Senjata Tradisional Gorontalo

Senjata Tradisional Gorontalo – Senjata tradisional merupakan salah satu kekayaan budaya dan juga warisan bangsa Indonesia. Ada beraneka ragam jenis senjata tradisional yang ada di Indonesia, salah satunya adalah senjata tradisional Gorontalo.

Senjata tradisional yang berasal dari Provinsi Gorontalo ini memiliki berbagai jenis dan kegunaannya. Sehingga tidak hanya menjadi senjata khas, melainkan menjadi senjata yang fungsional bagi kelangsungan hidup masyarakat Gorontalo.

Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas bersama mengenai aneka ragam jenis senjata tradisional Gorontalo beserta kegunaannya. Untuk mengetahui penjelasan lengkapnya dapat diamati di bawah ini.


Senjata Tradisional Gorontalo

Senjata Tradisional Gorontalo

Gorontalo merupakan daerah yang mempunyai berbagai macam benda bersejarah peninggalan nenek moyang pada masa silam, salah satunya adalah senjata tradisional. Di antara senjata tradisional yang berasal dari Gorontalo merupakan senjata yang banyak digunakan sebagai senjata perang.

Di sisi lain, senjata tradisional tersebut juga kerap digunakan sebagai alat bantu masyarakat setempat untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat Gorontalo.


Jenis Senjata Tradisional Gorontalo

Senjata tradisional Gorontalo dibedakan menjadi beragam jenis senjata. Mulai dari senjata jenis parang, senjata jenis keris, senjata jenis pedang panjang, senjata jenis kayu pemukul, dan senjata jenis tombak.

 

No Senjata Tradisional Gorontalo
1 Senjata Tradisional Gorontalo Jenis Parang
2 Senjata Tradisional Aliyawo
3 Senjata Tradisional Wamilo
4 Senjata Tradisional Banggo
5 Senjata Tradisional Gorontalo Jenis Keris
6 Senjata Tradisional Baladu
7 Senjata Tradisional Badi
8 Senjata Tradisional Eluto
9 Senjata Tradisional Bito Palape
10 Senjata Tradisional Gorontalo Jenis Pedang Panjang
11 Senjata Tradisional Sabele
12 Senjata Tradisional Sumala
13 Senjata Tradisional Huwangga
14 Senjata Tradisional Gorontalo Jenis Tombak
15 Senjata Tradisional Totobu’o
16 Senjata Tradisional Totobu’o Yilambua
17 Senjata Tradisional Sambawa
18 Senjata Tradisional Kanji Pumbungo
19 Senjata Tradisional Ono-ono
20 Senjata Tradisional Dodopa
21 Senjata Tradisional Gorontalo Jenis Kayu Pemukul
22 Senjata Tradisional Kalumbi
23 Senjata Tradisional Pantilo

 

Senjata Tradisional Gorontalo Jenis Parang

Terdapat beberapa macam senjata tradisional Gorontalo yang tergolong jenis parang. Adapun senjata jenis parang di Gorontalo adalah sebagai berikut:

Senjata Tradisional Aliyawo

Senjata Tradisional Aliyawo

Senjata jenis parang yang pertama adalah senjata Aliyawo. Senjata tradisional Gorontalo jenis ini merupakan senjata yang biasa digunakan oleh para prajurit kerajaan, salah satunya adalah pada saat perang Panipi dalam memperebutkan kekuasaan kerajaan.

Setidaknya terdapat empat kerajaan yang pernah menggunakan senjata ini sebagai senjata pamungkasnya, yakni kerajaan Limboto, kerajaan Suwawa, kerajaan Gorontalo, dan kerajaan Gowa.

Senjata Tradisional Wamilo

Senjata Tradisional Wamilo

Senjata wamilo merupakan tergolong senjata tradisional Gorontalo yang berupa parang. Senjata ini biasa digunakan oleh masyarakat Gorontalo untuk kelangsungan kegiatan sehari-hari, seperti kegiatan bertani ataupun berkebun.

Senjata Tradisional Banggo

Senjata Tradisional Banggo

Senjata tradisional Gorontalo yang tergolong parang berikutnya adalah senjata Banggo. Senjata ini merupakan parang yang terbuat dari besi dan memiliki pasangan ta’upo atau sarung parang yang terbuat dari kayu hitam dan kayu kuning.

Senjata khas ini biasa dimiliki oleh masyarakat setempat untuk digunakan sebagai alat berkebun.

Senjata Tradisional Gorontalo Jenis Keris

Terdapat beberapa macam senjata tradisional Gorontalo yang tergolong jenis senjata keris. Adapun senjata jenis keris di Gorontalo adalah sebagai berikut:

Senjata Tradisional Baladu

Senjata Tradisional Baladu

Senjata tradisional Gorontalo yang tergolong keris adalah senjata Baladu. Dahulu, senjata ini merupakan senjata yang biasa digunakan oleh pengawal raja pada masa pemerintahan kerajaan di Gorontalo. Saat ini, senjata khas ini lebih banyak digunakan oleh masyarakat setempat untuk melindungi dirinya dari serangan musuh.

Senjata Tradisional Badi

Senjata Tradisional Badi

Senjata Badi juga tergolong senjata tradisional Gorontalo yang berjenis keris. Senjata ini dahulu lebih banyak digunakan oleh para penjaga pasukan berkuda dan penjaga istana pada masa kerajaan di Gorontalo.

Senjata khas ini dibuat dari bahan material logam atau besi putih, sedangkan sarungnya dibuat dari bahan kayu kuning.

Senjata Tradisional Eluto

Senjata Tradisional Eluto

Senjata tradisional Eluto juga merupakan senjata tradisional Gorontalo yang berjenis senjata keris. Senjata ini merupakan keris yang dibuat dari bahan material tembaga dan sarungnya dibuat dari bahan kayu.

Senjata Eluto dahulu juga kerap dikenal dengan sebutan Talenge. Senjata tradisional ini hanya dimiliki oleh sang raja atau panglima perang untuk mempertahankan diri dari serangan musuh di medan perang.

Senjata Tradisional Bito Palape

Senjata Tradisional Bito Palape

Senjata Bito Palape merupakan senjata tradisional Gorontalo jenis keris yang terbuat dari kayu hitam. Senjata ini dibuat dengan ukuran pangkal senjata sepanjang 20 cm dan ukuran kayu runcingnya sekitar 25 cm.

Senjata Bito Palape ini biasa digunakan oleh anggota keluarga istana ataupun anak raja.

Senjata Tradisional Gorontalo Jenis Pedang Panjang

Terdapat beberapa macam senjata tradisional Gorontalo yang tergolong jenis pedang panjang. Adapun senjata jenis pedang panjang adalah sebagai berikut:

Senjata Tradisional Sabele

Senjata Tradisional Sabele

Senjata Sabele merupakan senjata tradisional Gorontalo jenis pedang panjang. Senjata ini biasa digunakan masyarakat umum sebagai alat bertani. Senjata sabele hanya berupa pedang tanpa dilengkapi sarung ataupun ta’upo.

Senjata Tradisional Sumala

Senjata Tradisional Sumala

Senjata tradisional Gorontalo jenis pedang panjang berikutnya adalah senjata Sumala. Senjata pedang ini merupakan pedang yang biasa digunakan oleh pasukan kerajaan di Gorontalo pada zaman dahulu.

Hampir keseluruhan kerajaan di Gorontalo memiliki senjata ini untuk mempertahankan diri maupun untuk senjata perang.

Senjata Tradisional Huwangga

Senjata Tradisional Huwangga

Senjata tradisional Gorontalo jenis pedang panjang berikutnya adalah senjata Huwangga. Senjata ini memiliki panjang mencapai 1 meter. Senjata Huwangga dibuat dari bahan kayu hitam dengan mata pedang dari besi putih.

Pada zaman dahulu, senjata Huwangga biasa digunakan oleh para raja untuk mempertahankan diri maupun untuk menyerang musuh di medan perang.

Senjata Tradisional Gorontalo Jenis Tombak

Senjata tradisional Gorontalo jenis tombak ini dibedakan menjadi beberapa jenis senjata yang meliputi:

Senjata Tradisional Totobu’o

Senjata Tradisional Totobu’o

Senjata Totobu’o merupakan salah satu senjata tradisional Gorontalo jenis tombak. Senjata jenis ini memiliki mata tombak yang terbuat dari besi. Sementara gagang senjata terbuat adari kayu hitam.

Pada zaman dahulu, senjata Totobu’o biasa dimanfaatkan oleh para pasukan penjaga kerajaan di tanah Gorontalo. Senjata tradisional Gorontalo ini kerap digunakan untuk senjata perang dan senjata untuk berburu hewan di hutan.

Senjata Tradisional Totobu’o Yilambua

Senjata Tradisional Totobu’o Yilambua

Senjata Totobu’o Yilambua merupakan salah satu senjata tradisional Gorontalo jenis tombak. senjata khas ini biasa digunakan oleh para keturunan laki-laki dari sang raja kerajaan, paman raja, dan juga para prajurit kerajaan.

Senjata tombak jenis ini memiliki panjang senjata sekitar 2 meter dengan dilengkapi gagang yang terbuat dari bahan material kayu hitam serta mata tombak yang terbuat dari besi putih. Senjata juga dilengkapi dengan serat enau yang melingkari pangkal mata tombak senjata tersebut.

Senjata Tradisional Sambawa

Senjata Tradisional Sambawa

Senjata Sambawa merupakan salah satu senjata tradisional Gorontalo jenis tombak. Senjata ini memiliki gagang senjata yang terbuat dari bahan material kayu hitam, sedangkan mata tombak terbuat dari material besi putih.

Panjang gagang senjata Sambawa mencapai 160 cm dan salah satu bagian sisi gagangnya terdapat ukiran yang menyerupai kaki hewan lipan.

Senjata Sambawa biasa digunakan oleh para remaja kerajaan, pasukan kerajaan, atau keluarga kerajaan.

Senjata Tradisional Kanji Pumbungo

Senjata Tradisional Kanji Pumbungo

Senjata Kanji Pumbungo merupakan salah satu senjata tradisional Gorontalo yang gagangnya terbuat dari bahan material kayu hitam. Sementara pada mata tombaknya terbuat dari besi dengan berbentuk 7 ujung mata bilah. Senjata ini dibuat dengan ukuran mencapai 250 cm.

Senjata Kanji Pumbungo biasa digunakan oleh kaum masyarakat untuk menangkap ikan di danau, sungai, maupun di laut.

Senjata Tradisional Ono-ono

Senjata Tradisional Ono Ono

Senjata Ono-ono merupakan senjata tradisional Gorontalo yang memiliki panjang sekitar 2 meter. Senjata ini dibuat dari bahan material kayu pohon enau yang kemudian dibentuk silinder.

Senjata ini dahulu biasa digunakan oleh para pertapa atau pengawal raja saat di medan pertempuran.

Baca Juga: Senjata Tradisional

Senjata Tradisional Dodopa

Senjata Tradisional Dodopa

Senjata tradisional Gorontalo jenis tombak berikutnya adalah Dodopa. Senjata dodopa merupakan senjata tradisional yang berbentuk persegi panjang dengan panjang mencapai 1 meter.

Senjata tradisional Gorontalo jenis tombak ini dibuat dari ombulo, yakni sebutan untuk batang nibung. Senjata Dodopa biasa digunakan oleh pasukan kerajaan atau para pertapa.

Senjata Tradisional Gorontalo Jenis Kayu Pemukul

Terdapat beberapa macam senjata tradisional Gorontalo yang tergolong jenis kayu pemukul. Adapun senjata jenis kayu pemukul adalah sebagai berikut:

Senjata Tradisional Kalumbi

Senjata Tradisional Kalumbi

Senjata kalumbi merupakan senjata tradisional Gorontalo yang tergolong ke dalam jenis kayu pemukul. Senjata ini merupakan senjata kayu yang memiliki panjang mencapai 50 cm yang dibuat dari material kayu hitam.

Senjata Kalumbi biasa digunakan oleh pasukan penjaga istana serta para pengawal pasukan berkuda kerajaan di Gorontalo.

Senjata Tradisional Pantilo

Senjata Tradisional Pantilo

Senjata tradisional Gorontalo yang selanjutnya adalah senjata Pantilo. Senjata khas Gorontalo ini juga tergolong senjata pemukul yang memiliki ukuran panjang kurang lebih 45 cm dan dibuat dari bahan material kayu hitam.Senjata pemukul ini biasa digunakan saat menghadang lawan di medan perang.


Penutup

Demikian artikel mengenai senjata tradisional Gorontalo yang berhasil romadecade tulis buat kamu. Semoga dengan belajar artikel ini semakin menambah wawasan kita tentang budaya bangsa Indonesia, serta semakin menambah rasa cinta kita kepada tanah air kita, Indonesia.


Senjata Tradisional Gorontalo
sumber referensi:

https://failfaire.org/senjata-tradisional-gorontalo/#1_Aliyawo
https://www.sejarah-negara .com/senjata-tradisional-gorontalo/
https://keluyuran.com/senjata-tradisional-gorontalo/
https://neprona.com/senjata-tradisional-gorontalo/#Bito_Palape

Default image
SHEYLA
"Merengkuh makna, mengurai rasa, menempuh asa dengan sastra cinta."

Leave a Reply

error: Content is protected !!