Pakaian Adat Jawa Tengah

Pakaian Adat Jawa Tengah – Jawa Tengah merupakan provinsi yang dikenal kaya akan kebudayaannya, salah satunya adalah pakaian adat.

Dimana pakaian adat Jawa Tengah ini identik dengan kain batiknya, kebaya, kemben dan juga jubah hitam yang berbahan dasar kain beludru. Lalu apa saja sih sebenarnya pakaian adat Jawa Tengah ini? Yuk simak ulasan berikut ini!


Pakaian Adat Jawa Tengah

Gambar Pakaian Adat Jawa Tengah
Gambar Pakaian Adat Jawa Tengah
https://akumaubelajar.com/

Jika kita membahas tentang kebudayaan Indonesia pasti tidak akan pernah ada hentinya, salah satunya adalah pakaian adat yang dimiliki oleh setiap provinsi dengan keunikannya masing-masing.

Salah satu provinsi tersebut adalah Jawa Tengah yang dikenal akan pusat dari kerajaan pada saat masa kejayaan dan wilayahnya yang sangat luas.

Sehingga banyak sekali budaya yang ditinggal di provinsi ini, sebut saja pakaian adat Jawa Tengah. Bukan hanya terdiri dari satu jenis saja melainkan Jawa tengah mempunyai beragam baju jenis dengan keunikan dan fungsi masing-masing.


Nama Pakaian Adat Jawa Tengah

Seperti yang sudah kita tahu sebelumnya, bahwa pakaian adat Jawa Tengah bukan hanya terdiri dari satu jenis saja, melainkan terdiri dari berbagai jenis dengan fungsi yang berbeda-beda. Penasaran apa saja jenis dari pakaian adat Jawa Tengah ini? Yuk simak penjelasan berikut ini!

 

No Macam Macam Pakaian Adat Jawa Tengah
1 Kebaya Tradisional Jawa Tengah
2 Jawi Jangkep
3 Basahan
4 Batik Jawa Tengah
5 Surjan
6 Beskap
7 Kanigaran
8 Jarik
9 Kemben

 

  • Kebaya Tradisional Jawa Tengah

Gambar Kebaya Tradisional Jawa Tengah
Gambar Kebaya Tradisional Jawa Tengah
https://cdn.popbela.com/

Kebaya merupakan baju adat yang bukan hanya berasal dari Jawa Tengah saja, melainkan pada provinsi lainnya juga mempunyai baju adat ini. Meskipun hampir semua provinsi memiliki baju adat tersebut, tapi tetapi adanya perbedaan antara provinsi yang satu dengan yang lainnya.

Pakaian adat Jawa Tengah kebaya ini dulunya hanya digunakan untuk para kaum bangsawan atau keluarga penting dalam acara-acara khusus saja, tapi karena seiring dengan perkembangan zaman, maka kebaya bisa digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Pakaian adat kebaya ini pada umumnya dibuat dengan menggunakan bahan kain tipis, seperti sutra, katun tipis atau nilon yang tembus pandang dengan berbagai hiasan brokat dan juga sulaman. Sedangkan kebaya yang digunakan untuk upacara pernikahan pada umumnya akan terbuat dari bahan kain beludru.

Tentunya dalam pemakaian kebaya tradisional ini pasti dilengkapi dengan berbagai macam aksesoris seperti kemben yang digunakan untuk menutupi bagian dada, taking pinjung, dan juga stagen yang berfungsi untuk mengencangkan bagian pinggang dan juga perut.

Sementara pada bagian bawahnya biasanya para wanita Jawa Tengah akan menggunakan kain jarik panjang. Bagian rambut akan dibentuk menjadi konde rapi dengan berbagai macam hiasan bunga melati pada bagian atasnya.

Jangan lupa pula untuk menambahkan perhiasan berupa kalung, subang, cincin dan juga gelang untuk menambah kecantikan dari kaum wanita dan biasanya juga mereka membawa kipas.

  • Jawi Jangkep

Gambar Jawi Jangkep
Gambar Jawi Jangkep
https://pariwisataindonesia .id/

Jawi Jangkep merupakan pakaian adat Jawa Tengah resmi yang digunakan oleh pengantin pria. Dimana pakaian adat ini berupa baju beskap yang dilengkapi dengan berbagai macam motif bunga dengan bawahan yang berupa kain jarik dengan cara dililitkan ke pinggang.

Biasanya pakaian adat ini ada tambahan seperti aksesoris berupa blankon yang digunakan untuk penutup kepala, kemudian ada juga senjata tradisional yakni keris yang akan disisipkan pada bagian belakang dan alas kaki berupa selop dengan tambahan bunga melati yang digunakan pada bagian leher.

  • Basahan

Gambar Basahan Jawa Tengah
Gambar Basahan Jawa Tengah
https://blog.tigadaracatering.id/

Basahan merupakan pakaian adat Jawa Tengah yang digunakan untuk acara pernikahan adat Jawa. Dimana baju adat ini merupakan peninggalan dari kebudayaan Mataram.

Baju adat basahan ini identik dengan pengantin pria tidak menggunakan luaran dan akan dirias Paes Ageng Kanigaran. Dimana baju adat ini juga dikenal dengan nama Dodot, karena kedua mempelai pengantin biasanya akan menggunakan kemben panjang dan lebat yang biasanya dinamakan kain Dodot.

  • Batik Jawa Tengah

Gambar Batik Jawa Tengah
Gambar Batik Jawa Tengah
https://jatenglive.com/

Batik biasanya juga digunakan biasa pakaian adat Jawa Tengah. Dimana batik tersebut juga mempunyai bertahan corak dengan filosofinya sendiri. Berikut ini merupakan motif-motif dari batik Jawa Tengah!

  • Batik Truntum

Batik Truntum merupakan jenis batik yang berasal dari Yogyakarta, dimana motif tersebut hanya akan digunakan pada saat ada acara pernikahan.

Makna dari batik ini adalah menuntun, yakni dengan harapan agar orang tua dapat menuntun calon pengantin menuju kehidupan pernikahan yang baik.

  • Batik Sido Wirasat

Batik Sido Wirasat merupakan batik yang biasanya digunakan untuk acara pernikahan dan pemakainya adalah orang tua dari pengantin.

Makna dari batik jenis ini berupa harapan agar orang tua bisa memberikan nasehat-nasehat yang bermanfaat baik itu bagi sang anak dan juga menantu mereka agar bisa menuju kehidupan pernikahan yang baik.

  • Batik Cakar Ayam

Batik Cakar Ayam merupakan batik yang digunakan oleh orang tua pada saat dilakukannya acara mitoni, tarub dan juga siraman.

Dimana motif ini mempunyai makna agar setelah berumah tangga, sang anak bisa mencari nafkah sendiri dan bisa hidup secara mandiri, begitu pula dengan para keturunan dari mereka nantinya.

  • Batik Grageh Wuluh

Batik Grageh Wuluh merupakan jenis motif yang bisa digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Dimana makna dari motif ini adalah agar para pemakai mempunyai tujuan dan juga cita-cita dalam hidupnya, sehingga mereka bisa menjalani kehidupan sehari-hari dengan semangat.

  • Batik Kawung Picis

Batik Kawung Picis merupakan motif yang hanya bisa digunakan oleh kalangan dari kerajaan. Dimana makna dari motif ini adalah berupa harapan agar para manusia bisa selalu mengingat asal-usulnya.

Kawung ini juga melambangkan empat mata angin dan juga mempunyai arti bahwa setiap manusia harus mempunyai hati nurani sebagai pengendali nafsu manusia.

  • Batik Kawung

Batik Kawung merupakan motif yang berasal dari Yogyakarta yang hanya digunakan oleh para keluarga raja. Dimana motif ini melambangkan bajaj kemegahan dan juga keperkasaan.

  • Batik Parang Kusumo

Batik Parang Kusumo merupakan motif batik yang hanya bisa digunakan oleh kaum bangsawan, baik itu pria atau wanita. Dimana pengguna batik ini mempunyai harapan agar si pemakai bisa mencapai kedudukan, keluhuran serta bisa dijauhkan dari berbagai macam bahaya.

Selain motif-motif yang sudah di sebutkan di atas, sebenarnya masih banyak lagi motif dari batik Jawa Tengah ini. Batik juga masih bisa dilestarikan dan digunakan hingga saat ini, sehingga kalian masih bisa melihat baju yang terbuat dari batik-batik tersebut.

  • Surjan

Gambar Surjan Jawa Tengah
Gambar Surjan Jawa Tengah
https://bp-guide.id/

Surjan merupakan pakaian adat Jawa Tengah yang identik dengan motif lurik. Dimana biasanya baju adat ini digunakan oleh para kaum pria dalam berbagai acara adat atau kebudayaan tertentu.

Surjan merupakan busana adat dari Jawa atau biasanya dihubungkan dengan busana Kejawen penuh dengan Piwulang Sinandhi. Pakaian adat ini mempunyai makna bahwa garis-garis tersebut melambangkan akan kesederhanaan.

  • Beskap

Gambar Beskap Jawa Tengah
Gambar Beskap Jawa Tengah
https://shopee.co.id/

Beskap merupakan pakaian adat Jawa Tengah yang biasanya digunakan oleh kaum laki-laki. Dimana baju adat beskap ini mempunyai beragam warna, tapi warna dasar dari baju adat ini adalah warna polos atau hitam.

Beskap merupakan baju adat yang didesain dengan sederhana dan mempunyai kerah tanpa lipatan. Dimana keunikan dari baju adat ini adalah ukiran potongan depan yang tidak simetris, adapun tujuan dibentuknya dengan menggunakan potongan tersebut adalah sebagai bentuk antisipasi penggunaan aksesoris senjata tradisional yakni keris.

Selain pada potongan baju yang miring, keunikan baju adat ini juga terletak pada kancing yang dibuat dengan pola menyamping. Dimana pada umumnya pengguna beskap akan didampingi dengan menggunakan jarik bercorak batik khas dari Jawa Tengah pada bagian bawahnya.

Jenis-Jenis Beskap

  1. Beskap ini terdiri dari 4 jenis diantaranya adalah sebagai berikut!
  2. Beskap gaya Jogja yang merupakan beskap pakem dari keraton Yogyakarta.
  3. Beskap gaya solo merupakan beskap pakem dari keraton Kasunanan
  4. Beskap landung merupakan beskap dengan bentuk bagian depan lebih panjang.
  5. Beskap gaya kulon merupakan beskap dengan model daerah Banyumas, Tegal, Purwokerto dan beberapa daerah lainnya yang dekat dengan Jawa Barat.
  • Kanigaran

Gambar Kanigaran Jawa Tengah
Gambar Kanigaran Jawa Tengah
https://www.yuksinau.id/

Kanigaran merupakan pakaian adat Jawa Tengah yang dulunya hanya bisa digunakan oleh para raja. Tetapi pada saat ini sudah banyak penggunaan baju adat ini dalam acara pernikahan.

Ciri khas dari baju adat Kanigaran adalah penggunaan dari songkok yang memanjang ke atas. Dimana atasan dari baju adat ini terbuat dari bahan kain beludru yang mempunyai warna gelap dengan berbagai macam efek mengkilap, sehingga akan menambahkan kesan lebih elegan.

Sedangkan pada bagian bawahnya biasanya akan menggunakan dodotan atau kampuh. Dodotan biasanya digunakan bukan hanya dililitkan pada pinggang saja, melainkan juga akan disampirkan ke bagian tangan. Selanjutnya pada bagian belakangnya ekor kain akan disisakan dan disampirkan pada lengan.

  • Jarik

Gambar Jarik Jawa Tengah
Gambar Jarik Jawa Tengah
https://i0.wp.com/tambahpinter.com

Jarik merupakan kain serbaguna yang bisa digunakan untuk apapun, baik itu pakaian, gendongan bayi, alas tidur atau bahkan pakaian adat. Dimana jarik tersebut mempunyai makna sebagai tingkatkan hidup.

Dulunya pengguna jarik bisa digunakan baik itu pria dan juga wanita dalam kehidupan sehari-hari. Tapi seiring dengan perkembangan waktu, jarik ini hanya digunakan pada orang tua atau digunakan hanya pada saat menghadiri suatu acara tertentu.

  • Kemben

Gambar Kemben Jawa Tengah
Gambar Kemben Jawa Tengah
https://notif.id/

Kemben merupakan baju yang digunakan sebagai kelengkapan dari pakaian adat Jawa Tengah. Dimana biasanya kemben digunakan sebagai penutup dada wanita, baju ini terbuat dari kain yang dililitkan pada pinggul.


Aksesoris Pakaian Adat Jawa Tengah

Penggunaan pakaian adat tentunya harus dilengkapi dengan berbagai macam aksesoris yang mendukung. Dimana aksesoris tersebut bisa menambahkan kesan kewibawaan atau keindahan dari pemakainya. Langsung saja yuk intip aksesoris dari pakaian adat Jawa Tengah Berikut ini!

  • Blangkon

Gambar Blangkon Jawa Tengah
Gambar Blangkon Jawa Tengah
https://informazone.com/

Blangkon merupakan aksesoris yang digunakan sebagai penutup kepala, hal tersebut dikarenakan dulunya masyarakat Jawa mempercayai bahwa siapapun yang mempunyai rambut panjang adalah aib dan harus ditutupi dengan menggunakan blankon. Blangkon ini pada umumnya terbuat dari bahan kain yang akan dililitkan dan diikat pada bagian kepala dimana blankon tersebut bercorak batik larik.

Baca Juga: Pakaian Adat
  • Stagen

Gambar Stagen Jawa Tengah
Gambar Stagen Jawa Tengah
https://cdn-cas.orami.co.id/

Stagen merupakan aksesoris pelengkap pakaian adat Jawa Tengah yang berbentuk gulungan kain tradisional yang akan digunakan oleh pria dan juga wanita Jawa. Biasanya stagen akan digunakan pada saat adanya acara penting atau upacara adat pernikahan Jawa.

  • Keris Jawa Tengah

Gambar Keris Jawa Tengah
Gambar Keris Jawa Tengah
https://asyraafahmadi.com/

Keris merupakan aksesoris Pakaian adat Jawa Tengah yang tidak boleh sampai ketinggalan. Dimana keris merupakan pelengkap utama yang akan diletakkan di belakang pakaian atau tepatnya pada punggung pengantin pria.

Keris yang digunakan juga bukanlah keris yang tajam, dimana biasanya keris yang digunakan berbahan dasar kayu yang diukir menyerupai kedua sungguhan dan dikemas dengan menggunakan tempat keris.


Penutup

Demikianlah penjelasan mengenai pakaian adat Jawa Tengah. Semoga artikel ini bisa berguna bagi para pembaca sekalian serta bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan pakaian adat dari provinsi Jawa Tengah.

Semoga juga artikel ini bisa dipahami dengan baik oleh para pembaca sekalian!


Pakaian Adat Jawa Tengah
sumber referensi:

https://rimbakita .com/pakaian-adat-jawa-tengah/#3_Kebaya_Jawa_Tenga
https://www.orami .co.id/magazine/pakaian-adat-jawa-tengah/
https://katadata.co.id/safrezi/berita/615fc3af678d5/4-pakaian-adat-jawa-tengah-yang-berkelas-dan-penuh-filosofi

Default image
FITRI
"Menulis menjadi sebuah solusi dalam menuangkan beban yang tak pernah tersampaikan lewat sebuah ucapan"

Leave a Reply

error: Content is protected !!