11+ Contoh Kerajinan dari Tusuk Sate dan Cara Membuatnya

Kerajinan Dari Tusuk Sate

Kerajinan dari Tusuk Sate – Pada dasarnya, orang-orang kreatif bisa merubah barang apapun menjadi sebuah kerajinan yang bernilai seni dan jual yang tinggi, salah satunya adalah kerajinan dari tusuk sate.

Ya, siapa sangka ternyata tusuk sate bukan hanya dijadikan sebagai bahan bekas untuk menusuk sate saja loh, melainkan bisa dibuat menjadi berbagai macam kerajinan yang sangat unik.

Mungkin, bagi semua orang tusuk sate ini sudah tidak ada manfaatnya kembali, tetapi karena itulah orang-orang yang suka berkreativitas membuat sebuah kerajinan dari tusuk sate ini. Banyak sekali jenis kerajinan yang bisa dibuat, jadi untuk lebih lengkapnya akan dijelaskan pada penjelasan di bawah ini!

Kerajinan Dari Tusuk Sate


Contoh Kerajinan dari Tusuk Sate

No Hasil Kerajinan dari Tusuk Sate
1 Kerajinan Bingkai Foto dari Tusuk Sate
2 Kerajinan Hiasan Dinding dari Tusuk Sate
3 Kerajinan Miniatur Menara Eiffel dari Tusuk Sate
4 Kerajinan Miniatur Rumah dari Tusuk Sate
5 Kerajinan Kotak Tisu dari Tusuk Sate
6 Kerajinan Tempat Pensil dari Tusuk Sate
7
Kerajinan Rak Dinding Mini Bentuk Segitiga dari Tusuk Sate
8 Kerajinan Rak Meja Bentuk Hexagon dari Tusuk Sate
9 Kerajinan Tas dari Tusuk Sate
10 Kerajinan Tripod Mini untuk HP dari Tusuk Sate
11 Kerajinan Vas Bunga dari Tusuk Sate

Tusuk sate merupakan benda yang digunakan untuk menyajikan berbagai macam jenis sate. Pada dasarnya tusuk sate ini dibuat dari bahan bambu, tetapi ada juga loh yang dibuat dari bahan logam.

Sementara tusuk sate yang hanya bisa digunakan adalah tusuk sate dari bambu. Hal tersebut, dikarenakan tusuk sate dari bahan bambu lebih mudah dibentuk, aman dan yang paling penting adalah ramah lingkungan.

Tusuk sate ini bisa digunakan menjadi berbagai macam kerajinan yang sangat cantik dan unik, tentunya selain bisa digunakan sebagai hiasan rumah sendiri, kerajinan dari tusuk sate ini juga bisa dijual kembali.

Sehingga sangat cocok digunakan sebagai usaha sampingan. Lalu apa saja contoh kerajinan yang bisa dibuat dari bahan tusuk sate ini? Maka dari itu, yuk simak penjelasan di bawah ini!

1. Kerajinan Bingkai Foto dari Tusuk Sate

Gambar Kerajinan Bingkai Foto dari Tusuk Sate
https://i.ytimg.com/

Kerajinan dari bahan tusuk sate yang pertama adalah bingkai foto, ya tusuk sate memang bisa dibuat menjadi bingkai foto yang sangat unik dan cantik loh. Keunggulan dari bingkai foto dari tusuk sate ini adalah ramah lingkungan dan bahan yakni tusuk sate mudah ditemukan, bukan hanya itu saja, bahan yang dibutuhkan untuk membuat bingkai ini juga tidak terlalu mahal.

Adapun cara membuatnya adalah pertama-tama siapkan terlebih dahulu kardus dan potong menjadi persegi atau sesuai dengan model, selanjutnya lem pinggiran kardus tersebut dan letakkan tusuk sate ke atas permukaannya. Kemudian tempelkan berbagai macam hiasan di atas tusuk sate tersebut.

Baca Juga: Kerajinan Dari Fiberglass

2. Kerajinan Hiasan Dinding dari Tusuk Sate

Gambar Kerajinan Hiasan Dinding dari Tusuk Sate
https://www.diadona.id/

Kerajinan dari bahan tusuk sate yang pertama adalah bingkai foto, ya tusuk sate memang bisa dibuat menjadi bingkai foto yang sangat unik dan cantik loh.

Keunggulan dari bingkai foto dari tusuk sate ini adalah ramah lingkungan dan bahan yakni tusuk sate mudah ditemukan, bukan hanya itu saja, bahan yang dibutuhkan untuk membuat bingkai ini juga tidak terlalu mahal.

Adapun cara membuatnya adalah pertama-tama siapkan terlebih dahulu kardus dan potong menjadi persegi atau sesuai dengan model, selanjutnya lem pinggiran kardus tersebut dan letakkan tusuk sate ke atas permukaannya. Kemudian tempelkan berbagai macam hiasan di atas tusuk sate tersebut.

3. Kerajinan Miniatur Menara Eiffel dari Tusuk Sate

Gambar Kerajinan Miniatur Menara Eiffel dari Tusuk Sate
https://nawichannel.blogspot.com/

Ingin membuat kerajinan menara Eiffel tetapi bingung ingin membuatnya dengan apa? Eits, kalian jangan khawatir, karena ternyata kalian bisa loh memanfaatkan tusuk sate ini untuk membuat miniatur menara Eiffel ini.

Ya, seperti pada contoh-contoh diatas, bahwa tusuk sate memang bisa diolah kembali menjadi kerajinan yang sangat unik dan tentunya juga bisa dijadikan sebagai ladang penghasilan.

Cara membuat miniatur menara Eiffel ini juga cukup mudah loh, pertama tempelkan solasi bening kedalam kertas, selanjutnya ambilah tusuk sate dan susun menjadi menara Eiffel (bentuk mengikuti kertas ya). Jangan lupa untuk merekatkan masing-masing tusuk sate dengan menggunakan lem agar tusuk sate tidak mudah lepas.

4. Kerajinan Miniatur Rumah dari Tusuk Sate

Gambar Kerajinan Miniatur Rumah dari Tusuk Sate
https://steemitimages.com/

Selain bisa membuat miniatur menara Eiffel, kalian juga bisa membuat miniatur rumah dengan menggunakan tusuk sate loh. Cara pembuatannya juga cukup mudah, yakni pertama siapkan terlebih dahulu kertas karton yang sudah digambar dengan bentuk rumah.

Selanjutnya bentuklah rumah dengan menggunakan kertas sesuai dengan pola rumah yang sudah dibuat, jangan lupa direkatkan dengan menggunakan lem ya.

Langkah selanjutnya adalah dengan menempelkan tusuk sate pada permukaan rumah yang sudah dibuat dengan kertas, dimana kalian bisa menempelkan dengan menggunakan lem, lakukan hingga semua permukaan rumah tertutup dengan tusuk sate dan miniatur rumah sudah siap

5. Kerajinan Kotak Tisu dari Tusuk Sate

Gambar Kerajinan Kotak Tisu dari Tusuk Sate
https://i.ytimg.com/

Seperti yang kita tahu, bahwa kotak tisu bisa dibuat dengan menggunakan kardus, kain flanel atau bahan bekas yang lainnya, tapi apakah kalian juga sudah tahu, bahwa ternyata kalian juga bisa loh membuat kotak tisu dari tusuk sate.

Ya, mungkin dari kalian masih asing dengan kerajinan yang satu ini, atau bahkan belum pernah sama sekali mendengarnya, tetapi kalian tidak perlu khawatir akan hasilnya, dimana kotak tisu dari tusuk sate juga tidak kalah jika dibandingkan dengan kotak tisu yang lainnya.

Sebenarnya, untuk cara pembuatannya juga cukup mudah, pertama-tama kalian bentuklah terlebih dahulu kardus atau kertas menjadi bentuk kotak tisu.

Apabila sudah, maka ukurlah terlebih dahulu tusuk sate dengan panjang menyesuaikan bentuk kotak tisu yang sudah dibuat, selanjutnya, lapisi kardus tersebut dengan menggunakan lem dan tempelkan tusuk sate dengan menggunakan lem, kotak tisu sudah siap digunakan.

Baca Juga: Kerajinan Dari Kulit

6. Kerajinan Tempat Pensil dari Tusuk Sate

Gambar Kerajinan Tempat Pensil dari Tusuk Sate
https://shopee.co.id/

Selain kotak tisu, kalian juga bisa membuat tempat pensil yang unik dengan menggunakan tusuk sate. Dimana cara yang digunakan untuk membuat tempat pensil ini juga sangat mudah, pertama-tama bersihkan terlebih dahulu tusuk sate hingga benar-benar bersih.

Apabila sudah, maka susunlah tusuk sate, tetapi potonglah terlebih dahulu dengan beberapa ukuran, kemudian susunlah tusuk sate dari ukuran yang terkecil hingga terbesar (seperti pada gambar).

Jangan lupa kalian bisa menyambungkannya dengan menggunakan benang pada bagian ujungnya ya, atau bisa juga dengan menggunakan lem, selanjutnya berilah sentuhan pernak-pernik pada bagian bawah dan juga atas tempat pensil tersebut.

7. Kerajinan Rak Dinding Mini Bentuk Segitiga dari Tusuk Sate

Gambar Kerajinan Rak Dinding Mini Bentuk Segitiga dari Tusuk Sate
https://www.pinhome.id/

Kerajinan dari tusuk sate selanjutnya yang tidak kalah unik adalah tak dinding dengan bentuk segitiga, tentunya karena bentuknya yang mini dan bahan yang digunakan juga tidak terlalu kuat.

Maka kalian juga hanya bisa menaruh beberapa barang yang ringan saja ya. Karena apabila kalian menaruh buku dengan ukuran yang tebal maka rak akan lepas bahkan bisa saja patah.

Cara pembuatan rak mini ini juga sangatlah mudah loh, dimana kalian bisa dengan memotong terlebih dahulu tusuk sate dengan panjang 7 cm dan juga 9 cm.

Selanjutnya susunlah tusuk sate dengan cara menyusun yang lebih pendek dengan ujungnya yang dikasihkan lem dan kemudian direkatkan dengan tusuk sate yang berukuran panjang, ulangi langkah-langkah tersebut hingga ketebalan sesuai dengan keinginan.

8. Kerajinan Rak Meja Bentuk Hexagon dari Tusuk Sate

Gambar Kerajinan Rak Meja Bentuk Hexagon dari Tusuk Sate
https://id.pinterest.com/

Selain membuat rak dinding berukuran mini, kalian juga bisa membuat tak meja dengan bentuk hexagon dari tusuk sate ini loh. Rak ini sangat cocok dijadikan sebagai hiasan di ruang tamu atau teras.

Dimana cara pembuatannya juga sangatlah mudah untuk ditiru, yakni pertama potonglah tusuk sate dengan jumlah 12 buah dan panjang 16 cm, 6 buah dan panjang 8 cm, serta 2 buah dan panjang 14 cm.

Apabila sudah, maka kalian bisa menyusunnya menjadi bentuk hexagon, agar hiasan meja ini lebih cantik maka kalian bisa menambahkan terlebih dahulu dengan menggunakan cat warna. Selanjutnya untuk menunggu cat kering, kalian bisa membuat alas ini dengan menggunakan kardus bekas.

Selanjutnya potonglah kardus mengikuti pola hexagon dan lapisi dengan menggunakan kertas kado, apabila sudah maka tempelkan alas dengan tusuk sate tadi dengan menggunakan lem.

9. Kerajinan Tas dari Tusuk Sate

Gambar Kerajinan Tas dari Tusuk Sate
https://guru.smkn1pacitan.sch.id/

Tusuk sate dijadikan sebagai tas, memangnya bisa? Tentu saja bisa dong, beberapa pengrajin juga ada loh yang membuat sebuah tas dengan menggunakan tusuk sate ini. Tetapi, tas dari tusuk sate ini juga cukup susah proses pengerjaannya ya.

Meskipun demikian, tas dari tusuk sate juga sangat unik dan bisa dijadikan sebagai pilihan untuk koleksi. Atau bisa saja apabila kalian ingin membuka usaha, maka tas dari tusuk sate ini juga bisa dijadikan pilihan.

Karena selain bahannya yang mudah didapat, bahan ini juga termasuk murah tetapi kerajinan yang dihasilkan bisa dijual dengan harga yang cukup mahal, karena tas ini tidak kalah cantik jika dibandingkan dengan tas yang dibuat dari bahan yang lainnya.

10. Kerajinan Tripod Mini untuk HP dari Tusuk Sate

Gambar Kerajinan Tripod Mini untuk HP dari Tusuk Sate
https://www.pinhome.id/

Ingin mempunyai tripod tapi kalian tidak mempunyai cukup biaya untuk membelinya? Maka, kalian tidak perlu khawatir. Hal ini dikarenakan kalian bisa membuat tripod sendiri dengan menggunakan tusuk sate loh, tetapi tentunya untuk membuat tripod hp dari tusuk sate ini, kalian harus mempunyai kesabaran yang cukup tinggi ya.

Cara pembuatan tripod hp dari tusuk sate ini memang cukup rumit, tetapi tentunya hasilnya juga tidak akan mengecewakan. Daripada kalian membelinya sendiri dengan harga yang cukup mahal, kalian bisa membuatnya sendiri dengan harga bahan yang sangat terjangkau.

Baca Juga: Kerajinan Dari Ban Bekas

11. Kerajinan Vas Bunga dari Tusuk Sate

Gambar Kerajinan Vas Bunga dari Tusuk Sate
https://id.pinterest.com/

Kerajinan dari tusuk sate yang terakhir adalah vas bunga. Mungkin kerajinan vas bunga ini menjadi salah satu kerajinan yang paling banyak ditemukan, kerajinan vas bunga dari tusuk sate ini juga tentunya tidak kalah cantik jika dibandingkan dengan kerajinan yang lainnya loh, bahkan kalian juga bisa menjadikannya sebagai usaha untuk berjualan.

Kerajinan vas bunga ini juga cukup mudah untuk dibuat, yakni dengan cara menyusun terlebih dahulu tusuk sate dengan menggunakan benang pada bagian ujungnya sehingga bisa membentuk persegi panjang.

Selanjutnya lingkarkan tusuk sate tersebut hingga berbentuk lingkaran, dan jangan lupa tambahkan alas untuk vas bunga, agar vas bunga tampak lebih cantik kalian bisa menghiasinya dengan menggunakan renda kain atau hiasan yang lainnya.


Penutup Artikel Kerajinan dari Tusuk Sate

Demikianlah 11+ contoh kerajinan dari tusuk sate beserta dengan gambarnya. Dimana sebenarnya masih banyak bentuk kerajinan lainnya yang bisa kita buat dengan menggunakan bahan dasar tusuk sate ini.

Jadi, tunggu apalagi mari kita manfaatkan tusuk sate menjadi bentuk kerajinan yang bisa menjadi ladang penghasilan bagi kita, semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian ya.

Kerajinan dari Tusuk Sate

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.