Pantun Hari Selasa

Pantun Hari Selasa – Sering kali mendengar hari Selasa adalah hari yang membosankan. Alasannya karena pada hari kemarinnya sudah merasakan hiruk-pikuk kegiatan yang padat. Sebagian orang merasa jenuh karena masih lama menunggu hari libur.

Padahal hari Selasa bisa dijadikan semangat untuk terus produktif. Oleh karena itu, membuat pantun hari Selasa bisa membuat orang lebih bersemangat lagi. Pantun termasuk jenis karya sastra puisi lama asal Melayu.

Kemudian dijadikan sebagai budaya sastra asal Indonesia, ciri khas dari bentuk pantun adalah memiliki bait, larik dan baris yang teratur. Karena bentuk penulisannya yang indah, pantun banyak disukai dan digunakan dalam kegiatan sehari-hari. 


Pengertian dan Ciri Pantun Hari Selasa

Pantun merupakan singkatan dari kata pantutun yang diartikan sebagai penuntun hidup. Pantun ini ditujukan agar orang yang membaca dan mendengarnya dapat memahami amanat yang disampaikannya. Penyampaian dalam pantun sangat tersirat dan mudah untuk dicerna.

Oleh karena itu, penyebaran pantun bisa dilakukan melalui apapun karena fungsinya sebagai hiburan. Ciri khas dalam membuat sebuah pantun ada pada bentuk penulisannya. Pantun hanya memiliki bait yang terdiri dari empat baris.

Maka dari itu, dalam membuat pantun harus memiliki struktur penulisan yang tepat agar seirama. Dalam pembuatan pantun hari Selasa bisa diisi dengan pesan yang mengandung semangat, inspirasi, atau ungkapan suka cita.


Contoh Pantun Hari Selasa dan Maknanya

Mengawali hari sebaiknya diawali dengan rasa syukur dan bahagia. Karena dengan rasa syukur dapat memudahkan segala aktivitas yang dijalaninya.

Walaupun hari Selasa terasa melelahkan dengan kegiatan yang ada, tidak ada salahnya berbagi kebahagiaan kepada orang lain dengan memberikan pantun. Pantun hari Selasa dapat menularkan keceriaan bagi rekan yang mendengarnya. 

Menyuarakan perasaan bisa disalurkan melalui pantun. Siapa pun pasti akan terhibur dengan larik-larik pantun dan amanat yang disampaikannya.

Selain itu, dengan adanya pantun dapat melestarikan budaya sastra Indonesia. Hari Selasa memiliki hari yang sangat padat, namun bisa juga menjadi hari yang spesial. Berikut contoh pantun hari Selasa beserta maknanya:


Pantun Hari Selasa untuk Mengawali Hari

Pantun Hari Selasa Untuk Mengawali Hari

Cobalah mengawali hari di hari Selasa dengan penuh suka cita seperti menyapa sahabat dan keluarga. Memberikan kabar melalui media sosial akan menularkan energi positif yang bisa membuat orang yang membacanya semakin lebih bersemangat.

Gunakan pantun hari Selasa ini sebagai status di sosial media dalam mengawali hari Selasa: 

Bunga anggrek bunga dahlia

Harum wanginya elok merekah

Awali Selasa dengan bahagia

Agar semua menjadi berkah

Makna: mengawali hari Selasa dengan hati yang bahagia. Karena menjalani hari dengan penuh kebahagiaan akan memberikan keberkahan dalam hidup. 

Lihat rembulan dalam angkasa

Melihatnya pakai kaca mata

Selamat pagi hari Selasa

Semoga damai menyertai kita

Makna: mengucapkan selamat pagi kepada sahabat dan keluarga dan mendoakan agar kedamaian hati selalu menyertai. Memiliki hati yang damai tidak akan membenci orang-orang disekitarnya. 

Beli ramuan terdapat serbuk

Diminumnya pas lagi hangat

Halo semua sahabat Facebook

Sambut Selasa dengan semangat

Makna: menyapa semua sahabat dan keluarga yang ada di Facebook agar terus selalu bersemangat menjalani hari-harinya. Tetap produktif di hari Selasa.

Orang Korea makannya bulgogi

Orang Jakarta makannya gultik

Menanti waktu menyambut pagi

Selamat hari Selasa si cantik

Makna: seorang pria menantikan waktu pagi agar bisa memberi sapaan kepada teman wanitanya. Makna ini bisa dijadikan sebagai bentuk pantun rayuan. 

Baju baru bajunya Rosa

Dipakainya ke Ciamis

Selamat datang hari Selasa

Tetaplah semangat dan optimis

Makna: menyambut hari Selasa dengan penuh semangat dan optimis seperti hari- hari biasanya.


Pantun Hari Selasa untuk Kekasih

Pantun Hari Selasa Untuk Kekasih

Hari Selasa bisa dijadikan sebagai momen romantis bersama terkasih dengan membuat pantun berbalas. Selain bisa digunakan untuk mengungkapkan perasaan cinta, dengan memberikan pantun bisa membuat hubungan semakin terhibur dan tidak monoton.

Pantun dapat digunakan saat hari perayaan tanggal jadian atau bisa dijadikan sebagai penyemangat. Berikut contoh pantun yang bisa digunakan:

Pantun berbalas dari laki-laki untuk wanita:

Burung merpati burung gelatik

Terbang tinggi ke arah kota

Selamat Selasa wanita cantik

Salam rindu dengan cinta

Makna: memberi sapaan kepada kekasihnya yang cantik atas dirinya yang sedang rindu karena sudah lama tidak bertemu. 

Ke Bekasi lewat jalan biasa

Perginya habis makan siang

Tiba saatnya hari Selasa

Ayo kita bersenang-senang

Makna: seorang pria yang menunggu hari Selasa untuk bisa bertemu dengan kekasihnya. Ia ingin bersenang-senang setelah sekian lama tidak berjumpa.

Tiada hati yang berpindah

Jika kita selalu bertahan

Selamat datang Selasa indah

Untuk kita dua tahunan

Makna: seorang pria yang merayakan hari jadi kedua tahunnya di hari Selasa bersama kekasihnya. Ungkapan ini bisa digunakan sebagai ucapan perayaan.

Pantun berbalas dari wanita untuk laki-laki:

Jalan jalan ke kota Subang

Perginya naik kereta

Selamat Selasa wahai abang

Tetap semangat dari si cinta

Makna: seorang perempuan yang memberikan ucapan semangat kepada kekasihnya agar bisa menjalani hari Selasanya dengan suka cita. 

Membaca buku sudah biasa

Setelah membaca dapat ilmu

Nikmati saja hari Selasa

Karena besok kita bertemu

Makna: seorang wanita yang memberi semangat kepada kekasihnya untuk menikmati hari Selasanya karena di hari Rabu mereka akan bertemu.

Kota Surabaya indah dan bersih

Suasananya ramai sekali

Salam Selasa untuk kekasih

Semoga kamu cepat kembali

Makna: seorang wanita yang menjalani hubungan jarak jauh dan berharap agar kekasihnya segera pulang dan tetap memberinya semangat di hari Selasa.

 


Pantun Hari Selasa Inspiratif

Pantun Hari Selasa Inspiratif

Mengawali hari Selasa dengan aktivitas yang padat tentu akan merasakan kejenuhan dalam menjalani hari. Terlebih jika tugas selalu menumpuk dan membuat pikiran semakin penat.

Hal ini bisa menimbulkan kegelisahan dan emosi yang bisa berdampak pada sekitar. Cobalah untuk bersantai sejenak melupakan masalah yang ada dengan membaca pantun inspiratif ini:

 

Di kantor mengurus berkas

Untuk disimpan sebagai amanah

Selasa datang penuh rutinitas

Tetap semangat walau sedang lelah

Makna: harus tetap semangat dalam menjalani hari walaupun sedang banyak pekerjaan yang melelahkan baik di kantor maupun sekolah.

Pak ustad mau ceramah

Berdirinya di depan mimbar

Senang hati Selasa cerah

Semangat jiwa harus berkobar

Makna: menikmati hari Selasa yang cerah dan berusaha dalam memberi semangat yang membara untuk menjalani hari-harinya. 

Ke Majalengka membeli kuweni

Sampai di sana ingin lihat-lihat

Sungguh indah Selasa ini

Karena diberikan badan yang sehat

Makna: Mensyukuri hari Selasa yang indah karena Tuhan memberikan kebahagiaan berupa badan yang sehat.

Si kakak membeli cikur

Sampai sana beli jamur

Sambut Selasa dengan bersyukur 

Agar hidup menjadi makmur

Makna: Selalu menyambut hari Selasa dan hari lainnya dengan penuh rasa syukur agar hidup menjadi makmur. Makmur dalam segala hal, baik dalam keuangan, kesehatan, dan karir.


Pantun Hari Selasa Lucu

Pantun Hari Selasa Lucu

Tidak semua hari Selasa adalah hari yang padat. Hal ini karena sudah terbiasa menjalani aktivitas di hari sebelumnya. Maka Selasa menjadi hari yang lebih tenang dari kemarin.

Dalam sebuah hidup, tentu manusia membutuhkan hiburan untuk menyemangati dirinya agar tidak merasa jenuh. Hal ini bisa diatasi dengan membuat pantun hari Selasa.

Mendapatkan semangat dalam menjalani hari bisa dilakukan melalui apa saja. Ada yang menyemangati diri dengan membaca, mendengarkan musik, bahkan membuat status di media sosial.

Pantun juga bisa dijadikan status agar yang membaca dapat terhibur. Ketika sedang merasa bosan, gunakan pantun di bawah ini untuk menghibur sahabat di media sosial:

Di GBK ada Persija

Sampai sana tunggu antrian

Selasa pagi malas bekerja

Padahal dirinya pengangguran

Makna: seorang yang merasa dirinya masih bekerja dan malas untuk bekerja di Selasa pagi. Padahal sesungguhnya dia belum menerima kenyataan bahwa dia adalah pengangguran. 

Melukis pohon berwarna-warni

Tidak lupa menggambar Monas

Aneh sekali Selasa ini

Sudah bawa payung ternyata panas

Makna: seorang yang merasa sedang dipermainkan oleh cuaca. Saat dirinya membawa payung untuk persiapan jika hujan tiba, ternyata cuaca di sana sangat panas terik.

Ke sekolah menjadi alumni

Sekolah hebat tunas global

Sungguh sial Selasa ini

Dikira selai ternyata sambal

Makna: seseorang yang merasa sial di pagi hari karena bangun tidur belum melihat secara jelas apa yang dia makan. Saat ingin makan selai ternyata sambal yang dia colek. 

 

Ada pipa bentuknya pipih

Ingin diambil tapi ragu

Sudah dandan rapih-rapih

Kupikir Selasa ternyata Minggu

Makna: seorang yang lupa dengan hari yang ditunggu. Dia mengira bahwa hari Selasa adalah hari Minggu karena ia ingin pergi di hari Minggu.


Pantun Hari Selasa untuk Sahabat

Pantun Hari Selasa Untuk Sahabat

Dalam tujuh hari pasti ada yang menyukai hari Selasa karena memiliki momen yang seru untuk dinantikan. Ada juga yang memang menunggu Selasa datang karena memiliki jadwal yang sudah direncanakannya.

Memiliki waktu kebersamaan dengan sahabat tentu akan membuat hati menjadi bahagia. Kehadiran sahabat membuat hari yang dijalani begitu cepat berlalu karena menikmati setiap momen yang ada.

Sahabat akan selalu ada dikala sedih dan senang. Untuk itu, dengan memberikan pantun bisa semakin mempererat persahabatan dan membuat suasana menjadi seru. Berikut contoh pantun yang bisa dikreasikan:

Peternakan paman ada domba

Dombanya untuk si Somat

Senang sekali Selasa tiba

Bisa berkumpul bersama sahabat

Makna: mengalami rutinitas yang padat dan menentukan waktu yang sesuai memang tidak mudah. Untuk itu hari Selasa ada untuk bisa berkumpul bersama sahabat tercinta.

Di benua ini ada Amerika

Juga ada Australia

Selalu tertawa bersama mereka

Selasa indah kembali ceria

Makna: memiliki hari Selasa yang ceria dengan ditemani teman-teman yang selalu ada adalah kunci kebahagiaan jiwa. Dengan adanya sahabat segala permasalahan, kesedihan, suka cita bisa terhibur dengan kehadiran mereka. 

Emas permata sangat berarti

Sebagai hadiah dari mami

Halo sahabat Selasa menanti

Jangan lupa ke rumah kami

Makna: seseorang yang sedang menunggu kedatangan sahabatnya untuk bermain bersama di rumahnya.

Beli ikan mau digoreng

Biar enak ditambah cuka

Ayo Selasa main bareng

Kita kalahkan benteng mereka

Makna: seorang pria yang mengajak temannya main bersama seperti permainan online untuk bergabung mengalahkan musuhnya.

 


Penutup

Padatnya hari Selasa terkadang membuat hati merasa jenuh. Memiliki rutinitas yang berat bisa memicu stres dan emosi yang merugikan sekitar.

Maka dari itu, adanya pantun hari Selasa bisa menjadi penyemangat agar selalu menjalani hari dengan penuh rasa bersyukur. Hari Selasa menjadi awal hari bahagia. 

Menggunakan pantun bisa dilakukan di mana saja seperti sedang ingin membuat status atau sedang berkomunikasi. Yang terpenting adalah pesan dan amanat yang ada di dalam pantun.

Bisa tersampaikan secara utuh kepada yang mendengarnya. Untuk itu, tetaplah semangat di hari Selasa agar hari-hari menjadi bermakna.

Pantun Hari Selasa

Default image
Fajar
Halo saya Fajar, seorang freelance yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan referensi seputar edukasi.

Leave a Reply

error: Content is protected !!