28+ Pantun Selamat Malam : Selamat Tidur yang Penuh Makna

Pantun Selamat Malam – Malam hari merupakan waktu yang identik dengan istirahat selepas beraktivitas seharian. Banyak hal yang dapat dilakukan seperti mendengarkan musik, menonton film, berbincang, membaca pantun selamat malam, dan sebagainya.

Meski begitu, tidak jarang masih banyak orang yang menjalankan kesibukan pada malam hari. Baik waktu untuk melepas penat atau justru mulai beraktivitas, malam tetap menjadi favorit banyak orang karena suasananya yang menenangkan.

Berbeda dengan pagi yang terang dan melambangkan awal mula yang baru, malam menandakan bahwa manusia sudah sepatutnya beristirahat mengumpulkan energi untuk menyambut hari esok. Pantun seputar malam dapat menjadi bacaan yang menyenangkan untuk mengisi waktu tersebut.


Tentang Pantun Selamat Malam

Pantun masih menjadi karya seni yang memiliki karakteristik kuat. Walau termasuk jenis puisi, pantun memiliki ciri khas yang membedakannya dari puisi lain.

Hal ini diamini oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Dengan melihat sepintas, sudah bisa terlihat bahwa tulisan tersebut adalah pantun.

Karakteristik yang dimaksud adalah persamaan bunyi yang terletak pada akhir kalimat. Pantun juga relatif pendek, yakni memuat empat baris dalam satu bait.

Dalam satu baris, maksimal terdapat delapan suku kata. Dari sinilah tercermin bahwa menulis pantun membutuhkan latihan yang sering dan kepekaan akan struktur kalimat.

Umumnya, baris pertama dan kedua pada pantun tidak memiliki keterkaitan dengan baris tiga dan empat. Pada dua baris pertama terdapat tulisan yang menggambarkan suatu fenomena, tidak jarang berisi komedi. Barulah di baris ketiga serta keempat ada penjelasan mengenai makna sebuah topik.

Hal itulah yang membuat pantun semakin unik dan menantang, karena penulis berkesempatan melatih kreatifitasnya untuk membuat tulisan menarik yang akhirannya erupa.

Sesuai ketentuan, struktur pantun umumnya merupakan bait pendek. Dalam terbatasnya ruang tersebut, penulis harus dapat menyusun kalimat yang padu dan indah.


Contoh Pantun Selamat Malam

Membicarakan tentang malam, banyak orang sepakat momen ini adalah waktu yang tepat untuk menuangkan isi kepala yang penuh.

Pendapat ini diamini oleh penelitian yang menjelaskan bahwa banyak pikiran bawah sadar yang lebih terasa pada saat malam. Berikut ini beberapa pantun yang menggambarkan tentang malam hari:


1. Pantun Selamat Malam Lucu

Pantun Selamat Malam Lucu

Membahas malam tidak melulu serius atau kelam, melainkan juga banyak yang menghubungkannya dengan perasaan senang. Perlu hati yang tenang dan gembira untuk menyambut tantangan yang ada keesokan harinya.

Untuk menghadirkan perasaan tersebut, ucapan selamat malam bisa digambarkan dalam nuansa yang santai dan lucu seperti berikut:

Setiap hari bertingkah bak raja

Satu per satu diajak tanding

Bila kantuk menyerang, tidur saja

Daripada bengong memandang tembok

Jajan sempol lupa bawa uang

Meski malu lebih baik tertawa

Selamat malam kaum overthinking

Jangan lupa bantalnya dibawa

Lagi-lagi makan bakso urat

Sesekali tolong belikan bakpau

Katanya tak sabar ingin istirahat

Malah mengingat kesalahan masa lampau

Bersihkan gigi dengan tusuk gigi

Tak sadar ada yang lihat dari kaca

Boleh saja refleksi diri

Tapi jangan lupa lihat jam juga

Pada pantun tadi, malam diceritakan sebagai masa dimana banyak orang berpikir secara berlebihan (overthinking) terhadap akan banyak hal. Kebiasaan ini umum terjadi pada remaja hingga dewasa sehingga mengurangi waktu tidur. Semestinya, malam dimanfaatkan untuk beristirahat sehingga keesokan harinya tubuh dan jiwa bisa disegarkan dan berfungsi lebih baik.


2. Pantun Selamat Malam Minggu

Pantun Selamat Malam Minggu

Malam minggu termasuk waktu yang ditunggu oleh banyak orang. Keesokan harinya libur, sehingga malam ini bisa lebih bersantai dibandingkan hari yang lain.

Umumnya malam minggu diisi dengan waktu bersama orang tersayang seperti keluarga, pasangan, atau sahabat. Pantun berikut akan menggambarkan nuansa malam minggu anak muda:

Potong poni tapi kependekan

Alhasil satu rumah tertawa

Selamat malam minggu teman-teman

Selagi sempat mari bercanda tawa

Ingin pasang foto dengan paku

Tapi lupa bawa palu

Tak perlu ragu atau kaku

Tertawalah seperti kita dahulu

Beli tahu untuk sarapannya

Pakai baju baru untuk unjuk gigi

Taruh dulu hp nya

Siapa tahu momen ini tak terulang lagi

Jangan dulu berputus asa

Sekali lagi mari putar dadu

Muda itu tak biasa

Penuh lika-liku tapi membuat rindu

Pantun kali ini menceritakan tentang suatu malam minggu dari sudut pandang anak muda yang sedang berkumpul bersama teman-temannya. Tidak seorang pun benar-benar tahu apakah momen seperti ini akan terulang lagi. Untuk itu perlu hadir secara utuh dan menikmati waktu sambil mengenang masa lalu saat masih sekolah.


3. Pantun Selamat Malam untuk Pacar

Pantun Selamat Malam Untuk Pacar

Apabila membahas pacar, sepertinya perasaan yang hadir bercampur aduk. Selamat malam termasuk kata yang banyak diungkapkan dalam hubungan romantis ini.

Tidak hanya sapaan namun juga ucapan menjelang tidur. Namun tentunya ada pesan tersirat yang ingin disampaikan pada pasangan, seperti untuk merawat kebutuhan diri (self care).

Jangan berwajah muram

Mari kita masak untuk sahur

Saat ia bilang selamat malam

Rasanya tak ingin segera tidur

Lagu baru bikin ingin menari

Sambil menghafal gerakan

Tidur pun patut disyukuri

Agar bisa saling memimpikan

Ternyata masih tengah malam

Tak sadar mengigiti jari

Tak apa kita tak bicara tiap malam

Semua orang butuh waktu sendiri

Video terbaru akan tayang

Suaranya bergema di satu ruang

Kalau benar saling sayang

Mari suportif saling berkembang

Pada pantun seputar selamat malam untuk pacar, tergambar cerita pasangan yang mencoba menghargai ruang untuk diri sendiri. Apabila ada malam dimana tidak saling berkontak pun tidak apa.

Dengan waktu untuk diri sendiri seseorang bisa mengisi energinya. Tidak cukup dengan rasa sayang, sikap suportif satu sama lain juga penting untuk perkembangan pribadi masing-masing.


4. Pantun Selamat Malam untuk Sahabat

Pantun Selamat Malam Untuk Sahabat

Sahabat merupakan sosok yang tak tergantikan. Banyak yang berkata bahwa sahabat adalah keluarga yang tidak sedarah. Berbeda dengan keluarga yang merupakan takdir, sahabat adalah sosok yang dipilih sendiri karena kecocokan dan hal positif yang mengiringi. Ungkapan selamat malam untuk sahabat tergambar dalam pantun berikut:

Badan lesu tapi berusaha kuat

Agar bisa senyum pada orang tua

Selamat malam teruntuk sahabat

Begitu lama tak bersua

Kalau ke rumah adik jangan lupa

Membawa buah tangan

Kamu dan aku sifatnya serupa

Saling malu tuk ajak duluan

Lomba tarik tambang pakai tali li

Siapa yang akan jadi juara

Kita sempat bertemu satu dua kali

Namun tak benar-benar bicara

Kakak itu sangat pemalu

Tapi hatinya baik dan ramah

Aku rindu tawa lepas seperti dulu

Meski pandangan aneh menuju kita

Pantun tadi menceritakan lamunan seseorang di malam hari, yang ingin bertemu kembali dengan sahabatnya. Ia dan sahabatnya sebenarnya dekat, namun tipikal yang sama-sama pasif dan tidak mengajak bertemu terlebih dahulu.

Dalam hati sebenarnya merindukan momen bisa tertawa ceria, tanpa banyak memikirkan opini orang lain akan humornya yang aneh.


5. Pantun Selamat Malam Rindu

Pantun Selamat Malam Rindu

Kerinduan adalah emosi yang cukup membuat jengah hati seseorang. Rasa rindu bukan sesuatu yang bisa disalurkan begitu saja seperti makan saat lapar.

Untuk itu, cara untuk mengungkapkannya bisa melalui tulisan seperti puisi, pantun, membuat catatan harian, dan sebagainya. Pada pantun berikut tergambar perasaan rindu:

Toko sebelah nyatakan pailit

Sekarang mulai jualan boba

Tahukah apa yang sulit?

Saat rindu menyergap tiba-tiba

Mereka sambut datangnya pagi

Pun dengan kucing dan hamster kami

Malam ini rasa itu datang lagi

Terasa sendiri meski ramai

Dia bilang semua butuh uang

Apakah uang menolong saat tiarap?

Selamat malam, mereka bilang

Tapi aku sulit terlelap

Buku catatan tertinggal lagi

Kali ini bukan di kamar

Ingin segera datang pagi

Agar bayanganmu pergi sebentar

Pada pantun di atas tergambar rasa rindu seseorang yang terasa menyakitkan di malam hari. Meski orang di sekitarnya mengucap selamat malam yang berarti waktunya tidur, dirinya masih terjaga dan dipenuhi rasa rindu.

Oleh karena itu ia berharap pagi segera datang saja, agar bisa melupakan perasaan tersebut dan menyibukkan diri dengan aktivitas.


6. Pantun Selamat Malam Jumat

Pantun Selamat Malam Jumat

Malam Jumat seringkali dikaitkan dengan hal mistis. Pada malam ini, banyak makhluk halus dianggap berkeliaran terutama pada daerah anker.

Banyak juga mitos yang menyebutkan malam Jumat merupakan waktu yang tepat untuk ritual mistis dan dipercaya banyak orang hingga kini. Dalam pantun berikut akan diceritakan mengenai malam Jumat:

Besok mari main ke rumahku

Biar mata kamu tak lagi suram

Selamat malam Jumat teman-temanku

Bukankah ini terlihat seram?

Jaga kandang ayam sambil nyemil tahu

Lihat ayam itu sedang mengeram

Adakah yang pernah tahu

Kenapa malam Jumat dianggap seram?

Ia bilang paling suka sama Jeno

Ditontonnya terus sambil makan rawon

Rupanya tradisi masyarakat Jawa Kuno

Yang berpuasa hingga malam Jumat kliwon

Sore ini ibu goreng ikan

Kakak juga mau pakai bumbu halus

Saat itu sesajen disiapkan

Tuk tempat berkumpul makhluk halus

Dari pantun tersebut, dijelaskan secara singkat mengenai sejarah dari kepercayaan tentang malam Jumat. Mitos ini sebenarnya berasal dari tradisi dimana masyarakat Jawa berpuasa 40 hari dan puncaknya di malam Jumat kliwon. Tradisi tersebut juga menyiapkan sesajen yang disebar untuk tempat berkumpul makhluk ghaib.


7. Pantun Selamat Malam Islami

Pantun Selamat Malam Islami

Islam sebagai agama yang mewajibkan shalat lima waktu memberi banyak pahala bagi siapa saja yang menunaikannya dengan khusyuk dan konsisten.

Terutama pada waktu malam ketika biasanya orang sudah lelah untuk sekadar beribadah. Pantun berikut akan mengajak pembacanya untuk menikmati malam sebagai saat yang tepat untuk menunaikan ibadah:

Kakak ketok kamar saya

Menggendong kucing bernama Ami

Malam ini lelah, ya?

Baik tubuh maupun hati

Menenggak pil memang pahit

Tapi itu yang sembuhkanmu

Aku tahu masa ini sulit

Beri waktu tenang untuk dirimu

Kau dan aku memandang pohon

Sambil berangan tentang masa depan

Bersujud sambil memohon

Tak tahu arah bilang pada Tuhan

Tanaman itu baru saja mati

Sedih, namun harus berlanjut lagi

Tak hanya curahan hati

Pahala pun kau kantongi


Penutupan

Itulah pantun seputar malam yang penuh keberkahan. Dalam agama Islam, waktu malam dianggap saat yang paling tepat untuk meraih pahala dari Allah SWWT.

Banyak ibadah yang dianjurkan pada waktu malam, contohnya saja shalat tahajjud. Keberkahannya lebih banyak karena dilakukan di saat kebanyakan orang sedang beristirahat.

Itu tadi beberapa pantun selamat malam yang disertai dengan maknanya. Dengan tema besar ini, penulis bisa membuat berbagai topik yang mengangkat seputar malam hari.

Ucapan selamat malam tidak hanya bermakna sebagai sapaan belaka, namun juga bisa menjadi salam yang menggambarkan rasa peduli terhadap satu sama lain. Membuat pantun bisa kegiatan positif untuk mengungkapkan isi pikiran yang dituangkan dalam kalimat.

Hal ini memerlukan banyak latihan sehingga dari aturannya yang cukup ketat, penulis tetap bisa menghasilkan pantun yang indah, enak dibaca, dan bermakna. Dengan bereksplorasi melalui pantun, harapannya seni puisi di Indonesia bisa terus dilestarikan.

Pantun Selamat Malam

Default image
Fajar
Halo saya Fajar, seorang freelance yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan referensi seputar edukasi.

Leave a Reply

error: Content is protected !!