21+ Pantun Perkenalan : Singkat Nama, Alamat, Kelas dan Acara MC

Pantun Perkenalan – Pantun pada masa sekarang bisa dikatakan sebagai salah satu jenis karya sastra yang tidak hanya populer namun juga termasuk menguntungkan. Bahkan bukan merupakan sebuah rahasia yang umum lagi jika saat ini sudah ada jenis pantun perkenalan yang bisa langsung dicoba.

Ditambah lagi, memakai pantun juga mampu mengubah situasi yang ada. Secara sederhana jenis karya sastra yang ada di Indonesia saat ini memang bervariasi dan bahkan terus mengalami perubahan seiring waktu.

Tidak perlu jenis karya sastra yang panjang seperti novel ataupun puisi yang dianggap lebih rumit ketika dibuat, ada karya lainnya. Misalnya pantun yang sekarang ini lebih mendapatkan perhatian yang banyak.

Karya sastra pantun juga tidak hanya dinilai sebagai karya sastra yang lebih mudah untuk dibuat namun juga mudah disesuaikan nantinya. Bahkan beberapa orang juga akhirnya mengambil keputusan terbaik sejak awal untuk digunakan dengan situasi yang dimiliki baik formal maupun nonformal.

Selain itu, pantun juga bisa dipakai untuk memberi kesan berbeda. Sementara itu, di sisi lain, untuk menjadikan karya sastra pantun sebagai media menyampaikan perkenalan, tentu saja ada hal yang diperhatikan.

Terdapat pula beberapa aspek yang harus dimasukkan ke dalam bahan pertimbangan yang tepat dan matang sebelum nantinya mencoba secara langsung. Sebelum memutuskan untuk mencobanya langsung, silakan pahami jenis pantun perkenalan:


Mengapa Pantun Semakin Populer?

Karya sastra pantun sebenarnya secara sederhana merupakan karya sastra yang semakin memiliki popularitas yang semakin ke sini memang semakin tinggi. Hal ini dikarenakan jenis karya sastra ini mampu menawarkan hasil yang tidak hanya menarik namun bisa mengubah situasi yang ada.

Bahkan proses perubahan situasi tersebut dapat dilakukan dengan begitu cepat. Popularitas yang dimiliki oleh karya sastra pantun di Indonesia saat ini berkaitan erat dengan seperti apa pantun nantinya digunakan langsung.

Misalnya jika ternyata jenis pantun perkenalan semakin banyak dimanfaatkan maka popularitas yang dimilikinya pun semakin meningkat sesuai dengan situasi masing-masing. Selain itu, biasanya pantun juga lebih dipilih oleh generasi muda.

Jenis pantun perkenalan juga merupakan salah satu dan beberapa jenis pantun yang dapat disesuaikan dengan situasi yang ada saat ini. Misalnya ada yang bisa menggunakan jenis pantun ini untuk mendapatkan kesan yang berbeda dari orang-orang yang sedang mendengarkan perkenalan darinya.

Bahkan ada juga harapan bahwa pantun ini bisa bertahan lama.

Baca Juga: Pantun Pernikahan


Definisi Pantun Perkenalan

Aspek yang berikutnya ini juga sebaiknya jangan sampai dilewatkan untuk diketahui terlebih dahulu jika memiliki pilihan mencoba pantun ini. Kali ini, jenis pantun yang dimaksud adalah pantun yang bisa dimanfaatkan dengan tepat ketika ingin memperkenalkan diri kepada orang yang lainnya.

Ditambah lagi, jenis pantun ini juga semakin mudah untuk ditemui. Kemudian secara lebih lanjut, jenis pantun yang dikenal dengan nama jenis pantun perkenalan ini bisa diartikan sesuai dengan tujuan awalnya.

Sama seperti nama yang telah digunakan sejak awal, jenis pantun ini memang disediakan untuk mempermudah setiap orang untuk memperkenalkan dirinya. Bahkan pantun ini pun masih bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Jenis kebutuhan yang dimaksud kali ini memiliki keterkaitan erat dengan seperti apa kesan yang ingin ditunjukkan untuk pertama kalinya nanti. Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap orang yang ingin menyampaikan perkenalan yang diinginkannya demi mendapatkan perhatian dan kesan yang tentu saja menyenangkan.

Ditambah lagi, pada masa sekarang ini, koneksi adalah hal penting.


Peran Pantun Ketika Memperkenalkan Diri

Berkaitan dengan informasi yang telah dijelaskan sebelumnya secara detail dan lengkap, ada informasi lainnya yang jangan sampai dilewatkan begitu saja. Ditambah lagi, seperti pada penjelasan sebelumnya, pantun memang memiliki peran yang penting termasuk ketika seseorang ingin menyampaikan jenis pantun perkenalan.

Proses perkenalan pun tentu saja bisa disiapkan sejak jauh hari. Pantun yang biasanya digunakan untuk melakukan proses perkenalan pertama kalinya adalah pantun yang dibuat dengan menggunakan berbagai bahan pertimbangan.

Ditambah lagi, jenis pantun yang dikenal dengan nama jenis pantun perkenalan memang dibuat dengan bahasa yang bervariasi sesuai kebutuhan. Bahkan proses pembuatannya pun bisa melibatkan beberapa kata secara khusus.

Secara garis besar, jenis pantun ini memiliki peran besar dalam proses perkenalan tidak hanya untuk diri sendiri namun juga kelompok. Jika ingin digunakan untuk memperkenalkan diri kepada orang yang banyak, maka sebaiknya pilih tipe pantun dengan diksi yang memang tepat.

Selain itu, pilih diksi yang bisa menyampaikan kesan yang diinginkan.


Beberapa Contoh Pantun yang Cocok untuk Perkenalan

Setelah mengetahui dan memahami beberapa jenis informasi di atas, ada juga informasi yang tidak kalah penting untuk diketahui secara langsung. Kali ini, ada jenis informasi yang bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya terutama jika ingin menjadikan pantun ini sebagai pilihan yang tepat.

Jenis pantun perkenalan bahkan bisa dipilih untuk menciptakan suasana berbeda. Untuk menjadikan pantun sebagai media yang tepat dalam menyampaikan perkenalan, maka sebaiknya pilih jenis pantun dengan pemilihan kata yang tepat.

Pemilihan kata ini secara sederhana sebenarnya bisa disesuaikan dengan tipe situasi seperti apa yang memang sedang dihadapi oleh setiap orang. Berikut ini beberapa jenis pantun perkenalan yang bisa dijadikan sebagai pilihan:


1. Pantun Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Jawa

1. Pantun Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Jawa

Contoh pantun untuk memperkenalkan diri kepada orang lain ini bisa segera dipilih jika memang dalam situasi yang dinyatakan sudah sesuai. Hanya saja, untuk menjadikan jenis pantun ini sebagai pilihan yang tepat, setiap orang harus memastikan dahulu seperti apa audien masing-masing.

Tentu saja pastikan dahulu jika audiennya memang memahami bahasa daerah:

Mangan soto Pak Yanto

Tambah gurih gawe abon

Salam kenal kulo Santo

Santo dugi Cirebon

Ono pangan sim ambyar

Ono sing gurih menggoda

Kenal arek seng anyar 

Arane kuwi Sanya

Ngombe sirup akeh warna

Tambah enak susu kentel

Kenal dugi Mbok Isna

Konco anyar lan kentel


2. Pantun untuk Perkenalan dengan Teman

2. Pantun Untuk Perkenalan Dengan Teman

Sedangkan untuk jenis pantun yang kedua ini juga jangan sampai ketinggalan untuk segera dipilih ketika ingin memperkenalkan diri secara langsung. Kali ini, ada jenis pantun untuk memberikan perkenalan kepada orang yang lainnya yang harus disesuaikan dengan tujuan masing-masing sejak awal.

Berikut ini contoh pantun untuk perkenalan kepada salah satu teman:

Ada tahta ada harta

Dicari demi kebahagiaan

Saya Lee dari Jakarta

Datang untuk berteman

Jalan-jalan ke puri

Untuk temukan kenyamanan

Janganlah mencoba sendiri

Jika saya siap berteman

Banyak cari hak paten

Harga uang semakin turun

Kali ini ada Niken

Cewek berani dari Madiun


3. Pantun Memperkenalkan Diri di Sekolah

3. Pantun Memperkenalkan Diri Di Sekolah

Untuk jenis pantun perkenalan yang berikutnya ini lebih berkaitan dengan kondisi dan tempat yang digunakan ketika ingin memperkenalkan diri masing-masing. Hal ini dikarenakan sejak awal jenis pantun ini lebih direkomendasikan kepada beberapa orang yang memang sedang berada di satu sekolah.

Jangan sampai ketinggalan untuk diketahui, gunakan contoh dari pantun ini:

Ke toko beli pala

Toko yang sangat indah

Mari kenalkan Dilla

Anak baru di sekolah

Hari ini cari kudapan

Penuh dengan makanan

Mari mulai berkenalan

Kemudian menjadi teman

Banyak belajar aksara

Demi pahami dunia ini

Kenalkan saya Mira

Anak baru di kelas ini

Baca Juga: Pantun Perpisahan


4. Pantun untuk Mengajak Perkenalan

4. Pantun Untuk Mengajak Perkenalan

Selanjutnya, ada pula contoh dari jenis pantun ini yang bisa dimasukkan ke dalam bahan pertimbangan untuk nantinya dicoba secara langsung. Hanya saja, jenis pantun ini sejak awal disediakan dan ditawarkan kepada beberapa orang yang ingin melakukan proses perkenalan timbal balik.

Mari pilih salah satu dari beberapa contoh pantun berikut ini:

Telah datang tamu

Dengan membawa pena

Halo untuk kamu

Kenalkan saya Ana

Beli durian belah

Yang jual namanya Akmal

Jangan sampai berpisah

Tanpa saling mengenal

Jauh-jauh cari taksi

Demi daapat kenyamanan

Demi teman dan koneksi

Mari langsung berkenalan


5. Pantun Cocok untuk Perkenalan yang Lucu

5. Pantun Cocok Untuk Perkenalan Yang Lucu

Untuk jenis pantun perkenalan yang kelima ini bisa segera dipilih ketika ingin menyampaikan perkenalan yang dilengkapi dengan kesan khusus. Jenis kesan yang diinginkan dan disediakan melalui contoh pantun ini adalah kesan yang tidak hanya menarik namun juga termasuk lucu.

Berikut ini beberapa contoh dari pantun ini sebelum langsung mencoba:

Cari sandang cari papan

Jangan lupa dengan pangan

Saya ingin berkenalan

Namun bukan rayuan

Beli kasur untuk nyaman

Jangan lupa untuk disimpan

Kali ini ada kesempatan

Mari langsung berkenalan

Bertemu dengan kura-kura

Untuk saling menyenangkan

Jangan sampai salah kira

Perkenalan ini hanya permulaan


6. Pantun Tentang Perkenalan yang Terbaru

6. Pantun Tentang Perkenalan Yang Terbaru

Sementara itu, di sisi lain, ada juga contoh dari pantun untuk memulai perkenalan baik kepada satu orang maupun orang banyak. Jenis pantun yang keenam ini bisa segera dimasukkan ke dalam daftar pantun pilihan yang terbaik sehingga jangan sampai bisa dilewatkan.

Perhatikan beberapa contoh pantun di bawah ini sebelum bisa digunakan:

Ada yang cari guna-guna

Tapi malah sial bagimu

Perkenalkan saya Dina

Bagaimana kabarmu?

Masak pakai daun salam

Beli dengan harga kemahalan

Mari kita ucapkan salam

Lalu mari berkenalan

Jalan jalan ke Banyumas

Mampir bentar ke ladang

Halo saya adalah Dimas

Perantauan dari Padang

Baca Juga: Pantun Pramuka


7. Pantun Memperkenalkan Diri dalam Kelompok

7. Pantun Memperkenalkan Diri Dalam Kelompok

Sedangkan untuk contoh dari jenis pantun perkenalan yang lainnya yang bisa dicoba secara langsung namun perlu disesuaikan dengan jumlah audiens. Hal ini dikarenakan secara sederhana jenis pantun ini lebih cocok dan berfokus pada urusan untuk menyampaikan perkenalan ke banyak orang.

Tidak perlu merasa bingung, berikut ini contoh dari pantun tersebut:

Beli permen banyak warna

Berhiaskan banyak bunga

Mari kenalkan saya Nana

Wakil dari kelompok Bunga

Ke pasar beli semangka

Tapi mampir beli mangga

Kami dari kelompok kedua

Siap untuk mengguncang dunia

Ke Surabaya naik kereta

Sambil bawa buah aren

Telah tiba giliran kita

Kelompok yang paling keren


Penutup

Jenis pantun perkenalan yang pertama ini secara sederhana lebih dikatakan sebagai pantun yang dimanfaatkan untuk mendapatkan perhatian lebih dari audien. Apalagi ternyata jenis pantun ini juga bisa digunakan dengan sebaik-baiknya terutama ketika ingin mendapatkan kesan yang positif dari beberapa orang.

Ditambah lagi, pantun memiliki peran dan popularitas yang semakin tinggi. Walaupun begitu di sisi lain, ada juga pantun untuk memperkenalkan diri yang bisa disesuaikan dengan situasi apa saja yang dimiliki.

Bahkan jenis pantun ini memiliki manfaat yang jangan sampai dilewatkan terutama jika ingin mendapatkan koneksi yang memang dibutuhkan sejak awal. Koneksi tersebut juga hanya dapat dimiliki ketika perkenalan berjalan lancar.

Pantun untuk memperkenalkan diri harus disiapkan sejak awal terutama jika ingin memberikan kesan yang khusus atau disesuaikan dengan tempat perkenalan. Misalnya, perkenalan melalui teman tentu saja tidak dapat dilakukan begitu saja tanpa benar-benar memperhatikan tujuan dari melakukan proses perkenalan tersebut.

Selain itu, ada juga perkenalan yang bisa disesuaikan di sekolah.

Pantun Perkenalan

Tinggalkan komentar