30+ Pantun Santri : Pondok Putri, Putra Bikin Baper Zaman Now

Pantun Santri – Sebagian besar masyarakat Indonesia pada masa sekarang tentu saja sudah tidak asing dengan karya sastra yang dikenal dengan nama pantun. Apalagi seiring dengan perkembangan zaman yang semakin pesat, ada juga jenis pantun santri yang ternyata mencapai popularitas yang cukup tinggi.

Selain itu, jenis karya sastra ini pun mudah disesuaikan situasi. Secara sederhana memang bisa dikatakan bahwa karya sastra pantun ini tidak hanya terkenal dalam generasi tua namun juga generasi muda.

Bahkan pantun pada masa sekarang sudah disediakan dan ditawarkan dalam berbagai variasi yang menarik sehingga tidak akan merasa bosan nantinya. Bahkan pantun bahkan sejak awal memang dibuat untuk acara khusus.

Kemudian keberadaan karya sastra pantun sendiri di Indonesia sudah dapat ditemui sejak lama sehingga tidak dapat dikategorikan sebagai sastra baru. Hanya saja, sama seperti berbagai jenis karya sastra yang lainnya, jenis karya sastra pantun ini juga aktif dalam mengalami perkembangan.

Perkembangan yang dimaksud tersebut bisa termasuk ke dalam beberapa bagian. Sementara itu, untuk jenis dari pantun sebenarnya bisa diketahui dan dipahami dalam berbagai konteks termasuk yang berkaitan dengan para pembuatnya.

Misalnya saja, sudah ada jenis pantun santri yang ternyata memang memiliki karakteristik  yang khas seperti para pembuatnya yang merupakan santri. Untuk informasi tentang pantun ini, silakan simak uraian berikut ini:

Pantun Santri


Keterkaitan Antara Pantun dan Santri

Berkaitan dengan informasi yang sebelumnya sudah dijelaskan secara lebih singkat, ketahui dan pahami pula jenis pantun yang memang dibuat santri. Pada umumnya, saat ini hubungan antara pantun dengan masyarakat Indonesia secara langsung memang tidak dapat dielakkan dalam kehidupan setiap hari.

Apalagi pantun ini juga terkadang dipraktikkan secara langsung oleh masyarakat. Walaupun begitu, secara sederhana jenis karya sastra pantun ini lebih dekat dengan generasi muda jika dibandingkan dengan para generasi tua.

Hal tersebut juga berlaku bagi jenis karya sastra khusus pantun santri yang tentu saja lebih dikenal oleh para orang muda. Sebagian besar santri yang mempublikasikanya pun dapat dikategorikan remaja.

Kemudian untuk keterkaitan yang dimiliki antara karya sastra pantun dan santri sebenarnya dapat dilihat dengan mudah melalui berbagai acara khusus. Salah satu acara atau momen khusus yang dianggap penting untuk dirayakan adalah Hari Santri Nasional yang bisa ditemukan setiap tahun.

Selanjutnya, pantun akan semakin banyak dibuat untuk merayakan jenis acara ini. Selain berkaitan erat dengan jenis perayaan yang dilakukan oleh para santri, jenis pantun santri pun dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Beberapa santri biasanya menghabiskan waktu luang yang dimiliki untuk menuliskan ekspresi ataupun perasaan masing-masing dalam beberapa karya sastra seperti pantun. Bahkan ada juga pantun yang dibuat dengan menekankan pada komedi.

Beberapa jenis pantun tentang santri pun biasanya akan dibuat secara langsung dan autentik oleh para santri sehingga kisahnya pun nyata.

Selain itu, beberapa jenis pantun biasanya juga dibuat secara khusus oleh beberapa santri untuk menyampaikan perasaan kepada orang yang disukainya. Pantun tersebut juga biasanya dipamerkan di beberapa momen yang penting.

Baca Juga: Pantun Sasak


Beberapa Contoh Pantun Santri yang Menarik 

Setelah mengetahui seperti apa karya sastra pantun dan keterkaitan yang dimiliki dengan para santri, maka jangan sampai melewatkan informasi ini.

Kali ini, ada jenis informasi yang penting yang dapat dimanfaatkan oleh setiap orang untuk bersenang-senang dengan teman dalam beberapa momen. Bahkan beberapa momen juga bisa digunakan sebagai inspirasi yang lainnya.

Beberapa jenis pantun mengenai santri yang akan ditunjukkan di bawah ini nantinya juga bisa digunakan dalam merayakan momen yang penting.

Apalagi ada pantun yang bisa menjadi sumber inspirasi setiap santri. Untuk beberapa contoh dari pantun santri sesuai dengan selera dan kondisi yang bervariasi, silakan simak uraian yang lengkap berikut ini:


1. Pantun Santri di Sosial Media

Pantun Santri Di Sosial Media

Contoh pantun yang pertama ini secara sederhana merupakan pantun mengenai santri yang biasanya mudah ditemukan di berbagai jenis sosial media.

Selain itu, contoh pantun ini biasanya juga lebih dikenal memiliki karakteristik yang lebih bebas tanpa diatur oleh ketentuan yang ketat. Berikut ini beberapa contoh pantun ini yang dapat dimanfaatkan nantinya:

Ada dua ada patri

Satunya lagi masih bau

Kami ini anak santri

Selalu update kabar terbaru

Jangan pakai aksesori

Kalau kamu masih kesal

Jangan remehkan kami santri

Nanti kamu pasti sesal


2. Pantun Santri Bikin Baper

Pantun Santri Bikin Baper

Sedangkan untuk contoh pantun santri yang berikutnya ini secara sederhana bisa dimasukkan ke dalam kategori yang berbeda dari yang sebelumnya.

Hal ini dikarenakan jenis pantun ini biasanya akan menunjukkan seperti apa perasaan yang sebenarnya dimiliki oleh para santri di pondok. Beberapa contoh pantun ini dapat diketahui dalam penjelasan berikut ini:

Pergi ke sana lagi

Dan bertemu tamu

Bangun tiap pagi

Tanpa ada kamu

Ke toko beli buku

Lalu bertemu sapa

Aku di sini menunggu

Kamu yang sudah lupa

Satu malam satu kereta

Kereta di sebelah sana

Di sini masih setia

Asal kamu juga cinta


3. Pantun Kehidupan Pesantren

Pantun Tentang Kehidupan Pesantren

Untuk contoh pantun yang ketiga ini secara garis besar lebih berfokus untuk menunjukkan seperti apa kehidupan di pondok pesantren sebenarnya.

Beberapa contoh pantun ini biasanya juga dibuat oleh para santri secara langsung sehingga orang lain pun dapat memahami dengan mudah. Untuk mengetahui beberapa contoh pantunnya, simak ulasan berikut ini:

Cari ke sana demi aren

Untuk dimakan dengan teman

Hidup di pondok pesantren

Bahagia bersama kawan

Jangan lupa antri

Jika ingin berharga

Mari kita menyantri

Demi bangga orang tua

Ada sego kulit pak sabar

Makan di sana bikin senang

Hidup di sini perlu sabar

Asalkan nanti dapat senang

Bunga itu alang-alang

Terlihat indah seperti menari

Siapa bilang santri gampang

Harus hafal sana sini

Baca Juga: Pantun Sedih


4. Pantun Santri yang Lucu

Pantun Untuk Santri Yang Lucu

Berbeda dari pantun yang sebelumnya, kali ini jenis pantun santri yang akan ditunjukkan lebih berkaitan erat dengan humor para santrinya.

Misalnya, ada beberapa momen khusus yang memang hanya ada dan diadakan di pondok pesantren kemudian dijadikan sebagai inspirasi utama. Beberapa contoh dari pantun ini dapat dilihat di bawah ini:

Hujan itu alamiah

Turun selalu ke bawah

Sarung Pun tak masalah

Asal masa depan cerah

Ambil alat potong kuku

Untuk rapikan kuku kaki

Mau hidup seru nan lucu

Mari kita menjadi santri

Bangun setiap pagi

Hanya untuk menganyam

Enak itu jadi santri

Obat ibadah setiap malam

Adik ingin rok mini

Kakak beli lampu LED

Duh heran santri kini

Tiada hari tanpa sosmed


5. Pantun Hari Santri

Pantun Hari Santri

Untuk contoh pantun yang kelima ini juga jangan sampai ketinggalan untuk diketahui dan dipahami sejak awal sehingga nanti bisa dimanfaatkan.

Apalagi seperti nama yang telah digunakan, jenis pantun yang kelima ini memang dibuat secara khusus untuk merayakan hari penting khusus santri. Simak beberapa contoh di bawah ini dan manfaatkan sesuai kebutuhan:

Jalan ke Surabaya

Mampir ke pasaraya

Wahai santri Indonesia

Selamat hari kita

Ada tanah gambut

Dipakai oleh Gelia

Ayolah kita sambut

Hari santri Indonesia

Ada hidung ada pipi

Dicium sana sini

Sekian pidato khusus ini

Mari rayakan hari Santri

Ana itu teman Ida

Ida itu teman kita

Akhirnya telah tiba

Hari Santri kita


6. Pantun Tentang Kisah Cinta Ala Santri

Pantun Tentang Kisah Cinta Ala Santri

Sementara itu, untuk contoh yang lainnya dari pantun santri yang bisa juga diberi perhatian yang lebih adalah mengenai kisah cintanya.

Biasanya ada beberapa santri yang memang secara rutin menyampaikan kisah cinta yang sedang dialaminya dalam beberapa frasa untuk sastra pantun. Jangan sampai dilewatkan begitu saja, simak beberapa contohnya berikut ini:

Bangun saat pagi

Langsung ambil sapu

Aku tak mampu lagi

Tahan rasa di kalbu

Ada ibu yang mengidam

Inginnya makan buah sagu

Tahukah kamu apa idgham

Jarak antara aku dan kamu

Mari kita keliling dunia

Demi capai mimpimu

Kamu pilih si dia

Yang selalu ada untukmu

Baca Juga: Pantun Selamat Datang


7. Pantun Santri Zaman Now

Pantun Untuk Santri Zaman Now

Lalu ada jenis pantun yang jangan sampai dilewatkan begitu saja terutama bagi yang ingin mengikuti perkembangan zaman yang semakin pesat ini.

Namun kali ini, beberapa pantun mungkin menggunakan beberapa jenis istilah yang disesuaikan dengan para pembuatnya yang kebanyakan adalah generasi muda. Contoh dari pantun ini dapat dilihat langsung melalui ulasan ini:

Ada tukang jamu lewat

Lalu minum ketika siang,

Kenapa hatiku tersendat

Karena wajahmu terbayang-bayang

Makan buah kedondong

Minumnya gula aren

Jangan kalah gitu dong

Santri tetap paling keren

Ada buah pepaya

Makanan untuk sarapan

Mari kenalkan saya

Santri paling kekinian

Ada beo ada dara

Sedang Ibu beli perak

Jadi santri jangan kira

Kami itu sangat norak


8. Pantun Berisi Semangat untuk Santri

Pantun Berisi Semangat Untuk Santri

Selanjutnya, ada juga contoh dari pantun santri yang bisa bermanfaat terutama bagi para santri yang baru saja menapaki kehidupan baru.

Selain itu, contoh pantun yang berikut ini memang berisi berbagai inspirasi dan motivasi untuk para santri agar tidak mudah menyerah. Berikut ini beberapa contoh pantun ini yang dapat segera diketahui:

Ada buah begitu memikat

Untuk disantap lagi dan lagi

Jadi santri harus semangat

Semangat bangun tiap pagi

Pagi hari lari bersama

Tanpa cari gara-gara

Mari kita melangkah bersama

Demi santri untuk negara

Ada putra ada putri

Semuanya bisa meriah

Jika kamu adalah santri

Maka jangan kamu menyerah

Di sana ada baling-baling

Paling asik di Belanda

Walau lelah dan pusing

Santri akan siap sedia


9. Pantun Bangga Menjadi Santri

Pantun Bangga Menjadi Santri

Contoh pantun santri yang terakhir ini juga jangan sampai ketinggalan untuk diketahui dan dipahami sehingga bisa dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan.

Namun kali ini, ada contoh pantun yang lebih menunjukkan mengenai kebanggaan yang dimiliki oleh beberapa orang yang memutuskan menjadi santri. Jangan sampai dilewatkan, ini beberapa contoh pantun yang bisa dicoba:

Ayah ingin seorang putri

Tanpa berpihak sebelah

Kami adalah para santri

Rajin ngaji rajin sekolah

Wahai kamu putra putri

Duduk sambil makan mangga

Jika kamu menjadi santri

Maka jangan lupa berbangga

Jalan jalan keliling dunia

Mampi ke Niagara

Wahai para santri Indonesia

Kamu masa depan negara

Ada sapi sedang tarik

Tarik gerobak Pak Budi

Santri itu sangat menarik

Dengan karakter yang berbudi


Penutupan

Jenis karya sastra yang populer seperti pantun memang tidak dapat dipisahkan begitu saja dari kehidupan masyarakat Indonesia terutama generasi muda.

Bahkan jenis pantun yang terbaru dan terkenal seperti pantun santri pun bisa ditemukan dengan semakin mudah dan bervariasi saat ini. Beberapa contoh dari pantun ini pun menyampaikan pesan yang menarik.

Walaupun begitu, terkadang masih ada beberapa orang yang tidak mengenal dengan lebih jelas dan lebih detail mengenai pantun santri yang terkini.

Ulasan di atas yang menjelaskan secara lengkap terkait pantun tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh setiap orang terutama anak muda. Beberapa contohnya pun bisa digunakan ketika merayakan acara yang khusus.

Pantun Santri