Senjata Tradisional Lampung

Senjata Tradisional Lampung – Setiap daerah Indonesia memiliki warisan budaya yang beragam, begitu pula daerah Lampung. Di daerah ini terdapat beberapa warisan budaya berupa senjata tradisional.

Terdapat 12 lebih macam senjata tradisional Lampung yang merupakan warisan budaya leluhur kita. Salah satu senjata populer di Lampung adalah Keris. Keris Lampung ini diperkirakan sudah ada sejak zaman klasik.

Tidak hanya keris, provinsi ini pun meninggalkan jejak sejarah berupa senjata tradisional yang cukup beragam. Apa saja senjata tradisional khas Lampung? Temukan jawabannya dengan membaca artikel ini sampai tuntas ya.


Macam-Macam Senjata Tradisional Lampung

Selain Betawi, daerah yang memiliki warisan leluhur yang beragam adalah Provinsi Lampung. Daerah Indonesia yang satu ini memiliki beragam senjata tradisional.

Beberapa senjata seperti panahan, pisau, maupun Candung, bahkan dibedakan kembali dalam jenis-jenis yang lebih khusus karena karakteristik dan keunikan yang dimiliki senjata berbeda-beda. Berikut adalah penjelasan lengkap terkait macam-macam senjata tradisional khas Lampung.

  • Keris Terapang

Senjata Tradisional Terapang
Senjata Tradisional Terapang
https://www.sejarah-negara.com/

Senjata tradisional khas Lampung yang paling populer adalah keris Terapang. Terapang juga biasa dikenal dengan Tekhapang.

Terapang merupakan keris khas Lampung yang menjadi senjata para bangsawan pada zaman dahulu sebagai alat perlindungan diri dari musuh.

Akan tetapi pada zaman sekarang, senjata itu lebih sering diaplikasikan untuk aksesoris acara ritual adat lampung, seperti upacara adat pernikahan. Pengantin pria Lampung membawa senjata ini sebagai lambang keberanian dan tanggung jawabnya terhadap keselamatan istrinya kelak.

Senjata ini tidak berada di semua wilayah lampung. Senjata ini hanya ditemukan di beberapa daerah, yaitu Tulang Bawang, Udik, Lampung Utara.

Menurut penelitian , keris khas Lampung ini sudah ada sejak masa Kerajaan Tulang Bawang pada abad ke-12.

  • Payan

Senjata Tradisional Payan
Senjata Tradisional Payan
https://www.sejarah-negara.com/

Payan merupakan senjata tradisional Lampung yang diyakini paling tua keberadaannya. Peninggalan sejarah di situs purbakala Pugung Raharjo dan situs peninggalan Islam Benteng Sari menunjukkan bahwa senjata ini telah dipakai berabad-abad lamanya sebagai salah satu senjata bagi prajurit kerajaan Tulang Bawang.

Senjata ini berbentuk semacam tombak dengan gagang yang cukup panjang, yaitu sekitar 150 sampai 180 cm. Mata tombak Payan terbuat dari besi dengan ujung yang meruncing.

Tombak Lampung jenis ini banyak diyakini mempunyai kekuatan magis, terutama bila Payan ini adalah benda pusaka warisan leluhur. Umumnya tombak yang seperti ini memiliki ciri mata tombaknya dilengkapi dengan sarung.

  • Badik

Senjata Tradisional Badik
Senjata Tradisional Badik
https://www.sejarah-negara.com/

Selain Payan dan Terapang, senjata Badik juga cukup terkenal bagi masyarakat Lampung. Badik ini biasa digunakan untuk melindungi diri, baik dari serangan musuh maupun serangan binatang buas.

Badik sering kali dibawa oleh kaum pria Lampung, terutama para kaum muda yang selalu membawanya dengan menyelipkan senjata tikam ini di ikat pinggangnya.

Senjata khas Lampung ini diperkirakan bahwa mulai dikenal masyarakat Lampung dari  pengaruh budaya masyarakat Bugis yang merantau ke Lampung di masa lalu. Kemiripan bentuk dan kesamaan fungsi dari senjata Badik membuat teori ini cukup meyakinkan.

  • Panah (Betit)

Senjata Tradisional Panah Lampung
Senjata Tradisional Panah Lampung
Blibli.com

Senjata tradisional khas Lampung yang satu ini disebut dengan Betit alias panah. Senjata Betit merupakan senjata jarak jauh yang diyakini sangat akurat untuk memukul mundur musuh. Senjata ini dahulu biasa digunakan masyarakat lampung di medan pertempuran.

Macam-macam Panah

Panah khas Lampung dibedakan menjadi dua macam, yaitu:

Panas Busur

Panah jenis ini sama seperti panah pada umumnya yang biasa digunakan di cerita pewayangan. Senjata khas Lampung ini digunakan dengan menambahkan racun di mata anak panahnya.

Panah Senapan

Panah senapan khas Lampung ini tidak dilengkapi dengan busur, melainkan dilengkapi dengan kayu yang menyerupai senapan angin. Di pangkal laras senapan diberi seutas karet yang berfungsi untuk menarik anak panah ke belakang sebelum akhirnya melesat menuju sasaran.

  • Meriam

Senjata Tradisional Meriam Lampung
Senjata Tradisional Meriam Lampung
Lampuung.com

Salah satu peninggalan sejarah yang berupa senjata adalah Meriam. Meriam khas Lampung ini mulai dikenal pada masa kedatangan bangsa kolonial ke Indonesia.

Senjata ini dahulu digunakan masyarakat Lampung untuk melawan bangsa penjajah di medan perang. Meriam banyak dijumpai di tanah Lampung dengan ukuran yang beraneka ragam dan dihias dengan ornamen.

  • Trisula (Serapang)

Senjata Tradisional Trisula
Senjata Tradisional Trisula
Pixabay.com

Sama seperti beberapa daerah lainnya, Lampung juga memiliki senjata trisula. Senjata khas Lampung pengaruh agama Hindu ini biasa dikenal dengan sebutan Serapang.

Senjata ini berbentuk seperti tombak dengan disertai ujung mata bercabang tiga. Serapang dahulu biasa digunakan untuk berburu hewan di hutan, seperti babi, menjangan, ikan, dan lain sebagainya.

  • Kepelan

Senjata Tradisional Kepelan
Senjata Tradisional Kepelan
Repositori.kemendikbud.go.id

Salah satu senjata khas Lampung yang tidak memiliki bilah mata tajam adalah Kepelan. Senjata ini berwujud seperti tonggak berukuran 32 cm. Bahan dasar untuk membuat kepelan adalah besi atau logam.

Kepelan merupakan tergolong senjata genggam yang digunakan untuk menusuk dan menikam dengan bergerak ke samping kiri dan ke kanan, bukan menikam ke depan.

  • Sumpit (Spuk)

Senjata Tradisional Spuk
Senjata Tradisional Spuk
Id.wikipedia.org

Selain senjata tajam, Lampung juga memiliki senjata tiup yang dikenal dengan sebutan sumpit atau Spuk. Senjata ini dibuat dari bahan kayu atau bambu yang berongga seperti pipa. Biasanya Spuk diisi dengan buah atau biji muda yang kemudian ditiup menuju lawan sasaran.

  • Skin (Pisau)

Senjata Tradisional Skin Pisau Lampung
Senjata Tradisional Skin Pisau Lampung
Lampuung.com

Skin atau juga populer dengan sebutan pisau adalah salah satu senjata khas Lampung. Senjata bersejarah ini memiliki bentuk menyerupai golok, namun bentuknya lebih kecil, tipis, tajam, dan bergagang.

Macam-macam Pisau

Terdapat tiga macam skin atau pisau khas Lampung, yaitu:

Pisau Dapur

Pisau ini biasa digunakan untuk alat dapur seperti untuk memotong bawang, sayuran, daging, dan lain-lain.

Pisau Meja

Pisau meja lebih umum digunakan untuk mengupas buah seperti apel, mangga, nangka, dan lain semacamnya.

Pisau Pegangan Pribadi/Istimewa

Pisau jenis terakhir adalah pisau yang lebih diistimewakan. Pisau ini lebih dirawat dan disimpan dengan baik, bahkan tidak jarang pisau ini memiliki sarung. Pisau ini biasa digunakan sebagai senjata siaga apabila ada maling atau penjahat menyerang.

Baca Juga: Senjata Tradisional
  • Ketapel (Sempret)

Senjata Tradisional Ketapel Lampung
Senjata Tradisional Ketapel Lampung
Kayu-seru.com

Lampung memiliki senjata tradisional yang unik, salah satunya adalah ketapel atau juga dikenal dengan sebutan Sempret. Sempret ini memang senjata yang populer di nusantara, karena beberapa daerah lainnya juga memiliki senjata bersejarah ini.

Sama halnya dengan ketapel pada umumnya, sempret Lampung dibuat dari bahan kayu yang dibentuk menyerupai huruf Y, kemudian di setiap ujungnya dipasangi pita karet yang digunakan sebagai daya pegas dari peluru yang meluncur.

  • Terkeling

Senjata Tradisional Terkeling
Senjata Tradisional Terkeling
Repositori.kemendikbud.go.id

Senjata genggam khas Lampung biasa disebut dengan terkeling. Senjata ini terbuat dari bahan timah. Terkeling memiliki bentuk seperti cincin bermata empat dan memiliki empat buah lubang seukuran jari manusia di bagian belakang, sejajar dari atas ke bawah.

  • Candung

Senjata Tradisional Candung
Senjata Tradisional Candung
https://keluyuran. com/

Dari sekian banyak senjata tradisional Lampung, Candung merupakan senjata yang masih sering digunakan sampai detik ini. Hal ini dikarenakan Candung adalah perkakas rumah tangga yang sering dipakai saat berladang, bekerja di dapur, maupun untuk melindungi diri ketika berada di tengah hutan.

Candung memiliki bentuk dan ukuran yang mirip dengan golok Betawi, yakni panjangnya sekitar 30 -50 cm dengan bilat dibuat dari baja atau logam lainnya, sedangkan gagangnya dibuat dari bahan kayu.

Macam-macam Candung

Berdasarkan fungsi Candung, senjata ini dibedakan menjadi 3 macam, yaitu:

Candung Rampak Alu

Candung jenis ini biasa digunakan di dapur atau untuk keperluan sehari-hari.

Candung Kawik

Candung jenis Kawik merupakan golok khusus yang digunakan para lelaki untuk bekerja.

Candung Lancip

Senjata jenis Candung Lancip ini biasa digunakan untuk menyembelih hewan atau senjata dalam perang.


Penutup

Demikian beberapa ulasan tentang senjata tradisional khas Lampung, ada beberapa senjata yang memang tidak terabadikan dengan baik karena kurangnya pemahaman masyarakat untuk melestarikan benda bersejarah ini.

Oleh karena itu perlu adanya edukasi mendalam terkait benda-benda bersejarah lainnya agar tidak terulang kembali. Bagi teman-teman yang mengetahui benda bersejarah lainnya yang belum terabadikan di web ini, yuk tulis saja di kolom komentar agar kita juga sama-sama tahu dan belajar.


Senjata Tradisional Lampung
Sumber Refrensi:

https://www.sejarah-negara. com/senjata-tradisional-lampung/
https://lampuung. com/mengenal-senjata-tradisional-lampung/
https://keluyuran. com/senjata-tradisional-lampung/

Default image
SHEYLA
"Merengkuh makna, mengurai rasa, menempuh asa dengan sastra cinta."

Leave a Reply

error: Content is protected !!