8+ Contoh Susunan Acara Buka Bersama Secara Offline Online

Susunan Acara Buka Bersama

Susunan Acara Buka Bersama – Susunan acara buka bersama merupakan rincian kegiatan yang dilakukan pada saat melakukan acara buka bersama ini. Dimana Buka bersama adalah suatu acara yang selalu identik dilakukan pada saat bulan Ramadhan.  

Acara buka bersama ini biasanya dilakukan untuk menjalin silaturahmi dengan sesama, baik keluarga atau teman semasa sekolah. Buka bersama dilakukan dengan makan bersama pada saat setelah adzan Maghrib berkumandang yang diawali dengan makan buah kurma.

Tentunya, sebelum melaksanakan acara buka bersama ini alangkah lebih baiknya untuk membuat susunan acaranya terlebih dahulu, dimana tersebut tentunya berbeda-beda pada setiap orang. Hal tersebut tergantung dengan hasil diskusi yang sudah ditentukan sebelumnya.

Tapi, bagi kalian yang ingin membuat susunan acara buka bersama secara umum, maka contoh berikut ini bisa anda implementasikan!


Contoh Susunan Acara Buka Bersama

Gambar Acara Buka Bersama Secara Offline Https Www.cnnindonesia.com
https://www.cnnindonesia.com

Seperti pada penjelasan di atas, bahwa buka bersama biasanya bertujuan untuk memperkuat tali silaturahmi dan juga ajang untuk selalu berbagi.

Biasanya tempat yang digunakan untuk buka bersama ini juga beragam, ada yang disekolah, kampus, musholla hingga desa-desa yang tentunya dihadiri oleh murid, dosen atau warga.

Dalam membuat acara buka bersama juga hendaknya membuat susunan acara. Dimana susunan acara buka bersama tersebutlah yang membuat acara bisa lebih teratur dan juga lebih resmi, lalu apakah kalian sudah tahu apa saja susunan acara buka bersama itu?

Jika belum, maka berikut ini merupakan contoh yang cocok diimplementasikan bagi anda yang ingin membuat acara buka bersama secara offline!


Rundown Acara Buka Bersama

No. Contoh Susunan Acara Buka Bersama
1 Pendahuluan
2 Pembukaan
3 Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an
4 Pembacaan Sambutan-Sambutan
5 Penyampaian Ceramah Agama
6 Acara Buka Bersama
7 Pelaksanaan Shalat berjamaah
8 Penutup

Teks MC Acara Buka Bersama

Contoh Teks MC Acara Buka Bersama

Pendahuluan

Pertama-tama ucapkan terlebih dahulu sama dan juga shalawat yang kemudian diteruskan dengan mengucapkan salam hormat kepada tamu undangan dari yang tertinggi hingga tamu undangan umum.

Selanjutnya ucapan doa serta harapan akan kesuksesan dari acara dan dilanjutkan dengan membacakan susunan acaranya.

Pembukaan

Susunan acara yang pertama adalah pembukaan, dimana pada tahap ini pembawa acara yang bertugas untuk membuka acara dengan membaca basmallah. Dimana tujuan dari membaca basmallah tersebut adalah agar acara buka bersama ini bisa memberi manfaat dan juga acara bisa berjalan secara lancar.

Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an

Susunan acara yang ketiga adalah pembacaan ayat suci Al-Qur’an. Biasanya untuk pembacaan ayat suci Al-Qur’an ini tergantung dari panitia yang mengadakan, ada yang mengundang seorang saritilawah atau perwakilan dari panitia yang bertugas.

Pembacaan Sambutan-Sambutan

Selanjutnya acara yang keempat adalah sambutan-sambutan. Untuk sambutan ini biasanya disampaikan oleh perwakilan dosen (apabila dilakukan di area kampus).

Kepala desa (apabila dilakukan di desa) dan guru (apabila dilakukan di area sekolah). Kemudian pembacaan sambutan dilanjutkan oleh ketua pelaksana atau perwakilan dari panitia.

Penyampaian Ceramah Agama

Susunan acara buka bersama yang kelima adalah pembacaan tausiah, untuk pembacaan tausiah ini biasanya panitia akan mengundang seorang ustadz dengan tujuan bisa memberikan pencerahan bagi para peserta buka bersama. Acara ini juga dilakukan untuk mengisi waktu sebelum acara inti dimulai.

Acara Buka Bersama

Acara selanjutnya adalah acara inti, dimana acara inti dari buka bersama adalah makan secara bersama. Biasanya untuk buka bersama ini diawali dengan memakan kurma yang kemudian melakukan sholat Maghrib, setelah sholat Maghrib baru peserta bisa memakan makanan berat.

Tapi, untuk tahapan tersebut tergantung dengan kondisi, dimana ada juga yang melakukan sholat Maghrib setelah selesai makan-makanan berat. Jadi, sesuaikan dengan konsep awal ya!

Pelaksanaan Shalat berjamaah

Acara selanjutnya adalah Sholat berjamaah, seperti pada penjelasan di atas, untuk acara sholat berjamaah ini bisa disesuaikan dengan konsep yang sudah ditentukan di awal, apakah dilakukan setelah minum dan makan kurma atau setelah makan-makanan besar.

Penutup

Acara yang terakhir adalah penutup. Dimana untuk acara penutupan ini dilakukan oleh pembawa acara dengan cara membacakan hamdalah.


Contoh Susunan Acara Buka Bersama Online

Gambar Acara Buka Bersama Online Https Pwmu.co
https://pwmu.co/

Apakah kalian tahu, bahwa ternyata acara buka bersama bukan hanya dilakukan secara offline saja loh, melainkan acara juga bisa dilakukan secara online.

Tentunya meskipun acara buka bersama secara online tersebut terpisah akan tempatnya, tapi tetap harus membutuhkan susunan acara ya.

Susunan acara buka bersama secara online ini juga bisa membantu untuk kelancaran dari acara tersebut, apalagi para peserta melakukan buka bersama secara terpisah, sehingga panitia harus bisa membuat acara kondusif. Berikut ini merupakan contoh susunan acara buka bersama secara offline!

Rundown Acara Buka Bersama Online

No Susunan Acara Buka Bersama Online
1 Pembukaan
2 Membaca Ayat Suci Al-Qur’an Secara Bersama
3 Ceramah Singkat
4 Acara Buka Bersama
5 Donasi Untuk Bakti Sosial
6 Penutup

Teks MC Acara Buka Bersama Online

Contoh Teks MC Acara Buka Bersama Online

Pembukaan

Seperti halnya dengan acara buka bersama secara offline, dimana acara buka bersama online juga diawali dengan pembukaan. Biasanya salah satu peserta akan bertugas sebagai pembawa acara, dan pembawa acara tersebutlah yang harus memimpin pembukaan dengan membaca basmallah.

Membaca Ayat Suci Al-Qur’an Secara Bersama

Susunan acara selanjutnya adalah dengan membaca ayat suci Al-Qur’an. Dimana pada acara ini peserta bisa saling mengoreksi apabila terdapat kesalahan dalam membaca Al-Qur’an.

Tentunya pada tahap ini juga sebaiknya mengundang ahli agama untuk menyampaikan penjelasan atau makna dari ayat yang dibaca oleh para peserta. Tapi untuk susunan acara ini merupakan opsi pilihan ya, karena ada juga yang sudah menyiapkan seorang tilawah untuk membacakan Ayat Suci Al-Qur’an.

Ceramah Singkat

Karena buka bersama ini diadakan secara online, maka sebaiknya juga ceramah yang dilakukan dibuat secara singkat. Adapun acara ini juga dilakukan sebelum berkumandangnya adzan maghrib atau guna untuk mengisi waktu luang sebelum buka bersama di lakukan.

Acara Buka Bersama

Selanjutnya adalah acara inti, yakni dengan makan bersama. Seperti yang kita tahu, karena acara ini dilakukan di rumah masing-masing, maka sebaiknya kalian sudah menyiapkan makanan tersebut, sehingga pada saat waktu sudah menunjukkan Maghrib kalian bisa makan secara bersama-sama dengan para peserta meskipun tidak dengan bertatap muka.

Donasi Untuk Bakti Sosial

Acara selanjutnya adalah dengan berdonasi. Tapi untuk acara ini juga merupakan sebuah pilihan ya, apabila memang kalian berencana untuk melakukan donasi, maka sebelumnya sebaiknya sudah ditentukan akan dibawa kemana donasi tersebut.

Penutup

Acara yang terakhir adalah penutup, seperti pada acara pembukaan. Dimana acara penutupan juga dipimpin oleh pembawa acara, dimana ia akan menutup acara dengan bacaan Hamdallah.[/su_note]


Tips Membuat Acara Buka Bersama yang Seru

Gambar Acara Buka Bersama Yang Seru Https Www.facetofeet.com
https://www.facetofeet.com

Untuk membuat sebuah acara buka bersama ini lebih seru, tentunya ada beberapa hal yang harus dipersiapkan bukan? Apalagi acara ini tidak selalu ada setiap hari, melainkan hanya dilakukan pada saat bulan ramadhan saja.

Lalu bagaimana sih cara membuat susunan acara buka bersama ini agar lebih seru? Langsung saja daripada semakin penasaran, yuk simak tipsnya di bawah ini!

  1. Pertama-tama adalah kumpulkan semua teman-teman guna mendiskusikan konsep acara buka bersama.
  2. Pilihlah tempat yang cukup luas, bisa berupa rumah atau tempat makan yang tentunya bisa memberikan suasana yang nyaman dan usahakan untuk dekat dengan mushola atau masjid.
  3. Jika sudah, tentukan waktu untuk berkumpul. Jangan memilih waktu yang terlalu mepet dengan adzan ya, karena semakin menipis waktunya maka semakin minim waktu yang bisa digunakan untuk acara berbincang-bincang.
  4. Jika sudah, maka dilanjutkan dengan membuat susunan acara. Dimana untuk acara inti ini bisa dilakukan sebuah games atau sesi saling berbagi pengalaman semasa berpisah, hal tersebut memang sederhana, tapi percayalah hal ini bisa membantu membunuh rasa kebosanan pada saat menunggu adzan Maghrib.
  5. Siapkan acara lain, dimana selain games dan juga saling bertukar pengalaman. Kalian juga bisa saling bertukar kado, agar kado ini adil, kalian bisa merencanakan berapa biaya maksimal yang harus dikeluarkan untuk membeli sebuah kado.

Lampiran Susunan Acara Buka Puasa Bersama

Lampiran Susunan Acara Buka Puasa Bersama

Susunan Acara Buka Bersama

Susunan Acara Buka Bersama

Susunan Acara Bukber SUSUNAN ACARA Bukber


Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai susunan acara buka bersama baik secara offline atau online, dimana hal yang perlu diingat adalah dalam acara buka bersama ini lakukan dengan ikhlas.

Tentunya pertimbangkan berapa pengeluaran yang pas agar tidak memberatkan diantara semua peserta. Semoga artikel ini bermanfaat dan semoga bisa dipahami dengan baik oleh para pembaca sekalian!

Susunan Acara Buka Bersama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.