20+ Pantun Remaja : Perkenalan, Percintaan dan Persahabatan

Pantun Remaja – Pantun bisa dibilang merupakan bentuk komunikasi yang unik dan digunakan sebagai penyampaian informasi ataupun penyampaian pendapat.

Pada zaman dahulu, pantun digunakan sebagai alat komunikasi. Uniknya pantun memiliki rima pada akhir kata. Pantun pun juga memiliki berbagai jenis misalnya saja adalah pantun remaja. Pada dasarnya jenis pantun remaja juga akan dibagi lagi menjadi beberapa bagian.

Hal ini biasanya akan berkaitan dengan suasana pada masa muda. Namun, apa sebenarnya pantun yang masuk kategori remaja itu dan apa saja jenisnya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

Pantun Remaja


Sekilas Tentang Pantun Remaja

Seperti yang diketahui bahwa pantun memiliki berbagai jenis turunan yang berbeda pada setiap penggunaannya. Perbedaan jenis dapat dilihat melalui kalimat penyusun pada setiap pantun yang diucapkan oleh seseorang.

Pada pantun remaja sendiri, kalimat yang digunakan cenderung diperuntukan untuk berbagai keadaan yang seringkali dialami oleh remaja. Tentang asmara, perkenalan, rumah tangga atau bahkan tentang keadaan lain yang seringkali dialami oleh remaja pada umumnya.

Bahasa yang digunakan dalam pantun dalam kategori remaja ini juga cukup beragam. Menggunakan bahasa baku adalah salah satu contoh yang sering digunakan dalam pantun kategori ini di zaman dahulu.

Namun, mengikuti perkembangan zaman dan penggunaan kata yang semakin beragam. Pantun dalam kategori ini pun juga mengikuti perkembangan yang ada. Remaja yang kini seringkali menambahkan penggunaan bahasa slang juga menjadi bagian kata yang sering disisipkan dalam pantun.

Hal inilah yang kemudian membuat pantun dalam kategori remaja memiliki berbagai jenis kata yang lebih beragam. Tentunya hal ini tidak terlepas dari penambahan kata yang seringkali digunakan dalam keseharian remaja.

Baca Juga: Pantun Rindu


Mengenal Macam Pantun Remaja

Pantun remaja pada umumnya memiliki berbagai macam kategori yang disesuaikan dengan hal yang identik pada kehidupan remaja. Seperti yang diketahui bahwa kata yang digunakan remaja di era modern ini memiliki perkembangan yang cukup pesat.

Hal ini secara tidak langsung menjadi satu poin yang membuat penambahan kata dalam pantun kategori ini.  Apalagi dengan adanya bahasa slang yang kini seringkali digunakan oleh remaja sebagai kata selipan dalam satu kalimat panjang.

Hal ini tentu secara tidak langsung akan mempengaruhi penggunaan bahasa keseharian bahkan mungkin dalam berpantun sekalipun. Namun, apa saja sebenarnya jenis dari pantun kategori remaja ini? Berikut ulasannya:


1. Kategori Asmara

Asmara menjadi kategori pertama dari pantun remaja yang cukup sering digunakan untuk menggambarkan kehidupan remaja. Perasaan galau karena percintaan ataupun rasa suka cita bersama pasangan juga menjadi gambaran dari pantun asmara.

Tentu hal ini bisa termasuk dalam kategori karena masa remaja pada dasarnya menjadi tahapan pengenalan rasa suka terhadap lawan jenis. Pada kategori ini juga biasanya remaja seringkali mengungkapkan rasa melalui puisi atau bahkan pantun.

2. Pantun Perkenalan

Menggunakan pantun untuk berkenalan juga menjadi bentuk seni bahasa yang dulu sering digunakan remaja untuk berkomunikasi. Biasanya penggunaan pantun untuk berkenalan ini akan dikomunikasikan dengan cara saling berbalas pantun.

Hal ini dengan sadar juga masih menjadi satu kebiasaan yang terus terbawa hingga sekarang. Bahkan tidak jarang pantun perkenalan juga digunakan dalam pertunjukkan drama sebagai salam perkenalan dari seorang individu atau bahkan kelompok.

3. Pantun Tentang Persahabatan

Persahabatan menjadi satu kategori lain dari pantun remaja yang juga sering digunakan untuk berkomunikasi. Penggunaan pantun ini seringkali digunakan remaja untuk menyambut kedatangan seorang sahabat.

Bahkan dalam fungsinya, pantun persahabatan juga sering digunakan untuk berkomunikasi oleh para remaja. Berbalas pantun akan menjadi bentuk komunikasi yang digunakan remaja dalam penggunaannya.

4. Pantun Tentang Perpisahan

Pantun bertema tentang perpisahan juga menjadi bagian pantun remaja yang seringkali digunakan. Penggunaan pantun ini seringkali digunakan untuk bentuk kata sampai jumpa kepada orang lain.

Sama seperti pantun pada umumnya, jenis pantun satu ini juga sering digunakan oleh orang zaman dulu. Bahkan hingga kini pantun satu ini juga masih sering digunakan sebagai bentuk perpisahan kepada seseorang.

5. Pantun Rumah Tangga

Seperti yang diketahui bahwa pantun rumah tangga juga masih termasuk dalam kategori pantun remaja. Pantun yang cenderung menceritakan kehidupan rumah tangga ini memiliki berbagai makna yang menggambarkan kehidupan berumah tangga.

Melalui pantun ini, setiap kata yang diucapkan akan memberikan pemahaman tentang kebahagian dalam berumah tangga. Secara tidak langsung dalam pantun rumah tangga ini juga seringkali terselip nasehat untuk anak muda yang akan berumah tangga.

6. Pantun Tentang Nasib

Hampir mirip dengan pantun rumah tangga yang seringkali menyelipkan kata nasihat untuk pembaca atau lawan berbalas pantun nya maka, pantun nasib juga melakukan hal yang sama. Pantun satu ini seakan memberikan gambaran tentang nasib dalam menjalani kehidupan.

Mulai dari susah maupun senang bisa didapatkan melalui kiasan dalam pantun ini. Tidak heran bila pada akhirnya pantun ini juga seringkali tampil dalam pertunjukkan drama yang bertema tentang perantauan dan lain sebagainya.


Menilik Contoh Pantun Asmara Tentang Remaja

Pantun remaja pada dasarnya memiliki makna yang juga cukup banyak. Bahkan makna dari setiap pantun yang termasuk dalam kategori remaja memiliki makna yang cukup dalam. Hal ini sama halnya dengan pantun orang tua yang terasa memiliki penggunaan kata lebih pelik.

Hal ini tentunya tidak terlepas dari segala emotional dan kemungkinan permasalahan yang mulai datang dalam kehidupan remaja.

Tidak heran bila pada akhirnya pantun ini memiliki kategori yang cukup banyak.Bahkan dalam satu kategori masih bisa kembali dikotak-kotakkan tergantung dari makna yang disampaikan.

Salah satu contohnya adalah pantun asmara yang kemudian masih dikelompokkan menjadi beberapa bagian. Nah, lalu apa saja contoh dari pantun asmara ini? Berikut adalah 3 ulasan lengkap beserta contohnya dari 3 jenis pantun yang masuk dalam kategori remaja:


1. Pantun Asmara Tentang Kesetiaan

Pantun Asmara Tentang Kesetiaan

Pantun asmara tentang kesetiaan adalah contoh pertama yang seringkali menjadi ungkapan remaja pada pasangan. Lalu, bagaimana contoh dari pantun ini? Berikut 3 diantaranya:

Ke pasar untuk beli ikan

Ikan digoreng untuk lauk  makan

Kesetiaan tidak perlu hanya dikatakan

Namun, cukup dengan selalu buktikan

Ke Surabaya bertemu orang Cina

Berjalan jauh jadi sakit kakinya

Satu kata yang begitu mudah diucap yaitu cinta

Namun, tidak semua orang mudah dalam pertahankannya

Pagi hari penuh burung merpati

Ada satu terjatuh patah sayapnya

Begitu banyak yang ingin singgah dihati

Tapi hanya kamu yang ku sayang selamanya

Baca Juga: Pantun Santri


2. Pantun Asmara Tentang Kerinduan

Pantun Asmara Tentang Kerinduan

Kerinduan juga menjadi ungkapan perasaan cinta yang cukup sering diucapkan oleh remaja kepada pasangan. Nah, berikut ini adalah 3 contoh dari pantun rindu untuk pasangan:

Dibelakang rumah ada pohon randu

Randu tumbuh begitu rindang dekat rumahmu

Begini setiap hari kurasa  rindu

Rindu karena begitu lama tidak bertemu

Bambu muda kesukaan panda

Begitu lahap makannya

Setiap hari kusimpan rindu di dada

Hanya untukmulah wahai adinda

Pagi hari kusapa burung dara

Terbang ke atas penuh suka cita

Semakin lama ku pendam membuat lara

Ingin rasanya ku segera berjumpa


Menilik Pantun Perkenalan Remaja

Kategori selanjutnya adalah pantun perkenalan yang juga sering digunakan remaja sebagai bentuk sapaan pada orang lain. Seperti halnya yang sempat dibahas sebelumnya bahwa pantun ini juga menjadi kategori pantun remaja yang cukup sering digunakan. Nah, lalu apa saja contohnya? Berikut 2 diantaranya:


1. Pantun Perkenalan Nama

Pantun Perkenalan Nama

Contoh pertama untuk pantun remaja kategori perkenalan yang seringkali digunakan adalah perkenalan nama. Lalu bagaimana contoh pantun perkenalan yang sering digunakan untuk memperkenalkan nama? Berikan 3 contoh diantaranya:

Niat hati membuat minuman dari buah markisa

Ternyata habis tak bersisa diminum Opa

Perkenalkan nama saya adalah Annisa

Saya siswa baru dari kelas IPA

Ke pasar membeli nanas

segar sekali memang rasanya

Halo, nama saya Syahnaz

Salam kenal dari saya kepada kalian  semua

Begitu dingin hari ini di Kota Kediri

Berlibur bersama naik sepeda

Perkenalkan nama saya Wulandari

Saya merupakan pindahan dari Surakarta


2. Pantun Perkenalan untuk Mengajak Berkenalan

Pantun Perkenalan Untuk Mengajak Berkenalan

Pada kategori selanjutnya adalah tipe pantun yang digunakan untuk mengajak orang lain berkenalan. Pantun satu ini juga menjadi satu kategori yang cukup sering digunakan. Berikut adalah 3 contoh diantaranya:

Adik meminta bapak membeli sepeda antik

Tidak dibelikan karena tidak bekerja seminggu

Hai kamu gadis yang begitu cantik

Bolehkah aku tahu siapa gerangan namamu?

Pria disana terlihat begitu gagah

Istrinya pun cantik dan rupawan

Hai kamu yang memakai baju  merah

Ingin sejenak aku  berkenalan

Begitu indah bunga yang mulai mekar merekah

Tidak pernah terlewat kusiram awal

Sebelum akhirnya nanti kita akan berpisah

Izinkan sejenak aku mengenal


Menilik Pantun Remaja Tentang Persahabatan

Persahabatan juga menjadi pantun yang cukup sering digunakan remaja untuk mengungkapkan rasa kepada teman atau pun sahabat. Pada kategori pantun ini juga memiliki pembagian yang cukup beragam. 

Tentunya dalam penggunaan kata yang digunakan akan dibuat berdasarkan suasana yang tengah terjadi. Namun, berikut ini akan ada 2 contoh yang bisa dijadikan referensi. Silahkan simak contohnya berikut ini:


1. Pantun Tentang Sahabat Karib

Pantun Tentang Sahabat Karib

Contoh pertama dari pantun persahabatan bisa diambil melalui pantun untuk sahabat karib. Lalu, bagaimana ungkapan kata yang tepat untuk pantun sahabat karib ini? Simak 3 contoh berikut ini:

Begitu putih warna melati

Begitu harum dan tak punya duri

Sahabat, begitu baik menghibur hati

Selalu menyempatkan disampingku yang tengah sendiri

Ada burung terbang di atas rawa

Berhenti tepat di beranda

Begitu dalam rasa kecewa padanya

Namun, sahabat selalu ada

Ada kumbang ada diatas lembah

Terbang bersama teman-temannya

Tentu saja persahabatan ini indah

Semoga saja kita selalu bersama

Baca Juga: Pantun Sasak


2. Pantun Rindu Sahabat

Pantun Rindu Sahabat

Kerinduan pada sahabat juga menjadi ungkapan yang seringkali diucapkan pada masa-masa ini. Persahabatan yang begitu erat memang pada dasarnya bisa menimbulkan rasa kuat pada setiap individu. Nah, berikut ini adalah 3 contoh diantaranya:

Dalam kolam terlihat begitu banyak ikan

Tentu saja begitu jernih air di dalamnya

Rasanya rindu ini sudah sepekan

Begitu menggebu-gebu di dada

Setiap waktu kakak pergi berkelana

Hanya berbekalkan sebilah parang

Teman lama setiap waktu pergi bersama

Tak ada kenangan yang tak terbayang

Begitu biru laut dalam

Melihat ikan berenang bersamaan

Hari ini tiba-tiba teringat kenangan masa silam

Bergurau bersama teman


Penutupan

Itulah tadi pantun remaja yang hingga kini masih sering menjadi ungkapan rasa dalam berbagai kesempatan bahkan pertunjukkan.

Perasaan yang seringkali dirasakan oleh remaja pada dasarnya memang cukup kompleks dengan rasa yang baru dirasa. Hal ini pada akhirnya yang menjadi inspirasi kata pada setiap pantun yang diungkap.

Pantun Remaja

Tinggalkan komentar