Senjata Tradisional Banten

Senjata Tradisional Banten – Membahas tentang senjata tradisional, setiap daerah tentu memilikinya. Tidak terkecuali daerah Banten. Terdapat beberapa macam senjata tradisional Banten diantaranya, Bedog, Golok Ciomas, Congkrang, Golok Sulangkar, dan Parang.

Nah, artikel kali ini kita akan belajar bersama mengenai kelima senjata tersebut lengkap beserta fungsinya. Daripada dibuat penasaran, yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini.


Macam-macam Senjata Tradisional Banten

Terdapat 5 macam senjata tradisional Banten yang memiliki keunikan dan karakteristiknya masing-masing. Adapun daftar kelima senjata tersebut adalah:

 

No Senjata Tradisional Banten
1 Bedog
2 Golok Ciomas
3 Congkrang
4 Golok Sulangkar
5 Parang

 

  • Bedog

Senjata Tradisional Bedog
Senjata Tradisional Bedog
https://asyraafahmadi.com/

Bedog merupakan senjata tradisional yang hampir dapat kita temui di berbagai wilayah yang ada di pulau Jawa. Bedog atau golok merupakan senjata tajam yang dibuat dari bahan besi dengan bilah yang sangat tajam.

Senjata jenis ini biasa digunakan dalam berbagai aktivitas masyarakat sehari-hari. Dahulu, senjata satu ini biasa digunakan oleh para jawara untuk mempertahankan diri dari serangan musuh.

Masyarakat Banten sering menggunakannya untuk memangkas semak belukar, memotong dahan pohon dan kayu, maupun aktivitas berkebun lainnya.

Selain sebagai alat bantu kegiatan sehari-hari, senjata ini juga digunakan dalam pertunjukan seni bela diri debus, yaitu seni bela diri asal Banten yang menampilkan kemampuan seseorang yang memiliki ilmu kebal terhadap berbagai senjata tajam.

Di samping itu, Bedog juga sering kali dijadikan benda pusaka yang diyakini memiliki kekuatan magis bagi sang pemiliknya. Sebelum dipakai, Bedog biasanya diasah terlebih dahulu. Atau mengasahnya secara berkala agar senjata tidak mudah tumpul.

Bedog sendiri berbentuk seperti pisau dengan ukuran yang besar dan berat. Senjata bersejarah ini memiliki bentuk menyerupai dengan machete, hanya saja bedog cenderung lebih pendek. Dan Bedog juga biasanya dilengkapi dengan sarung yang berbahan dasar kayu.

  • Golok Ciomas

Senjata Tradisional Ciomas
Senjata Tradisional Ciomas
https://keluyuran.com/

Selain Bedog, senjata tradisional khas Banten lainnya yang cukup populer adalah Golok Ciomas. Golok jenis ini merupakan senjata asli Banten, tepatnya berasal dari desa Ciomas yang berjarak 20 kilometer dari selatan kota Serang, Banten. Itulah mengapa golok ini diberi nama golok Ciomas.

Golok jenis ini sangatlah populer, tidak hanya bagi kalangan masyarakat Banten, melainkan hingga ke seluruh tanah air bahkan sampai ke luar negeri.

Keberadaan senjata tradisional ini tidak lepas dari kekuasaan Kesultanan Banten. Pada masa kolonial, golok sendiri sering digunakan masyarakat Banten untuk melawan keberadaan bangsa penjajah. Bahkan golok Ciomas ini dipercaya memiliki kekuatan magis, sehingga dapat dipastikan dapat mengalahkan musuh dalam peperangan.

Tidak hanya itu, dengan memiliki golok ini dipercaya bahwa jika ia datang kepada orang yang sedang berselisih, ia mampu membuat perselisihan mereda. Aura mistis Golok Ciomas dipercaya dapat meredakan suasana hati yang sedang dibakar api emosi maupun amarah yang meluap-luap.

Selain aura mistisnya yang kuat, sabetan golok jenis ini juga mematikan. Beberapa menceritakan bahwa orang yang terkena sabetan golok ini  sulit disembuhkan. Dan ketika golok jenis ini disabetkan ke pohon pisang muda, kemudian pohon itu tidak akan tumbuh dan akan membusuk.

  • Congkrang

Senjata Tradisional Congkrang
Senjata Tradisional Congkrang
Kitchenuhmaykoosib.com

Senjata tradisional khas banten selanjutnya adalah Congkrang. Congkrang merupakan salah satu jenis senjata yang populer dan tersebar hampir di sebagian besar daerah di tanah air. Di beberapa daerah lainnya menyebutnya dengan sabit, arit, atau celurit.

Hanya saja, antara Congkrang yang ada di Banten dan di daerah lain memiliki beberapa perbedaan. Congkrang yang ada di Jawa Barat lebih mirip dengan cangkul berukuran kecil, sedangkan Congkrang Banten mirip dengan celurit yang berasal dari Madura. Senjata jenis ini berbentuk menyerupai bulan sabit dan terbuat dari logam.

Meski memiliki nama yang berbeda dan beragam, namun sebagian besar bentuk dan fungsinya hampir sama satu sama lain. Sekarang ini, Congkrang biasa digunakan untuk memotong rumput atau untuk aktivitas lainnya di kebun.

Meskipun, Congkrang sering digunakan untuk aktivitas berkebun, namun jenis senjata yang satu ini dikenal sangat tajam dan berbahaya. Untuk menjaga keamanan, senjata ini dimasukkan dan disimpan dalam sarung yang terbuat dari kulit.

Baca Juga: Senjata Tradisional
  • Golok Sulangkar

Senjata Tradisional Golok Sulangkar
Senjata Tradisional Golok Sulangkar
https://satubanten.com/

Salah satu senjata khas Banten yang tergolong ke dalam jenis golok yaitu Golok Sulangkar. Golok jenis ini mudah ditemukan di daerah Banten. Sulangkar merupakan jenis besi bahan dasar dalam membuat golok. Sehingga golok yang terbuat dari besi Sulangkar akan diberi nama Golok Sulangkar.

Bahan yang dipilih untuk membuat golok ini adalah jenis besi Sulangkar yang telah berusia puluhan tahun. Semakin tua usia besi ini, maka dipercaya semakin memiliki unsur mistis yang dapat memberikan kekuatan pada golok yang akan dibuat.

Salah satu ciri khas golok jenis ini adalah empat garis serat yang dimiliki besi Sulangkar. Garis serat ini sudah paten, tidak akan bertambah atau berkurang. Meskipun begitu, ada juga golok Sulangkar yang biasa ditemukan di Banten hanya memiliki tiga garis serat dengan warna hitam kemerah-merahan.

Besi Sulangkar sendiri memiliki sifat yang mudah mencair. Salah satu cara untuk membedakan jenis Golok Sulangkar dan golok lain adalah melihat penampilan fisiknya yang terlihat seperti berkarat dan juga tumpul.

Tampilan ini bersifat kamuflase untuk mengelabui musuh, karena pada dasarnya golok ini sangat tajam dan berbahaya. Selain itu juga mengandung kekuatan mistis yang cukup kuat. Serta, racun yang terdapat pada golok ini mampu melumpuhkan musuh dengan sekali tebas.

  • Parang

Senjata Tradisional Parang
Senjata Tradisional Parang
Id.wikipedia.org

Senjata tradisional khas Banten selanjutnya adalah Parang. Senjata sederhana tanpa pernak-pernik ini memang banyak dijumpai di seluruh wilayah nusantara, tidak terkecuali Banten. Parang adalah senjata yang terbuat dari besi dan gagang yang terbuat dari kayu.

Parang merupakan senjata yang digunakan untuk menunjang aktivitas masyarakat Banten sehari-hari dan juga untuk senjata pertahanan diri. Selain golok, parang memang banyak digunakan masyarakat Banten.

Kebiasaan masyarakat Banten menggunakan parang untuk membuat rumah panggung. Seperti yang banyak diketahui, bahwa hampir sebagian besar yang ada di desa terbuat dari kayu atau bambu. Karena bilahnya yang tajam, senjata ini digunakan untuk memotong atau membelah kayu atau bambu pembuat rumah panggung.

Untuk menjaga ketajaman senjata yang satu ini, masyarakat Banten sendiri biasa mencuci bersih setelah menggunakannya. Serta untuk menjaga senjata tidak mudah berkarat, senjata ini pun harus dikeringkan sebelum dimasukkan kembali ke dalam sarungnya.


Penutup

Demikian 5 Senjata tradisional Banten, warisan para leluhur yang berhasil romadecade bahas dalam artikel di atas untuk kamu. Selain unik dan dipercaya banyak mengandung nilai magis.

Senjata yang dimiliki oleh masyarakat Banten pun tidak kalah dengan senjata dari provinsi lain yang ada di tanah air. Nah, menurutmu senjata apa yang paling menarik? Tulis komentarmu di kolom komentar, ya!


Senjata Tradisional Banten
Sumber Refrensi:

https://koranlinear.com/empat-senjata-tradisional-banten-yang-belum-banyak-orang-ketahui/
https://keluyuran .com/senjata-tradisional-banten/
https://www.sejarah-negara.com/senjata-tradisional-banten/

Default image
SHEYLA
"Merengkuh makna, mengurai rasa, menempuh asa dengan sastra cinta."

Leave a Reply

error: Content is protected !!