24+ Pantun Tentang Sekolah : SD, SMP, SMK, SMA dan Lainnya

Pantun Tentang Sekolah – Sebagian besar sekolah di Indonesia pada masa sekarang memang sudah melibatkan pelajaran akademis yang membicarakan mengenai karya sastra seperti pantun.

Bahkan pantun juga dijadikan sebagai salah satu media untuk mengungkapkan ekspresi dan cerita dari para siswa terutama ketika menjalani sekolah. Tidak heran jika pantun tentang sekolah pun semakin mudah ditemui.

Secara garis besar, karya sastra memang sudah diajarkan sejak dini demi menambah pengetahuan para siswa di sekolah mengenai bahasa Indonesia.

Salah satunya adalah karya sastra pantun yang pada umumnya sudah diperkenalkan sejak generasi muda Indonesia menempuh jenjang yang awal seperti SD. Namun tentu saja setiap jenjang pendidikan memiliki kurikulum yang berbeda.

Sementara itu, walaupun diajarkan secara resmi di berbagai jenjang dan lembaga pendidikan, karya sastra pantun ini juga mudah untuk ditemukan.

Misalnya, beberapa orang juga menjadikan karya sastra ini sebagai bentuk rekreasi dan menggunakannya dalam memulai komunikasi dengan orang yang lainnya. Ditambah lagi, ada juga yang menggunakannya untuk saling bertukar sapa.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jenis karya sastra ini juga tidak dapat dipisahkan dari berbagai kisah yang terjadi di sekolah.

Bahkan saat ini semakin banyak para siswa yang menjadikan karya sastra tersebut untuk menumpahkan setiap pikiran atau menceritakan ulang kisahnya. Ketahui lebih lanjut tentang pantun tentang sekolah ini sebagai berikut:

Pantun Tentang Sekolah


Pantun sebagai Karya Sastra Populer

Sebelum memahami mengenai jenis pantun tentang sekolah, setiap orang tentu saja jangan sampai melewatkan informasi yang penting terkait pantun ini.

Secara sederhana, pantun memang bisa dikategorikan sebagai jenis karya sastra yang memiliki tingkat popularitas yang semakin tinggi pada masa sekarang. Bahkan berbagai kalangan usia juga menggemari karya sastra menarik ini.

Walaupun begitu, jenis karya sastra ini sebenarnya lebih terlibat dengan berbagai situasi yang ada dalam kehidupan sehari-hari yang biasanya ditemui.

Tidak mengejutkan jika kemudian semakin banyak ditemukan beberapa orang yang mengucapkan pantun secara otomatis di luar persoalan yang bersifat akademis. Bahkan pantun dianggap sebagai salah satu media komunikasi yang tepat.

Jika dibandingkan dengan jenis karya sastra yang lainnya, maka jenis karya sastra pantun ini bisa dikatakan lebih diuntungkan dalam popularitasnya.

Dibandingkan dengan puisi yang dianggap lebih ribet untuk dibuat, pantun lebih disambut oleh masyarakat Indonesia dan digunakan secara praktis dan rutin. Beberapa pantun juga dibuat tidak hanya oleh para orang dewasa.

Beberapa jenis pantun yang biasanya dibuat oleh generasi muda dapat ditemukan dalam sebuah contoh pantun tentang sekolah yang banyak variasinya.

Ada yang menceritakan mengenai kehidupan di sekolah dan ada pula yang lebih berfokus pada pembuatnya yang merupakan bagian dari sekolah. Belum lagi pantun ini juga disambut dengan bahagia saat ini.

Baca Juga: Pantun Terima Kasih


Definisi Pantun Tentang Sekolah

Berkaitan dengan informasi yang sebelumnya sudah dijelaskan secara detail, ada pula informasi yang lainnya yang jangan sampai dilewatkan begitu saja.

Secara sederhana, jenis pantun tentang sekolah dapat diartikan sebagai pantun yang berkaitan erat dengan persoalan sekolah dan meliputi berbagai aspek. Selain itu, aspek-aspek tersebut juga melibatkan para pembuat pantun ini.

Pantun yang membicarakan mengenai sekolah ini biasanya bisa dimasukkan ke dalam kategori yang akademis jika dikaitkan dengan pembelajaran yang diperoleh.

Kemudian menjadi tidak mengherankan jika jenis pantun ini ternyata banyak dibuat oleh beberapa pihak yang terlibat langsung dengan keberadaan sekolah. Biasanya pantun ini dibuat oleh siswa yang ada di sana.

Sementara itu, sebenarnya jenis pantun ini juga memiliki kemungkinan untuk diciptakan tidak hanya oleh para siswa namun juga para guru.

Biasanya para guru membuat pantun mengenai sekolah ini sebagai salah satu bahan pembelajaran atau tepatnya contoh ketika mengajar secara langsung. Namun sayangnya, pantun yang dimaksud bisa dikatakan jauh lebih terikat.

  25+ Pantun Ikan Hiu : Makan Tomat, Pepaya, Naik Perahu dan Lanjutan

Sama seperti jenis pantun yang lainnya, jenis pantun seperti pantun tentang sekolah ini sebenarnya terikat pula beberapa aturan secara khusus.

Misalnya ada aturan yang terkait dengan perbedaan antara sampiran dan isi yang sebaiknya diperhatikan oleh setiap orang sebelum membuat langsung. Belum lagi ada aturan lainnya yang terkait dengan irama kata.

Meskipun begitu, jika membicarakan mengenai aspek terkait aturan tersebut, ada beberapa fakta yang biasanya menunjukkan kondisi yang berbeda dari seharusnya.

Sebagian besar orang pada masa sekarang tidak menjadikan aturan tersebut sebagai hal yang wajib untuk dipenuhi ketika membuat pantun sesuai selera. Bahkan ada beberapa yang membuat pantun dengan semua irama sama.


Kumpulan Pantun Tentang Sekolah

Kali ini, ada jenis informasi yang lainnya yang jangan sampai dilewatkan untuk diketahui terutama yang baru mendengar pantun tentang sekolah.

Apalagi jenis pantun ini akan menunjukkan berbagai cerita yang menarik tidak hanya tentang para siswa namun juga mengenai pendidikan terkini. Bahkan beberapa pantun pun bisa dijadikan sebagai media yang komunikatif.

Beberapa pantun yang dijelaskan di bawah ini secara sederhana bisa dikategorikan ke dalam berbagai hal tergantung pada isi yang ada.

Misalnya, ada jenis pantun yang juga mengandung beberapa makna yang ternyata bisa bersifat umum termausk untuk masyarakat luar sekolah. Berikut ini beberapa contoh pantun yang dapat dinikmati sesuka hati:


1. Pantun Tentang Pendidikan di Sekolah

Pantun Tentang Pendidikan Di Sekolah

Contoh pantun yang pertama ini secara sederhana bisa dimasukkan ke dalam kategori pantun yang serius dan terkadang menunjukkan pentingnya pendidikan.

Selain itu, contoh pantun ini juga biasanya menunjukkan tentang keberlangsunga dan pendidikan yang ada di Indonesia. Jangan sampai dilewatkan begitu saja, simak beberapa pantun berikut ini:

Buah nanas buah mangga

Mangga itu dipotong dua

Sekolah itu penting adanya

Ada untuk pendidikan kita

Jalan jalan dengan Aminah

Mampir ke rumah Sanya

Jangan kita takut sekolah

Demi bisa sukseskan bangsa

Ada durian yang dibelah

Ada burung yang bersuara

Mari kita awali sekolah

Dengan keyakinan tiada tara


2. Pantun Anak Sekolah SD

Pantun Anak Sekolah SD

Sedangkan untuk pantun yang kedua ini lebih berfokus pada siapa yang membuat dan memiliki ide untuk kemudian dinikmati oleh lainnya.

Kali ini, ada jenis pantun yang membicarakan sekolah dalam sudut pandang yang dimiliki oleh anak sekolah SD yang masih muda. Berikut beberapa contoh pantunnnya yang bisa diketahui oleh setiap orang:

Ada harta ada pangkat

Pangkat untuk kenyamanan

Mari kita berangkat

Demi menempuh pendidikan

Malam itu hitam pelikat

Ibu Ayah duduk berdua

Sekolah itu banyak manfaat

Untuk masa depan kita

Beli dua es putar

Minum di dekat sawah

Jika kamu ingin pintar

Maka kamu harus sekolah

Baca Juga: Pantun Tiktok


3. Pantun Tentang Etika di Sekolah

Pantun Tentang Etika Di Sekolah

Untuk pantun tentang sekolah yang selanjutnya ini sebenarnya tidak terikat pada siapa pembuat dari pantunnya melainkan pada persoalan isi pantunnya.

Setiap orang perlu mengetahui bahwa jenis pantun ini biasanya akan menggambarkan beberapa kondisi yang ada dan mungkin terjadi di sekolah. Ini beberapa jenis pantun yang bisa diketahui tentang etika sekolah:

Siang santap sambal terasi

Ditambah dengan sayur boros

Jika kamu berprestasi

Maka kamu tidak membolos

Sore hari santap pempek

Malam makan ikan berduri

Jangan asal main contek

Coba usaha pakai sendiri

Mau potong mau belah

Mangga cocok jadi manisan

Jika kamu anak sekolah

Maka jangan abaikan aturan


4. Pantun Sekolah SMP

Pantun Sekolah SMP

Selanjutnya, ada jenis pantun mengenai sekolah yang lainnya yang sedikit berbeda dari pantun yang sebelumnya sudah dijelaskan pada contoh ketiga.

Beberapa contoh pantun ini bisa saja menjadi pantun yang dibuat oleh para siswa yang menempuh jenjang pendidikan SMP saat ini. Berikut beberapa contoh pantun ini dengan sudut pandang yang menarik:

Duduk menikmati senja

Sambil menunggu lainnya

Walau kita masih remaja

Kita sudah paham semua

Sarapan makan ikan P

Ikannya konon dari peri

Kita ini anak SMP

Tentu saja paham pekerti

Ada ikan banyak sisik

Namun tetap kita makan

Jangan hanya lihat fisik

Tapi juga lihat pikiran


5. Pantun Bercerita Tentang Belajar

Pantun Bercerita Tentang Belajar

Sementara itu, untuk pantun tentang sekolah yang berikutnya ini akan berfokus pada seperti apa paradigma pembelajaran yang ada di sekolah.

Jadi jenis pantun ini mungkin akan membicarakan tentang berbagai kisah yang ada di sekolah dan mungkin dilengkapi dengan beberapa konflik. Jangan sampai dilewatkan begitu saja, ini beberapa contoh dari pantunnya:

Tukang angkot main hajar

Ternyata diguna-guna

Jika kamu banyak belajar

Semua ilmu akan berguna

Ada damai ada perang

Perang itu kelemahanmu

Jangan hirau mulut orang

Belajarlah untuk dirimu

Minum air dengan gelas

Tapi minumnya pakai syarat

Belajar itu tidak di kelas

Tapi juga di masyarakat

Baca Juga: Pantun Ulang Tahun


6. Pantun Tentang SMA

Pantun Tentang SMA

Untuk pantun yang keenam ini memiliki kemiripan dengan beberapa pantun yang sudah diuraikan sebelumnya yang berkaitan dengan jenjang pendidikan masing-masing.

Apalagi pantun ini mungkin menawarkan kesan yang lebih unik dan dewasa karena dibuat secara khusus oleh para siswa di SMA. Berikut beberapa contoh pantun ini yang nantinya bisa dinikmati langsung:

Ada bando ada pita

Untuk dibawa ke Pisa

Sekolah itu demi kita

Kita itu generasi bangsa

Ingin sekali makan alpukat

Makannya bersama Ayah

Mari tetap semangat

Untuk kemajuan sekolah

Ada takwa ada iman

Iman itu jangan pudar

Jika kamu orang budiman

Maka kamu bicara benar

Ada dia yang durja

Tidak pernah jadi disuka

Wahai kita para remaja

Bentar lagi kita dewasa


7. Pantun Tentang Makna Sekolah

Pantun Tentang Makna Sekolah

Sedangkan contoh dari pantun tentang sekolah yang terakhir ini mungkin bisa dimasukkan ke dalam kategori pantun yang paling bersifat bijaksana.

Hal ini dikarenakan pada umumnya pantun ini mencoba untuk menunjukkan sisi lain dari keberadaan dan pentingnya memutuskan untuk sekolah beberapa tahun. Simak beberapa contoh pantun yang menarik dalam uraian berikut ini:

Buah mangga sedang dibelah

Dibelah untuk dibagi dua

Jangan anggap remeh sekolah

Karena dia pondasi negara

Jalan jalan si arwah

Arwahnya bernama Aminah

Mari kita bersekolah

Demi masa depan cerah

Ada es yang berbongkah

Bongkah yang dibuat lupa

Salah satu tujuan sekolah

Berbakti pada orang tua

Ibu sedang sakit parah

Tapi masak untuk kita

Banyak orang pergi sekolah

Tapi lupa dengan cita-cita


Penutup

Ulasan mengenai pantun tentang sekolah secara lengkap di atas tentu saja perlu diketahui dan dipahami sejak awal oleh setiap orang. Walaupun tampaknya tidak memiliki popularitas yang sebesar dengan jenis pantun yang lainnya.

Pantun ini jangan sampai dilewatkan untuk dinikmati langsung. Bahkan terkadang pantun ini juga dicari untuk memenuhi kebutuhan khusus.

Pantun yang membicarakan mengenai sekolah ini juga diikat dengan beberapa aturan yang ada seperti pada aturan tentang irama dari katanya.

Walaupun begitu, secara praktis dalam kehidupan sehari-hari, pantun semakin ke sini semakin dibuat dalam model yang lebih bebas dan fleksibel. Bahkan terkadang jenis pantun ini juga disediakan dalam berbagai kisah.

Pantun Tentang Sekolah