Pantun Bahasa Inggris

Pantun Bahasa Inggris – Saat menyebutkan tentang pantun, pasti sel-sel otak akan menyajikan sebuah ingatan tentang sastra lama asli Indonesia. Hanya saja, jangan salah! Pantun pun telah mendunia dan ditulis dalam berbagai bahasa.

Menemukan pantun Bahasa Inggris, atau bahasa mayoritas penduduk dunia lainnya bukan lagi hal yang mustahil. Kondisi ini didorong dengan fakta keunikan yang dimiliki oleh pantun yang menarik minat para ilmuwan bahasa dari berbagai negara.

Pantun memiliki syarat dan aturan yang mengikat, namun di sisi lain ada keluwesan tersendiri karena seringkali pantun dituturkan secara spontan. Dua hal yang kontradiktif inilah yang menjadikan pantun sebagai sebuah obyek menarik untuk dipelajari.


Perkembangan Pantun di Dunia

Memang, agak lucu saat menemukan adanya pantun Bahasa Inggris. Terkesan sedikit memaksa dan sekilas dianggap sok kebarat-baratan.

Padahal, memang ada pantun yang sengaja digubah dalam bahasa dari negeri Ratu Elizabeth itu. Penelusuran fakta sejarah sudah membuktikan, bahwa jejak pantun sudah sampai ke benua biru.

Jika menilik ke belakang, pantun mulai naik sebagai bintang sastra asli nusantara sejak kedatangan Belanda ke Indonesia. Masyarakat pada saat itu, memiliki kelihaian dalam bertutur kata yang direpresentasikan melalui seni berpantun.

Apalagi, pada abad ke-17 kebanggaan terhadap pantun sebagai sastra lisan lokal pun semakin terasa. Hal tersebut kemudian semakin didorong setelah Belanda membuka sebuah lembaga kesenian dan ilmu pengetahuan sekitar abad ke-18 di Batavia.

Selanjutnya, pantun pun mulai dikumpulkan, dicatat, dan dibukukan dalam manuskrip-manuskrip. Dari sinilah, tradisi berpantun mulai tersebar dan dibawa hingga ke tanah Eropa.

Terlebih lagi, yang menaruh perhatian serta minat terhadap pantun tak hanya para ilmuwan bahasa. Melainkan juga para pegawai pemerintah, antropolog, misionaris, bahkan sampai profesi lainnya seperti dokter dan pedagang. Semuanya memiliki sense of belonging terhadap pantun dan secara tidak sadar turut menyebarkannya.


Contoh Pantun Bahasa Inggris dengan Maknanya

Memang akan sulit membayangkan jika pantun disajikan dalam bahasa asing. Akan tetapi, coba tempatkan seperti pantun yang diucapkan dalam dialek daerah lain yang cukup asing di telinga.

Dengan begitu, keanehan pantun Bahasa Inggris pun bisa ditepis. Jika masih merasa belum yakin dengan keberadaan pantun berbahasa Inggris, maka simak beberapa contohnya berikut ini:


Pantun Bahasa Inggris tentang Pendidikan

Pantun Bahasa Inggris Tentang Pendidikan

Pantun dengan Bahasa Inggris juga kerap kali digunakan untuk memberikan motivasi, termasuk dalam hal pendidikan. Hal ini sama seperti yang sering digunakan pantun berbahasa Indonesia ataupun bahasa daerah. Isinya biasanya memberikan semangat dalam menempuh pendidikan, seperti misalnya pantun berikut:

I try to eat my food quickly

I do not want to waste time for sure

Learning at at school I do it diligently

Thus I will achieve a better future

Secara harfiah, maksud dari pantun di atas adalah untuk menyampaikan bahwa si penutur pantun ingin memiliki kehidupan yang sukses di masa mendatang.

Untuk bisa mencapainya, maka rajin belajar saat di sekolah pun sudah menjadi sebuah keharusan yang tidak perlu dipertanyakan.

Sunset is setting above the crashing wave

Make me remember the past memories

Giving all attention trying to beat the haze

That’s how I can understand what the teacher says

Jika diterjemahkan, pantun berbahasa Inggris tentang pendidikan ini seolah menceritakan tentang perjuangan murid untuk tetap memperhatikan pelajaran. Dengan memperhatikan pelajaran yang tengah diberikan oleh guru, maka pemahaman pun akan bisa diperoleh.

One-cup two-cup of white flour

Memory flashing by a crack

Before entering through the door

Never forget to give a knock

Untuk pantun di atas, pendidikan yang diajarkan adalah mengenai budi pekerti. Bahwa ketika akan memasuki ruangan, biasakan untuk mengetuk pintu terlebih dahulu.

Hal ini dilakukan untuk memberitahukan akan ada yang masuk dan meminta izin untuk memasuki ruangan tersebut.


Pantun Bahasa Inggris tentang Lingkungan

Pantun Bahasa Inggris Tentang Lingkungan

Permasalahan degradasi lingkungan semakin mendapatkan banyak sorotan dalam beberapa tahun belakangan ini. Berbagai upaya pun dilakukan untuk terus meningkatkan kesadaran untuk menjaga lingkungan.

Misalnya saja seperti dengan membuatkan pantun tentang lingkungan berbahasa Inggris yang bernada sindiran. Berikut beberapa contohnya:

Just keep going and do not panic

The dog would not give you a bite

Reduce the use of plastic

To give the earth a small breath

Plastik adalah salah satu komoditas sampah yang paling menyita perhatian. Hal ini karena sampah plastik  sulit untuk diuraikan secara alami dan membakarnya juga akan menyebabkan pencemaran.

Untuk itu, salah satu jalan keluarnya adalah dengan mengurangi penggunaan plastik individu untuk menekan jumlah sampah plastik yang ada. Itulah pesan yang dimiliki oleh pantun tentang lingkungan yang pertama di atas.

Daddy is bringing the shovel

Daddy is going to plant the flower

If you can use a kitchen towel

Why throw away so much paper

Berbeda halnya dengan plastik yang menjadi perhatian karena sampah yang dihasilkan, kertas mendapatkan perhatian karena bahan bakunya. Dalam proses produksi kertas, banyak pohon yang harus ditebang.

Sementara itu, penanaman pohon baru pun butuh waktu untuk tumbuh dan besar dan bisa menggantikan kapasitas pohon yang telah ditebang sebelumnya.

Watching the stars above are blinking

The activity of the mountain climber

Stop exaggerating in wasting

Be moderate in using water

Kesulitan akan air bersih menjadi pesan yang diangkat dalam pantun di atas. Kondisi bumi saat ini tidak bisa memproduksi kebutuhan air bersih seperti lima puluh tahun yang lalu. Dengan tingkat pencemaran yang tinggi, air bersih menjadi sebuah barang langka.


Pantun Bahasa Inggris Gombal

Pantun Bahasa Inggris Gombal

Kepopuleran pantun kembali meroket dengan banyaknya pantun bernada gombal yang dibuat dengan Bahasa Inggris. Hal ini karena, Bahasa Inggris dipandang sebagai bahasa kekinian dan disukai anak muda.

Oleh karena itu, keberadaan pantun dengan berbahasa Inggris pun menjadi semakin mudah diterima. Berikut beberapa pantun yang memiliki nada gombal dan dituliskan dalam Bahasa Inggris:

Learning English is very easy

Count 1 2 3 and start the A B C

Baby, if you lost your sweety

Come here and join us to be happy

Pada pantun di atas, obyek dari pantun baru saja kehilangan kekasihnya (sweety). Orang yang memberikan pantun sedang mencoba untuk merayu dan meyakinkan sang obyek, bahwa bersamanya akan membuat bahagia.

Stop your climb and take a deep breath

The year is ending as we meet on December

If you really love her with all your heart

Do not tell anyone but her

Pantun ini memberikan nasehat agar saat menyukai seseorang, untuk mengatakannya langsung kepada orang yang bersangkutan. Dengan begitu, perasaan suka pun akan tersampaikan dengan tepat.

Lebih lanjut lagi, jika sudah menyatakan perasaan, maka pasti akan merasa lebih lega dan kemungkinan perasaannya bisa terbalas pun akan semakin besar.

That officer is the best in his class

As he can shoot at point-blank 

If you do not want her to pass

Sort yourself and stop with the prank

Seringkali, saat menyukai seseorang, si penyuka justru suka mengganggu orang yang disukainya tersebut. Padahal, jika terlalu berlebihan, ada kemungkinan orang yang disukai malah akan merasa terganggu dan risih.

Untuk itu, menurut pantun di atas, ada baiknya untuk berhenti mengganggunya sebelum si dia pergi.


Pantun Bahasa Inggris Campur Indonesia

Pantun Bahasa Inggris Campur Indonesia

Untuk masalah menggunakan banyak bahasa dalam satu kalimat, orang Indonesia memang jagonya. Hal ini didukung dengan jumlah bahasa dan dialek daerah yang ada di Indonesia yang beraneka rupa.

Dari situlah, Bahasa Inggris pun dengan mudah diadaptasi dan digunakan serangakaian dengan Bahasa Indonesia. Misalnya seperti pada pantun berikut ini:

Bunga mawar wangi bersemi

Berseminya di batang kayu

If you would like to answer me

Please say that you love me too

Malam-malam makan kornet

Sambil melihat bintang di langit

Please do not hurt my fragile heart

Say you love me as you mean it

Pahit itu buah mengkudu

Dibudidayakan dengan agronomi

Answer my question with “I do”

Because I know that you love me

Pantun dengan bahasa campuran seperti contoh di atas kebanyakan memiliki nada gombal. Yang membedakan dengan jenis pantun pada poin sebelumnya adalah karena bahasa yang digunakan.

Pada poin sebelumnya pantun gombal ditulis dengan menggunakan Bahasa Inggris secara keseluruhan. Sementara itu, di sini sampiran pantun ditulis dengan Bahasa Indonesia dan isinya menggunakan Bahasa Inggris.


Pantun Bahasa Inggris Penutup Pidato

Pantun Bahasa Inggris Penutup Pidato

Menggunakan pantun saat menutup sebuah pidato sudah menjadi salah satu adat dan kebiasaan orang Indonesia.

Penutupan pidato dengan pantun juga akan semakin meninggalkan kesan yang mendalam. Tak terkecuali dengan pantun yang menggunakan dalam Bahasa Inggris. Inilah beberapa contoh yang bisa ditiru:

Saturday night cruising around the city

Looking for a party to crash

Thank you for this pleasant opportunity

It is such an honor that I can’t get with cash

Granny takes a walk for a sport

She also loves to cook ground meat

Thank you for all the support

Hope for another chance for us to meet

The daughter loves to ride Ferris wheel

The cat gets feed with tuna from a can

Do not think this is a farewell

Because we still can meet every time we can


Penutup

Ketiga pantun penutup pidato di atas berisikan bahwa si pembicara yang menyampaikan pidato memiliki pengalaman baik dalam menyampaikan materi. Untuk itu, ucapan perpisahan pun juga turut disampaikan serta harapan untuk bisa berjumpa lagi di lain kesempatan.

Yang perlu digarisbawahi, meskipun pantun yang disajikan menggunakan Bahasa Inggris, namun aturannya tetap berlaku. Jumlah suku kata, sajak, baris dalam baitnya masih tetap sama. Bahkan, ketentuan mengenai mana yang sampiran dan mana yang isi pun tetap berlaku.

Kondisi itu tak hanya berlaku pada pantun Bahasa Inggris saja, melainkan juga untuk pantun dalam bahasa-bahasa asing lainnya. Bolehkan berbangga sebagai orang Indonesia yang mewarisi sebuah karya cerdik retorika sastra dan bahasa. Tak semua orang dari belahan dunia lainnya memiliki kesempatan serupa.

Pantun Bahasa Inggris

Default image
Fajar
Halo saya Fajar, seorang freelance yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan referensi seputar edukasi.

Leave a Reply

error: Content is protected !!