Pantun Jomblo

Pantun Jomblo – Sebagian besar orang pada masa sekarang memang membutuhkan beberapa momen khusus hanya untuk mengungkapkan ekspresi diri terutama tentang perasaannya sendiri.

Bahkan saat ini sudah disediakan karya sastra yang sederhana namun menarik seperti pantun jomblo yang semakin marak dan menarik dibuat. Ditambah lagi, tidak sedikit yang menilai pantun sebagai media terbaik.

Secara sederhana memang dapat diketahui dan dipahami bahwa jenis karya sastra seperti pantun ini memang memiliki kelebihan ketika memang dibuat.

Hal ini dikarenakan jenis karya sastra ini menawarkan sebuah kesederhanaan yang dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya terutama oleh para generasi muda. Pantun juga memiliki aturan yang jauh lebih renggang dibanding lainnya.

Karya sastra pantun yang dijelaskannya di sini sebenarnya sudah ada sejak kebudayaan berkembang dengan begitu perlahan ke masa sekarang ini .

Bahkan selain itu, kebudayaan kuno yang sudah dimiliki sejak lama oleh masyarakat Indonesia juga memiliki pengaruh yang besar terutama sekarang. Perkembangan kebudayaan juga memiliki peran besar dalam perkembangan sastra Indonesia.

Sementara itu di sisi lain, memang tidak dapat dimungkiri bahwa keberadaan karya sastra pantun ini semakin dikenal karena generasi muda.

Misalnya, di berbagai sosial yang ada mula dari Facebook sampai Whatsapp bahkan Twitter, banyak yang mencoba membagikan berbagai pantun jomblo. Lebih detail dan lengkapnya, silakan simak ulasan di bawah ini:


Apa Itu Sastra Pantun?

Pertama-tama, ada hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu terutama jika pembaca memang tidak terlalu mengkaitkan diri dengan karya sastra pantun.

Padahal secara garis besar, pantun telah dianggap oleh para sastrawan baik pada masa dahulu maupun sekarang sebagai karya yang terbaik. Jenis karya sastra ini pun menawarkan banyak hal yang menarik.

Kemudian secara lebih jelasnya, karya sastra pantun ini bisa didefinisikan sebagai salah satu produk dari keberadaan dan perkembangan sastra Indonesia.

Ditambah lagi, karya sastra ini pun tidak lebih jauh populer jika dibandingkan dengan berbagai karya sastra yang lainnya seperti puisi. Selain itu, pantun juga dinilai tidak terlalu rumit dibandingkan sajak.

Karya sastra pantun ini menyediakan dan menawarkan berbagai keuntungan mulai dari aturan yang tidak terlalu ketat sehingga mudah dibuat nantinya.

Bahkan selain itu, jenis karya sastra seperti pantun ini juga bisa dibuat hanya dengan beberapa baris saja sesuai selera. Pembuatan isi dan sampiran pun bisa disesuaikan dengan ekspresi diri.


Mengapa Pantun Semakin Populer?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jenis karya sastra pantun ini juga menawarkan banyak kelemahan sehingga keberadaannya pun semakin penting saat ini.

Walaupun begitu, keberadaan yang dimiliki oleh jenis karya sastra panduan ini termasuk pantun jomblo sangat bergantung pada partisipasi anak muda. Anak muda pun yang berhasil membuat pantun menjadi lebih populer.

Popularitas yang dimiliki oleh jenis karya sastra pantun ini biasanya dibuktikan dengan adanya status-status yang menarik di berbagai sosial media.  Misalnya, ada beberapa orang yang secara sadar mencoba untuk membagikan pantun yang sudah dibuat ke sosial media yang sudah dimiliki.

Pantun tersebut juga biasanya digunakan untuk menunjukkan perasaan yang dialami. Sementara itu di sisi lain, popularitas yang dimiliki oleh jenis karya sastra ini biasanya tergantung pada partisipasi yang sedang ada.

Jika pantun tidak digunakan untuk mengekspresikan diri oleh beberapa generasi muda pada masa sekarang, maka popularitasnya pun termasuk begitu kurang. Selain itu, pantun juga bisa menunjukkan perkembangan sastra yang terjadi.


Pantun sebagai Ajang Ekspresi Diri

Melanjutkan dari penjelasan sebelumnya yang sudah ada, jenis karya sastra pantun ini memang dianggap cocok untuk digunakan dalam berbagai situasi.

Ditambah lagi, jenis karya sastra ini ternyàta mampu menawarkan fleksibilitas yang menguntungkan jika memang dimanfaatkan sebaik-baiknya terutama untuk ajang ekspresi. Ajang ekspresi tersebut juga bisa digunakan sesuai keinginan yang dimiliki.

Pantun sejak awal sudah disediakan dan ditawarkan dalam berbagai jenis yang perlu diperhatikan sehingga bisa membuat karya sendiri yang tepat.

Misalnya, jika ingin membuat karya sastra pantun jomblo, maka sebaiknya setiap orang memilih jenis diksi yang memang sesuai dengan selera. Ditambah lagi, pantun ini juga perlu disesuaikan dengan maksud isi.

Jenis pantun yang dikhususkan untuk para jomblo atau terinspirasi dari para jomblo ini biasanya dibuat untuk berbagai tujuan yang ada.

Terdapat tujuan pembuatan karya sastra pantun yang berkaitan erat dengan menunjukkan perasaan sedih atau galau yang sedang dialami saat ini. Walaupun begitu, ada juga pantun yang dikhususkan untuk menunjukkan kebahagiaan.


Kumpulan Pantun Tentang Jomblo yang Asik

Mengetahui informasi tentang pantun dan popularitas yang dimilikinya tentu saja tidak akan lengkap jika tidak ditambah dengan beberapa contoh menarik.

Apalagi jenis pantun jomblo ini sejak awal telah menyiapkan dan menawarkan berbagai ekspresi yang dapat dinikmati bersama di sosial media. Ada juga yang bisa dinikmati nantinya ketika berkumpul bersama teman.

Sementara itu, beberapa contoh pantun yang menceritakan mengenai kondisi jomblo yang sedang dialami seseorang juga memiliki konteks yang cukup bervariasi.

Misalnya ada konteks yang lebih menunjukkan perasaan yang sedih yang dimiliki atau justru mencoba untuk membahagiakan diri sendiri karena jomblo. Beberapa contoh pantun yang dimaksud tersebut antara lain sebagai berikut:


Pantun Tentang Jomblo dalam Bahasa Jawa

Pantun Tentang Jomblo Dalam Bahasa Jawa

Contoh pantun yang menceritakan tentang kondisi jomblo yang sedang dialami seseorang ini mungkin tidak dikenali oleh semua orang saat ini.

Namun berkaitan erat dengan mayoritas masyarakat Indonesia pada masa sekarang yang semakin memahami bahasa Jawa, pantun ini tentunya harus diketahui. Berikut beberapa contoh pantun tentang jomblo yang menarik untuk dibaca:

Mangan sego tambah bergedel

Ojo lali tambah ombenan

Kadung sayang tambah angel

Tapi kowe emoh balikan

Mlaku-mlaku entok paku

Noleh kono ono paku

Jodoh Kowe iku aku

Kadung aku ora ngayal

Ngombe gawe mabuk kepayang

Tapi kadung nyubo sepisan

Mantan manis masih sayang

Tapi Kowe entok undangan


Pantun Bertema Jomblo yang Bikin Ketawa

Pantun Bertema Jomblo Yang Bikin Ketawa

Sedangkan untuk jenis pantun jomblo yang kedua ini lebih bisa dikatakan sebagai pantun yang mencoba untuk mencairkan suasana yang ada.

Hal ini diakibatkan beberapa orang memang sudah mencoba untuk menawarkan situasi yang lebih penuh tawa untuk mengatasi dirinya yang jomblo. Tidak perlu lama-lama lagi, ini beberapa contoh pantun tentang jomblo:

Pagi hari pegang sapu

Demi menjaga kebersihan

Malam Minggu tanpa kamu

Hanya bantal jadi sandaran

Buah mangga buah dilema

Jangan lupa tambah berlima

Kata orang jomblo bahagia

Tapi aku malah sengsara

Dapat hadiah tambah girang

Sambil ketawa dengerin koplo

Mandi saja masih jarang

Malah berharap tidak jomblo.


Pantun Tentang Jomblo Namun Bahagia

Pantun Tentang Jomblo Namun Bahagia

Untuk jenis pantun yang ketiga ini secara sederhana lebih menjelaskan tentang jomblo yang mencoba untuk menunjukkan rasa bahagia yang dimiliki.

Namun kali ini, kebahagiaan yang dimiliki tersebut mencoba untuk menunjukkan respon yang ada karena ternyata sedang menjalin asmara dengan lainnya. Tidak perlu merasa khawatir, ini beberapa pantun yang bisa diketahui:

Ada hidup ada kematian

Semua itu milik sekarang

Aku tak mau pasangan

Yang hanya bisa mengekang

Ada bunga sedap malam

Tapi melati adalah pilihan

Jangan kamu salah paham

Aku jomblo karena pilihan

Pergi ke luar demi kudapan

Tapi mana aku sempat

Aku tak mau berpasangan

Jika hanya untuk berdebat


Pantun Membicarakan Jomblo yang Galau

Pantun Membicarakan Jomblo Yang Galau

Berikutnya ada juga contoh pantun lainnya yang masih bercerita tentang jomblo yang jangan sampai dilewatkan untuk diketahui dan dinikmati nantinya.

Apalagi jenis pantun jomblo ini ternyata juga menyediakan dan menawarkan ekspresi diri yang bisa membuat yang lain merasa sedih. Langsung saja, mari simak beberapa contoh pantun menarik berikut ini:

Ke sana tiada sampai

Hanya melihat banyak sapih

Pacar hanya berandai-andai

Makin sedih makin perih

Jalan jalan beli buku

Beli satu cukup

Mau ini malam Minggu

Aku tetap sama saja

Keluar demi udara saja

Malah tubruk tempat sampah

Aku ucapkan selamat saja

Untuk kamu yang menikah


Pantun Tentang Jomblo, Bisa Buat Baper

Pantun Tentang Jomblo, Bisa Buat Baper

Untuk yang ingin mengetahui jenis pantun yang lainnya yang masih membicarakan tentang jomblo ini, maka pantun kelima ini juga menarik.

Ditambah lagi, jenis pantun ini sebenarnya menawarkan bentuk ekspresi diri yang tidak kalah menarik untuk dinikmati bahkan ketika masa gundah. Tidak perlu banyak menunggu lagi, ini beberapa pantun menarik tersebut:

Ada putri ada putra

Namun aku diam saja

Banyak teman yang mesra

Hanya saja aku tiada

Mau neraka atau surga

Aku bisa pasrah saja

Malam minggu telah tiba

Hanya aku di sini saja

Beli dua dapat dupa

Tapi malah kehilangan

Aku harap bisa sama

Tapi aku hanya kenangan


Pantun Bertema Jomblo Khusus Malam Minggu

Pantun Bertema Jomblo Khusus Malam Minggu

Sementara itu, untuk jenis pantun yang selanjutnya ini lebih berfokus pada persoalan tentang situasi yang dijalani khusus di malam Minggu.

Hanya saja, seperti biasanya yang dikenal di masa sekarang, jenis pantun ini menunjukkan kondisi yang tidak mengenakkan yang tampak mengenaskan. Simak beberapa contoh pantun di bawah ini untuk lebih lanjut:

Ke sana beli Sampang

Lihat ayam sedang mengeram

Malam Minggu telah datang

Hanya hati yang menggeram

Bangun awal di pagi hari

Untuk nikmati angin ini

Kecamuk hati tiada pergi

Aku jomblo di malming ini

Beli jajan di Pasaraya

Untuk nikmati hari ini

Teman pada kencan semua

Aku sendiri di kamar ini


Pantun untuk Jomblo yang Mencari Cinta

Pantun Untuk Jomblo Yang Mencari Cinta

Jenis pantun jomblo yang terakhir ini mencoba untuk menunjukkan sisi lain yang dimiliki oleh seseorang yang sedang dalam kondisi jomblo.

Hanya saja, jenis pantun yang dilengkapi dengan berbagai contoh yang menarik ini berfokus untuk menunjukkan perjuangan untuk mencari lembaran baru. Ini beberapa contoh pantun tentang jomblo untuk mencari cinta baru:

Sarapan pakai ikan pari

Beli minum di Kotabaru

Terlalu lama aku sendiri

Nanti datang lembaran baru

Pagi hari masih bau

Tapi mau gimana lagi

Pergi saja jika mau

Aku siap mencari lagi

Makan sayur pakai Sasa

Jangan lupa minumanku

Kau pergi aku biasa

Karena yang baru menantiku


Penutup

Jenis karya sastra yang dikenal dengan nama pantun ini sebenarnya sudah populer sejak lama dan tidak hanya terbatas usia saja. Bahkan sudah dapat ditemui dengan mudah para generasi tua yang ternyata sudah mencoba untuk menunjukkan berbagai ekspresi diri yang ternyàta dialami.

Ada yang mencoba untuk berbahagia dan ada juga yang malah sedih. Walaupun begitu, jenis karya sastra seperti pantun jomblo yang sudah dijelaskan di atas juga mampu memberikan banyak keuntungan yang menarik.

Misalnya, pantun yang disebarkan di sosial media bisa mengundang banyak respon yang mungkin saja malah membuat seseorang menjadi semakin semangat. Selain itu, ada juga yang berfokus pada meluapkan kesedihan masing-masing.

Pantun Jomblo

Default image
Fajar
Halo saya Fajar, seorang freelance yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan referensi seputar edukasi.

Leave a Reply

error: Content is protected !!