7+ Contoh Susunan Acara Aqiqah dan Teks MC Rundown Acara

Susunan Acara Aqiqah

Susunan Acara Aqiqah – Aqiqah merupakan bentuk ibadah yang dilakukan dengan menyembelih hewan kambing atau domba, dimana acara ini juga salah satu ibadah yang mempunyai hukum Sunnah.

Pada zaman dahulu, pelaksanaan acara aqiqah dilakukan secara sederhana, tetapi untuk saat ini sudah banyak sekali pelaksanaan yang dilakukan dengan tambahan gaya modern dengan berbagai macam susunan acara aqiqah yang bervariasi.

Tapi, apakah kalian sudah tahu apa saja susunan acara aqiqah pada umumnya? Jika belum, maka pembahasan kali ini bisa membantu anda apabila ingin melangsungkan acara aqiqah, langsung saja yuk simak penjelasan di bawah ini!


Susunan Acara Aqiqah

Gambar Acara Aqiqah
Gambar Acara Aqiqah
https://riaukarya.com/

Seperti yang pada penjelasan diatas, bahwa aqiqah merupakan salah satu bentuk ibadah yang berhukum Sunnah. Dimana biasanya acara ini akan dilangsungkan pada saat bayi sudah berumur 7 hari atau bisa 14 hingga 21 hari setelah lahirnya.

Tapi, bagi masyarakat yang kurang mampu, mereka bisa juga melaksanakan aqiqah pada saat mereka sudah mempunyai rezeki.

Adapun jumlah hewan yang disembelih bagi bayi laki-laki dan juga perempuan berbeda, yakni untuk anak laki-laki bisa menyembelih 2 ekor kambing atau domba, sedangkan untuk anak perempuan menyembelih 1 ekor kambing.

Apabila pada zaman dahulu aqiqah ini dilaksanakan secara sederhana, pada saat ini banyak sekali bentuk acara aqiqah yang modern atau di modifikasi.

Dimana pada saat pelaksanaan acara tersebut harus ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, dari mulai biaya hingga susunan acara aqiqah.

Seperti halnya acara pada umumnya, dimana pelaksanaan acara aqiqah juga membutuhkan sebuah susunan acara yang bisa membantu agar acara berjalan dengan baik dan juga terarah.

Maka dari itulah, susunan acara aqiqah ini memang cukup penting keberadaannya, lalu apa saja susunan acara aqiqah yang perlu diperhatikan tersebut? Langsung saja yuk simak penjelasan di bawah ini!


Rundown Acara Aqiqah

No. Susunan Acara Aqiqah
1 Pembukaan
2 Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an
3 Sambutan-Sambutan
4 Acara Inti Pencukuran Rambut
5 Penyampaian Tausiyah Bertema Aqiqah
6 Pembacaan Doa
7 Penutup

Teks MC Acara Aqiqah

Contoh Teks MC Acara Aqiqah
  • Pembukaan

Tentunya setiap acara akan diawali dengan pembukaan, dimana pembukaan inilah yang dipandu oleh pembawa acara pada saat semua tamu undangan sudah berkumpul atau pada saat acara memang sudah harus dimulai. Biasanya untuk pembukaan ini pembawa acara akan mengajak untuk membaca Basmallah secara bersama-sama.

  • Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an

Acara selanjutnya adalah dengan membacakan Ayat Suci Al-Qur’an, adapun biasanya surat yang paling sering dilantunkan adalah surat Luqman dari ayat 13 hingga 18.

Sebenarnya untuk pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an ini sebaiknya dibacakan oleh ayah dari sang bayi, tetapi bisa juga dibacakan oleh seorang yang sudah ditunjuk atau Qori’.

  • Sambutan-Sambutan

Selanjutnya memasuki acara sambutan, dimana sambutan ini akan disampaikan oleh orang tua dari sang anak yang sedang di aqiqah atau perwakilan dari salah satu keluarga inti.

Biasanya isi dari sambutan acara aqiqah ini berisi tentang ucapan terima kasih yang ditujukan kepada seluruh tamu undangan yang sudah menyempatkan waktunya untuk datang ke acara aqiqah tersebut.

  • Acara Inti Pencukuran Rambut

Setelah pembacaan sambutan, maka susunan acara aqiqah selanjutnya adalah dengan melakukan acara inti. Dimana acara inti tersebut berupa pencukuran rambut bayi yang kemudian juga dengan mengesahkan nama yang diberikan untuk bayi tersebut.

Adapun tata cara untuk melakukan pencukuran rambut adalah dengan mengiring bayi ke tamu undangan dengan tujuan agar didoakan dan juga ditiup ubun-ubunnya. Kemudian pada saat bayi sedang dicukur biasanya juga diiringi dengan meniup ubun-ubun yang disertai dengan pembacaan doa.

  • Penyampaian Tausiyah Bertema Aqiqah

Selanjutnya adalah pembacaan tausiyah, dimana tausiyah yang diberikan biasanya akan berhubungan dengan pelaksanaan aqiqah atau bertemakan tentang anak atau keluarganya. Acara tausiyah secara singkat ini bisa disampaikan oleh seorang ustadz atau juga kyai.

  • Pembacaan Doa

Acara selanjutnya setelah tausiah adalah dengan pembacaan doa. Dimana biasanya pembacaan doa ini bisa dari seorang ustadz atau oleh dibacakan oleh pembawa acara.

  • Penutup

Kemudian acara yang terakhir adalah penutupan. Untuk penutupan ini dilakukan oleh pembawa acara, karena tadi pada saat pembukaan juga disampaikan oleh pembawa acara.


Persiapan Pelaksanaan Acara Aqiqah

Gambar Persiapan Pelaksanaan Acara Aqiqah
Gambar Persiapan Pelaksanaan Acara Aqiqah
https://lampung.tribunnews.com/

Sebelum melaksanakan acara aqiqah, maka alangkah lebih baiknya untuk berdiskusi dengan keluarga besar sebelumnya. Hal ini dikarenakan untuk melangsungkan acara aqiqah yang besar, dibutuhkan beberapa hal yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu.

Lalu apa saja hal-hal yang harus di persiapkan sebelum melakukan acara aqiqah? Langsung saja simak penjelasan di bawah ini ya!

  • Merencanakan Anggaran dengan Baik

Merencanakan anggaran yang akan dikeluarkan untuk menyusun acara aqiqah sangatlah penting. Dimana sebaiknya anda merencanakan anggaran ini sedari awal dan jangan lupa untuk di data secara rinci tentang apa saja yang dibutuhkan.

Seperti pada penjelasan di atas, bahwa acara aqiqah ini bisa dilakukan setelah 7 hari kelahiran dari sang buah hati, atau hari ke 14 dan 21 setelah bayi terlahir. Sehingga masih ada beberapa waktu yang bisa dibuat untuk menentukan anggaran yang di perlukan.

Perencanaan anggaran ini juga bukanlah tanpa sebab, dikarenakan dengan merencanakan anggaran kita bisa tahu apa saja barang yang harus dibutuhkan atau tidak. Bukan hanya itu saja, dengan merencanakan anggaran pengeluaran maka sangat bisa membantu kita untuk mengeluarkan biaya yang minim.

  • Menentukan Konsep Acara Aqiqah

Jika kalian sudah menentukan anggaran yang akan dikeluarkan, maka langkah selanjutnya adalah dengan merencanakan konsep yang akan digunakan. Hal ini disebabkan konseplah yang paling memerlukan biaya cukup banyak jika dibandingkan dengan kebutuhan yang lain.

Misalnya adalah kalian menginginkan konsep yang mewah, maka anggaran yang sudah di rencanakan tadi juga harus besar. Akan tetapi jika anda mempunyai atau merencanakan anggaran yang minim, maka konsep sederhana lah yang bisa digunakan.

Sebenarnya untuk melaksanakan acara aqiqah ini memang disarankan untuk membuat acara yang cukup sederhana, karena yang paling penting dalam acara aqiqah adalah kelancaran dan juga makna acara yang baik.

Kemudian di dalam acara aqiqah juga tentunya kita harus mengeluarkan biasa untuk ustadz yang nantinya akan mengisi tausiah seperti yang dijelaskan pada susunan acara diatas.

  • Menyebar Undangan Secukupnya

Selanjutnya adalah merencanakan tamu yang akan dikasih sebuah undangan. Sebenarnya untuk tamu undangan ini alangkah lebih baiknya hanya mengundang sedikit tamu saja, karena jika kalian mengundang banyak tamu maka sudah dipastikan anggaran yang dikeluarkan juga cukup besar.

Acara aqiqah ditandai dengan menyembelih hewan kambing atau domba, maka dari itulah sebenarnya disarankan kalian harus memastikan apakah daging tersebut cukup untuk tamu undangan yang hadir atau tidak. Jadi, pikirkan baik-baik ya!

  • Memilih Jasa Aqiqah yang Sesuai

Seperti pada penjelasan di atas, bahwa orang-orang pada zaman dahulu cenderung membuat acara aqiqah yang sederhana tetapi tetap sakral, biasanya mereka mengadakan acara aqiqah dirumah. Hal ini tentunya bisa digunakan untuk menghemat biaya, waktu dan juga tenaga bukan?

Tetapi, karena perkembangan zaman yang terus maju, sudah banyak sekali tempat penyewaan yang bisa di sewa sesuai dengan keinginan. Baik dari jasa untuk cating, konsep acara dan masih banyak lagi yang lainnya.

Mungkin memang bisa dikatakan lebih mudah jika dibandingkan dengan menyiapkan sendiri, tetapi tetap ingat bahwa anggaran yang dikeluarkan juga lebih bisa jika dibandingkan dengan menyiapkan acara sendiri.

  • Menyiapkan Dekorasi dan Tempatnya

Apabila kalian ingin melangsungkan acara aqiqah secara mewah, maka sebaiknya kalian juga mempersiapkan tenda, sound system hingga dekorasinya.

Tentunya jika dilihat-lihat pasti mahal bukan? Tapi jangan khawatir, bagi kalian yang mempunyai anggaran minim, sekarang sudah banyak dekorasi yang simpel tapi unik dan bisa diaplikasikan untuk acara aqiqah ini.

Semua itu tentunya kembali lagi pada anggaran yang sudah disiapkan, apabila kalian menyiapkan anggaran yang besar, maka gedung juga bisa dipilih menjadi salah satu opsi.

Lalu apabila kalian hanya menyiapkan anggaran yang kecil, maka anda bisa menggunakan hiasan secara sederhana tetapi tetap bermakna.


Susunan Acara Walimatul Aqiqah

Susunan Acara Walimatul Aqiqah

Susunan Acara Aqiqah

Susunan Acara Aqiqah

Susunan Kegiatan Acara Aqiqah

Susunan Acara Aqiqah


Penutup

Demikianlah pembahasan tentang susunan acara aqiqah yang bisa di terapkan, dimana tentunya kalian juga harus mempersiapkan berbagai macam kebutuhan.

Harus menimbang terlebih dahulu tentang anggaran yang akan dikeluarkan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan tentunya semoga bisa dipahami dengan baik!

Susunan Acara Aqiqah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.