7+ Contoh Susunan Acara Rapat dan Teks MC Rundown Acara

Susunan Acara Rapat – Susunan acara rapat merupakan salah satu bentuk rundown yang digunakan oleh seorang pembawa acara atau moderator.

Dimana rapat sendiri merupakan serangkaian acara yang dihadiri oleh beberapa orang guna membahas suatu masalah dan digunakan untuk mencari jalan keluar dari permasalahan tersebut.

Rapat sendiri bisa dilakukan oleh siapa saja, baik itu di dalam pekerjaan, organisasi, tingkat pendidikan hingga lingkungan desa.

Seperti misalnya pada tingkat pendidikan, rapat berguna untuk membahas rencana akhir tahun, acara pelepasan murid dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pada umumnya, susunan acara rapat sebagian besar adalah sama, tapi untuk kali ini kita hanya akan membahas tentang susunan acara rapat yang dilakukan di sekolah. Penasaran apa saja susunannya? Langsung saja yuk simak penjelasan berikut ini!


Contoh Susunan Acara Rapat

Gambar Acara Rapat
sdaisyiyahdemak.com

Seperti yang kita tahu, bahwa agar sebuah acara bisa berjalan dengan lancar maka dibutuhkan sebuah susunan acara. Dimana susunan tersebut bisa dijadikan pedoman atau meluruskan jalan dari acara tersebut.

Banyak sekali berbagai variasi susunan acara rapat ini, tapi pada kesempatan kali ini kita hanya akan membawa contoh susunan acara rapat sekolah. Langsung saja daripada semakin penasaran, yuk simak penjelasan di bawah ini!


Rundown Acara Rapat

No. Susunan Acara Rapat
1 Pembukaan
2 Penyampaian Sambutan-Sambutan Oleh Kepala Sekolah
3 Penyampaian Sambutan-Sambutan Oleh Ketua Panitia
4 Pembahasan Rapat Tahunan Oleh Kepala Komite Sekolah
5 Kesimpulan Oleh Moderator
6 Pembacaan Doa
7 Penutup

Teks MC Acara Rapat

Contoh Teks MC Acara Rapat

Pembukaan

Pembukaan atau pendahuluan merupakan salah satu bentuk awalan yang dilakukan oleh pembawa acara sebelum acara rapat dimulai. Dimana biasanya pembukaan ini berisi untuk mengajak para peserta rapat untuk memanjatkan puji syukur atas berkah dan juga rahmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. 

Berikut ini merupakan salah satu contoh bentuk pembukaan yang bisa diterapkan pembawa acara dalam memimpin jalannya rapat.

Assalamualaikum Wr.Wb.

Alhamdulillahirobbil ‘alamin washolatu wassalamu ‘ala asrofil anbiyaa ii wal mursalin sayyidina muhammadin, wa’ala alihi wa ashabihi ajmain.

Sebelumnya yang kami hormati bapak kepala sekolah SMA…., yang kami hormati bapak komite sekolah, yang kami hormati ketua panitia dan yang saya hormati pula semua para tamu undangan acara rapat…..

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang memberikan rahmat serta hidayah-Nya sehingga kita bisa berkumpul dalam aula ini untuk membahas acara rapat tahunan SMA…..

Para hadirin yang dirahmati oleh Allah, selanjutnya, marilah kita panjatkan sholawat serta salam yang senantiasa tercurahkan kepada junjungan Nabi Besar kita Nabi Muhammad SAW. Karena beliaulah yang membimbing kita dari jalan kegelapan untuk menuju jalan yang terang benderang yakni Dinul Islam.

Selanjutnya, langsung saja untuk mempersingkat waktu, saya selaku pembawa acara akan membacakan susunan acara rapat pada pagi hari ini. Berikut ini merupakan susunan acaranya!

  1. Susunan acara yang pertama adalah pembukaan.
  2. Susunan acara yang kedua adalah sambutan-sambutan, sambutan yang pertama akan disampaikan oleh bapak kepala sekolah
  3. Sambutan yang kedua akan disampaikan oleh ketua panitia rapat 
  4. Acara yang keempat adalah pembahasan yang akan dipimpin oleh kepala komite sekolah
  5. Acara yang kelima adalah pembacaan kesimpulan oleh moderator.
  6. Acara yang keenam adalah pembacaan doa
  7. Dan acara yang terakhir adalah penutup.

  11+ Contoh Susunan Acara Ulang Tahun dan Teks MC Rundown

Langsung saja sebelum kita mengawali jalannya rapat pada pagi hari ini, alangkah lebih baiknya kita buka dulu dengan membaca basmalah.”

Penyampaian Sambutan-Sambutan Oleh Kepala Sekolah

Acara yang kedua setelah pembukaan, maka pembawa acara akan mempersiapkan kepala sekolah terlebih dahulu untuk menyampaikan sepatah dua kata sambutan. Adapun pembawa acara bisa mempersilahkan bapak kepala sekolah seperti berikut ini!

“Acara selanjutnya adalah sambutan-sambutan. Diman sambutan yang pertama akan disampaikan oleh bapak ….. Selaku kepala sekolah dari SMA……, Kepada bapak……waktu dan tempat kami persilahkan.”

Penyampaian Sambutan-Sambutan Oleh Ketua Panitia

Apabila sambutan yang pertama sudah selesai, maka pembawa acara harus mengucapkan terima kasih terlebih dahulu kepada bapak sekolah sebelum melanjutkan sambutan yang kedua. Apabila sudah, maka pembawa acar bisa mempersilahkan ketua panitia untuk menyampaikan kata sambutan seperti berikut ini!

“Terima kasih atas sambutan yang sudah diberikan oleh bapak….. Selanjutnya, sambutan yang kedua akan disampaikan oleh bapak ….. Selaku ketua panitia dalam acara rapat tahunan ini, kepada bapak….. Waktu dan tempat kami persilahkan.”

Pembahasan Rapat Tahunan Oleh Kepala Komite Sekolah

Seperti pada susunan acara sebelumnya, dimana disini pembawa acara juga harus mengucapkan terima kasih terlebih dahulu sebelum melanjutkan acara yang selanjutnya. Dimana acara selanjutnya yakni berupa pembahasan atau inti acara.

Pembahasan rapat tahunan tersebut biasanya akan dipimpin oleh seorang moderator, lengkap dengan notulis sedangkan yang menyampaikan pembahasan tersebut adalah bapak kepala komite sekolah. Pembawa acara bisa menyerahkan acara ke moderator seperti berikut ini!

” Terima kasih atas sambutan yang sudah diberikan oleh bapak….. Acara selanjutnya yakni pembahasan rapat rutin, dimana untuk pembahasan ini akan saya serahkan kepada moderator beserta notulensi dan juga bapak kepala sekolah untuk memimpin jalannya acara rapat pada pagi hari ini.

Kepada bapak yang bertugas waktu dan tempat kami persilahkan.”

Kesimpulan Oleh Moderator

Apabila semua pembahasan tersebut sudah selesai, maka moderator akan melanjutkan acara yakni dengan membacakan kesimpulan hasil dari rapat tersebut. Adapun moderator bisa menyampaikan kalimat kesimpulan tersebut seperti berikut ini!

“Terima kasih kepada bapak kepala komite sekolah yang telah memimpin jalannya acara rapat tahunan pada pagi hari ini. Selanjutnya sebelum saya menyerahkan kembali ke pembawa acara, izinkan saya untuk menyampaikan kesimpulan dari acara rapat pada pagi hari ini.

Berikut ini merupakan hasil kesimpulan rapat yang sudah kita diskusikan.”

Pembacaan Doa

Pembacaan doa merupakan acara yang dilakukan setelah pembacaan kesimpulan oleh moderator sudah selesai dilakukan. Dimana acara ini biasanya dipimpin oleh perwakilan dari guru, pembawa acara bisa mempersilahkan guru tersebut seperti berikut ini!

“Terima kasih kepada bapak…. Selaku moderator pada acara rapat pagi ini. Selanjutnya kita akan beralih ke acara pembacaan doa yang akan dipimpin oleh bapak …… Kepada bapak….. Waktu dan tempat kami persilahkan.”

  7+ Contoh Susunan Acara Pelantikan Osis, Ketua, Pengurus BEM

Penutup

Penutup merupakan tanda berakhirnya acara rapat tersebut. Dimana apabila pembukaan tadi dipimpin oleh pembawa acara, maka penutup juga dipimpin oleh pembawa acara seperti berikut ini!

“Semoga dengan membaca doa tersebut, acara rapat yang sudah kita lakukan memberikan manfaat bagi kita semua. Selanjutnya kita sudah berada pada akhir acara, yakni penutupan. 

Dimana apabila tadi acara rapat tahunan kita buka dengan basmalah, maka alangkah lebih baiknya juga untuk mengakhiri acara kita membaca hamdalah. Sekian dari saya apabila ada salah perkataan yang disengaja maupun tidak disengaja saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. 

Semoga kita juga bisa bertemu kembali dalam agenda rapat tahunan. Sekian dari saya, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.”


Penutup

Demikianlah contoh susunan acara rapat tahunan sekolah SMA Semoga artikel ini bisa dijadikan referensi bagi para pembaca dan juga semoga bisa dipahami dengan baik oleh pembaca sekalian.

Susunan Acara Rapat

Tinggalkan komentar