Senjata Tradisional Bengkulu

Senjata Tradisional Bengkulu – Bengkulu merupakan salah satu daerah di Indonesia yang mempunyai banyak kekayaan alam melimpah, dan juga mempunyai kebudayaan yang sangat menarik untuk diketahui. 

Bengkulu termasuk provinsi yang berada di barat daya pulau Sumatera. Dimana wilayah ini mempunyai banyak keindahan wisata alam, budaya dan juga adatnya yang khas serta senjata tradisional Bengkulu yang sangat menarik untuk dibahas.


Macam-Macam Senjata Tradisional Bengkulu

Bengkulu masih mempunyai senjata tradisional yang masih eksis dan juga masih digunakan hingga saat ini. Berikut ini macam-macam senjata tradisional Bengkulu beserta gambar dan penjelasannya!

  • Keris Terapang

Senjata Tradisional Keris Terapang
Senjata Tradisional Keris Terapang
https://failfaire.org

Keris, mungkin sudah tidak asing lagi berada di pulau Jawa. Tapi, jangan salah. Masyarakat yang berada di Bengkulu juga mengandalkan senjata keris ini sebagai salah satu senjata yang diandalkan. 

Senjata keris terapang merupakan salah satu senjata khas Bengkulu yang mempunyai bentuk lebih ramping dan juga kecil daripada keris-keris pada umumnya. Mungkin sekilas memang mirip dengan keris yang terdapat dari pulau Jawa. Tapi tentunya berbeda ya. 

Lalu apa perbedaannya? Perbedaannya yakni terletak pada jumlah lekukan yang ada pada kedua tersebut. Keris Terapang mempunyai lekukan yang berjumlah genap. Bukan hanya itu, ada tahta pada gagang yang juga agak mencolok serta sarungnya. 

Senjata tersebut menunjukkan status sosial dari sang pemilik. Sehingga tidak heran jika sultan-sultan yang ada di Bengkulu akan menggunakan senjata tersebut sebagai penanda tahta dari mereka. 

Keris tersebut mempunyai fungsi sebagai senjata yang berfokuskan pada senjata tikam pada saat berhadapan satu lawan satu. Jika di sisi kegiatan adat, keris jarang sekali digunakan sebagai pelengkap adat, yang biasanya digunakan adalah senjata rudus. 

Pemerintah daerah Bengkulu mendirikan sebuah museum cagar budaya untuk melestarikan senjata-senjata tradisional khas Bengkulu. Museum tersebut dinamakan dengan museum negeri Bengkulu. Museum tersebut menjadi sarana untuk memamerkan senjata tradisional Bengkulu dan juga meningkatkan literasi masyarakatnya.

  • Rudus

Senjata Tradisional Rudus
Senjata Tradisional Rudus
https://pariwisataindonesia.id/

Senjata Rudus merupakan senjata tradisional Bengkulu yang mempunyai nilai alat senjata yang bersejarah. Senjata ini berupa jenis pedang atau golong yang mempunyai jasa dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Sehingga jika melawan penjajah dahulu, Rufus dipakai oleh masyarakat Bengkulu.

Pada zaman kolonial Belanda, rudus sering digunakan untuk melawan penjajahan. Senjata ini digunakan sebagai simbol kebangkitan untuk melawan penindasan. Hal tersebut mengakibatkan senjata ini masih menjadi simbol lambang dari Provinsi Bengkulu. Masyarakat Bengkulu juga menganggap Rudus sebagai simbol kepahlawanan. 

Senjata ini sudah ada sejak sebelum terjadinya penjajahan. Senjata ini sudah digunakan saat kerajaan Islam yang berada dalam masa keemasan di bumi pertiwi. Pada saat itu, antara kerajaan masih sering berperang satu dengan lainnya.

Senjata ini akan diletakkan dengan cara digantung, berbeda dengan senjata sewar, Dodong, dan juga keris yang membawanya dengan cara menyelipkan senjata pada bagian belakang pemiliknya.

  • Dodong

Senjata Tradisional Dodong
Senjata Tradisional Dodong
https://neprona.com/

Dodong merupakan senjata tradisional Bengkulu yang sangat langkah untuk ditemukan. Terlebih tidak semua orang mempunyai senjata ini. Dodong juga ada beberapa yang disimpan dan juga ada yang masih dipajang di museum.

Yang membuat senjata ini istimewa adalah ketika melawan bangsa penjajah dahulu rakyat tersebut menggunakan senjata dodong. Sehingga pada saat itu, rakyat Indonesia menggunakan senjata ini untuk melawan penjajah. 

Bukan hanya itu, senjata ini juga digunakan untuk melindungi diri dari serangan. Sehingga senjata tersebut selalu disimpan oleh para pria Bengkulu. Senjata ini juga sering digunakan sebagai aksesoris untuk pelengkap pakaian pengantin adat dari laki-laki. 

Tetapi Dodong sudah tidak bisa dimiliki dengan bebas. Sekarang dodong tersebut berada di museum.

Baca Juga: Senjata Tradisional
  • Sewar

Senjata Treadisional Sewar
Contoh Senjata Sewar
https://asset.kompas.com/

Sewar merupakan senjata khas Bengkulu yang juga termasuk sebagai senjata tikam. Sewar tersebut mempunyai bentuk seperti sebilah pisau dengan satu mata yang tajam. Dengan ujung yang runcing, sehingga bisa digunakan sebagai senjata tusuk. 

Senjata ini dikenal oleh masyarakat Lampung dengan nama Badik atau Badik Manna. Sedangkan masyarakat Jambi dikenal dengan nama Badik Tumbuk Lado. Sampai sekarang, kaum muda Bengkulu pedalaman masih sering digunakan. Mereka akan menyisipkan sewar pada pinggangnya saat bepergian untuk menjaga diri. 

Lalu apa bedanya sewar dengan golok? Perbedaannya yakni terletak pada ukuran. Dimana ukuran sewar tersebut lebih kecil daripada ukuran golok. Karena itulah bahkan sampai saat ini banyak para pemuda Bengkulu yang tinggal di daerah pedalaman, akan selalu membawa senjata ini jika ingin bepergian. 

Orang yang mempunyai senjata ini biasanya akan menyarungkan dan juga menyelipkan senjata tersebut di belakang pakaian. Fungsi dari senjata tersebut tak hanya digunakan untuk pertahanan duru saja, tetapi banyak hal yang bisa dikerjakan dengan alat tradisional ini. 

Karena bentuknya yang hampir sama dengan golok, maka ta jarang sewar tersebut sering dimanfaatkan untuk memotong kayu yang tidak tebal dan menebas tanaman dan juga rumput.

  • Rambai Ayam

Senjata Tradisional Rambai Ayam Https Kitchenuhmaykoosib.com
Senjata Tradisional Rambai Ayam
https://kitchenuhmaykoosib.com/

Rambai ayam merupakan senjata tradisional asli Bengkulu yang tidak bisa didapatkan di provinsi lain di Nusantara. Senjata ini termasuk kedalam jenis senjata tusuk dengan ujung yang runcing dan juga salah satu sisinya sangatlah tajam. Sebagian penduduk Bengkulu juga ada yang menamakan senjata ini dengan sebutan Jembio. 

Rambai ayam mempunyai panjang lebih dari 25 hingga 30 cm. Bahan tersebut digunakan untuk membuat senjata dan juga kayu sebagai bahan yang digunakan untuk gagang pada rambai ayam adalah besi. Senjata ini juga berbentuk melengkung tetapi lengkungan seperti celurit dan juga ujungnya yang sangat tajam.

Rambai ayam merupakan senjata yang khas akan aksesoris dan juga ornamennya. Dengan bentuk bilah senjata yang melengkung dengan sudut yang kecil atau mirip taji ayam, sehingga  efeknya juga sangat mematikan jika mengenai tubuh lawan. 

Senjata ini juga dilengkapi dengan berbagai pahatan yang ada di bagian kerangka dan juga gagangnya pada zaman dulu, senjata ini adalah alat yang harus dibawah oleh masyarakat jika akan masuk kedalam hutan.


Penutup

Demikianlah penjelasan tentang Senjata Tradisional Bengkulu, dimana masing-masing senjata pasti memiliki fungsi dan juga keunikan masing-masing.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan dari para pembaca. Semoga bisa dipahami dengan baik tentang Senjata Tradisional Bengkulu!


Senjata Tradisional Bengkulu
Sumber Refrensi:

https://kitchenuhmaykoosib.com/senjata-tradisional-bengkulu/
https://www.kompas.com/skola/read/2021/05/18/160234669/senjata-tradisional-bengkulu
https://pariwisataindonesia.id/ragam/simbol-patriotik-masyarakat-bengkulu/
https://failfaire.org/senjata-tradisional-bengkulu/

Default image
FITRI
"Menulis menjadi sebuah solusi dalam menuangkan beban yang tak pernah tersampaikan lewat sebuah ucapan"

Leave a Reply

error: Content is protected !!