Senjata Tradisional Sumatera Barat

Senjata Tradisional Sumatera Barat – Seperti daerah-daerah di Indonesia lainnya, Sumatera Barat juga memiliki beberapa senjata tradisional yang memiliki ciri khas daerahnya dan menjadi kekayaan bangsa Indonesia.

Sedikitnya terdapat 7 macam senjata tradisional Sumatera Barat yang banyak digunakan oleh masyarakat setempat. Apa saja ketujuh senjata tersebut? Serta keunikan apa yang dimiliki tiap-tiap senjata?

Untuk menjawab semua pertanyaan itu, yuk simak dan pahami beberapa senjata tradisional khas Sumatera Barat berikut ini.


Macam-Macam Senjata Tradisional Sumatera Barat

Seperti yang diketahui bersama, Sumatera Barat memiliki warisan senjata tradisional yang beragam. Oleh karena itu mari kita simak apa saja macam-macam senjata tradisional khas Sumatera Barat:

Kerambit

Senjata Tradisional Kerambit
Senjata Tradisional Kerambit
Instagram.com/gilly_prayoga

Kerambit atau juga banyak dikenal dengan nama kerambit atau kurambiak di beberapa daerah.

Senjata ini ukurannya hanya sekepal tangan orang dewasa, namun percayalah ini senjata yang sangat berbahaya. Kerambit ini memiliki bentuk yang terinspirasi dari cakar harimau.

Konon, tanah Minang merupakan kawasan dengan banyak dihuni Harimau, bahkan ada sebutan khusus spesies ini dengan nama Harimau Sumatera.

Senjata ini dapat diaplikasikan dalam serangan jarak dekat, sayatan dari senjata ini akan langsung fatal bagi lawan.

Saking hebatnya, senjata ini juga telah diadaptasi oleh tentara Amerika Serikat dan dijadikan sebagai senjata wajib.

Ruduih

Senjata Tradisional Ruduih
Senjata Tradisional Ruduih
https://asyraafahmadi.com/

Senjata tradisional Ruduih merupakan pedang yang paling eksis digunakan berperang, yakni perang Manggopoh yang terjadi di tahun 1908. Pernyataan ini dinyatakan dalam catatan Museum Tridaya Eka Dharma.

Sebagai simbolisasi dari senjata ini, dibangunlah Tugu Siti Manggopoh. Tugu yang menjadi saksi sejarah perjuangan seorang perempuan Minangkabau yang menggunakan senjata Ruduih dalam melawan kolonialisme Belanda.

Klewang Padang

Senjata Tradisional Klewang Padang
Senjata Tradisional Klewang Padang
made-blog.com

Perang Padri yang sangat populer di tanah Sumatera telah menyisakan senjata tradisional berupa senjata Kelewang. Senjata ini merupakan senjata utama yang dipakai oleh pasukan Padri ketika perang itu terjadi di Sumatera Barat pada abad ke-19.

Sekilas tampilan senjata ini tidak jauh beda dengan golok. Hanya saja untuk Kelewang asli memiliki ukiran yang menjadi motif khusus dari pedang pusaka ini.

Klewang merupakan pedang dengan satu mata dengan ujung bilah pedang melengkung. Pedang ini memiliki pegangan seperti pedang anggar.

Karih

Senjata Tradisional Karih
Senjata Tradisional Karih

Senjata tradisional khas Sumatera Barat adalah Karih. Senjata ini dahulu lebih banyak digunakan sebagai alat pertahanan diri.

Akan tetapi sekarang senjata ini lebih banyak digunakan sebagai aksesoris adat pernikahan dan lain semacamnya.

Karih merupakan senjata yang tergolong dalam jenis belati pendek. Karih terbuat dari baja putih serta gagang yang terbuat dari kayu berkualitas. Pada bagian sarung senjata, akan selalu ditemukan motif ukir untuk menambah nilai estetik dan seni.

Piarik

Senjata Tradisional Piarik
Senjata Tradisional Piarik
https://www.idntimes.com/

Senjata tradisional Piarik merupakan senjata yang dilengkapi dengan tiga mata. Senjata Piarik juga dikenal dengan sebutan Trisula. Bentuknya yang unik ini merupakan hasil adaptasi dari budaya Hindu Siwa tepat sebelum Islam berhasil masuk ke wilayah Sumatera Barat.

Pada zaman dahulu, Piarik digunakan untuk berburu hewan yang memiliki kapasitas yang besar. Namun seiring berkembangnya zaman penjajahan digunakan sebagai senjata perlawanan. Sampai saat ini Piarik masih tetap eksis dan masih dipertahankan oleh masyarakat Minang.

Sumpitan

Senjata Tradisional Sumpitan
Senjata Tradisional Sumpitan
https://www.idntimes.com/

Senjata tradisional khas Sumatera Barat lainnya adalah Sumpitan. Senjata ini sangat cocok digunakan untuk serangan jarak jauh. Keistimewaan menggunakan senjata ini adalah tidak menimbulkan suara, sehingga tidak mudah dideteksi oleh lawan.

Selain senyap, tingkat akurasi yang diberikan juga sangat tinggi yaitu bisa mencapai 300 meter. Sehingga senjata ini pas digunakan pada saat perang dengan taktik gerilya.

Selain digunakan berperang, senjata ini juga kerap digunakan masyarakat Minangkabau untuk berburu hewan di hutan.

Keris Pusaka Minangkabau

Keris Pusaka Minangkabau
Keris Pusaka Minangkabau

Keris juga merupakan senjata tradisional Sumatera Barat. Senjata yang mengandung nilai keagungan ini biasa diselipkan di pinggang sang penghulu adat, saat menghadiri acara-acara penting.

Keris Pusaka Minangkabau selalu diasah baik di sisi kanan dan kiri agar selalu dalam keadaan tajam. Hal itu dimaksudkan agar penghulu mampu memberi, mengamanahkan, serta memberikan keadilan kepada semua orang.

Cara pemakaian penghulu pun selalu diperhatikan, yakni mata keris tidak menghadap ke kanan, namun ke kiri. Tindakan tersebut dimaknai sebagai sikap bahwa seorang penghulu harus selalu hati-hati, berpikir sebelum berbicara atau bertindak.


Penutup

Itulah ketujuh senjata tradisional khas Sumatera Barat yang kaya akan sarat makna dan secara simbolis telah menjadi saksi perjalanan sejarah bangsa kita. ketujuh senjata di atas hanya beberapa dari sekian banyak senjata lainnya di Indonesia yang harus kita jaga dan lestarikan bersama.

Tapi dari sekian banyak senjata tradisional di Indonesia, kira-kira senjata apa ya yang belum kita bahas? Yuk tulis saranmu barangkali ada senjata daerah tempat tinggalmu yang belum kita bahas bersama. Tulis di kolom komentar ya.


Senjata Tradisional Sumatera Barat
Sumber Refrensi:

https://tambahpinter.com/senjata-sumatera-barat/
https://www.idntimes.com/life/inspiration/basri-pakpahan/senjata-tradisional-sumatra-barat-c1c2/5
https://www.kompas.com/skola/read/2021/05/18/170222269/senjata-tradisional-sumatera-barat

Default image
SHEYLA
"Merengkuh makna, mengurai rasa, menempuh asa dengan sastra cinta."

Leave a Reply

error: Content is protected !!