14+ Contoh Kerajinan dari Tali Kur dan Cara Membuatnya

Kerajinan Dari Tali Kur

Kerajinan dari Tali Kur – Kerajinan dari tali kur atau yang paling sering disebut dengan makrame merupakan sebuah bentuk kerajinan yang menggunakan tali disimpul. Dimana kerajinan dari tali kur ini cukup populer hingga saat ini sebagai hiasan dinding.

Banyak sekali ide yang bisa dituangkan untuk membuat kerajinan dari bahan tali kur ini, tetapi yang paling penting adalah untuk membuat kerajinan tersebut pengrajin harus teliti dan juga sabar pada saat merangkainya. Lalu apa sih contoh kerajinan dari tali kur ini? Langsung saja yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Kerajinan Dari Tali Kur


Contoh Kerajinan dari Tali Kur

No Hasil Kerajinan dari Tali Kur
1 Kerajinan Dompet Motif Tentara dari Tali Kur
2 Kerajinan Dompet Macrame dari Tali Kur
3 Kerajinan Dompet Motif Bunga Pagar dari Tali Kur
4 Kerajinan Dompet Motif Bunga Timbul dari Tali Kur
5 Kerajinan Dompet Motif Jagung dari Tali Kur
6 Kerajinan Dompet Motif Halilintar dari Tali Kur
7 Kerajinan Dompet Motif Lilit dari Tali Kur
8 Kerajinan Dompet Motif Zig Zag dari Tali Kur
9 Kerajinan Gelang Etnik dari Tali Kur
10 Kerajinan Gelang Infinity dari Tali Kur
11 Kerajinan Hiasan Dinding Motif Ikan dari Tali Kur
12 Kerajinan Hiasan Dinding Pot dari Tali Kur
13 Kerajinan Hiasan Dinding Tempat Cermin dari Tali Kur
14 Kerajinan Keranjang Bunga dari Tali Kur

Tali kur memang bisa dirubah menjadi berbagai macam bentuk hiasan dinding yang menarik serta pola yang lucu-lucu, selain itu bahan yang digunakan yakni tali kur juga bisa kita temukan dengan mudah dan dengan harga yang murah.

Kerajinan tali kur ini sangat cocok digunakan sebagai hiasan dinding agar tidak tampak polos. Selain itu, kalian juga bisa membuat berbagai macam dompet atau tas yang sangat menarik dengan pola lucu-lucu, sehingga selain bisa digunakan untuk diri sendiri.

Kalian juga bisa menjual kembali tas atau dompet tersebut. Bagi kalian yang mempunyai tali kur dirumah dan masih bingung dibuat untuk apa, maka penjelasan berikut ini bisa kalian jadikan referensi.

1. Kerajinan Dompet Motif Tentara dari Tali Kur

Gambar Kerajinan Dompet Motif Tentara dari Tali Kur
https://shopee.co.id/

Kerajinan tali kur yang pertama adalah dompet atau tas dengan motif tentara. Dompet ini tentunya sangat cantik bukan? Dimana kalian bisa loh membuat sendiri dompet ini dengan menggunakan tali kur.

Tetapi, apabila kalian ingin membuatnya, maka kalian juga harus teliti dan sabar, apalagi warna atau motif dari dompet tersebut mempunyai beberapa macam. Tapi, tidak ada salahnya bukan untuk mencoba membuat dompet ini? Meskipun butuh waktu yang cukup lama dan tentunya konsentrasi yang tinggi.

2. Kerajinan Dompet Macrame dari Tali Kur

Gambar Kerajinan Dompet Macrame dari Tali Kur
https://www.youtube.com/

Dompet macrame menjadi salah satu contoh kerajinan dari tali kur, dompet ini sangat cocok digunakan untuk nuansa apapun loh. Baik itu digunakan untuk menghadiri pesta atau acara yang lainnya.

Dompet macrame ini juga tidak kalah cantik jika dibandingkan dengan dompet pada umumnya dan yang paling terpenting adalah dompet ini bisa kita beli dengan harga yang cukup murah tetapi tidak murahan.

Selain itu, dompet dari tali kur juga bisa tahan lama loh, apabila kalian ingin menghemat pengeluaran kalian bisa membuat sendiri dompet ini dengan melihat tutorial yang sudah ada banyak di internet.

Baca Juga: Kerajinan Dari Bulu Ayam

3. Kerajinan Dompet Motif Bunga Pagar dari Tali Kur

Gambar Kerajinan Dompet Motif Bunga Pagar dari Tali Kur
https://www.tokopedia.com

Bunga pagar, apakah bunga yang menempel di pagar? Eits tentu saja tidak, bunga pagar merupakan salah satu bentuk motif atau pola yang juga bisa digunakan di dalam tas.

Ya, seperti yang kita tahu bahwa tali kur tersebut bisa dibuat menjadi kerajinan dompet yang sangat cantik dan tentunya mempunyai nilai jual.

Tas atau dompet dengan motif bunga pagar juga bisa dijadikan pilihan sebagai koleksi loh, dengan bentuk pola yang sangat unik tapi cantik sehingga bisa menambah poin penampilan kalian. Bukan hanya itu saja, kalian juga bisa mendapatkan tas ini dengan harga yang cukup mudah yakni sekitar 50.000 rupiah.

4. Kerajinan Dompet Motif Bunga Timbul dari Tali Kur

Gambar Kerajinan Dompet Motif Bunga Timbul dari Tali Kur
https://shopee.co.id/

Selain bunga pagar, kalian juga bisa mengimplementasikan bunga timbul pada tas yang dibuat dari tali kur. Tas dengan bunga timbul ini tentunya sangat menarik dijadikan sebagai koleksi bukan? Dimana motif bunga yang ada pada tas ikut memberikan nuansa yang indah dan bisa menunjang penampilan.

Untuk membuat tas dengan motif bunga timbul ini tentunya juga dibutuhkan kesabaran yang sangat tinggi, bukan hanya kesabaran saja melainkan pengrajin harus benar-benar teliti pada saat membuatnya.

Apabila kalian tidak bisa membuat tas ini tetapi ingin mempunyainya, maka kalian bisa membeli dengan harga yang cukup terjangkau, yakni sekitar 60.000 rupiah di beberapa toko online atau toko offline lainnya.

5. Kerajinan Dompet Motif Jagung dari Tali Kur

Gambar Kerajinan Dompet Motif Jagung dari Tali Kur
https://id.berita.yahoo.com/

Selain ada jagung bakar, jagung rebus dan jagung manis, ternyata ada juga loh tas dari tali kur dengan motif jagung. Wah, ternyata jagung bukan hanya ada pada makanan saja ya, melainkan juga bisa dibuat pada tas.

Tas dengan motif jagung ini tentunya sangat unik dan sangat cantik, apalagi jika ditambahkan dengan berbagai macam pernak-pernik untuk mempercantik penampilan tas tersebut. Tas tali kur motif jagung juga bisa digunakan untuk anak-anak muda loh, jadi apakah kalian tertarik untuk membeli tas atau dompet yang satu ini?

6. Kerajinan Dompet Motif Halilintar dari Tali Kur

Gambar Kerajinan Dompet Motif Halilintar dari Tali Kur
https://shopee.co.id/

Kerajinan dompet selanjutnya adalah dompet halilintar, dimana tampilan dari dompet ini sangat menarik dengan campuran dua warna di dalamnya. Dinamakan halilintar, karena motif yang ada pada tas menyerupai bentuk halilintar.

Tas bermotif halilintar ini juga bisa dijadikan pilihan untuk dikoleksi atau bahkan digunakan. Apalagi, pada saat ini sudah banyak yang menawarkan tas halilintar dengan beberapa warna yang bisa dipilih, bukan hanya itu saja harga dari satu tas ini juga terbilang cukup murah, yakni sekitar 70.000 rupiah.

7. Kerajinan Dompet Motif Lilit dari Tali Kur

Gambar Kerajinan Dompet Motif Lilit dari Tali Kur
https://www.bukalapak.com/

Mempercantik penampilan tidak harus menggunakan barang-barang yang mahal, dimana kalian bisa menggunakan tas dengan motif lilit dari tali kur ini loh.

Tas lilit ini mempunyai bentuk yang sangat cantik dan dilengkapi dengan furing di dalamnya, bukan hanya itu saja, di depan tas juga terdapat bentuk bunga yang menambahkan kesan indah pada tas tersebut.

Tas lilit ini juga bisa kalian dapatkan dengan harga yang cukup murah, yakni di bawah 100 ribu rupiah, wah sangat murah bukan? Tetapi, meskipun harganya yang cukup murah, tas ini tidak murahan ya, karena tas yang satu ini juga bisa bertahan dengan waktu yang cukup lama. Jadi, apakah kalian tertarik untuk membelinya?

Baca Juga: Kerajinan Dari Kawat

8. Kerajinan Dompet Motif Zig Zag dari Tali Kur

Gambar Kerajinan Dompet Motif Zig Zag dari Tali Kur
https://www.bukalapak.com/

Kerajinan dompet dari tali kur yang terakhir adalah dompet dengan motif zig zag, bukan lari zig zag ya. Dompet motif zig zag ini juga tidak kalah cantik loh jika dibandingkan dengan motif dompet dari tali kur yang lainnya, sehingga dompet ini juga sangat cocok dijadikan pilihan sebagai hadiah, baik itu hadiah untuk kekasih, ibu, adik atau teman-teman kalian yang lainnya.

9. Kerajinan Gelang Etnik dari Tali Kur

Gambar Kerajinan Gelang Etnik dari Tali Kur
https://www.tokopedia.com/

Selain berbagai jenis motif pada dompet atau tas, tali kur juga bisa digunakan untuk membuat gelang etnik yang sangat cantik loh.

Cara membuat gelang ini juga cukup mudah, yakni pertama-tama ukurlah terlebih dahulu lingkar tangan, kemudian belahlah dengan cara menekuk tali menjadi dua (ingat ya ditekuk bukan dipotong).

Apabila sudah, maka ikatkan tali ke gesper, selanjutnya lepaskan gesper tersebut dan ikat kembali ujung yang lainnya dengan menggunakan gesper.

Apabila kalian sudah merasa gelang tersebut sudah nyaman, maka bukalah gesper tersebut dan buatlah satu ikatan simpul persegi pada ujungnya, ambil kembali tali yang benar dan buatlah simpul spiral sebanyak dua kali, lakukan kembali langkah yang sama pada sisi kiri dan ujung yang lainnya.

10. Kerajinan Gelang Infinity dari Tali Kur

Gambar Kerajinan Gelang Infinity dari Tali Kur
https://www.bintangtop.com/

Selain gelang etnik, kalian juga bisa loh membuat gelang infinity dengan menggunakan tali kur. Dimana cara membuatnya adalah pertama-tama potonglah tali dengan lurus, selanjutnya lipatlah tali yang sudah dipotong tersebut menjadi dua bagian dan kemudian potonglah bagian tersebut.

Apabila sudah, maka posisikan kedua tali tersebut agar terlipat dan tariklah secara hati-hati pada keempat ujungnya, apabila sudah maka ambilah salah satu ujung tali kemudian masukkan dan lakukan juga pada sisi yang lainnya. Selanjutnya sesuaikan panjang tepian yang ada dengan cara memotong ujungnya gelang infinity sudah siap untuk digunakan.

11. Kerajinan Hiasan Dinding Motif Ikan dari Tali Kur

Gambar Kerajinan Hiasan Dinding Motif Ikan dari Tali Kur
https://www.bangizaltoy.com/

Kerajinan dari tali kur selanjutnya adalah hiasan dinding dengan motif ikan yang sangat cantik loh. Ya, seperti yang kita tahu bahwa tali kur juga bisa digunakan menjadi dompet, tas atau berbagai macam aksesoris serta hiasan dinding.

Kalian bisa membuat hiasan dinding dengan motif ikan ini loh, tentunya dengan menggunakan tali kur berwarna biru ya. Hiasan dinding ini bisa kalian letakkan di tengah-tengah tanaman loh, atau bisa juga di ruang keluarga sehingga bisa menambahkan kesan yang tidak monoton dan nuansa yang segar.

12. Kerajinan Hiasan Dinding Pot dari Tali Kur

Gambar Kerajinan Hiasan Dinding Pot dari Tali Kur
https://shopee.co.id/

Selain kalian bisa membuat hiasan dinding dengan motif ikan, kalian juga bisa membuat hiasan dinding yang digunakan untuk menaruh pot tanaman loh. Ya, tali kur juga bisa kalian rubah menjadi tempat pot gantung yang sangat cantik dan tentunya unik serta tidak memakan tempat.

Sehingga, apabila kalian masih mempunyai pot tanaman tetapi bingung di letakkan di mana, maka kalian bisa memanfaatkan tali kur ini sebagai rak gantung.

Tetapi, disarankan untuk tanamannya jangan terlalu berat ya, hal ini dikarenakan pot sudah mempunyai ukuran yang cukup berat, sehingga sangat mengkhawatirkan apabila tali kur tidak bisa menopang dengan waktu yang cukup lama.

13. Kerajinan Hiasan Dinding Tempat Cermin dari Tali Kur

Gambar Kerajinan Hiasan Dinding Tempat Cermin dari Tali Kur
https://shopee.co.id/

Selain bisa digunakan untuk tempat pot bunga mini, kalian juga bisa membuat bingkai cermin dengan menggunakan tali kur. Tentunya dengan bingkai cermin ini, maka cermin akan semakin cantik dan unik serta tidak membosankan.

Cara membuat bingkai cermin ini juga cukup mudah loh, yakni pertama-tama kalian bisa mengukur terlebih dahulu cermin yang sudah dipasang, sepanjang kalian bisa membuat uluran tali sehingga bisa membentuk lingkaran. Apabila sudah, maka kalian bisa melanjutkan kembali dengan membuat berbagai macam motif yang sangat unik dan menarik.

Baca Juga: Kerajinan Dari Serat Hewan

14. Kerajinan Keranjang Bunga dari Tali Kur

Gambar Kerajinan Keranjang Bunga dari Tali Kur
https://www.bangizaltoy.com/

Kerajinan dari tali kur yang terakhir adalah keranjang bunga. Ya, selain bisa digunakan untuk menaruh pot, tali kur juga bisa digunakan untuk keranjang bunga loh, sehingga kalian bisa menaruh bunga imitasi tersebut di dalam keranjang dari tali kur.


Penutup Artikel Kerajinan dari Tali Kur

Demikianlah 14+ contoh kerajinan dari tali kur beserta gambarnya. Dimana sebenarnya masih banyak bentuk kerajinan lainnya yang bisa kita buat dengan menggunakan bahan dasar tali kur ini.

Jadi, tunggu apalagi mari kita manfaatkan tali kur menjadi bentuk kerajinan yang bisa menjadi ladang penghasilan bagi kita, semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian ya.

Kerajinan dari Tali Kur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.