13+ Contoh Kerajinan dari Tulang Ikan dan Cara Membuat Sederhana

Kerajinan dari Tulang Ikan – Apakah kalian pernah mendengar kerajinan dari tulang ikan? Ya, ternyata tulang ikan bukan hanya sekedar sampah yang tidak berguna loh.

Melainkan tulang ikan bisa disulap menjadi berbagai macam bentuk kerajinan baik itu miniatur atau aksesoris yang sangat unik. Mungkin memang masih banyak yang tidak percaya bahwa tulang ikan ini bisa dijadikan sebagai kerajinan yang unik dengan harga jual yang cukup tinggi.

Banyak sekali bentuk yang bisa dibuat dari limbah tulang ikan ini, lalu apa saja contoh kerajinan dari tulang ikan tersebut? Maka dari itu, langsung saja yuk simak contohnya di bawah ini!

Kerajinan Dari Tulang Ikan


Contoh Kerajinan dari Tulang Ikan

Tulang ikan adalah sebuah limbah yang dihasilkan oleh ikan, dimana kalian bisa menemukan limbah ini dengan mudah di daerah pesisir, pasar ikan dan berbagai restoran.

Pada dasarnya, tulang ikan memang termasuk jenis limbah yang cukup mengganggu bukan apabila menumpuk? Maka dari itulah, biasanya tulang ikan akan dihaluskan menjadi tepung.

Tetapi, tentu saja penghalusan tersebut juga bukan cara yang sepenuhnya tepat, karena apabila kalian tidak mempunyai waktu untuk menghaluskan tulang ikan, maka tulang hanya akan dibuang dan menumpuk di tempat pembuangan.

Karena itu lah, beberapa masyarakat memutuskan untuk membuat sebuah kerajinan yang sangat cantik dan tidak memerlukan modal yang banyak.

Bahkan dengan kerajinan dari tulang ikan tersebut, masyarakat bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari, karena bisa dibilang bahwa kerajinan dari tulang ikan mempunyai daya jual yang cukup tinggi. Adapun kerajinan yang bisa dibuat dari tulang ikan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut!

  • Kerajinan Gelang dari Tulang Ikan Hiu

Gambar Kerajinan Gelang dari Tulang Ikan Hiu
https://www.blibli.com/

Contoh kerajinan dari tulang ikan yang pertama adalah gelang yang dibuat dari tulang ikan hiu. Gelang dari tulang ikan hiu ini pada umumnya juga dikombinasikan dengan penggunaan kayu yang sudah dibentuk sedemikian rupa.

Gelang ikan hiu ini bersifat seperti lingkaran yang kemudian disambungkan dengan benang, dimana cara penyusunannya juga dibuat seperti tulang ikan hiu, kemudian disusul dengan bambu, disusul kembali dengan ikan hiu dan seterusnya hingga benang tersebut secara keseluruhan sudah terisi.

Tentunya gelang yang satu ini termasuk dengan gelang yang unik dan harganya pun bisa dibilang cukup mahal dikarenakan manik-manik berupa tulang ikan hiu tersebut.

Baca Juga: Kerajinan Dari Kulit Salak

  • Kerajinan Hiasan Dinding dari Tulang Ikan

Gambar Kerajinan Hiasan Dinding dari Tulang Ikan
https://indonesian.alibaba.com/

Hiasan dinding tidak sepenuhnya bisa kalian dapatkan dengan harga yang mahal, dimana kalian bisa membuat sendiri loh hiasan dinding atau hiasan pintu dengan menggunakan tulang ikan.

Seperti pada gambar diatas, dimana kalian bisa memanfaatkan beberapa bagian tulang ikan yang kemudian dikombinasikan dengan kayu, atau kalian bahkan bisa menggunakan hiasan dinding atau pintu dengan tulang ikan secara utuh loh.

Tapi, tentunya hal tersebut juga cukup merepotkan, apalagi kalian harus benar-benar memastikan bahwa tidak ada tulang ikan yang patah. Kemudian kalian juga harus memastikan bahwa tulang ikan benar-benar bersih apabila ingin membuat sendiri.

  • Kerajinan Kalung dari Tulang Ikan

Gambar Kerajinan Kalung dari Tulang Ikan
https://indonesian.alibaba.com/

Selain kalian bisa membuat aksesoris berupa gelang, kalian juga bisa membuat sebuah aksesoris berupa kalung dengan menggunakan ikan loh. Dimana kalung dari ikan ini tentunya tidak kalah ya dibanding dengan kalung pada umumnya, dimana kalung ini seluruhnya dibuat dengan tulang ikan asli.

  • Kerajinan Kalung Etnik dari Tulang Ikan

Gambar Kerajinan Kalung Etnik dari Tulang Ikan
https://id.carousell.co

Kalung etnik merupakan kalung yang mempunyai bentuk dan dibuat dengan menggunakan bahan yang sederhana, bahan tersebut salah satunya adalah tulang ikan. Dimana kalung yang dibuat dari tulang ikan ini juga mempunyai berbagai macam bentuk yang unik, dimulai dari menggunakan tulang ikan secara keseluruhan atau hanya sebagian saja.

  • Kerajinan Liontin dari Tulang Ikan

Gambar Kerajinan Liontin dari Tulang Ikan
https://www.tokopedia.com/

Selain kalian bisa membuat sebuah kalung atau gelang secara keseluruhan atau hanya sebagian dengan menggunakan tulang ikan, kalian juga bisa membuat sebuah liontin dari tulang ikan ini. Dimana tentunya liontin ini akan sangat unik dan mungkin digunakan oleh beberapa masyarakat di daerah-daerah tertentu.

Penggunaan liontin dari tulang ikan ini pada umumnya di kombinasikan dengan sebuah kalung dari tali, jadi bukan dari emas ya. Dimana karena itulah kalung yang menggunakan liontin tulang ikan akan terkesan unik dan seperti kalung adat pada umumnya.

  • Kerajinan Miniatur Burung dari Tulang Ikan

Gambar Kerajinan Miniatur Burung dari Tulang Ikan
https://erabaru.net/

Selain kalian bisa membuat berbagai macam aksesoris, kalian juga bisa membuat sebuah miniatur burung elang yang sangat unik dengan menggunakan tulang ikan. Kerajinan burung elang dari tulang ikan ini bahkan bisa dijual dengan harga yang cukup tinggi loh.

Semua itu tentunya bukan tanpa alasan, melainkan pembuatan miniatur burung elang memang membutuhkan tingkat kedetailan yang sangat tinggi, bukan hanya itu saja pengrajin juga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk merangkai tulang-tulang ikan tersebut. Sehingga tidak heran, apabila miniatur burung elang bisa dijual dengan harga yang sesuai dengan tingkat kesulitannya.

  • Kerajinan Miniatur Hewan Naga dari Tulang Ikan

Gambar Kerajinan Miniatur Hewan Naga dari Tulang Ikan
https://finance.detik.com/

Kerajinan miniatur hewan lainnya yang terbuat dari tulang ikan adalah hewan naga, ikan dan juga kalajengking. Ya, selain hewan burung elang tadi memang hewan naga lah salah satu bentuk kerajinan yang paling sering dibuat dengan menggunakan tulang ikan.

Tingkat kesulitan dalam pembuatan kerajinan miniatur hewan ini pada umumnya sama saja, dimana pengrajin benar-benar harus memperhatikan berbagai macam detil yang ada pada miniatur.

Miniatur yang terbuat dari tulang ikan juga bisa dijadikan sebagai ladang penghasil loh, bahkan banyak sekali para pengrajin yang mengandalkan kebutuhan ekonomi ini dengan menjual karya-karya mereka yang terbuat dari tulang ikan ini. Bagaimana, sangat cantik bukan?

Baca Juga: Kerajinan Dari Pita

  • Kerajinan Miniatur Kapal dari Tulang Ikan

Gambar Kerajinan Miniatur Kapal dari Tulang Ikan
https://kerajinanspektakuler.blogspot.com/

Kerajinan dari tulang ikan selanjutnya yang tidak kalah dibandingkan dengan miniatur tulang ikan yang lainnya adalah miniatur kapal. Tulang ikan juga bisa dibuat menjadi miniatur kapal yang sangat cantik dan juga sangat unik, tentunya miniatur kapal ini juga sama dengan miniatur dari tulang ikan yang lainnya, yakni bisa dijual dengan harga yang cukup tinggi.

  • Kerajinan Miniatur Motor dari Tulang Ikan

Gambar Kerajinan Miniatur Motor dari Tulang Ikan
https://www.flickr.com/

Miniatur motor dibuat besi mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita, lalu bagaimana dengan miniatur motor yang dibuat dari tulang ikan, apakah bisa? Tentu saja bisa loh, kalian juga bisa memanfaatkan limbah tulang ikan ini menjadi berbagai macam bentuk motor yang sangat cantik dan tentunya unik ya.

Miniatur motor dari tulang ikan ini tentunya tidak akan kalah jika dibandingkan dengan miniatur motor yang dibuat dari bahan limbah besi atau yang lainnya. Dimana kalian bisa membuat berbagai macam jenis motor dengan menggunakan tulang ikan, tentunya dengan memperhatikan detailnya juga ya.

  • Kerajinan Miniatur Perahu dari Tulang Ikan

Gambar Kerajinan Miniatur Perahu dari Tulang Ikan
https://money.kompas.com/

Selain miniatur kapal, kalian juga bisa membuat sebuah miniatur perahu dari tulang ikan. Perahu dari tulang ikan ini cenderung mempunyai bentuk yang lebih sederhana jika dibandingkan dengan miniatur kapal.

Tetapi tetap, meskipun bentuknya yang sederhana, perahu dari tulang ikan ini dibuat dengan penuh kehati-hatian dan juga tentunya pengrajin harus memperhatikan berbagai detail yang ada agar lebih mirip cantik dan mirip dengan perahu pada umumnya.

  • Kerajinan Miniatur Sepeda dari Tulang Ikan

Gambar Kerajinan Miniatur Sepeda dari Tulang Ikan
https://amp.kompas.com/

Miniatur bentuk kendaraan yang dibuat dengan menggunakan tulang ikan selanjutnya adalah miniatur sepeda dengan menggunakan tulang ikan. Miniatur sepeda ini tentunya mempunyai bentuk yang sangat unik dan cantik, dimana miniatur sepeda ini tentunya mempunyai bentuk yang cantik dan tidak kalah jika dibandingkan dengan miniatur sepeda yang dibuat dari bambu atau bahan yang lainnya.

  • Kerajinan Robot dari Tulang Ikan

Gambar Kerajinan Robot dari Tulang Ikan
https://finance.detik.com/

Kerajinan dari tulang ikan selanjutnya adalah kerajinan robot. Robot yang terbuat dari tulang ikan ini mempunyai berbagai macam bentuk yang beragam, bukan hanya bentuknya saja loh yang beragam melainkan ukuran dari robot ini juga terdiri dari beberapa macam jenis.

Pembuat robot ini pada umumnya melalui proses yang cukup sulit, hal ini dikarenakan kalian juga harus memilah terlebih dahulu tulang ikan yang cocok digunakan menjadi berbagai macam bentuk robot. Harga yang ditawarkan dari robot tulang ikan ini juga ditawarkan dengan harga yang cukup tinggi.

  • Kerajinan Ukiran dari Tulang Ikan Duyung

Gambar Kerajinan Ukiran dari Tulang Ikan Duyung
https://www.bukalapak.com/

Selain kalian bisa membentuk kerajinan dari tulang ikan dengan cara menyusunnya, kalian juga bisa membuat kerajinan berupa ukiran dari tulang ikan loh. Salah satu jenis tulang ikan yang bisa digunakan adalah tulang ikan duyung.

Ya, tulang ikan duyung bisa kalian ukir menjadi berbagai macam bentuk motif yang sangat unik. Dimana ukiran tulang ikan duyung ini bisa digunakan sebagai liontin atau sebagai kerajinan yang lainnya, tentunya dengan motif yang sangat beragam dan unik-unik sesuai dengan keahlian dari para pengrajin.

Baca Juga: Kerajinan Dari Cd Bekas


Cara Membuat Kerajinan dari Tulang Ikan

Gambar Cara Membuat Kerajinan dari Tulang Ikan
https://jateng.tribunnews.com/

Untuk membuat berbagai macam kerajinan dari tulang ikan seperti diatas, tentunya pengrajin harus melalui beberapa proses yang cukup rumit ya. Hal ini dikarenakan, agar produk yang dihasilkan juga berkualitas meskipun dibuat dari bahan limbah ikan, lalu apa sih proses atau cara membuat sebuah kerajinan dari tulang ikan ini? Maka dari itu, langsung saja yuk simak penjelasan di bawah ini!

  1. Pertama-tama pilihlah terlebih dahulu tulang ikan yang masih bagus dan masih bisa digunakan.
  2. Selanjutnya kalian bisa membersihkan terlebih dahulu ikan tersebut, cucilah hingga benar-benar bersih dan pastikan bau amis juga sudah hilang.
  3. Apabila sudah, maka kalian bisa memotong tulang ikan atau menyusun tulang ikan sesuai dengan kerajinan yang kalian pilih.
  4. Apabila kalian memilih untuk membuat sebuah miniatur, maka kalian bisa menyusun tulang-tulang ikan tersebut menjadi bentuk yang sesuai dengan pola dan direkatkan dengan menggunakan lem.
  5. Apabila kalian ingin membuat sebuah kalung atau gelang, maka kalian bisa menyusun tulang ikan dengan seutas tali.

Manfaat Tulang Ikan

Gambar Manfaat Tulang Ikan
https://m.mediaindonesia.com/

Selain bisa digunakan menjadi berbagai macam bentuk kerajinan atau tepung, ternyata tulang ikan juga masih mempunyai beberapa manfaat yang sangat menakjubkan loh. Apa saja manfaat itu? Yuk langsung saja intip penjelasannya di bawah ini!

  1. Tulang ikan bisa digunakan untuk mempercepat pertumbuhan tulang gigi pada anak-anak.
  2. Tulang ikan bisa digunakan sebagai pupuk untuk menyuburkan tumbuh-tumbuhan.
  3. Tulang ikan bisa digunakan sebagai campuran makanan hewan ternak.

Penutup

Demikianlah 13+ contoh kerajinan dari tulang ikan beserta gambar dan juga manfaatnya. Dimana sebenarnya masih banyak bentuk kerajinan lainnya yang bisa kita buat dengan menggunakan bahan dasar tulang ikan ini.

Jadi, tunggu apalagi mari kita manfaatkan tulang ikan menjadi bentuk kerajinan yang bisa menjadi ladang penghasilan bagi kita, semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian ya.

Kerajinan dari Tulang Ikan

Tinggalkan komentar