15+ Pantun Sasak : Lucu, Jaman Dulu, Gombal dan Saling Olok

Pantun Sasak

Pantun Sasak – Bagi masyarakat Indonesia termasuk para generasi muda saat ini, pantun merupakan salah satu produk sastra yang paling sering diaplikasikan langsung.

Apalagi pantun juga bisa dijadikan sebagai salah satu sarana yang terbaik dalam melestarikan kebudayaan seperti beberapa pantun Sasak yang terkenal. Tidak heran jika pantun tersebut juga semakin dicari saat ini.

Secara garis besar, karya sastra pantun memang mengalami banyak perkembangan dan semakin ke sini semakin mudah untuk disesuaikan setiap penggunanya.

Bahkan jenis karya sastra yang disediakan dan ditawarkan dalam bentuk yang paling sederhana ini juga bisa digunakan untuk acara khusus. Misalnya, pantun masih mudah ditemukan ketika perayaan adat maupun modern.

Karya sastra pantun sebenarnya memang memiliki banyak peran yang penting pada masa sekarang dan tidak hanya dalam bentuk akademis.

Bahkan saat ini, beberapa jenis pantun dibuat oleh para generasi muda ketika mengisi waktu-waktu luang yang dimiliki dan bersifat rekreatif. Ada juga jenis pantun yang digunakan untuk melestarikan kebudayaan tertentu.

Salah satu kebudayaan yang memanfaatkan pantun sebagai bentuk pelestarian kepada generasi muda adalah suku Sasak yang berada di sekitar Lombok.

Pantun yang dimaksud tersebut dikenal dengan nama pantun Sasak yang biasanya juga ditawarkan dalam berbagai bentuk sesuai dengan tujuan masing-masing. Untuk mengetahui informasi secara lebih detail, silakan simak uraian ini:


Mengapa Memilih Memakai Pantun?

Sebelum membahas secara lebih detail dan lengkap mengenai jenis pantun ini, sebaiknya pahami terlebih dahulu mengenai karya sastra seperti pantun.

Secara sederhana jenis karya sastra pantun ini bisa dikatakan sebagai karya dari zaman lama namun selalu berkembang seiring berjalannya waktu. Proses perkembangan tersebut juga bervariasi termasuk dalam persoalan irama pantun.

Walaupun begitu, di sisi lain, jenis karya sastra ini tetap berhasil mencapai tingkat popularitas yang tinggi bahkan bagi generasi muda.

Tidak heran jika pantun Sasak pun sebenarnya mudah untuk ditemukan di berbagai sosial media yang disebarkan oleh para penggunanya langsung. Bahkan ada juga yang membuat pantun tersebut dahulu sebelum dipublikasikan.

Sementara itu, popularitas yang dimiliki oleh karya pantun ini ternyata dapat dilihat dari keberadaan suku dan kebudayaan yang majemuk.

Misalnya saja ada contoh pantun Sasak yang ternyata juga cukup populer bahkan tidak hanya dalam masyarakat Sasak yang memang memilikinya. Selain itu, pantun juga dianggap cocok untuk mengisi acara penting.

Beberapa jenis pantun bahkan sejak awal dibuat secara khusus untuk memperindah suasana dalam sebuah acara yang dianggap formal. Selain itu, ada juga pantun yang menunjukkan ekspresi dalam kehidupan sehari-hari dengan aturan rima yang luwes.

Baca Juga: Pantun Sedih


Mengenal Suku Sasak

Memang tidak dapat dimungkiri kebudayaan yang dimiliki oleh Indonesia bisa dilestarikan dengan sangat konsisten saat ini. Kemudian tidak heran pula jika semakin banyak orang asing yang menyampaikan rasa kagumnya dan menilai Indonesia sebagai destinasi yang terbaik.

Ditambah lagi, ada berbagai suku yang dianggap menarik dan autentik. Tidak kalah dengan berbagai jenis suku yang lainnya yang ada di Indonesia, ada sebuah suku yang dikenal dengan nama suku Sasak.

Jenis suku ini juga cukup dikenal memiliki produk kebudayaan seperti pantun Sasak yang masih dilestarikan dan seringkali digunakan saat ini. Selain itu, suku ini juga memiliki konsistensi dalam menjaga kebudayaannya.

Suku Sasak ini terletak di wilayah sekitar Lombok yang dikelilingi dengan berbagai keindahan alam seperti pantai yang tetap dijaga kebersihannya.

Selain itu, suku ini juga menyediakan berbagai praktik kebudayaan yang bisa disaksikan secara langsung oleh beberapa pengunjung jika misalnya tertarik. Walaupun begitu, tetap ada beberapa batasan sehingga menikmati karya pantunnya.


Definisi Pantun Suku Sasak

Berkaitan dengan informasi yang selanjutnya, ada juga jenis informasi yang lainnya yang sangat penting mengenai definisi dari jenis pantun Sasak.

Secara garis besar, jenis pantun ini bisa diartikan sebagai jenis pantun yang dikeluarkan dan dibuat secara khusus oleh masyarakat Sasak. Kemudian jenis pantun ini juga dijadikan sebagai kebudayaan yang berharga.

Pantun yang dibuat oleh suku Sasak ini juga tentu saja tidak ditawarkan dengan menggunakan bahasa nasional melainkan dengan bahasa daerah.

Kemudian untuk beberapa bagian yang lebih spesifik, jenis pantun ini memiliki aturan yang bisa dikatakan lebih sederhana dan tidak kaku. Namun terkadang pantun ini bisa dipahami oleh masyarakat Sasak saja.

Untuk informasi yang lebih detail tentang pantun Sasak, jenis pantun ini juga memiliki banyak bentuknya tergantung pada tujuan pembuatan pantunnya.

Selain itu, jenis pantun ini juga mengandung arti yang bervariasi mulai mengenai kehidupan cinta sampai tentang nasihat mengenai kehidupan sosial. Ada juga jenis pantun yang membicarakan tentang kehidupan agama masyarakatnya.


Kumpulan Pantun Khas Suku Sasak

Kali ini, akan ditunjukkan beberapa kumpulan dari contoh pantun Sasak yang bisa dinikmati oleh setiap orang bahkan di luar Sasak.

Apalagi jenis pantun ini sebenarnya juga bisa dijadikan sebagai pilihan yang terbaik untuk menyampaikan ekspresi dengan fleksibel dan lebih bebas. Berikut beberapa contoh pantun dari suku Sasak yang menarik dicoba:


1. Pantun Khusus Rayuan

Pantun Sasak Khusus Rayuan

Contoh pantun yang pertama ini bisa dimasukkan ke dalam kategori yang paling menarik untuk diketahui dan dimanfaatkan oleh setiap orang.

Misalnya jika ada masyarakat Indonesia yang sedang memiliki rencana untuk menyampaikan rayuan secara khusus, maka silakan mencoba menggunakan pantun ini. Bagi yang ingin tahu beberapa contohnya, simak uraian lengkapnya ini:

Batu bireng ariq leq penamaq

Bau laos gamaq ariq leq dese marong

Mun pengileng ndeq ku kawaq

Mun kememos gamaq siq ku anyong

 

 

Daun bebele jari peranget

Jok sesade jaq te bau seneq

Lamun ngene wayen angen

Antih rede leman neneq

 

 

Jok aiq mel te pete ladik

Yaq ku pete idiq kakaq araq sepulu

Ndeqku semel yaq bedait

Sengaq ite idiq kakaq aro wah bebalu


2. Pantun Mengenai Rasa Cinta

Pantun Sasak Mengenai Rasa Cinta

Sedangkan untuk contoh pantun yang selanjutnya ini bisa dikatakan memiliki kemiripan dengan beberapa contoh pantun Sasak yang sebelumnya sudah ditunjukkan.

Kali ini, ada jenis pantun yang dibuat oleh masyarakat Suku Sasak yang berisi tentang pengungkapan cinta antar pasangan yang memadu. Berikut beberapa contoh pantunnya yang bisa dimanfaatkan oleh setiap orang:.

Kelaq botor sintung tumpah

Kelaq keke romboqan aiq

Mule nyelembor laguq kedung wah

Aku mele leq side ariq

 

 

Tanaq lapang te boyaq balang

Buaq bagu araq sekeranjang

Ndaq de paran raos tiang doang

Ku dateng yaqke buktiang

 

 

Lampaq nae jok Gunung Malang

Kepeng siu eleq Sugian

Maraq nike ate angen tiang

Side doang kembang impian


3. Pantun Berisi Nasihat

Pantun Sasak Berisi Nasihat

Untuk jenis pantun yang berikutnya ini secara sederhana dimasukkan ke dalam kategori yang jangan dilewatkan begitu saja oleh masyarakat Indonesia.

Kali ini, setiap orang bisa menikmati beberapa contoh pantun dari suku Sasak yang bercerita mengenai nasihat untuk menjalani kehidupan masing-masing. Untuk contoh dari pantun ini, silakan simak ulasan berikut ini:

Arak lime buak kedondong

Arak due buak sempage

Jari kanak dendek te sombong

Dunie akhirat te bedose

 

 

Bau paku leq sedin oloh

Jari kandoq mangan tengari

Pacu-pacu pade sekolah

Jari sangunte lemaq mudi

 

 

Piaq gambar kadu potlot..

cemoh laloq jari lukisan..

Ndaq paran tyang mosot..

jodoh sino lengan Tuhan

Baca Juga: Pantun Selamat Datang


4. Pantun yang Religius

Pantun Sasak Yang Religius

Selanjutnya ada juga jenis pantun Sasak yang bisa dijadikan sebagai contoh yang menarik untuk dipublikasikan kepada teman ataupun kerabat terdekat.

Namun jenis pantun ini lebih menunjukkan tentang beberapa nasihat khusus dalam kehidupan keagamaan yang bisa dijadikan inspirasi dan dipraktikkan langsung. Tidak perlu lama menunggu pantunnya, simak beberapa contoh berikut ini:

Jek) Ahad ialo aneng dese

Endaqiupaqjauqcatur

Solah-sdah ntan bebese

Agen de te demeneng isiq batur

 

 

Pacu-pacu talet bawang

Agen da mauq befi Honda

Pacu-pacu ngaji sembahyang

Agen da mauq tama syuiga

 

 

Apa guna da bede terasi

Lamun endeg da bede bawang

Apa guna da r^in ngsyi

Lamun endeq da rajinsembahyang


5. Pantun Membicarakan Kehidupan Sosial

Pantun Sasak Membicarakan Kehidupan Sosial

Untuk pantun yang selanjutnya ini secara sederhana lebih membicarakan mengenai seperti apa sebenarnya kondisi sosial yang sedang terjadi dalam masyarakat.

Jenis pantun ini juga akan menunjukkan mengenai kehidupan sosial tidak hanya dalam masyarakat Indonesia namun juga kritik terhadap kehidupan tersebut. Beberapa contoh di bawah ini dapat menunjukkan jenis pantun ini:

Bebek tame berurutan

Boye dengan jangkene te undang

Mbe entan endeq araq keribotan

Semeton mes^ saling tendang

 

 

Kakak lajo jual terasi

Latihan matematika soalne sukah

Ongkata mele idup bedemokrasi

Laguq pendapat endeq uah

 

 

Leq Jawe arak wayang

Leq Lombok araq rudat

Lueq nyawe uah melayang

Gare-gare lain adat


6. Pantun Mengenai Perpisahan

Pantun Sasak Mengenai Perpisahan

Sementara itu, untuk pantun yang keenam ini lebih mengutarakan tentang perpisahan yang dilakukan oleh beberapa orang dalam situasi yang berbeda.

Misalnya, ada perpisahan yang khusus yang ditunjukkan kepada seseorang yang sangat dicintai bahkan dalam waktu yang bisa dikatakan cukup lama. Contoh dari pantun keenam ini dapat dilihat melalui contoh ini:

Loion puntk terpolong ngadu

kelewang dengan parang

Besefi gedengna maiik inang

Perpisahante sfna ruana doang

 

 

Pada berjanji bepeseq-peseq

Aning gedong lak) memanto

Senlnaq dait anaq iroq aseq

Sengaq ta biling lalo ngeranto

 

 

Garis idup endeqna uwah papah

Mula ngeno takrfir siq kuasa

Endeq sedih iamun bepisah

Bepisah tno arak msknana

Baca Juga: Pantun Selamat Malam


7. Pantun Tentang Pertemuan

Pantun Sasak Tentang Pertemuan

Sedangkan untuk contoh pantun Sasak yang terakhir ini dapat dikatakan sebagai contoh yang paling indah dan dapat disebarkan ke lainnya.

Selain itu, contoh pantun yang terakhir ini juga bercerita tentang seperti apa indahnya pertemuan untuk pertama kali yang dianggap kenangan. Beberapa contoh pantun ini juga dapat dipahami melalui ulasan ini:

 

Beli emp^ leq Labuan

Te pesopoq sik kereng bende

Lel^ bang beketuan

Leq enbe taoq taoq balende

 

 

Tiang talo bau paoq

Paoq tiang terik leq bawaq batu

Lamun de tetu mele taoq

Balen tiang leq Tetebatu

 

 

Toloq paoq atas sempare

Munte mele karing te beit

Ttmaqne jaoq sedin segare

Lamune j^oh gente bedait


Penutup

Ulasan yang menceritakan mengenai jenis pantun Sasak ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya terutama jika ingin menikmati jenis pantun yang spesial.

Apalagi jenis pantun tersebut disediakan secara khusus oleh suku Sasak dengan berbagai isi yang menarik yang dapat disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Belum lagi, ada jenis pantun mengenai kehidupan cinta dari pasangan.

Pantun Sasak yang dijelaskan di atas juga dilengkapi dengan berbagai contoh yang tentu saja dapat digunakan setiap orang dengan bebas.

Ada juga jenis pantun tentang keagamaan yang mungkin bisa digunakan dalam obrolan mengenai kehidupan beragama yang ada di lingkungan sekitar. Selain itu, pantun tersebut juga ada yang menceritakan mengenai pertemuan.

Pantun Sasak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.