-bros yang dijual kebanyakan tempat. Bros ini juga dapat mengurangi limbah sisik ikan yang menumpuk, loh.

Kerajinan dari Sisik Ikan Berupa Kalung Elegan

Kerajinan Dari Sisik Ikan Berupa KAlung

Kerajinan dari sisik ikan selanjutnya yang tak kalah unik dan tak kalah menarik ini juga bisa menambah penampilan anda menjadi lebih menarik, selain bisa di dapatkan dengan harga yang terjangkau aksesoris dari bahan sisik ikan ini cocok untuk mempercantik penampilan pengguna nya. Jadi, kamu tertarik menggunakan hasil kerajinan dari sisik ikan ini?

Baca Juga: Kerajinan Dari Benang Woll

Kerajinan dari Sisik Ikan Berupa Pita Rambut

Kerajinan Dari Sisik Ikan Berupa Jepit Rambut

Kalian pernah melihat jepit rambut di atas? Benar, jepit rambut model ini cukup populer dan mudah dijumpai di beberapa toko aksesoris. 

Sebenarnya bentuknya tampak sederhana dan agak jadul, namun semakin indah jika diberi tambahan aksen dari sisik ikan seperti yang tampak pada gambar di atas. Selain itu, jepit dari sisik ikan di atas cukup murah meriah dibandingkan jepit pada umumnya.

Kerajinan dari Sisik Ikan Berupa Pita Rambut

Kerajinan Dari Sisik Ikan

Kamu pernah menemukan pita dengan hiasan seperti tampak pada gambar di atas? Jepit lucu dan unik ini ternyata bisa dikreasikan dengan sisik ikan, lho. tentunya dengan tangan-tangan yang terampil dan mempunyai kreativitas yang tinggi. 

Kerajinan dari sisik ikan ini tidak hanya unik, melainkan memiliki nilai jual sehingga dapat dijadikan buah tangan atau ciri khas dari suatu daerah.

Kerajinan dari Sisik Ikan Berupa Gantungan Kunci

Kerajinan Dari Sisik Ikan Berupa Gantungan Kunci

Pasti tak asing bukan dengan aksesoris yang satu ini? Benar gantungan kunci ini bisa kita temukan di mana saja, tapi tahukah kalian jika sisik ikan bisa kita olah menjadi kerajinan berupa gantungan kunci? Gantungan kunci berbahan dasar sisik ikan ini membuat tampilan kunci kalian menjadi lebih cantik. 

Tak hanya berfungsi sebagai gantungan kunci, gantungan kunci banyak dimanfaatkan sebagai gantungan tas, terlebih lagi untuk anak-anak sekolah, agar tas yang digunakan makin terlihat menarik dan cantik biasanya pengguna nya memberikan gantungan kunci.

Kerajinan dari Sisik Ikan Berupa Gelang Cantik

Kerajinan Dari Sisik Ikan Berupa Gelang

Pernahkah kalian berpikir kalau sisik ikan bisa dijadikan sebagai gelang? Unik bukan? Tangan-tangan kreatif dan terampil bisa membantu kita mengurangi limbah sisik ikan yang bisa mengganggu kestabilan alam. 

Tak hanya menjadikan lingkungan bersih tangan-tangan kreatif dan terampil bisa memberikan kita suatu barang yang bisa kita nikmati nilai gunanya. Bagaimana? Tertarik membuat kerajinan dari sisik ikan?


Kerajinan dari Sisik Ikan Berupa Hiasan Rumah

Selain dijadikan aksesoris, kerajinan dari sisik ikan juga dapat dijadikan sebagai hiasan dekorasi rumah. Selain lucu dan unik, hiasan ini akan menambah tampilan rumah semakin indah. Apa saja kerajinan dari sisik ikan? Mari kita simak berikut ini.

Kerajinan dari Sisik Ikan Berupa Hiasan Taplak Meja

Kerajinan Dari Sisik Ikan Berupa Hiasan Taplak

Berikutnya adalah kerajinan dari sisik ikan yang dibentuk menjadi hiasan taplak meja. Sisik ikan ini disulap menjadi manik-manik yang kemudian dirangkai menjadi hiasan taplak meja bersama hiasan manik-manik lainnya.

Karena bentuknya yang unik dan berwarna-warni, sehingga membuat taplak meja tampak semakin indah dan unik dibandingkan dibiarkan polos tanpa hiasan apapun.

Baca Juga: Kerajinan Dari Gips

Kerajinan dari Sisik Ikan Berupa Lampu Hias

Kerajinan Dari Sisik Ikan Berupa Lampu Hias

Lampu hias yang terbuat dari sisik ikan ini sangat menarik dan unik, bahkan siapapun yang melihatnya pasti sangat tertarik, desain yang begitu cantik dan terbuat dari bahan yang sangat unik yakni sisik ikan. 

Tak hanya berfungsi sebagai penerang, lampu hias ini juga berfungsi sebagai hiasan rumah agar rumah terlihat lebih cantik. Sisik-sisik yang menutupi lampu membuat cahaya yang keluar terlihat sangat nyaman untuk mata.

Kerajinan dari Sisik Ikan Berupa Hiasan Bunga

Kerajinan Dari Sisik Ikan Berupa Bunga

Bunga-bunga memang banyak yang menggemari terlebih lagi untuk hiasan rumah, ternyata kita bisa lho membuat bunga menggunakan bahan dasar sisik ikan, limbah sisik ikan bisa kita gunakan menjadi kerajinan bunga yang beranekaragam. 

Agar rumah kalian terlihat makin indah bunga-bunga dari sisik ikan ini sangat cocok untuk dijadikan alternatif untuk mendekor isi rumah kamu.

Kerajinan dari Sisik Ikan Berupa Hiasan Dinding

Kerajinan Dari Sisik Ikan Berupa Hiasan Dinding

Kerajinan berikutnya berupa kerajinan hiasan dinding. Kerajinan ini bisa dibuat untuk menghias berbagai sudut ruangan di rumah. Dengan keberadaan hiasan dinding ini akan menambah kesan estetik dan unik, sehingga tampak berbeda dengan rumah-rumah pada umumnya.

Kamu pun bisa membuatnya sendiri di rumah bersama keluarga. Dengan demikian dapat menjalin keharmonisan dalam hubungan berkeluarga.

Kerajinan dari Sisik Ikan Berupa Vas Etnis

Kerajinan Dari Sisik Ikan Berupa Vas

Kerajinan dari sisik berikutnya adalah berupa vas bunga. Cara dan proses pembuatannya cukup mudah, hanya dengan membuat bentuk vas bunga menggunakan barang-barang bekas lainnya sebagai dasar bentuk.

Kemudian, dilapisi dengan sisik ikan yang sudah dikeringkan dan diawetkan. Tidak lengkap, tanpa kamu tambahkan hiasan lainnya seperti warna dan 


Penutup

Demikian penjelasan dan contoh referensi kerajinan dari sisik ikan lengkap dengan manfaatnya yang berhasil penulis sajikan buat kamu. Semoga dengan ini dapat dijadikan referensi untuk menghias rumah maupun untuk aksesoris diri kita.

Kerajinan dari Sisik Ikan

Tinggalkan komentar