Pantun BTS

Pantun BTS – Seiring dengan berjalannya waktu, pantun tidak hanya digunakan sebagai ajang akademis namun juga digunakan untuk mengungkapkan perasaan dalam kehidupan sehari-hari.

Bahkan pantun tidak hanya ditemui di sekolah saja atau dibuat oleh para remaja saja, namun juga kaitannya dengan industri K-Pop. Misalnya sudah ada berbagai pantun BTS yang semakin mudah ditemukan.

Keberadaan pantun sendiri memang lebih dikaitkan pada aspek-aspek yang berhubungan dengan ilmu sastra terutama yang diajarkan di beberapa lembaga pendidikan.

Semakin ke sini pun semakin banyak lembaga pendidikan sejak dini termasuk Taman Kanak-Kanak kepada para siswanya dengan berbagai contoh menarik. Selain itu, pantun juga dinilai lebih mudah dibuat ketimbang puisi.

Namun sementara itu di sisi lain, ada perkembangan sastra pantun ini yang semakin pesat dan semakin lebih mudah untuk disesuaikan.

Bahkan sudah banyak orang dalam kegiatan sehari-hari yang menggunakan pantun sebagai sarana untuk menunjukkan ekspresi diri termasuk ke publik masyarakat. Ada juga yang memanfaatkannya untuk urusan bisnis yang dimiliki masing-masing.

Tidak hanya untuk urusan bisnis, beberapa jenis pantun juga memiliki keterkaitan yang semakin erat dengan maraknya industri K-Pop di Indonesia.

Bahkan sudah banyak para penggemar dari beberapa boyband termasuk BTS yang menjadikan pantun sebagai media terbaik untuk menunjukkan rasa kagum. Simak ulasan tentang pantun BTS di bawah ini secara lengkap:


Apa Itu Pantun

Sebelum membahas secara lebih detail dan lengkap tentang jenis pantun yang ditujukan untuk BTS, mari mengenal dahulu definisi pantun.

Jika ditanya tentang salah satu produk terbaik dari sastra Indonesia, maka pantun jadi jawaban yang terbaik. Pantun juga memberikan dampak yang besar pada sastra Indonesia tersebut

Secara garis besar, pantun sebenarnya bisa dikategorikan ke dalam bentuk atau jenis dari sastra Melayu yang sudah berkembang di Indonesia.

Walaupun awalnya dikategorikan ke dalam produk dari sastra khas Melayu, pantun tampaknya sudah melebarkan sayap ke berbagai kebudayaan yang lain. Ditambah lagi, pantun juga bisa digunakan untuk pembelajaran bahasa Indonesia.

Tidak hanya untuk mengungkapkan perasaan yang lebih bebas seperti pantun BTS, pantun juga dikenalkan ke masyarakat luas dengan lebih beragam.

Namun untuk sebagai pengantar, pantun memang lebih dikenal oleh generasi muda pada masa sekarang sebagai bagian dari pembelajaran wajib sekolah. Pantun juga dimasukkan ke salah satu sub kurikulum bahasa Indonesia.

Meskipun begitu, tidak dapat dimungkiri bahwa ada kemiripan yang bisa ditemukan antara pantun dengan produk sejenis di sastra yang lainnya.

Ditambah lagi, jika mengingat pantun terikat oleh urusan bait dan baris yang juga ditemui pada beberapa jenis produk sastra yang lain. Hanya saja, pantun tetap menekankan pada aspek irama yang ada.


Pantun dan Industri K-Pop

Keberadaan pantun di Indonesia saat ini memang lebih mudah ditemukan bersama dengan karya-karya yang dibuat langsung oleh para generasi muda.

Pasalnya, generasi muda Indonesia juga yang terbukti mengenalkan pantun BTS yang tidak sedikit mencapai popularitas terutama di berbagai sosial media. Misalnya, ada pantun yang tersebar luas di sosial media Twitter.

Untuk secara lebih jelasnya, pemanfaatan produk sastra seperti pantun biasanya digunakan untuk menunjukkan rasa kagum atau ucapan selamat tertentu.

Misalnya ada beberapa pantun BTS yang memang sejak awal dibuat untuk mengungkapkan perasaan kagum dari ARMY kepada para anggota BTS. Selain itu, masih ada media sebagai ucapan selamat ulang tahun.


Peran Pantun dalam Popularitas BTS

Jika membahas mengenai keterkaitan yang dimiliki oleh produk sastra seperti pantun dengan keberadaan BTS, maka terletak pada peran ARMY Indonesia.

Hal ini dikarenakan memang sebagian besar produk pantun khusus BTS yang tersebar luas terutama di internet merupakan hasil karya ARMY. Tidak sedikit pantun yang kemudian mendapatkan banyak like di sosmed.

Kemudian secara lebih lanjut, keberadaan pantun buatan para ARMY yang tersebar di sosial media tersebut secara tidak langsung menambah popularitas.

Bahkan sudah tidak dapat dielakkan bahwa hal-hal yang berkaitan dengan BTS yang dibahas di sosial media berhasil menjadi trending topic. Selain itu, pantun yang dibuat untuk BTS pun masuk trending.


Contoh Pantun untuk Setiap Member BTS

Kemudian ada aspek lain yang tentu saja jangan sampai dilewatkan terutama jika merupakan salah satu dari sekian penggemar dari BTS.

Hal ini dikarenakan jenis informasi ini akan lebih berfokus pada membahas mengenai beberapa contoh pantun BTS yang ditujukan ke anggotanya. Simak beberapa contoh pantun untuk setiap anggota dari BTS ini:


Pantun BTS untuk RM

Pantun BTS Untuk RM

Pantun yang pertama ini bisa dikatakan lebih sedikit dibuat jika dibandingkan dengan beberapa pantun yang ditujukan untuk anggota yang lainnya.

Selain itu, ketika menyampaikan pantun yang dibuat, biasanya ARMY tidak menggunakan aturan yang terlalu ketat asalkan bisa menyampaikan kekaguman masing-masing. Berikut contoh pantun BTS untuk RM yang ditemukan di Wattpad.

Melihat pohon pakem

Terus ada pohon aren

Mau tahu siapa RM

Anggota BTS paling keren

Rapper BTS yang berkarisma

Muka byin but cute

Orangnya gila-gila tapi rama(h)

Itulah Rap Monster yang cutie miute

Panas-panas beli es

Minum bentar langsung habis

RM itu anggota BTS

Otak cerdas senyum manis


Pantun BTS untuk Jin

Pantun BTS Untuk Jin

Kemudian ada juga pantun yang tidak kalah menarik yang dibuat oleh seorang ARMY untuk anggota BTS yang paling pintar memasak.

Kali ini, ada anggota paling tertua di BTS, Jin yang mendapatkan hadiah pantun dari penggemar untuk menunjukkan karakter yang dimiliki. Berikut pantun yang ditujukan untuk Jin BTS yang pernah dibuat:

Kalau panas sudah terpapar

Matahari lah penyebabnya

Kalau kamu lagi lapar

Kim Seokjin lah jawabannya

Orangnya minat pink tapi tetap handsome

Pandai masak lagikan kemas rumah

Selalu senyum jarang nk buat muka masam

Itulah my sweet heart Kim Seokjin yang peramah

Pandemi ini semakin parah

Tambah duka tambah lara

Walaupun banyak tingkah

Seokjin tetap sumber tawa


Pantun BTS untuk Suga

Pantun BTS Untuk Suga

Sedangkan untuk pantun BTS yang ketiga ini diberikan untuk anggota yang dikenal memiliki karakter yang lebih dingin ketimbang yang lain.

Ada Suga BTS yang tidak hanya pintar dalam rap namun juga bisa meluluhkan hati para penggemar terutama ketika senyum. Ini contoh pantun untuk Suga yang jangan sampai dilewatkan nantinya:

Ke sawah bawa pacul

Berangkat sejak pagi

Siapa anggota paling cool

Tentu saja Min Yoongi

Setiap hari kejenya swag n tido

Tapi kalau bebeb smile boleh cair fans die

Orangnya selalu tido tapi pandai jgk x bodo

Itulah Min Yoongi yang seputih sugar kulitnye

Goyang pinggul senggol bahu

Jangan lupa gerakkan badan

Army tentu sudah tahu

Suga memang tiada bosan


Pantun BTS untuk J-Hope

Pantun BTS Untuk J Hope

Kemudian ada pantun lainnya yang telah ditemukan di sebuah akun Wattpad yang dibuat untuk anggota BTS yang dikenal dengan J-Hope.

Konon anggota BTS yang kali ini memiliki karakter yang menyenangkan dan selalu ceria setiap hari walaupun terkadang terkesan seperti mengada-ada. Ketahui contoh pantun berikut ini yang dikhususkan untuk J-Hope BTS.

Jika kita merasa pedih

Maka harus cari bahagia

Jika kita sedang sedih

Maka J-Hope selalu ada

Kalau nak J-Hope pergi je deket kuda

Kuda tu pandai menari

Orangnya kengkadang mengada-ada

Itulah Jung Hoseok kita yang ceria setiap hari

Ke toko beli amplop

Untuk diisi uang angsur

Kala gusar ada J-Hope

Tingkah banyak untuk menghibur


Pantun BTS untuk Jimin

Pantun BTS Untuk Jimin

Untuk pantun yang kelima ini bisa dikatakan sebagai salah satu pantun yang paling populer yang memang ditujukan untuk Jimin BTS.

Apalagi tidak dapat dimungkiri bahwa anggota yang kelima ini dikenal sebagai anggota yang paling imut dan sering dijadikan sebagai sasaran. Ini contoh pantun untuk Jimin BTS yang pernah dibuat sebelumnya:

Ada mama ada papa

Selalu di sekitar kita

Mana bisa kita lupa

Betapa imutnya Jimin kita

Orangnya sexy gilak nak mati

Walaupun pendek tapi memikat hati

Senyumnya yang cute buat fans nk mati

Itulah Park Jimin kita yang tiada siapa boleh ganti

Kalau doa ucaplah amin

Agar terkabul setiap doa

BTS lengkap dengan Jimin

Walau muda tapi bertalenta


Pantun BTS untuk V

Pantun BTS Untuk V

Tidak kalah mengundang tawa seperti beberapa jenis pantun yang sebelumnya, ada juga pantun yang ditujukan secara khusus untuk V BTS.

Kali ini, pantun ini ditujukan untuk Taehyung BTS yang memang dikenal memiliki karakter yang aneh namun tetap digemari oleh masyarakat. Berikut contoh pantun yang pernah dibuat untuk Kim Taehyung BTS:

Anak bungsu anak sulung

Hidup ramai di rumah kita

Pantun ini untuk Taehyung

Pria tampan kebanggaan kita

Anak kepada keluarga Hyun

Kalau bab derp face dye nomor 1

Itulah dye V a.k.a Kim Taehyun(g)

Walaupun degil tahap batu

Di hutan ada laba-laba

Di laut ada kura-kura

Bila Taehyung sudah tiba

Tiada gundah tiada lara


Pantun BTS untuk Jungkook

Pantun BTS Untuk Jungkook

Terakhir, ada pantun yang lebih dikhususkan untuk anggota termuda dari BTS yang dibuat untuk menunjukkan perasaan dan ekspresi dari penggemar.

Contoh pantun ini juga masih sama seperti yang lainnya yang diambil dari sebuah akun Wattpad dengan tipe pantun yang ringan. Simak contoh pantun yang pernah dibuat untuk Jungkook BTS:

Lebaran kita makan ketupat

Sambut hari penuh harapan

Mari kita segera merapat

Sambut Jungkook yang tampan

Orangnya ada gigi arnab, kau ada?

Handsome x terkata

Dalam BTS dye yang paling muda

Itulah Jeon Jungkook yang handsome, cheerful, cute, yg x terkata?

Jalan-jalan ke kota bunga

Tidak lupa buah tangan

Jungkook kita selalu ceria

Slalu tampil bak pahlawan


Penutup

Itu beberapa contoh pantun BTS yang pernah dibuat oleh seorang penggemar yang sudah dimuat secara publik di sebuah akun khusus Wattpad.

Hanya saja, jenis pantun untuk BTS ini secara sederhana bisa dilihat dan dinilai lebih ringan dan tidak terikat oleh aturan-aturan. Ditambah lagi, tata bahasa Indonesia yang digunakan pun tidak baku.

Pantun BTS pada masa sekarang memang lebih banyak ditemukan beras dari penggemarnya itu sendiri yang menunjukkan rasa kagum.

Walaupun begitu, tidak dapat dimungkiri pula bahwa ada beberapa pantun lainnya di luar sana yang dibuat untuk tujuan  seperti ejekan.

Pantun BTS 

Default image
Fajar
Halo saya Fajar, seorang freelance yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan referensi seputar edukasi.

Leave a Reply

error: Content is protected !!