Rumah Adat

Rumah Adat

Rumah Adat – Rumah adat adalah rumah yang dimiliki oleh setiap provinsi atau pulau, seperti yang terdapat di Negara Indonesia. Banyak sekali keragaman rumah adat indonesia yang di miliki oleh Negara kita, misalnya rumah adat Pinang, Papua, Jawa, Bali, dan masih banyak lagi. Di setiap rumah adat pasti memiliki ciri tersendiri yang khas dan yang terletak di dalamnya.

Seperti halnya juga nama Negara kita Indonesia yang mempunyai berbagai macam keragaman di dalamnya, mulai dari kekayaan alam, adat istiadat, rumah adat. Dan masih banyak lagi. Banyak sekali contohnya. Akan tetapi bisakah kita dapat menjaga kelestarian peninggalan nenek moyang kita.

Seperti namanya rumah adat itu adalah rumah yang kita gambarkan adalah rumah kuno peninggalan nenek moyang kita. Akan tetapi tahukah anda, justru rumah adat adalah sebuah rumah peninggalan yang memiliki berbagai keindahan dan nilai sejarah yang sangat tinggi.

Maka dari itu, bagaimana cara kita agar merawat dan menjaga peninggalan yang telah di wariskan nenek moyang kepada kita. Oleh karena itu, kita sebagai generasi penerus bangsa harus dapat menjaga dan melestarikan apa yang telah nenek kita wariskan.

Salah satunya yaitu rumah adat yang terdapat di Negara kita Indonesia. Berikut beberapa rumah adat Indonesia lengkap dengan asal daerahnya yang bisa anda ketahui:


1. Rumah Adat Provisi Nangro Aceh Darussalm (Rumah Krong Bade)

Rumah Adat

Rumah Adat Krong Bade adalah salah satu rumah adat Indonesia yang dari Aceh. Krong Bade juga memiliki ciri khas atau keunikan yang dimiliki yaitu rumah yang berbentuk persegi panjang dengan lantai tang terbuat dari bamboo.

Unik sekali bukan, Ada yang lebih unik lagi rumah adat satu ini juga di lengkapi dengan tangga yang terdapat di depan rumah. Biasanya jumlah anak tangga tersebut itu bernilai ganjil.


2. Rumah Adat Provinsi Sumatra Utara (Rumah Bolon)

Rumah Adat

Rumah Adat Bolon juga salah satu rumah adat Indonesia yang berasal dari Sumatara Utara. Untuk Rumah adat satu ini memiliki berbagai macam pembagian diantaranya yaitu rumah bolon toba, rumah bolon karo, rumah bolon pak-pak, dan masih banyak lagi.

Rumah bolon ini mempunyai banyak ciri khas diantaranya, rumah bolon ini berbentuk panggung dan mempunyai banyak tiang yang memiliki garis-garis yang menghiasinya. Ada terdapat satu tiang di tengah sebagai penyanggah rumah adat satu ini.

Dinding rumah bolon juga tak kalah uniknya yaitu terdapat hiasan-hiasan yang asli ornament khas dari simalungun yang mempunyai arti atau filosofi budaya asli suku batak.


3. Rumah Adat Provinsi Sumatra Barat ( Rumah Gadang)

Rumah adat gadang adalah satu peninggalan adat indonesia yang terdapat di Sumatra Barat. Ia juga mempunyai banyak sekali keunikan dan ciri khas yaitu dari segi atap rumah yang seperti atau menyerupai halnya tanduk kerbau. Atap tersebut terbuat dari bahan ijuk.

Rumah adat gadang biasa di gunakan sebagai rumah adat yang resmi bagai masyarakat Sumatra Barat. Misalnya, merawat orang sakit, pertemuan keluarga, pelaksanaan upacara. Dan masih banyak lagi.


4. Rumah Adat Provinsi Riau (Rumah Melayu Selaso)

Rumah Adat

Rumah melayu selaso adalah salah satu peninggalan adat Indonesia juga yang berasal dari provinsi Riau. Untuk rumah adat satu ini juga mempunyai ciri khas, diantaranya memiliki bentuk rumah panggung.

Kebanyakan orang Riau menyebutnya yaitu rumah adat saloso jatuh kembar. Kenapa dinamakan seperti itu, seperti dari namanya jatuh kembar, rumah adat ini memiliki dua selaso yang kembar atau biasa di artikan lantai rumah kanan dan kiri lebih rendah dari pada lantai tengahnya.


5. Rumah Adat Provinsi Jambi (Rumah Panjang)

Rumah Adat

Rumah adat panjang juga salah satu peninggalan sejarah adat Indonesia yang berada di Jambi. Akan tetapi rumah adat satu ini bisa di bilang hampir punah karena ke makan zaman. Maka dari itu jika kalian berkunjung ke Bali.

Sangat jarang kalian temukan rumah adat macam satu ini. Padahal, banyak sekali keunikan yang dimiliki oleh rumah adat satu ini, yaitu corak dinding yang mempunyai banyak makna.


6. Rumah Adat Provinsi Sumatera Selatan (Rumah Limas)

Rumah Adat

Rumah adat limas adalah salah satu rumah peninggalan sejarah di Sumatera Selatan. Untuk rumah adat yang satu ini bentuknya sangat unik sekali. Dengan memiliki dua lantai dan atapnya yang berbentuk limas, mungkin dari bentuk atapnya limas.

Rumah adat provinsi sumatera selatan dinamakan dengan rumah adat limas. Rumah ini hanya digunakan untuk hal-hal penting saja, misalnya  pertemuan keluarga besar dan masih banyak lagi.


7. Rumah Adat Provinsi Bangka Belitung (Rumah Rakit, Rumah Limas)

Rumah Adat

Rumah rakit adalah rumah adat yang berasal dari Bangka Belitung, salah satu rumah adat indonesia juga bukan. Untuk rumah adat yang satu ini memiliki banyak sekali ciri khas, yaitu dibangun di atas sungai.

Mirip sekali dengan rakit bukan? Dulunya masyarakat Bangka Belitung menganggap bahwa sungai adalah pencaharian yang sangat utama, maka dari itu dulunya masyarakat Bangka Belitung membuat rumah di permukaan air.


8. Rumah Adat Provinsi Lampung (Rumah Nowou Sesat)

Rumah Adat

Rumah adat nowou sesat adalah rumah adat yang terdapat di Lampung. Salah satu rumah ini sangat sekali unik dengan ornament yang dimilikinya. Untuk Rumah adat yang satu ini berbentuk panggung.

Pada zaman dahulu, rumah adat nowou sesat di buat dengan sangat besar sekali, akan tetapi pada sekarang rumah adat nowou sesat di buat tidak terlalu besar.


9. Rumah Adat Provinsi DKI Jakarta (Rumah Kebaya)

Rumah Adat

Rumah kebaya, asing kah di telinga anda? Untuk rumah adat satu ini berasal dari DKI Jakarta, Ibu kota kita. Untuk Rumah adat yang satu ini memiliki ornament yang sangat khas sekali dengan ornament yang bertema Betawi.

Bagian atap rumah adat ini memiliki khas yaitu lipatan-lipatan jika kita lihat dari samping, akan terlihat seperti halnya lipatan yang terdapat di batik.


10. Rumah Adat Provinsi Jawa Barat (Rumah Kesepuhan Cirebon)

Rumah Adat

Rumah adat kasepuh Cirebon adalah rumah adat dari provinsi Jawa Barat yang mempunyai ciri khas dari Katon Cirebon. Untuk rumah adat yang satu ini bisa di bilang sangat tua akan tetapi ornament yang di miliki masih kuat hingga saat ini.


11. Rumah Adat Provinsi Banten (Rumah Badui)

Rumah Adat

Rumah adat badui adalah rumah adat yang berasal dari indonesia. Untuk rumah adat badui memiliki kesederhanaan, sebagian besar rumah badui ini terbuat dari bambu. Mulai dari tembok atap hingga penyanggahnya terbuat dari bambu. Rumah badui berbentuk panggung.


12. Rumah Adat Provinsi Jawa Timur (Rumah Joglo Situbondo)

Rumah Adat

Rumah adat Joglo Situbondo adalah rumah adat yang berasal dari Jawa Timur. Untuk rumah adat ini sangat sekali unik, memiliki ornament yang begitu klasik, sehingga rumah adat Joglo tersebut kental dengan budaya leluhur kita.

Itulah diantara rumah-rumah adat Indonesia lengkap dengan asal daerahnya. Banyak sekali rumah adat yang terdapat di Negara kita ini, akan tetapi bagaimana cara kita dalam menjaga tradisi bahkan peninggalan nenek moyang kita ini.

Rumah Adat

Gambar Rumah Adat

Kartika Aryani
4 min read

Rumah Adat Jawa

Kartika Aryani
3 min read