70+ Pantun Lucu : Bikin Ngakak Tertawa Jenaka Menghibur

Pantun Lucu – Pantun termasuk suatu karya seni yang tidak pernah mati di kalangan masyarakat. Sampai saat ini, pantun masih saja dimanfaatkan dan difungsikan untuk berbagai keperluan.

Salah satu yang masih populer adalah pantun lucu dengan berbagai konsep berbeda. Melalui pantun ini, banyak orang yang akhirnya terhibur. Untuk penggunaannya sendiri, pantun jenis ini masih sering ditemukan diberbagai acara komedi. Bagi orang yang menyukai acara komedi, tentu saja hal ini bukan lagi perihal yang asing.

Karena masih sering dipakai di berbagai kesempatan, akhirnya banyak orang yang tertarik untuk memanfaatkan pantun serupa. Jika dilihat dari segi pengertiannya, pantun ini memiliki arti yang sangat luas.

Sedangkan jika dilihat dari contohnya, pantun ini memiliki banyak sekali contoh yang akhirnya membentuk kumpulan-kumpulan tersendiri. Untuk mengetahui segala aspeknya, maka berbagai poin penting tersebut akan dijabarkan pada uraian berikut ini:

Pantun Lucu


Apa Itu Pantun Lucu?

Pantun lucu adalah jenis pantun yang memakai konsep jenaka dan memiliki fungsi hiburan yang sangat tinggi. Berdasarkan pengertian ini bisa dipahami bahwa fungsi utama dari pantun ini adalah untuk memberi hiburan kepada pendengar atau pembacanya.

Dibandingkan dengan pantun pantun lainnya, ciri-cirinya masih sama. Hal yang membedakan hanyalah tujuan mengutarakan pantun serta isi atau diksi dari pantun-nya.

Asal pantun yang dibuat memiliki nilai jenaka dalam selipan katanya, maka pantun tersebut sudah bisa disebut sebagai pantun jenaka atau lucu. Pengertian ini bisa mulai dipahami oleh setiap orang yang akan memakai pantun jenis ini.

Agar pantun semacam ini bisa memiliki kelucuan tingkat tinggi, maka harus mempertimbangkan dengan baik perihal diksi yang dipakai. Selain diksi, pengucapan pantun juga penting untuk diperhatikan. Jika dua poin penting ini tidak dilupakan, maka hasil pantun akan sangat lucu dan menarik untuk dipakai.

Baca Juga: Pantun Pendidikan


Kumpulan Contoh Pantun Lucu

Membuat pantun lucu memang bukan perkara mudah dan tentunya membutuhkan kesiapan yang matang. Bagi orang yang tidak terbiasa membuat pantun ini, maka akan terasa hambar.

Namun jika ingin memakai pantun ini secara cepat atau mendadak, maka bisa memanfaatkan referensi dari kumpulan contoh pantun-nya.

Lalu bagaimana contoh pantun-nya? Pada uraian kali ini akan dijabarkan secara mendalam mengenai berbagai contoh pantun-nya dengan berbagai konsep berbeda.

Jika ingin tahu setiap contoh, maka harus melihat semua pantun yang ada di bawah ini. Inilah kumpulan contoh pantun yang bisa dipakai dan dimanfaatkan:


1. Pantun Lucu untuk Nasihat

Pantun Lucu Untuk Nasihat

Kategori pantun lucu yang pertama adalah pantun bertema nasihat. Meski memakai konsep jenaka, namun nasihat mendalam juga masih bisa dimasukkan.

Jadi unsur hiburan dan pesan yang kuat akan tersalurkan secara bersamaan. Berikut adalah contoh pantun dengan tema jenaka namun mengandung pesan berarti:

Makan ikan ditambah petai

Lihat musang sedang gembira

Saat muda terlalu santai

Setelah tua sulit tertawa

Buat sarapan dari ketan

Suap anak di atas odong-odong

Saat Anda sopan kami segan

Namun jika songong akan kami todong

Beli emas ke tukang bodong

Emasnya palsu murah harganya

Saat hidup jangan suka bengong

Nanti jadi terlihat bodohnya

Kucing mati terlalu kenyang

Sudah diingatkan masih bebal

Sudahi lelah untuk berperang

Lebih manfaat saling beramal

Sudah tua mulai rentan

Sukanya main ke tempat lelang

Jangan suka mikir mantan

Lebih baik ingat utang

Rumput besar ada di taman

Beri sama barang seikat

Sudah baik ada teman

Jangan sia-siakan barang sejenak

Suntik kecil tanpa sakit

Dokternya muda banyak triknya

Dukung negara meski sedikit

Pakai usaha sebisanya

Band kodok bernyanyi asyik

Penyembuh hati trauma

Usaha kecil jangan diusik

Nanti bisa terkena karma

Buah duku dimakan ratu

Duku-nya jatuh lalu dikejar

Sulit mengerjakan meski satu

Ini hasil tidak belajar

Kancil hewan yang cerdik

Sukanya makan timun hingga kenyang

Orang tua memang mendidik

Lalu lanjutkan yang baik dan penyayang


2. Pantun Lucu untuk Teman

Pantun Lucu Untuk Teman

Pantun lucu juga bisa ditujukan untuk seorang teman. Jika pantun ini ditujukan untuk teman, maka biasanya lebih menarik. Ada berbagai kondisi berbeda untuk pengucapan pantun ini.

Penasaran dengan contoh pantun jenaka untuk teman? Simak daftar contoh pantun dengan tema lucu yang ada di bawah ini untuk mengetahuinya:

Berbuka enaknya minum sirup

Sirupnya mahal asli Jombang

Dua anak memang cukup

Tapi dua istri kau kurang

Beli senapan dengan peluru

Belinya di toko Pak Kariman

Ayo ketemu Bapak Penghulu

Jangan hanya cuma temenan

Ikan bakar kemangi seikat

Ikannya didapat di sungai tepi

Jangan sampai kamu terlalu dekat

Banyak iler memenuhi pipi

Sayur kangkung dimasak tumis

Potong kecil hingga tipis

Hari Selasa selalu gerimis

Dompet kita kritis meringis

Makan ikan terkena duri

Jangan sampai luka ditekan

Sudah nasib aku ini

Ganteng dan selalu jadi rebutan

Makan roti penuh semut

Semut-nya banyak bagai selaput

Sikapmu baik buatku salut

Tapi kenapa hobimu kentut

Hujan angin di tengah video

Anginnya besar bak menyerang

Kupandang terus kasihan deh lo

Masih terus jomblo hingga sekarang

Pergi ke hutan tanpa teman

Kabut menghadang hingga berawan

Jangan terlalu lama sendirian

Saranku cepatlah menikah

Bakal hajatan di rumah Pak Somat

Tempatnya di sebelah lumbung padi

Kurasa bau menyengat

Ternyata baumu yang belum mandi

Lama teman tak bertemu

Sekali bertemu hanya merayu

Kau punya kekurangan selalu

Yaitu warna kuning gigimu


3. Pantun Lucu untuk Pacar

Pantun Lucu Untuk Pacar

Pantun lucu untuk pacar juga ada. Jika memakai pantun ini untuk kekasih atau pacar, tentunya harus memasukkan atau menyelipkan kata-kata manis di dalamnya.

Namun unsur lucu tidak boleh dihilangkan dalam pemakaiannya. Inilah beberapa contoh pantun jenaka atau lucu yang ditujukan untuk pacar:

Main di kali tersandung batu

Kaki sakit diobati dengan bambu

Kalau kau memang cinta padaku

Jangan lupa ucap I love you

Hindari lebah takut tersengat

Pergi jauh memakai sepatu

Meski ketekmu sering bau

Namun ku selalu setia untukmu

Rambut putih penuh uban

Semir hitam si anak usul

Mantan banyak ke pelaminan

Ayo kita lanjut menyusul

Uang masuk dalam saku

Saku robek tertancap paku

Jangan lagi kau khianatiku

Karena kau memenuhi hatiku

Makan siang nasi campur

Ditemani suara jangkrik

Semalam saya tak kunjung tidur

Teringat wajah cantikmu terus

Sapi mulai coba melayang

Tapi ternyata tak bisa terjadi

Setiap jam akan terbayang

Jika tak jumpa kekasih hati

Merantau sehari ke pulau tua

Jalannya panjang buat kesasar

Aku memang tak terlihat muda

Tapi cintaku selalu terbakar

Jerami dimakan ayam Pak Dika

Ayamnya merah terkena bumerang

Aku hanya ingin berkata

Jangan tinggalkan daku seorang

Anak bayi penuh bedak

Tapi padahal belum mandi

Datang padamu barang sejenak

Untuk menguras rindu di hati

Katak hijau sedang menengok

Menggigit kerang untuk dimakan

Jangan lupa hari esok

Aku akan melamarmu seorang


4. Pantun Lucu Menggelitik

Pantun Lucu Menggelitik

Jenis pantun lucu selanjutnya adalah pantun yang lucu menggelitik. Dengan beberapa contoh pantun yang akan dijabarkan ini, pengguna yang memakainya akan ikut merasakan kelucuannya.

Sehingga pendengar akan merasakan hal yang ama. Inilah beberapa contoh pantun jenaka yang menggelitik saat dimanfaatkan:

Makan sate bau kambing

Awal tak mau tapi habis juga

Memang lucu beristri sumbing

Meski marah akhirnya tertawa juga

Ejekan lama selalu tersemat

Ingin dihapus tapi tak bisa

Nenek mendongeng dengan semangat

Hingga gigi palsu lepas semua

Ke pasar beli ikan asin

Belinya banyak dibawakan teman

Tahan agar tak keluar bersin

Tapi malah kentut yang tersalurkan

Lihat putih warna si karung

Takut isinya dibuka pelan

Perlahan mulai tutup hidung

Ternyata bau kentut di ruangan

Lihat tetangga sangat tamak

Beli makan sekeranjang

Memang selalu benar emak-emak

Sen kiri tapi belok ke seberang

Liburan panjang ke rumah eyang

Eyang suka main wayang kulit

Saat kaya abang disayang

Abang bangkrut dibuang tanpa sulit

Siang hari kurang hawa

Ingin angin tanpa sesak

Perut perih karena tertawa

Kucing imut memakai bedak

Pakai sepeda langsung gas pol

Akhirnya jatuh ke pohon kesemek

Anak remaja masih ngompol

Ngompolnya di kursi baunya apek

Makan ikan boleh makan daging iya

Semua enak saat berjejer

Tetangga songong berlagak kaya

Pakai emas selalu bertengger

Gendang Bang Komang selalu ditabuh

Gendangnya dipakai sampai pagi

Bersatu memang harus teguh

Saat bercerai kita nikah lagi

Baca Juga: Pantun Muda


5. Pantun Lucu Seru

Pantun Lucu Seru

Pantun lucu juga bisa dikonsep dengan seru. Melalui pantun jenis ini, maka penggunaannya akan lebih menarik lagi. Saat mengucapkan pantun ini, maka intonasinya juga harus disesuaikan.

Penasaran bagaimana contoh yang paling sesuai? Simak deretan contoh di bawah ini secara menyeluruh dan terstruktur:

Anak kecil puasa beduk

Hujan siang hari dengan geluduk

Ada gembala sapi lagi duduk

Aku pikir ia sosok hantu buduk

Makan petai rasanya ragu

Takut bau nafas tak terbawa angin

Hatiku memang sedang galau

Melihat singa makan es lilin

Begadang malam tanpa kopi

Rasanya hampa dan sepi

Aku ingin terus tertawa geli

Kuda di kandang asyik bernyanyi

Naik gunung tinggalkan jejak

Jatuh lagi sudah kebal

Terlentang tidak membuat nyenyak

Tapi tengkurap tersandung pengganjal

Jalan-jalan ke rumah Renata

Rumahnya cantik banyak bunganya

Saat mudah terbawa suasana

Suka senyum bak orang gila

Jalan Situpang dipenuhi duren

Tidak puas kalau tak coba

Jika kau pikir paling keren

Lebih baik balik ke laut aja

Kucing rumah memang gembul

Kata orang suka hinggap di genteng

Aku memang kurang gaul

Tapi wajah tetaplah ganteng

Nenek suka dipuji melulu

Dipuji pakai hasutan buaya

Saya sekarang sedang malu

Pasti dia sedang memandang saya

Dihadang dua aki-aki

Tanya jalan menuju rumah Pak Haji

Orang miskin bisanya jalan kaki

Saat pulang jalannya setengah hati

Penjual buah seorang janda

Wajahnya cerah bak buah jeruk

Jangan ngaku hebat dan bangga

Bedakan melon semangka tak bisa


6. Pantun Lucu 2 Baris

Pantun Lucu 2 Baris

Jika dilihat dari segi kemasan pantun lucu, pantun dua baris juga sangat menarik untuk dimanfaatkan. Apabila memakai jenis pantun dua baris, maka pemakaiannya akan lebih mudah dan lebih cepat. Diksi yang dipakai juga sedikit namun kesan lucu masih tersampaikan. Inilah contoh pantun dua baris dengan konsep lucu:

Bawa parang sambit hewan

Memang bego ni teman

Jalan ke pasar malam bareng Mumun

Jangan sampai suka melamun

 

Minum susu ditambah es

Suka ngilang lo lupa SMS

Ikut paham jalan ke kota

Mulai songong nih ceritanya

Ibu marah lempar sapu

Jangan diamkan SMS-ku

Hati sedang merasa bimbang

Bapak botak ngidam dikepang

Tupai memang pandai melompat

Tapi polisi yang paling cepat

Dua tiga gula merah

Tak ada pasangan mampir ke rumah

Makan gratis di rumah Pak Camat

Aku mah bodo amat

Keluar malam ketemu begal

Ganteng doang tapi gak modal

Rumah tua mau dibongkar

Ngakunya teman ternyata pacar

Jual buah larisnya apel

Sorry ya kita gak level

Jari penari memang lentik

Meski ompong tapi wajahnya cantik

Kondangan pakai baju kebaya

Hai jomblo, boleh kenalan gak ya?

Bantu dorong gerobak tua

Kamu taman aku jatuh cinta

Antar makan adik si Eca

Salam kenal untuk di pembaca

Peci tua milik kakek

Dasar ompong kayak nenek-nenek

Makan malam suguhan besan

Sudah tua kok masih ingusan

Gebrak meja hingga berlubang

Kalau ditembak pastinya bimbang

Ikat tali sembunyi tangan

Kalau suka jangan disembunyikan

Baca Juga: Pantun Nasehat


7. Pantun Lucu untuk Hiburan

Pantun Lucu Untuk Hiburan

Terakhir, ada rekomendasi contoh pantun lucu yang kuat nilai hiburannya. Contoh pantun semacam ini akan sangat pas untuk dipakai saat tujuannya untuk menghibur seseorang.

Penggunaan diksinya harus diperhatikan secara mendalam. Untuk mengetahuinya, berikut adalah beberapa contoh dan referensi uniknya:

Main game online belinya item

Sambil main makan ramen

Kalau suka jangan dipendem

Kalau diem tandanya cemen

Makan ikan tak suka rendang

Setelah makan harus gosok gigi

Kalau ada mangga di ladang

Bolehlah kita dibagi

Mata ikan ternyata sayu

Namun harganya masih mewah

Saat kau berkata I love you

Ku hanya bilang, cius miapah

Mandikan motor pakai air keran

Tujuannya untuk ajak pacar makan

Hati sedang risau tak karuan

Mantan datang minta balikan

Dimarahi mama si Eca

Dampak ulah salah satu teman

Sedang lihat muka pembaca

Sedih bak kolor setan

Beli kebab asli Arab

Makannya sambil baca kitab

Satu perempuan sudah jadi harap

Tapi sayang kakinya berkurap

Tanah di ladang sedang kering

Airnya minta disaring

Janda kentutnya memang semriwing

Sedang yang bencong sangat garing

Isu terkini babi ngepet

Lari kencang sulit didapet

Apa kecil putih larinya cepet

Tentu nasi yang nempel di jet

Main bola bareng tetangga

Menang kalah sudah biasa

Dia pria suka menggoda

Termasuk jenis pria buaya

Bantu jual bantu teman

Lelah akhirnya minta kerokan

Pilih pacar yang beriman

Jangan pilih cabe-cabean


Penutupan

Berdasarkan penjabaran di atas, maka sudah diketahui mengenai pengertian pantun lucu secara jelas. Selain pengertiannya, pembahasan di atas juga sudah dilengkapi dengan beragam contoh yang tidak bisa dihiraukan.

Jika ingin memakainya, maka langsung pilih saja yang paling sesuai dengan kondisi terkini. Namun jika ingin variasi tambahan, maka setiap contoh di atas bisa ditambah dengan diksi lain yang baru dan unik.

Dengan demikian, pantun yang dihasilkan akan lebih menarik dan lebih unik. Namun perhatikan juga pengucapannya. Semakin baik pengucapan dan penghayatannya, maka pantun akan tersampaikan dengan baik.

Pantun Lucu

Tinggalkan komentar