Contoh Susunan Acara Dalam Bahasa Inggris dan Teks MC Terjemah

Susunan Acara Dalam Bahasa Inggris – Bahasa Inggris, merupakan salah satu mata pelajaran yang sudah tidak asing lagi bukan? Dimana bahasa Inggris menjadi salah satu mata pelajaran yang penting di Indonesia.

Sehingga tidak jarang bahwa banyak sekali tugas yang diharuskan memakai bahasa Inggris, salah satunya susunan acara dalam bahasa Inggris. 

Sebenarnya susunan acara dalam bahasa Inggris tersebut bukan hanya digunakan sebagai tugas saja, melainkan juga diimplementasikan dalam berbagai acara, salah satunya adalah seminar.

Lalu apa sih susunan acara dalam bahasa Inggris yang bisa digunakan dalam seminar? Berikut ini, kami berikan contoh susunan acara dalam bahasa Inggris yang digunakan secara umum. Langsung saja yuk simak penjelasan di bawah ini!


Susunan Acara Dalam Bahasa Inggris

Gambar Contoh Acara Seminar Https Www.alchosilber.com
www.alchosilber.com

Seperti yang kita tahu, bahwa seminar merupakan salah satu acara yang sangat ditunggu oleh kaum muda. Hal ini dikarenakan kita mendapatkan tambahan ilmu, relasi kita juga bisa mendapatkan sertifikat loh. 

Acara seminar sekarang juga sudah ada yang dilakukan dengan menggunakan bahasa Inggris, meskipun pemberi materinya tersebut berasal dari Indonesia. Tidak jarang, bahwa banyak juga yang masih mencari contoh referensi susunan acara dalam bahasa Inggris yang digunakan dalam seminar.

Apakah anda salah satunya? Jika iya, maka jangan khawatir karena berikut ini akan kami berikan contoh susunan acara dalam bahasa Inggris yang bisa digunakan dalam seminar. Langsung saja yuk simak penjelasan berikut ini!


Rundown Acara Dalam Bahasa Inggris

No. Susunan Acara Dalam Bahasa Inggris
1 Pendahuluan (Introduction)
2 Sambutan-Sambutan Oleh Ketua Panitia (Messages from the Chair of the Committee)
3 Seminar Sesi I (Seminar Session I)
4 Coffee Break
5 Penyampaian Seminar Sesi II
6 Penutup (Closing)

Teks MC Acara Dalam Bahasa Inggris

Pendahuluan (Introduction)

Pendahuluan atau merupakan salah satu bentuk awalan yang dilakukan oleh pembawa acara sebelum memulai acara seminar. Dimana biasanya pendahuluan ini berisi untuk mengajak para dosen, mahasiswa, tamu undangan untuk memanjatkan puji syukur atas berkah dan juga rahmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. 

Berikut ini merupakan salah satu contoh bentuk pendahuluan yang bisa diterapkan oleh pembawa acara dalam penyampaian susunan acara seminar dalam bahasa inggris yang diadakan di universitas.

” Assalamualaikum Wr.Wb.

Alhamdulillahirobbil ‘alamin washolatu wassalamu ‘ala asrofil anbiya i wal mursalin sayyidina muhammadin, wa’ala alihi wa ashabihi ajmain.

Previously we respected Mr. Prof. as the director of the university……, which we respect Dr…. Always kaprodi… which I respect the invited guests of the seminar. And friends I’m proud of.

First of all let us offer gratitude for the presence of Allah SWT who gives His mercy and guidance so that we can gather in this hall to attend a seminar event themed. . .  

The audience blessed by Allah, furthermore, let us pray sholawat and greetings that are always poured out to the lord of our Great Prophet Muhammad SAW. Because he is the one who guided us from the path of darkness to the bright path of Islam.

Furthermore, just to shorten the time, I as the host will read out the arrangement of the event today. Here’s the show!’

  1. The first arrangement of events is the Introduction and opening 
  2. The second arrangement of events is the remarks, the first speech will be delivered by the chairman of the committee.
  3. The third arrangement of events is the core event, namely the seminar presenter. The first seminar will be delivered by Mr.
  4. The fourth event is a coffee break with a duration of 20 minutes.
  5. The fifth event is the second session of the seminar which will be delivered by Mrs.
  6. And the last event is closing.

This is the schedule of events that will take place today. Immediately, to shorten the time, let’s start the first event, namely the opening, before starting the seminar on the fence today. It would be better if we opened the event by reading Bismillah and Al-Fatihah.”

Sambutan-Sambutan Oleh Ketua Panitia (Messages from the Chair of the Committee)

Acara yang kedua setelah pembukaan acara seminar dalam bahasa inggris, pembawa acara akan mempersiapkan ketua panitia untuk menyampaikan sepatah dua kata sambutan. Adapun pembawa acara bisa mempersilahkan ketua panitia tersebut seperti berikut ini!

“The next program is a speech that will be delivered by ananda ….. As the chairman of the organizer of the seminar with the theme…… To you… We invite you to time and place.”

Seminar Sesi I (Seminar Session I)

Apabila sambutan pertama sudah diberikan, maka pembawa acara bisa menyampaikan sesi seminar I. Dimana biasanya seminar ini akan dibagi dua sesi, apabila pemateri lebih dari 1 orang. 

Setelah penyampaian seminar maka pembawa acara bisa mempersilahkan para peserta untuk bertanya terlebih dahulu mengenai materi yang sudah disampaikan. Pembawa acara bisa mempersilahkan para peserta seperti berikut ini!

“Thank you for the welcome you have given….. The next event is the main event, namely the delivery of material.

The first material is….which will be brought by you….to you….we invite the time and place.

——————————–Sesi tanya jawab————————————

Yes, that is the material that has been delivered by Mr……. Before continuing with the second material, I invite 3 participants to ask questions. For those who want to ask, please raise your hand.”

Coffee Break

Selanjutnya adalah sesi istirahat secara singkat, baik itu untuk pemateri atau para peserta. Dimana waktu dari coffe break ini juga beragam, ada yang hanya 10 menit atau 25 menit. 

Waktu tersebut tentunya harus disesuaikan dengan durasi acara seminar yang dijalankan. Coffee break ini bisa dilakukan dengan menikmati makanan ringan yang sudah disiapkan oleh para peserta, pembawa acara bisa mempersilahkan para peserta seperti berikut ini!

“Yes, thank you to the participants who have asked questions and thank you to Prof. … for the answers and materials that have been given.

Next we will have a coffee break for 25 minutes. Participants can enjoy the dishes that we have served. “

Penyampaian Seminar Sesi II

Apabila batas waktu untuk coffee break sudah selesai, maka pembawa acara harus mengkondisikan para peserta untuk menempati tempat seperti semula guna untuk melanjutkan materi yang kedua. 

Adapun seminar sesi 2 ini biasanya juga berbeda dengan pemateri serta materinya, tapi ada juga yang menggunakan pemateri sama dengan tema yang berbeda, hal tersebut tergantung dari konsep yang sudah ditentukan oleh panitia. Pembawa acara bisa menyiapkan para peserta seperti berikut ini!

“The time for the coffee break is over, so the participants are expected to return to their respective places. Next we will start the second material which is about…..the material will be delivered by the Mrs…..to the Mrs.. … time and place we welcome.”

Penutup (Closing)

Penutup merupakan acara terakhir, dimana karena pembukaan tadi dipimpin oleh pembawa acara, maka susunan acara penutup ini juga harus dipimpin oleh pembawa acara. Pembawa acara tersebut bisa menutup acara seperti berikut ini!

“Thank you to Mrs…. who has delivered the material this morning. It doesn’t feel like time has passed so quickly that we have reached the end of the event.

Because at the opening we closed with basmalah, it would be better if we closed the event with the reading of hamdalah.

Thank you to the participants, committee and invited guests who have taken the time to attend the seminar this morning. Hopefully the materials that have been presented can be useful, and hopefully we can meet at another time.

So from me, if there are mistakes in words and actions, both intentional and unintentional, I apologize profusely.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.”


Penutup

Demikianlah contoh susunan acara dalam bahasa inggris. Semoga artikel ini bisa dijadikan referensi bagi para pembaca dan juga semoga bisa dipahami dengan baik oleh pembaca sekalian.

Susunan Acara Dalam Bahasa Inggris

Tinggalkan komentar