15+ Contoh Kerajinan dari Tempurung Kelapa dan Cara Membuat

Kerajinan Dari Tempurung Kelapa

Kerajinan dari Tempurung Kelapa – Kerajinan tempurung kelapa merupakan barang yang dihasilkan dari proses daur ulang tempurung kelapa, dimana tempurung kelapa adalah limbah yang dihasilkan oleh buah kelapa tanpa daging.

Pada umumnya limbah tempurung kelapa ini dijadikan sebagai bahan untuk pembakaran, tapi apakah kalian juga sudah tahu bahwa tempurung kepala juga bisa disulap menjadi berbagai macam kerajinan. Kerajinan dari tempurung kelapa ini bahkan bisa dijual hingga ratusan ribu loh.

Hal ini dikarenakan memang tempurung kelapa bisa menghasilkan sebuah kerajinan yang unik dan terkesan mewah. Lalu apa saja contoh kerajinan dari tempurung kelapa itu? Langsung saja yuk simak pembahasan di bawah ini!


Contoh kerajinan dari Tempurung Kelapa

No Hasil Kerajinan dari Tempurung Kelapa
1 Kerajinan Asbak dari Tempurung Kelapa
2 Kerajinan Boneka dari Tempurung Kelapa
3 Kerajinan Bros dari Tempurung Kelapa
4 Kerajinan Bunga dari Tempurung Kelapa
5 Kerajinan Cangkir dari Tempurung Kelapa
6 Kerajinan Celengan dari Tempurung Kelapa
7 Kerajinan Gantungan Kunci dari Tempurung Kelapa
8 Kerajinan Jam dari Tempurung Kelapa
9 Kerajinan Kancing Baju dari Tempurung Kelapa
10 Kerajinan Lampu Hias dari Tempurung Kelapa
11 Kerajinan Mangkuk dari Tempurung Kelapa
12 Kerajinan Tas dari Tempurung Kelapa
13 Kerajinan Teko dari Tempurung Kelapa
14 Kerajinan Tempat Tisu dari Tempurung Kelapa
15 Kerajinan Toples dari Tempurung Kelapa

Seperti yang kita tahu, bahwa sampah atau limbah tempurung kelapa bisa diolah kembali menjadi sebuah kerajinan yang mempunyai nilai jual cukup tinggi.

Banyak sekali kerajinan yang bisa dihasilkan dari limbah tempurung kelapa, yakni ada asbak, aksesoris, gantungan kunci, tas dan masih banyak lagi yang lainnya. Dimana kerajinan tersebut dibuat semenarik mungkin dengan kreatifitas dari masing-masing pengrajin.

sehingga tidak heran apabila sekarang banyak masyarakat yang membuka usaha untuk membuat kerajinan dari tempurung kelapa ini. Banyak sekali kerajinan yang bisa dihasilkan dari tempurung kelapa, diantaranya adalah sebagai berikut!

1. Kerajinan Asbak dari Tempurung Kelapa

Gambar Kerajinan Asbak Dari Tempurung Kelapa

Asbak merupakan sebuah tempat yang digunakan untuk menampung abu dari rokok, dimana memang benda ini sangat dibutuhkan di rumah apabila ada seorang tamu atau keluarga yang merokok.

Pada umumnya asbak pasti dibuat dengan menggunakan besi atau kaca, tapi apakah kalian tahu ternyata tempurung kelapa bisa disulap menjadi asbak yang unik loh.

Selain bisa digunakan, asbak yang terbuat dari tempurung kelapa ini juga bisa kalian jadikan sebagai hiasan rumah, hal ini dikarenakan memang asbak mempunyai berbagai macam bentuk yang tentunya tidak kalah unik jika dibandingkan dengan asbak lainnya, sehingga ruang tamu bisa lebih indah.

Baca Juga: Kerajinan Dari Koran

2. Kerajinan Boneka dari Tempurung Kelapa

Gambar Kerajinan Boneka Dari Tempurung Kelapa

Tempurung kelapa juga bisa disulap menjadi berbagai macam bentuk boneka yang indah loh, dimana bahan yang dibutuhkan juga cukup murah sehingga sangat cocok untuk dibuat sendiri atau bahkan dibuat sebagai usaha.

Ya, usaha boneka dari batok kelapa ini bisa kalian gunakan, dimana boneka ini memang bisa dijual dengan nilai yang cukup tinggi.

Hal tersebut tentunya tergantung dengan tingkat kreativitas dan juga kerapian bonekanya ya, dimana semakin bagus boneka yang kalian buat dan semakin unik, maka semakin tinggi nilai jualnya.

Apalagi, boneka tempurung kelapa juga bisa dijadikan sebagai biasa atau pajangan di rumah, sehingga tidak heran apabila boneka ini paling banyak diminati.

3. Kerajinan Bros dari Tempurung Kelapa

Gambar Kerajinan Bros Dari Tempurung Kelapa

Bross merupakan aksesoris yang bisa dipakai oleh semua orang, apalagi bagi para kaum wanita yang berhijab, tentunya untuk tampil lebih cantik pasti membutuhkan sebuah aksesoris yakni bross.

Pada dasarnya bross mungkin dibuat dari besi atau kain, tapi bross dari tempurung kelapa juga tidak kalah indah loh. Selain kalian bisa membuatnya sendiri, kalian juga bisa membeli bross dengan harga yang relatif lebih murah.

Bahkan kalian juga bisa membuka sebuah usaha dari pembuatan bross tempurung kelapa ini, apalagi tempurung kelapa juga bisa kalian bentuk menjadi berbagai macam karakter yang unik.

4. Kerajinan Bunga dari Tempurung Kelapa

Gambar Kerajinan Bunga Dari Tempurung Kelapa

Kerajinan dari tempurung kelapa lainnya yang tidak kalah menarik adalah bunga, ya bunga beserta vasnya juga bisa kalian buat dengan menggunakan bahan tempurung kelapa loh, dimana pastinya bunga ini mempunyai daya tarik tersendiri.

Cara membuatnya memang agak susah, karena dibutuhkan ketelitian dan juga kreatifitas yang tinggi sehingga bisa menghasilkan bunga yang indah.

Bunga dan vas dari batok kelapa juga bisa kalian jadikan sebagai ladang usaha loh. Karena bahannya yang mudah didapat dan mudah dibentuk, sehingga kalian juga bisa merekrut masyarakat yang mempunyai kreativitas tinggi untuk ikut terjun dalam pembuatan bunga ini.

5. Kerajinan Cangkir dari Tempurung Kelapa

Gambar Kerajinan Cangkir Dari Tempurung Kelapa

Tempurung kelapa juga bisa kalian manfaatkan menjadi sebuah cangkir yang tidak kalah indah loh, dimana cara membuatnya juga memang cukup susah bagi orang yang tidak pernah membuatnya.

Tetapi bahan yang dibutuhkan sangat mudah didapat. Tapi, bagi kalian yang tidak ingin bersusah payah untuk membuatnya maka kalian bisa membelinya di online shop.

Tetapi, tentunya kalian juga harus siap mengeluarkan uang yang cukup mahal ya, karena pada dasarnya cangkir yang sudah dijual di online shop atau di toko-toko pasti mempunyai daya tarik atau kreativitas yang tinggi.

Sehingga nilai jual yang ditawarkan juga tinggi. Maka dari itulah, cangkir tempurung kelapa juga bisa dijadikan sebagai ladang usaha yang menjanjikan.

6. Kerajinan Celengan dari Tempurung Kelapa

Gambar Kerajinan Celengan Dari Tempurung Kelapa

Mungkin kita sudah sering menjumpai celengan yang dibuat dari bahan plastik, tanah atau kaleng bekas, tapi apakah kalian sudah tahu ternyata tempurung kelapa juga bisa disulap menjadi sebuah kerajinan berupa celengan yang unik loh. Meskipun bentuknya yang sederhana tetapi celengan ini tidak kalah jika dibandingkan celengan pada umumnya.

Cara membuatnya juga cukup mudah, yakni hanya tinggal membersihkan batok kelapa hingga benar-benar bersih, selanjutnya bentuk dan sambungkan batok kelapa sesuai dengan karakter yang ingin dibuat.

Jangan lupa sambungkan dengan lem. Untuk mempercantik tampilan kalian bisa menambahkan warna yang kemudian dikeringkan, celengan siap digunakan.

7. Kerajinan Gantungan Kunci dari Tempurung Kelapa

Gambar Kerajinan Gantungan Kunci Dari Tempurung Kelapa

Gantungan kunci yang terbuat dari tempurung kelapa merupakan salah satu kerajinan yang paling sering kita temukan, tepatnya di berbagai toko yang ada di kawasan wisata. Penjual menawarkan berbagai macam bentuk gantungan kunci, dari bentuk karakter hewan, nama, tokoh dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Gantungan kunci dari tempurung kelapa ini juga bisa kalian jadikan sebagai hadiah untuk sahabat atau souvenir loh, dimana agar lebih berkesan pastinya kita ingin membuatnya sendiri.

Dimana cara membuatnya juga cukup mudah, yakni hanya tinggal memotong tempurung sesuai dengan pola, selanjutnya bor tempurung untuk meletakkan gantungan dan gantungan, jangan lupa tambahkan warna agar lebih indah.

8. Kerajinan Jam dari Tempurung Kelapa

Gambar Kerajinan Jam Dari Tempurung Kelapa

Tempurung kelapa juga bisa kalian sulap menjadi sebuah jam yang indah loh. Jam yang dibuat dari bahan plastik atau besi juga indah, tapi jam yang dibuat dari tempurung kelapa ini tidak kalah indah pula. 

Meskipun jam dari tempurung kelapa ini hanya membutuhkan bahan yang sederhana, tetapi bentuk yang dihasilkan juga sangat menarik. Jadi, apakah kalian tertarik untuk memilikinya?

Baca Juga: Kerajinan Dari Bahan Lunak

9. Kerajinan Kancing Baju dari Tempurung Kelapa

Gambar Kerajinan Kancing Baju Dari Tempurung Kelapa

Kerajinan dari tempurung kelapa yang mudah untuk dibuat selanjutnya adalah kancing baju. Dimana biasanya kancing ini digunakan dalam baju batik yang bisa kalian beli di berbagai macam pusat oleh-oleh kawasan wisata loh.

Tapi, bagi kalian yang ingin mempunyainya, kalian tidak perlu repot-repot untuk pergi ke tempat wisata, dimana kalian bisa membuatnya sendiri dengan mudah.

Yakni hanya tinggal memotong tempurung sesuai dengan pola kancing dan memberikan lubang pada bagian tengahnya, bagaimana mudah bukan?

10. Kerajinan Lampu Hias dari Tempurung Kelapa

Gambar Kerajinan Lampu Hias Dari Tempurung Kelapa

Lampu hias merupakan sebuah benda yang pasti ada di setiap kamar, dimana dengan lampu inilah kamar kita bisa mendapatkan sebuah cahaya.

Pada umumnya lampu hias dibuat dari bahan plastik atau besi, tapi apakah kalian tahu ternyata lampu hias juga bisa dibuat dengan menggunakan tempurung kelapa, bahkan dengan tempurung ini tidur juga bisa menjadi nyaman loh. 

Lampu hias dari tempurung kelapa ini tidak kalah jika dibandingkan dengan lampu hias pada umumnya, bahkan kalian juga bisa membuatnya sendiri tanpa perlu mengeluarkan uang untuk membelinya. Lampu hias dari tempurung kelapa juga bisa kalian jadikan sebagai peluang usaha yang menjanjikan.

11. Kerajinan Mangkuk dari Tempurung Kelapa

Gambar Kerajinan Mangkuk Dari Tempurung Kelapa

Mangkuk dari tempurung kelapa juga merupakan kerajinan yang banyak diminati oleh masyarakat, dimana mangkuk yang dibuat dari tempurung kelapa tersebut tidak kalah jika dibandingkan dengan mangkuk dari bahan yang lainnya.

Mangkuk ini dibuat dengan sangat unik sehingga tampilannya juga sangat menarik dan juga elegan. Cara membuat mangkuk dari tempurung kelapa juga terbilang cukup mudah, yakni hanya membutuhkan setengah lingkaran dari tempurung kelapa.

Selanjutnya haluskan dengan menggunakan amplas dan pada bagian bawahnya kalian bisa menambah potongan dari tempurung kelapa lainnya sebagai penyangga. Mangkuk sudah siap digunakan atau bahkan dijual kembali.

12. Kerajinan Tas dari Tempurung Kelapa

Gambar Kerajinan Tas Dari Tempurung Kelapa

Tas merupakan salah satu benda yang paling banyak diminati terutama kaum wanita, apakah kalian tahu ternyata ada tas yang dibuat dari bahan tempurung kelapa loh.

Dimana bahkan keindahan dan keunikan tas ini tidak kalah jika dibandingkan dengan tas yang dibuat dari kulit. Sehingga cukup unik dan menambah kesan elegan pada saat dipakai.

Cara membuat tas ini juga tidak sembarangan loh, dimana hanya orang yang kreatif lah yang bisa membuatnya. Karena memang cara membuat tas tempurung kelapa ini cukup susah, tetapi hasilnya juga sangat memukau dan sangat unik.

13. Kerajinan Teko dari Tempurung Kelapa

Gambar Kerajinan Teko Dari Tempurung Kelapa

Pada penjelasan diatas kita juga sudah membahas tentang cangkir yang bisa dibuat dari tempurung kelapa, tapi apakah kalian juga sudah tahu ternyata tempurung kelapa juga bisa kita jadikan sebagai teko yang unik loh.

Dimana teko ini selain bisa digunakan sehari-hari juga bisa kita gunakan sebagai hiasan saja di dalam lemari, karena memang bentuknya yang indah sehingga cocok dijadikan koleksi.

14. Kerajinan Tempat Tisu dari Tempurung Kelapa

Gambar Kerajinan Tempat Tisu Dari Tempurung Kelapa

Kerajinan dari tempurung kelapa selanjutnya adalah tempat tisu, dimana cara membuatnya juga cukup mudah yakni hilangkan terlebih dahulu serabut yang ada pada tempurung kelapa.

Selanjutnya haluskan tempurung kelapa dengan menggunakan amplas. Apabila sudah, potong atau pecahkan tempurung kelapa menjadi bagian-bagian yang kecil.

Apabila sudah maka tempelkan bagian-bagian tersebut sesuai dengan tempat atau pola tisu, jangan lupakan tempel dengan menggunakan lem khusus ya agar tempurung kelapa tidak mudah lepas.

Tempat tisu siap digunakan atau bahkan dijual kembali loh, bagaimana cukup mudah bukan cara membuatnya?

15. Kerajinan Toples dari Tempurung Kelapa

Gambar Kerajinan Toples Dari Tempurung Kelapa

Kerajinan dari tempurung kelapa yang terakhir adalah toples, dimana memang tempurung kelapa bisa kita sulap menjadi sebuah toples makanan yang indah dan bisa kalian gunakan pada saat hari lebaran loh.

Cara membuat tempurung kelapa ini juga bisa dilakukan dengan mudah, sehingga kalian bisa membuatnya sendiri atau membuatnya untuk dijual kembali.

Baca Juga: Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Dan Anorganik


Manfaat Tempurung Kelapa

Gambar Tempurung Kelapa

Pada penjelasan diatas kita sudah mengetahui bukan apa saja contoh-contoh kerajinan yang bisa dibuat dengan menggunakan tempurung kelapa atau batok kelapa, tapi apa sih sebenarnya manfaat dari tempurung kelapa ini? Maka dari itu yuk simak penjelasan di bawah ini.

  1. Tempurung kelapa bisa digunakan untuk menjernihkan air.
  2. Tempurung kelapa bisa digunakan untuk bahan baku pembuatan obat nyamuk.
  3. Tempurung kelapa bisa menjadi berbagai macam jenis aksesoris yang menarik.
  4. Tempurung kelapa bisa digunakan sebagai arang.
  5. Tempurung kelapa bisa digunakan untuk mengobati penyakit diabetes.

Penutup Artikel Kerajinan dari Tempurung Kelapa

Demikianlah contoh kerajinan dari tempurung kelapa beserta manfaatnya, dimana sebenarnya masih banyak kerajinan-kerajinan yang bisa kita buat dengan menggunakan tempurung kelapa ini.

Jadi, tunggu apalagi mari kita manfaatkan tempurung kelapa menjadi barang yang bisa menjadi ladang penghasilan bagi kita, semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian ya.

Kerajinan dari Tempurung Kelapa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.